Contoh Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur dan Jenis

contoh-teks-eksplanasi
toko buku kuliah

Contoh Teks Eksplanasi – Apakah kamu pernah membaca tulisan tentang terjadinya bumi? Atau mungkin terjadinya sebuah negara?

Tulisan yang menjelaskan proses terjadinya sesuatu tergolong teks eksplanasi. Tanpa sadar selama ini kamu sering membaca teks eksplanasi.

Dalam lingkungan pendidikan, kemungkinan besar kamu juga pernah menulis teks ini contohnya ketika kamu mendapatkan tugas kuliah yakni menulis keruntuhan zaman Yunani Kuno.

Penjelasan yang memuat sebab-akibat terjadinya sesuatu inilah yang disebut teks eksplanasi.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai teks eksplanasi. Mulai dari pengertian, jenis, hingga contohnya.

Contoh-contoh eksplanasi di bawah ini akan memudahkan kamu untuk memahami apa itu teks eksplanasi beserta struktur penulisannya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Berdasarkan etimologis, eksplanasi berasal dari bahasa Inggris yakni explanation yang berarti penjelasan.

Dilansir britishcourse.com, teks eksplanasi dijelaskan sebagai berikut ini:

Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ of the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.

britishcourse.com

Nah, dapat ditarik kesimpulan bahwa teks eksplanasi adalah tulisan yang menjelaskan tentang proses pembentukan suatu fenomena. Di dalamnya memuat penjelasan mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi.

Tidak hanya menjelaskan peristiwa alam namun juga peristiwa sosial, budaya, hukum, dan ekonomi.

Jadi, segala sesuatu yang menjelaskan bagaimana dan mengapa terjadinya fenomena tertentu digolongkan sebagai teks eksplanasi.

Definisi serupa juga ditemukan dalam Macmillan Dictionary. Teks eksplanasi merupakan :

Tulisan yang mendeskripsikan tentang bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana melakukan sesuatu.

Macmillan Dictionary

Melansir kompas.com, Vocabulary.com juga menerangkan bahwa teks eksplanasi adalah pernyataan mengenai bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat diambil poin bahwa tujuan penulisan teks eksplanasi adalah :

“menjelaskan mengapa sesuatu terjadi. “

Sesuai dengan penjelasan yang di kutip dari repository.dinus.ac.id:

An explanation is written to explain how and why something in the world happens. It is about actions rather than about things. Explanations play a valuable role in building and storing our knowledge. Technical and scientific writing are often expressed in this form.

repository.dinus.ac.id

Senada dengan pendapat Mark Anderson dan Kathy Anderson, teks eksplanasi adalah :

jenis tulisan yang sering digunakan untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjaadi di alam.

Mark Anderson dan Kathy Anderson

Secara lebih luas, teks eksplanasi menjelaskan banyak fenomena dan tidak sebatas peristiwa alam saja.

Menulis teks eksplanasi harus memperhatikan ketentuan. Terdapat struktur penulisan yang harus dipatuhi.

Struktur umum teks eksplanasi adalah general statement (pernyataan umum) dan sequenced explanation (penjelasan yang berurutan).

Baca juga : Apa itu Teks ? Penjelasan Arti dan Macam Teks

Struktur Teks Eksplanasi

Secara lebih lengkap, struktur teks eksplanasi meliputi:

  • Judul
  • Pernyataan umum. Terletak di paragraf pertama.
  • Penjelasan-penjelasan (series of sequenced paragraph)
  • Penutup. Isinya adalah interpretasi

Di lain sisi, teks eksplanasi juga mempunyai ciri-ciri terutama dalam hal kebahasaan.

Teks eksplanasi dalam Bahasa Inggris umumnya menggunakan:

  • Simple present tense
  • Kata benda abstrak
  • Kalimat pasif
  • Kata kerja aktif
  • Penjelasan tentang suatu proses
  • Subyek biasanya bukan manusia tapi benda, dan sebagainya

Baca juga : Struktur Teks Resensi

Jenis Teks Eksplanasi

Berdasarkan NWS Departement School and Education, ada 4 jenis teks eksplanasi yaitu:

1. Eksplanasi Sequential

Menjelaskan tahapan suatu fenomena contohnya siklus menstruasi, siklus daur ulang, dan lainnya.

2. Eksplanasi Kausal

Menerangkan sebab suatu fenomena terjadi misalnya proses terjadinya masyarakat agraris.

3. Eksplanasi Teoritis

Sementara itu eksplanasi teoritis menjelaskan tentang sesuatu dan spekulasi kemungkinan terjadinya sesuatu.

4. Eksplanasi Faktorial

Terakhir adalah eksplanasi faktorial. Menjelaskan tentang efek dan hasil suatu proses.

Misalnya dampak munculnya UU Cipta Kerja, dampak Reformasi 1998, dan sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi

Agar kamu semakin paham jenis teks yang satu ini, pahami beberapa contoh dibawah ini.

1. Contoh teks eksplanasi fenomena alam salju

Contoh teks eksplanasi ini ditulis oleh Lidya Sisca.

Pondok Djawara Deepublish

Berdasarkan struktur, paragraf pertama adalah pernyataan umum.

Kemudian paragraf kedua sampai kelima adalah penjelasan sebab-akibat.

Sedangkan paragraf terakhir sebagai penutup adalah interpretasi.

Salju

Salju adalah salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki 4 musim. Dapat juga ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Salju berasal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi. Kumpulan uap air itu mengalami proses kimia alami, yaitu menjadi dingin hingga menyentuh titik kondensasi, di mana temperatur mengubah gas menjadi bentuk cair atau pun padat. Kemudian menggumpal membentuk awan.

Pada awal mula pembentukan awan, massa nya jauh lebih kecil daripada massa udara, sehingga menyebabkan awan tersebut mengapung di udara. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan mengumpul ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga ketika udara sudah tidak mampu menahan, awan tersebut akan pecah dan menghasilkan partikel air yang jatuh ke bumi.

Temperatur udara tepat di bawah awan yaitu 0°C. Namun, temperatur yang rendah saja tidak cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air tersebut terkotori oleh partikel lain. Ada partikel tertentu yang berfungsi mempercepat proses pembekuan, hingga cepat menjadi kristal es.
 
Partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut Nukleator. Selain dapat mempercepat proses pembekuan, berfungsi juga sebagai perekat antara uap air. Lalu partikel air yang kotor menyatu dengan partikel air lainnya dan membentuk kristal lebih besar. Salju ini berubah menjadi bentuk cair jika temperatur tidak dapat melelehkan kristal

Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju di dunia ini yang mempunyai bentuk sama. Salju yang sudah turun sejak awal bumi tercipta hingga sekarang, tak ada satupun yang memiliki bentuk kristal yang sama. Meskipun mempunyai keunikan, salju juga tidak jarang menyebabkan dampak buruk pada fisik maupun material yang nilainya tak sedikit. 

2. Contoh teks eksplanasi tentang menjelaskan bagaimana coklat terbentuk

Contoh kedua dikutip dari britishcourse.com.

Bagaimana Coklat Terbentuk?

Sudahkah kita bertanya-tanya bagaimana kita mendapatkan cokelat? Nah kali ini kita akan memasuki dunia coklat yang menakjubkan sehingga kita bisa mengerti persis yang kita makan.

Coklat memulai pohon yang disebut pohon kakao. Pohon ini tumbuh di daerah khatulistiwa, terutama di tempat seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Indonesia. Pohon kakao menghasilkan buah seukuran apel pinus kecil. Di sisi buah adalah biji pohon. Mereka juga dikenal sebagai coco beans.

Selanjutnya, biji difermentasi selama sekitar satu minggu, dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu mereka dikirim ke pembuat cokelat. Pembuat cokelat mulai memproses dengan memanggang kacang untuk mengeluarkan rasa. Biji yang berbeda dari tempat yang berbeda memiliki kualitas dan rasa yang berbeda. Jadi mereka sering dipilih dan dicampur untuk menghasilkan campuran yang khas.

Proses selanjutnya adalah menampi. Kacang panggang diminyaki untuk mengeluarkan nib daging dari biji kakao dari cangkangnya. Kemudian nibs dicampur. Bib campuran dicampur agar cair. Cairan itu disebut minuman keras coklat. Rasanya pahit

Semua biji mengandung sejumlah besar biji kakao dan lemak tidak berbeda. Namun, biji kakao setengah lemak, itulah sebabnya mereka menggiling nib dari cairan. Cokelat itu murni pahit. 

3. Contoh teks eksplanasi menjelaskan tentang suatu Negara

Sebelum Amerika Serikat dikenal sebagai negara adidaya, Uni Soviet yang menyandang julukan tersebut. Kedua negara adalah rival sejak bertahun-tahun silam. Namun semenjak tahun 1991, Uni Soviet kehilangan kejayaannya sehingga kekuasaan negara ini tidak memiliki pengaruh yang besar. Posisinya pun digeser oleh Amerika Serikat.

Uni Soviet adalah negara komunis terbesar di dunia. Sejak berdiri tahun 1917, kekuatan politik negara satu ini memang tidak perlu diragukan. Negara ini berusaha menyebarkan ideologinya yakni Komunisme ke seluruh dunia. Sehingga tidak mengherankan bila pada tahun-tahun kejayaan Uni Soviet, paham Komunisme begitu berkembang. Bahkan pada tahun 1920, Vladimir Lenin membentuk Komintern (Komunis Internasional) sebagai upaya untuk menyebarluaskan paham ini hingga ke luar Eropa.

Namun perkembangan tersebut tidak berjalan mulus. Uni Soviet sendiri diketahui gagal menyatukan negara-negara bagian. Uni Soviet tidak mampu memberikan perlindungan pada negara-negara yang berada di bawah naungan ideologi yang sama. Lantas jalan menuju penyebaran paham Komunisme semakin sulit tatkala Amerika Serikat, rival abadinya, memunculkan ideologi yang mengedepankan nilai kebebasan.

Persaingan kedua negara terus berlanjut. Tidak hanya dalam hal ideologi tapi juga militer. Sampai akhirnya tercetuslah Perang Dingin atau Cold War. Perang Dingin ini menentukan nasib kedua negara. Siapa yang menjadi pemenangnya dan menjadi negara adidaya? Hasil Perang Dingin menunjukkan bahwa Uni Soviet harus kalah. Keruntuhan Uni Soviet diiringi pula keruntuhan ideologi Komunisme. Ideologi ini tidak lagi menjadi ideologi besar dan dianut banyak negara. Digantikan ideologi yang didengungkan oleh Amerika Serikat.
 
Penyebab keruntuhan Uni Soviet dalam disimpulkan sebagai berikut:

Keragaman Budaya
Nyatanya keragaman budaya seperti sebilah pisau. Mendatang keuntungan sekaligus dapat mendatangkan kehancuran. Uni Soviet harus membawahi 15 negara di bawah bentuk negara republik. Hal ini menjadikan Uni Soviet sebagai negara besar dan lebar di dunia waktu itu. Namun kondisi ini juga berakibat buruk karena setiap negara naungan Uni Soviet memiliki sifat kedaerahan masing-masing. Tidak ada nasionalisme atas nama Uni Soviet.

Selain itu negara-negara tersebut tidak puas dengan kinerja pemerintah pusat Uni Soviet. Sehingga timbul konflik di dalam internal negara ini. Konflik inilah yang menjadi faktor penyebab pertama keruntuhan Uni Soviet.

Faktor lainnya adalah gaya kepemimpinan totaliter. Meskipun tidak sepenuhnya buruk, gaya kepemimpinan ini berakibat pada terkekangnya rakyat karena tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan cara mereka sendiri. Sehingga muncul gelombang perlawanan.

Selain itu, faktor kemiskinan juga turut menjadi alasan. Kondisi ekonomi Uni Soviet kian memburuk. Hal ini menurunkan standar hidup dan kesejahteraan rakyat Uni Soviet. Sementara itu rakyat dunia mulai melirik Amerika Serikat dan negara bloknya karena dinilai lebih maju, mapan, dan sejahtera. Sehingga timbul pemikiran bahwa Uni Soviet tidak lagi relevan dalam menunjang kesejahteraan.

Tiga faktor hanyalah sedikit faktor yang menjadi penyebab Uni Soviet gagal dan runtuh. Kini Uni Soviet sudah tidak ada. Namanya pun telah berganti menjadi Rusia dan tidak lagi berbentuk negara kesatuan dengan banyak negara nauangan. 

Kesimpulan

Sebagai suatu teks yang menjelaskan fenomena yang terjadi, eksplanasi juga termasuk teks yang harus kamu pahami dalam bida tulis menulis.

Selain itu masih ada teks lain, seperti : Teks Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Prosedur, Teks Anekdot, Laporan dan Berita.

Semoga bermanfaat..

Kontributor : Novia Intan

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang