Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Menentukan Pilihan Hidup

menentukan pilihan hidup
toko buku kuliah

Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Menentukan Pilihan Hidup – Di kehidupan ini, sering kita dihadapkan pada jalan-jalan kehidupan yang bercabang. Jalan yang mengharuskan kita untuk memilih. Proses pemilihan itulah yang sering dialami sebagai proses pengambilan keputusan.

Pengambilan keputusan adalah memilih satu tindakan di antara beberapa pilihan lainnya melalui proses mental dan berfikir logis. Untuk membuat keputusan yang terbaik, seseorang menimbang sisi positif dan negatif dari setiap pilihannya.

Untuk menghasilkan keputusan yang efektif, seseorang harus memprediksikan hasil dari setiap pilihannya. Menentukan pilihan mana yang terbaik untuk situasi tertentu. Pengambilan keputusan harus berdasarkan beberapa tahapan yang akan dilalui oleh pembuat keputusan.

Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi pilihan, menyusun strategi atau cara untuk menghadapi persoalan-persoalan yang kan menghadang, dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya atas pilihan yang dipilihnya.

Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Menentukan Pilihan Hidup

Ada bebearapa proses pengambilan keputusan, antara lain intuisi, pengalaman, fakta atau data, wewenang, dan rasional. Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi adalah pengambilan keputusan yang berdasarkan perasaan bersifat subjektif, sehingga mudah terkena pengaruh.

Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman adalah pengambilan keputusan yang memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami pelaku. Pengalaman seseorang dapat memperkirakan keadaan sesuatu, dapat memperhitungkan untung ruginya, baik buruknya keputusan yang akan dihasilkan.

Dasar lainnya, yakni fakta, artinya pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang sehat, solid, dan baik. Dengan fakta, maka tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga orang dapat menerima keputusan-keputusan yang dibuat itu dengan rela dan lapang dada.

Pengambilan keputusan berdasar wewenang biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang yang lebih rendah kedudukannya. Hal ini sangat bergantung pada kedudukan seseorang dalam struktur hierarkis organisasi.

Pengambilan keputusan rasional adalah keputusan yang dihasilkan lebih objektif, logis, transparan, konsisten untuk memaksimalkan hasil dan nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga mendekati kebenaran yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Dari semua dasar pengambilan keputusan. Tentunya yang paling menentukan adalah pribadinya itu sendiri. Sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan, sebaiknya tidak hanya berdasar pada satu dasar saja. Dikarenakan, agar lebih objektif dalam mengambil keputusan dengan mengkombinasikan dua sampai dasar sesuai dengan masalah atau pilihan yang akan dipilih.

Ketika sudah memutuskan, maka kita wajib mempertanggungjawabkan pilihan yang sudah dipilih. Memilih sesuai hati nurani lebih baik daripada memilih karena paksaan dari orang lain. Agar tidak ada yang disalahkan ketika pilihan yang kita pilih itu salah dan tidak ada yang perlu disesali atas pilihan yang terpilih.

Oleh: Gustraprasaja Galih Jatisantosa

Terimakasih sudah membaca Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Menentukan Pilihan Hidup, baca juga artikel yang lain :

1. 10 Manfaat Membaca Buku Yang Belum Diketahui Banyak Orang

2. 10 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

3. 6 Penulis Terkenal Di Indonesia yang Inspiratif

Demikian, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa. Terimakasih.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang