5 Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan, yang Baik dan Benar

menulis-surat-keterangan-kerja
toko buku kuliah

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan – Seorang HRD tentunya cukup akrab dengan berbagai surat keterangan termasuk Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Sesuai dengan namanya surat ini memang berisi informasi bahwa seseorang memang bekerja di perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut. 

Fungsinya sendiri kemudian beragam, dan tentunya berkenaan dengan tujuan dari karyawan yang mengajukan permohonan pembuatannya. Lalu, kira-kira apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Kerja tersebut dan apa saja fungsinya?  

Apa Itu Surat Keterangan Kerja? 

Sebagai karyawan yang membutuhkan surat Keterangan Kerja tentu tidak perlu repot mencari contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan. Sebab idealnya dan seharusnya surat satu ini diminta pembuatannya ke pihak HRD. Sehingga HRD perusahaan lah yang seharusnya mencari contoh dan membuatkannya untuk karyawan. 

Surat Keterangan Kerja sendiri adalah surat tertulis yang berisi informasi atau keterangan bahwa seseorang memang bekerja di suatu perusahaan atau pihak-pihak yang memang memiliki ikatan kerja dengan perusahaan tersebut. 

Selain itu, Surat Keterangan Kerja juga bisa berperan sebagai surat pengalaman kerja alias paklaring. Sehingga menyampaikan informasi bahwa seseorang dengan nama dan jabatan tertentu memang pernah bekerja di perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut. Sehingga jenis informasi yang tercantum di dalamnya ada dua jenis. 

Surat Keterangan Kerja sendiri nantinya oleh karyawan yang bersangkutan akan diberikan kepada pihak ketiga. Pihak ketiga ini biasanya akan melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa karyawan tersebut memang benar karyawan atau memang berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan. 

Pada dasarnya dengan melihat contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan di berbagai sumber memang susunannya sederhana. Sehingga mudah untuk dibuat, namun tetap saja sebaiknya tidak dibuat sendiri melainkan mengajukan permohonan kepada HRD. Supaya dibuatkan, sehingga merupakan surat resmi yang legal. 

Apalagi surat tersebut perlu diberi pengesahan oleh HRD maupun pimpinan perusahaan dan bahkan keduanya. Jadi, karyawan bisa saja membuat draft sendiri namun tetap perlu diajukan ke pihak HRD.

Baca juga : Surat keterangan sakit

Fungsi Surat Keterangan Kerja 

Dari definisi diatas, tentunya akan memunculkan pertanyaan. Kira-kira apa fungsi dari Surat Keterangan Kerja tersebut, sehingga seorang karyawan perlu mengajukan permohonan untuk pembuatannya? Surat Keterangan Kerja ternyata memiliki banyak sekali fungsi, dan tentunya disesuaikan dengan tujuan karyawan yang mengajukan. Diantaranya adalah: 

1. Persyaratan Pengajuan Beasiswa

Pada dasarnya, fungsi dari Surat Keterangan Kerja yang berisi keterangan seseorang berstatus sebagai karyawan di perusahaan adalah ada tiga. Fungsi yang pertama adalah persyaratan untuk mengajukan beasiswa, kemudian persyaratan pendaftaran mahasiswa, dan persyaratan kredit di bank. 

Fungsi pertama, adalah untuk memenuhi persyaratan administrasi ketika mengikuti program beasiswa. Umumnya beasiswa ini memang ditujukan untuk para karyawan atau mungkin dosen. Sehingga calon peserta diwajibkan untuk melampirkan Surat Keterangan Kerja tersebut. 

Apalagi untuk beasiswa yang memang ditujukan untuk para karyawan, maka perlu membuktikan memang berstatus sebagai karyawan. Selain itu, pada beberapa kondisi program beasiswa mensyaratkan adanya dokumen pengalaman kerja. Sehingga Surat Keterangan Kerja berfungsi sebagai surat pengalaman kerja tersebut. 

2. Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa 

Sebagai karyawan mungkin kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan mengikuti kelas karyawan, baik kelas sore atau kelas malam dan kelas di akhir pekan. Beberapa perguruan tinggi mensyaratkan adanya SUrat Keterangan Kerja dari perusahaan tempat calon mahasiswa bekerja. 

Otomatis saat menjumpai persyaratan ini kamu perlu mengajukan permohonan pembuatan surat tersebut ke HRD. Jadi, tidak perlu repot mencari contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Namun, pihak HRD yang akan melakukannya dan kamu cukup menunggu surat tersebut selesai dibuatkan. 

3. Persyaratan Pengajuan Kredit di Bank 

Pernah mengajukan kredit atau pinjaman di sebuah bank? Jika kamu mengajukan dengan status karyawan, maka pihak bank akan meminta bukti status kamu sebagai karyawan tersebut. Salah satunya memberikan dokumen persyaratan berupa Surat Keterangan Kerja. 

Sehingga pihak bank melalui surat yang dikeluarkan HRD perusahaan tersebut bisa memastikan bahwa kamu memang bekerja di suatu perusahaan. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan bank untuk menentukan kelayakan calon kreditur mendapatkan kredit. 

Sebab pihak bank tentu tidak bisa memberikan atau mencairkan kredit kepada mereka yang tidak bekerja, bukan? Oleh sebab itu ada dokumen tersebut dan juga ditambah dengan slip gaji selama tiga bulan terakhir atau sesuai ketentuan dari bank masing-masing. 

4. Persyaratan untuk Melamar Pekerjaan 

Sedangkan ketika Surat Keterangan Kerja yang diajukan ke pihak HRD adalah berisi keterangan bahwa kamu memang sempat bekerja di perusahaan tersebut atau di suatu perusahaan. Maka bisa dikatakan jika surat ini menjadi surat pengalaman kerja. Fungsinya juga beragam, dan salah satunya untuk melamar pekerjaan. 

Jadi surat ini menjadi bukti bahwa kamu memiliki pengalaman kerja, sehingga menjadi bahan pertimbangan tambahan bagi HRD di perusahaan yang dilamar untuk menerima kamu sebagai karyawan. 

Sifatnya kemudian menjadi wajib jika perusahaan tersebut memberikan kualifikasi hanya kepada mereka yang berpengalaman di bidang yang sama. Maka dengan adanya Surat Keterangan kerja yang mencantumkan posisi yang kamu jabat selama bekerja dan masa kerja. 

Maka bisa menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki pengalaman di bidang yang sama dengan yang dilamar. Kesempatan untuk diterima tentu lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa memberikan bukti bahwa sudah berpengalaman di bidang tersebut. 

Struktur  Surat Keterangan Kerja 

Khusus untuk kamu yang saat ini mengisi posisi HRD di sebuah perusahaan, sudah tentu membutuhkan contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan ketika ada pengakuan dari salah satu karyawan. Selain mencari referensi di internet juga bisa mencari contoh surat yang sudah pernah dibuat oleh tim HRD sebelumnya. 

Kalau tidak ada bagaimana? Maka internet bisa menjadi penolong, karena dijamin ada banyak situs yang menawarkan contoh-contoh Surat Keterangan Kerja tersebut dan salah satunya adalah di artikel ini. 

Sebelum mengetahui contoh-contoh dari Surat Keterangan Kerja untuk berbagai keperluan. Pastikan dulu sudah mengetahui struktur atau bagian di dalamnya, berikut detailnya: 

  • Kepala Surat, merupakan bagian yang berisi nama perusahaan lengkap dengan alamat, nomor telepon perusahaan, dan sebagainya. Umumnya pihak HRD sudah menyiapkan kertas khusus yang sudah ada kepala surat sehingga tinggal membuat isi suratnya saja. 
  • Perihal Surat, merupakan bagian yang menyampaikan hal surat atau alasan surat tersebut dibuat oleh HRD. 
  • Isi Surat, merupakan bagian inti dari Surat Keterangan Kerja yang berisi sejumlah informasi. Dimulai dari data karyawan yang bersangkutan meliputi nama, alamat, jabatan, nomor telepon, lama waktu bekerja, dan detail tertentu sesuai kebutuhan. 
  • Penutup Surat, merupakan bagian yang akan mengesahkan Surat Keterangan Kerja yang disusun HRD. Berisi tempat, tanggal, tanda tangan pembuat surat, nama jelas pembuat surat, dan kemudian dibubuhkan stempel perusahaan. 

Beberapa perusahaan untuk bagian penutup, tidak hanya mencantumkan pengesahan dari pihak HRD namun juga pimpinan. Namun sekali lagi, struktur yang disampaikan diatas adalah struktur umum. Tidak tertutup kemungkinan suatu perusahaan memiliki struktur tersendiri untuk disesuaikan dengan aturan di dalamnya. 

Contoh Surat Keterangan Kerja 

Berikut adalah beberapa contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan dengan berbagai keperluan yang bisa digunakan sebagai referensi: 

1. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk KPR

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk KPR
PT. RUMAH INDAH KARAWANG
Jalan Perumnas Raya Kav 5 No.8 Karawang
Telp 0267 7089876 Fax. 0267 234323
No: 01/SKK/PT. RIK/12/2019
Perihal: Surat Keterangan Kerja 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama : Salimin Alexander
Jabatan : Direktur PT Rumah Indah Karawang 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Ridwan Malik 
Alamat : Jl. Sahid Raya 20 Karawang 
NIP : 77304555667
Jabatan : Staff Administrasi PT Rumah Indah Karawang

Dengan ini menyampaikan bahwa saudara yang bernama Ridwan Malik memang menjadi karyawan tetap di PT. Rumah Indah Karawang. Saudara Ridwan tersebut sudah bekerja sejak 20 Juli 2019 sampai sekarang. 

Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Hormat Kami

Direktur
PT Rumah Indah Karawang 
Salimin Alexander 

2. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Pembukaan Rekening

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Pembukaan Rekening
Bank Amanah Rakyat Indonesia
 Jl. Gatot Subroto Kav 15 No. 17 A Semarang 
 Telp. 024 1789890 Fax. 024 1234567
 Perihal: Surat Keterangan kerja 
 
Kepada

 Yth. Kepala Cabang Bank Amanah Rakyat Indonesia
 Cabang: Kota Semarang

 Dengan hormat,

 Yang bertanda tangan di bawah ini:
 
Nama : Indah Kalalo 
Jabatan  : Direktur Bank Amanah Rakyat Indonesia
Menerangkan bahwa:
 
Nama : Ika Mariska 
Jabatan : Staff Keuangan
No. KTP : 331513445665389900
Alamat : Jl. Nyi Mas Gandasari No. 17, Semarang Tengah 
 
Adalah benar bekerja di Bank Amanah Rakyat Indonesia di Jalan Gatot Subroto Kav. 15 Nomor 17 A, Semarang. Yang bersangkutan sudah bekerja terhitung sejak 10 Desember 2009 sampai saat ini sebagai karyawan tetap.

Demikian Surat Keterangan Kerja ini dibuat dan ditandatangani sebagai syarat pembukaan rekening Bank Internasional.

 Semarang, 20 April 2021 
 Indah Kalalo 
 Direktur Bank Amanah Indonesia 

3. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk NPWP

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk NPWP
PT. Amanah Nasional Indonesia
 Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mas 50
 Semarang, Jawa Tengah 
 Perihal: Surat Keterangan Kerja
 Nomor: RM/01/12/2021
 
Yang bertanda tangan di bawah ini:

 Nama : Indah Malika 
 NIP/NIK : 123489765
 Jabatan : Supervisor
 Perusahaan    : PT Amanah Nasional Indonesia 
 Alamat : Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mas 50

Menerangkan bahwa :

 Nama : Suryania
 NIP/NIK : 012346789
 Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 7 Juli 1993
 Alamat : Jl. Sinar Mas No. 13 RT 01/05 Semarang Tengah, Semarang.

 Telah bekerja sebagai Asisten Supervisor di PT. Amanah Nasional Indonesia terhitung sejak Desember 2011 sampai dengan sekarang. Surat keterangan kerja ini kami buat untuk digunakan sebagai syarat pengajuan pembuatan NPWP oleh saudari Suryania.

 Demikian surat keterangan kerja ini dibuat sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
 Semarang, 15 Maret 2021

 Supervisor,
 Indah Malika   

4. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Paspor

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Paspor
PT. Ramah Lingkungan
Jl. Darmawangsa Indonesia No. 15 Jakarta
Telp. 021 1234566 Fax. 021 12345556
Hal: Rekomendasi Pembuatan Paspor

Kepada Yth.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I
Jalan Raya Ahmad Dahlan No. 16
Jakarta Utara, 
DKI Jakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah selaku Kepala Humas PT Ramah Lingkungan

Nama : Iwan Permana
Jabatan : Kepala Humas PT Ramah Lingkungan

Menyatakan bahwa:

Nama : Sri Lestari
Jabatan : Staff Humas PT Ramah Lingkungan
No KTP : 1234789000018788
Alamat : Jl. Akrilik Raya Pusat 89, Jakarta Utara, DKI Jakarta

Adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang mulai bekerja sejak Januari 2009 hingga saat ini. Yang bersangkutan memiliki semangat kerja yang dan memiliki prestasi yang baik di PT Ramah Lingkungan.

Surat keterangan kerja ini dibuat untuk pengajuan pembuatan paspor, karena yang bersangkutan akan melakukan perjalanan dinas ke Mesir.

Demikian surat ini kami ajukan. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Personalia PT Ramah Lingkungan
Iwan Permana

5. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Kuliah

PT Optimis Maju Sukses
Jl. Dr. Raya Merdeka Indah No.02, Yogyakarta Indonesia
Telp/Fax : 0274-55713475 Email : optimismajusukses@gmail.com
Perihal: Surat Keterangan Kerja

 Yang bertanda tangan dibawah ini:
 Nama : Anik Widi Astuti 
 NIP/NIK : 98765789
 Jabatan :Direktur
 Perusahaan/Instansi : PT Optimis Maju Sukses

 Dengan ini menerangkan bahwa :

 Nama : Indah Mertapa Sari 
 Jabatan : Sekretaris
 Perusahaan : PT. Optimis Maju Sukses

 Bahwa yang bersangkutan adalah benar karyawan PT Optimis Maju Sukses sejak 17 Juni 2014 sampai sekarang. Kami menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti jadwal kegiatan di kampus pada tanggal 20-21 Desember 2019 dikarenakan masih bekerja.

 Demikian surat ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 Yogyakarta, 15 April 2021 
 TTD dan Materai
 Anik Widi Astuti
 Direktur PT Optimis Maju Sukses

Baca juga: Surat aktif kuliah

Keuntungan Memiliki Surat Keterangan Kerja 

Melalui contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan diatas tentunya memudahkan kamu untuk membuat Surat Keterangan Kerja secara resmi. Khususnya yang memang menjabat sebagai HRD, karena dijamin cukup sering mendapat permintaan karyawan untuk dibuatkan surat tersebut. 

Bagi karyawan yang bersangkutan, mendapatkan atau memiliki Surat Keterangan Kerja tentunya memberikan banyak sekali keuntungan. Seperti: 

Kemudahan Mengurus Suatu Keperluan

Kepemilikan Surat Keterangan Kerja akan membantu setiap karyawan untuk mengurus hajatnya. Sehingga urusan menjadi lebih mudah, misalnya jika ingin mengajukan KPR maka memudahkan karyawan tersebut untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank. 

Sehingga mengurus Surat Keterangan Kerja cukup penting, oleh sebab itu karyawan perlu bekerja dengan baik. Sekalipun tidak memiliki prestasi memebanggakan namuns etidaknya memiliki absensi yang baik dan kinerjanya pun bisa diandalkan oleh tim divisi tempatnya menjabat. 

Mendapat Apresiasi dari Perusahaan 

Memiliki Surat Keterangan Kerja juga menjadi bukti bahwa seorang karyawan sudah mendapatkan penghargaan dari perusahaan. Sebab surat tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan atas pengabdian karyawan selama bekerja di dalamnya. Sekaligus menjadi bukti bahwa karyawan tersebut resign baik-baik. 

Bukti Memiliki Kinerja yang Baik 

Surat Keterangan Kerja juga akan membantu karyawan untuk membuktikan diri bahwa sudah bekerja dengan baik. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan baru ketiak mengajukan lamaran.

Pondok Djawara Deepublish

Oleh sebab itu saat menjadi karyawan memang sebaiknya bekerja dengan baik, supaya dimudahkan segala urusan bahkan setelah permohonan resign diajukan. Tidak terlupa juga untuk selalu menjaga hubungan baik dengan semua staf di perusahaan, mulai dari staf ke satu divisi maupun divisi lain.

Baca juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit, Ada Acara, Tugas

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang