fbpx
flash sale toko buku deepublish

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit, Ada Acara, Tugas

contoh surat keterangan tidak masuk kuliah
toko buku kuliah

Contoh surat izin tidak masuk kuliah – Kamu memiliki jadwal kuliah pukul 10.00 wib tapi sejak dua hari lalu kamu mengalami demam. Kamu tidak bisa beraktivitas seperti biasa dan harus beristirahat. Mau tidak mau kamu harus meminta izin tidak mengikuti kegiatan belajar di kelas. 

Sesuai dengan peraturan akademik di kampus, setelah sembuh nanti kamu harus menyerahkan surat izin tidak masuk kuliah berupa surat keterangan dari dokter yang didapatkan sewaktu kamu berobat. Sayangnya, kamu tidak bisa hanya memberikan surat izin karena sakit yang ditulis sendiri atau orang tua. Surat tersebut tidak akan diakui oleh pihak akademik.

Setiap perguruan tinggi memiliki peraturan masing-masing terkait izin tidak masuk kuliah. Bahkan setiap program studi atau jurusan di perguruan tinggi menerapkan kebijakannya tersendiri. 

Sebagai mahasiswa baru, alangkah baiknya kamu mengetahui mengenai peraturan ini. Kamu juga perlu mengetahui contoh surat izin tidak masuk kuliah yang sesuai dengan ketentuan tersebut agar surat izin diterima oleh pihak akademik sebagai surat izin yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sebenarnya, apa saja halangan yang bisa menyebabkan seorang mahasiswa tidak bisa mengikuti kegiatan kampus, ya? Berdasarkan pengalaman, kamu pernah tidak masuk kuliah karena apa?

Berbagai Macam Halangan Tidak Masuk Kuliah

Masih ingat dengan SKS? Selama masa perkuliahan, setiap mahasiswa mempunyai tanggungan jumlah SKS yang harus dipenuhi. Contohnya, mahasiswa jenjang sarjana harus menempuh minimal 144 dan maksimal 160 SKS agar dapat mengikuti ujian skripsi dan lulus. Nah, setiap mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa memiliki poin SKS-nya sendiri misalnya mata kuliah Perbandingan Politik memiliki poin sebesar 3 SKS dan mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia sebanyak 3 SKS. Ada juga mata kuliah dengan 2 SKS atau 4 SKS.

Mahasiswa menentukan apa dan berapa saja mata kuliah yang ditempuh selama satu semester dalam proses pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Proses pengisian KRS dilakukan sebelum masa semester baru dimulai. Dalam proses tersebut, mahasiswa memilih mata kuliah beserta jadwalnya. 

Umumnya mahasiswa mengambil kelas mata kuliah mulai hari Senin sampai Jumat. Dalam sehari, biasanya ada satu hingga tiga mata kuliah yang diikuti. Mahasiswa memilih jadwal mata kuliah dengan pertimbangan agar tidak tercipta keselarasan antara kegiatan di kampus dan kegiatan sehari-hari di luar kampus. 

Mahasiswa berusaha menjalani kegiatan perkuliahan dengan sebaik mungkin. Menerima materi dan melakukan diskusi di kelas. Apabila bolos mahasiswa akan ketinggalan materi sehingga berakibat pada hasil belajarnya nanti di akhir semester.

Namun adakalanya kemalangan tak dapat dihindari atau terdapat hal lain yang mau tidak mau membuat seseorang tidak menghadiri  pembelajaran di kelas. Tanpa diharapkan, halangan muncul sehingga mahasiswa tidak bisa mengikuti kuliah dengan semestinya.

Ada beragam halangan yang menimpa. Kemungkinan kamu sakit, harus bepergian, anggota keluarga inti meninggal, mengikuti perlombaan di tingkat regional/nasional/internasional, mengikuti pertukaran pelajar, dan lain-lain. Semua itu membuat kamu tidak masuk kuliah.

Perlu kamu ketahui, tidak semua izin diperbolehkan oleh pihak akademik. Hanya beberapa izin yang diperkenankan. Jenis izin di bawah ini yang biasanya diakui oleh pihak akademik. Selain jenis izin ini maka alasan tidak masuk kuliah tidak diterima.

1. Izin Karena Sakit

Izin karena sakit dengan syarat melampirkan surat keterangan dari dokter, puskesmas, poliklinik, atau rumah sakit. Surat izin sakit yang ditulis sendiri tidak berlaku. Surat yang ditulis oleh teman, anggota keluarga, atau kerabat juga tidak bisa digunakan karena pihak akademik tidak menanggapi surat tersebut sebagai surat izin.

2. Tugas dari Universitas/Fakultas/Jurusan

Tugas dari universitas, fakultas, jurusan, atau program studi yang menyebabkan kamu tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di kelas. Syaratnya melampirkan surat tugas dari pihak-pihak yang berwenang mengeluarkan surat tersebut. 

Surat tugas diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan kompetitif baik akademik maupun non akademik. Jadi mengikuti perlombaan termasuk ke dalam izin ini, ya.  Kamu juga bisa meminta surat tugas ini apabila kamu mengikuti program kegiatan yang diadakan oleh pihak rektorat atau fakultas seperti pertukaran pelajar. 

Baca juga : Apa Itu Semester Pendek? Pengertian, Tujuan, Syarat, Kekurangan dan Kelebihannya

3. Mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Alasan lain yang diperkenankan oleh pihak fakultas, jurusan, atau program studi. Beberapa fakultas memperkenankan izin untuk alasan umroh atau haji, keluarga inti meninggal, dan sebagainya

Kamu harus memastikan apa saja jenis izin yang berlaku di kampus. Sehingga kamu tahu mana saja izin yang berlaku dan tidak. Di luar jenis izin di atas, kamu akan dinyatakan bolos dalam presensi. 

Baca juga : Apa itu KKN Mahasiswa? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Waktunya

Apa dampaknya bila ketidakhadiranmu terhitung bolos? Bila melebihi ketentuan maka kamu tidak bisa mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Bila tidak mengikuti UAS maka nilain mata kuliah yang didapat rendah dan berpengaruh terhadap perolehan hasil studi. Tidak mengikuti UAS besar kemungkinan kamu harus mengulang mata kuliah tersebut di semester selanjutnya. Gawat `kan?

Setiap kampus memiliki kebijakan kehadiran mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran. Rata-rata kampus menerapkan kebijakan mahasiswa harus memenuhi kehadiran minimal sebanyak 75%-80% dari total keseluruhan pembelajaran di kelas. Artinya tiap mahasiswa memiliki jatah tidak masuk kelas tanpa izin sebanyak 2-3 kali dari total 16 pertemuan. Jika tidak memenuhi batas minimal tersebut, nama kamu diblokir dari daftar mahasiswa yang mengikuti UAS.

Untuk itu, pentingnya kamu mengetahui jenis izin dan seperti apa contoh surat izin tidak masuk kuliah agar tidak salah dalam penggunaannya. Kamu merujuk kepada pihak-pihak yang tepat untuk mendapatkan surat izin. 

Misalnya sakit, kamu bisa periksa ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat. Usai pemeriksaan kamu akan mengetahui sakit apa yang dialami dan meminta surat keterangan sakit. 

Kemudian bila akan mengikuti perlombaan, kamu bisa meminta surat tugas ke program studi. Bila akan mengikuti pertukaran pelajar, kamu juga tahu harus kemana untuk meminta surat keterangan agar presentasimu tetap aman dan tidak tergolong bolos nantinya.

Baca juga : Apa Itu Siakad? Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Supaya kamu semakin paham, berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk kuliah karena alasan sakit dan ikut lomba.

1. Surat Keterangan Sakit dari Dokter

Mengapa surat keterangan sakit dari dokter dipakai dan diakui ketimbang surat yang ditulis secara pribadi? Alasannya surat keterangan dari dokter merupakan surat legal yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dalam Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteraan pasal 35 ayat 1, setiap dokter dan dokter gigi yang memiliki surat tanda registrasi diberikan wewenang untuk mengeluarkan surat keterangan sakit. Dengan mengantongi surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh dokter maka izin yang kamu ajukan dapat diterima oleh akademik karena dapat dipertanggungjawabkan.

Ini adalah contoh surat keterangan sakit dari dokter.

(sumber: https://bills.alterra.id/)

Cara mendapatkan surat keterangan sakit cukup mudah. Kamu datang langsung ke layanan kesehatan terdekat, entah itu puskesmas, poliklinik, ataupun rumah sakit untuk memeriksakan diri. Setelah berobat kepada dokter dan dilakukan pemeriksaan, kamu bisa meminta pada dokter tersebut untuk membuatkan surat keterangan sakit.

Selanjutnya dokter akan mengisi informasi di dalam surat keterangan sakit seperti nama pasien, pekerjaan, dan berapa jumlah hari untuk istirahat. Namun ingat ya, dokter tidak akan memberikan surat keterangan sakit bila memang pasien tidak membutuhkan waktu istirahat. Artinya pasien masih bisa beraktivitas secara normal. 

Sebagai contoh, kamu merasakan gatal-gatal. Setelah diperiksa kamu ternyata mengalami alergi ringan. Di salah satu layanan kesehatan di Kota Malang, pasien tidak bisa mendapatkan surat keterangan sakit karena alergi ringan tidak mengganggu aktivitas pasien dalam sehari-hari.

Baca juga : 10+ Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru Saat Pandemi

2. Download Contoh Surat Tugas dari Fakultas, Jurusan, atau Program Studi

Selain alasan sakit, mahasiswa juga diperkenankan untuk tidak masuk kuliah karena kegiatan kemahasiswaan. Sebagai contoh, kamu merupakan anggota dari organisasi mahasiswa di tingkat fakultas yakni Lembaga Semi Otonom (LSO) Sepak Bola. Kamu didelegasikan oleh organisasi tersebut untuk mengikuti perlombaan sepak bola di luar kota.

Untuk mendapatkan izin tidak masuk kuliah, kamu harus memiliki surat tugas dari pihak fakultas. Surat tugas tersebut diberikan kepada pihak akademik yang mengurus tetang presensi mahasiswa. Surat tugas ini diberikan untuk kegiatan kemahasiswaan di tingkat kabupaten, regional, nasional, hingga internasional. 

Nah, untuk mendapatkan surat tugas tersebut biasanya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti proposal kegiatan yang akan diikuti. Kemudian proposal diserahkan ke bagian kemahasiswaan fakultas untuk mendapatkan surat tugas. Selain proposal kegiatan, beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat tugas adalah surat dari pembina organisasi misal ada, surat permohonan surat tugas, tanda tangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa, dan lainnya. 

Surat tugas ini ditandatangani dan disahkan oleh Wakil Dekan yang bertanggungjawab terhadap kegiatan kemahasiswaan di fakultas. Jika kamu mengikuti organisasi tingkat universitas atau disebut UKM, maka surat tugas diperoleh dari pihak kemahasiswaan rektorat. Surat tugas disetujui oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan.

Berikut ini contoh surat tugas mengikuti perlombaan.

Contoh surat tugas tidak masuk kuliah

(sumber: http://psikologi.umm.ac.id/)

Contoh surat tugas di bawah ini adalah yang dikeluarkan oleh program studi. Disetujui dan ditandatangani oleh Kepala Program Studi. Contoh surat tugas ini bersumber dari kimia.mipa.uns.ac.id

KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI KIMIA

Jl. Ir. Sutami No. 36A Kentingan Surakarta 57126
Telp.(0271) 646994, Psw 446 Fakultas (0271) 669376, 663375 Psw 386, 387, 429 Fax. (0271) 663375


S U R A T    T U G A S

No. /UN27.09.06.3/PP/2016

Kepala Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan ini menugaskan kepada :

            Nama               :

            NIM                :

            Fakultas/Prodi :

            Tugas/Kegiatan           :

            Jangka Waktu :

Demikian Surat Tugas ini dibuat, harap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan menyampaikan laporan setelah selesai menjalankan tugas.

Dikeluarkan di  : Surakarta
Pada Tanggal  : ………………………

Kepala Program Studi Kimia

Dr.Triana Listianawati, M.Si      

NIP. 19730124 199903 2001

PERNYATAAN

Tugas tersebut telah dilaksanakan dengan baik.

Pada tanggal 

(………………………………………………………………….)

Perhatikan alur dan persyaratan untuk mendapatkan surat tugas yang berlaku di kampusmu dengan seksama, ya. Setiap kampus memiliki alur dan persyaratan yang kemungkinan besar berbeda. Bahkan antar fakultas di satu perguruan tinggi saja terkadang menerapkan peraturan berbeda.

Dengan surat tugas ini, ketidakhadiranmu di kelas dinyatakan sebagai izin. Artinya, hal tersebut tidak mengurangi presentase kehadiran yang harus dipenuhi. Kamu pun tak perlu khawatir lagi.

Baca juga : 10 Teknik Pembukaan Presentasi yang Efektif dan Mengesankan

Demikian informasi tentang contoh surat keterangan tidak masuk kuliah, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yang berencana tidak masuk kuliah ya.

Walaupun tidak masuk kuliah, jangan berhenti untuk belajar. Dapatkan buku-buku pegangan kuliah di Deepublish, bisa kamu baca kapanpun dan dimanamun.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang