Logo Baru April

Contoh Program Kerja KKN: Individu dan Kelompok

Contoh Proker KKN
toko buku kuliah
Bagikan

Siapa disini yang sudah kuliah dan mulai memikirkan KKN? Nah, berikut pengertian, tujuan dan contoh program kerja KKN yang bermanfaat dan berdampak.

Saat menyebut KKN apa yang terlintas di kepala? Bagi mahasiswa Hukum, mungkin akan mengarah ke korupsi, kolusi dan nepotisme. Sementara bagi mahasiswa yang sebentar lagi lulus, pasti langsung tertuju pada Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Pasti ada rasa kecemasan, antusiasme, dan bingung dengan proker KKN kamu bukan? Belum lagi mencemaskan masalah hubungan dengan masyarakat nantinya akan seperti bagaimana. Tenang, menjalankan program KKN tidak semankutkan itu. 

Dan pada kesempatan artikel kali ini, kamu akan tahu manfaat, tujuan KKN yang sangat menguntungkan buat kamu. buat kamu yang cemas dan kesulitan membuat program kerja KKN, kamu bisa intip ide Proker KKN yang bisa kamu coba juga. Baca sampai Selesai ya. 

Pengertian KKN

Pengertian KKN diambil dari kepanjangan Kuliah Kerja Nyata. KKN termasuk kegiatan perkuliahan yang masuk ke ranah intrakurikuler. Dimana setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti KKN sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh pihak Perguruan Tinggi.

3 Unsur Penting KKN

Tentu saja program KKN ini berjalan berdasarkan pada bimbingan dosen dan pemerintah daerah yang dilibatkan. Pengertian proker KKN memiliki tiga unsur, yang meliputi berikut. 

1. Pendidikan 

Sudah pasti proker kerja sebagai program kegiatan pendidikan yang dikhususkan untuk mahasiswa. Di sinilah mahasiswa akan diperkenalkan langsung ke masyarakat dan terjun langsung menyikapi permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. 

2. Penelitian 

Unsur yang kedua, sebagai upaya pihak perguruan tinggi mengikutsertakan mahasiswa menelaah, dan belajar melakukan penelitian secara baik dan benar. Secara tidak langsung, mendorong dan mengajarkan mahasiswa untuk menelaah potensi dan merumuskan permasalahan yang terjadi demi memperoleh jalan keluar atau problem solving. 

3. Pengabdian masyarakat 

Ternyata tidak hanya dosen yang perlu membuat pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa lewat program kerja KKN pun juga demikian. Setidaknya lewat program ini, mahasiswa akan mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari, kemudian di transformasi ke masyarakat yang ditempati. 

Dari ketiga unsur di atas, maka secara tidak langsung, pengertian program kerja KKN mahasiswa tidak sekedar bergabung dengan masyarakat saja. Tetapi juga membantu membangun masyarakat pedesaan menjadi lebih sejahtera, mandiri dan memiliki master plan.

Daftar Reseller

Baca juga: Contoh Mahasiswa Sebagai Agent of Change

Manfaat KKN

Nah, hampir semua mahasiswa pasti akan merasakan bagaimana rasanya menjalankan tugas kemasyarakatan. Pasti akan ada banyak pengalaman yang akan kamu peroleh. Semoga pengalaman itu adalah pengalaman yang baik, jangan pengalaman horor seperti yang dialami oleh mahasiswa yang sedang KKN di Desa Penari. 

Terlepas dari cerita pengalaman KKN di Desa Penari, Ternyata ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika mengikuti proker KKN. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Mengasah Kemampuan Dalam Mencari Problem Solving 

Manfaat proker KKN yang sangat dirasakan, mengasah keterampilan dalam memecahkan masalah. Saat berbaur dengan masyarakat, akan ada banyak sekali kasus dan permasalahan yang akan ditemui. Tentu saja, mau tidak mau di sini kamu akan belajar bagaimana mencari solusi tanpa menambah emosi. Belum lagi masalah perbedaan pendapat dengan satu anggota. 

2. Belajar Kerja Sama 

Yap, saat mencoba mencari solusi. Seringkali menemukan perbedaan pendapat dengan anggota lain. Ini hal yang lumrah terjadi. Karena perbedaan itu fitrah. Nah, di tahap inilah sebenarnya sedang dilatih kemampuan koordinasi agar tetap terjalin kerjasama. 

Kerjasama yang baik tentu saja akan melahirkan solusi dan jalan keluar yang baik pula. Bagaimana cara agar bisa mencapai kesepakatan dan bisa bekerjasama? Caranya mudah, cukup diskusi bersama, maka mufakat jalan tengah akan didapatkan. 

3. Melatih Profesionalitas 

Manfaat yang tidak kalah penting adalah, membangun profesionalitas kerja. Menjadi pribadi yang profesional itu tidaklah mudah loh. Butuh proses panjang agar memiliki jiwa profesional. 

Daftar Open Reseller

4. Mengembangkan Diri 

Tidak semua orang memiliki kesadaran akan dirinya. Ada sebagian orang yang tidak tahu apa yang diinginkan dan apa kelebihan yang dimilikinya. Nah, mengikuti proker KKN ternyata mampu mengembangkan diri. Siapa tahu lewat kegiatan ini, kamu menjadi tahu apa yang kamu sukai, tahu bakat kamu atau tahu passion kamu yang bisa dikembangkan. 

5. Melatih kepedulian sosial 

Hal yang lumrah saat mengikuti program kerja KKN, kita akan menemukan banyak permasalahan dan kita akan bersinggungan dengan warga masyarakat desa. Dimana setiap desa memiliki struktur sosial, memiliki karakter masyarakat yang berbeda-beda. 

Keberagaman yang kompleks, termasuk dengan permasalahan yang kompleks di daerah tersebut inilah yang secara tidak langsung akan memancing sensitivitas emosi kamu. Baik itu emosi empati, peduli, prihatin dan masih banyak lagi. Dimana emosi inilah yang akan mendorong kamu menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap sosial.

Dari kelima poin di atas, manfaat apa yang paling kamu rasakan? Kamu bisa share pengalaman kamu di kolom komentar. 

Tujuan KKN

Setiap kegiatan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pasti memiliki tujuannya. Berikut beberapa tujuan KKN. 

1. Pengalaman 

Proker KKN hadir untuk menawarkan pengalaman kepada mahasiswa. Baik itu pengalaman secara akademik ataupun non akademik.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Termasuk juga pengalaman bekerja langsung dengan masyarakat. Setidaknya disana mahasiswa belajar bagaimana memecahkan masalah, bagaimana merumuskan masalah dan bagaimana menanggulangi masalah.

2. Melatih Berpikir kritis 

Tujuan yang kedua, mengajak mahasiswa agar bisa berfikir secara kritis. Berpikir berdasarkan keterampilan, ilmu, teknologi dan seni yang sudah dipelajari selama beberapa semester di bangku kuliah

3. Perguruan Melahirkan Sarjana Berkompeten Siap Pakai 

dari pihak perguruan tinggi, bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang bisa menghayati kondisi, permasalahan dan gerak yang kompleks. Melahirkan mahasiswa yang peka terhadap sosial, serta melahirkan mahasiswa yang kritis berfikir serta terlatih.

4. Meningkatkan Hubungan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah 

Secara tidak langsung, proker KKN juga bertujuan untuk menjalin hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah. Jadi ada keterhubungan, keterkaitan dan antar elemen masyarakat sosial dengan lembaga pendidikan. 

5. Mempercepat Proses Peningkatan Kemampuan SDM

Sadar atau tidak sadar, proker KKN bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia. Jadi ketika mahasiswa mampu menghayati lewat program KKN, mereka akan menjadi pribadi yang kritis dan peka terhadap lingkungan. Sehingga mampu membenahi  apa yang perlu dibenahi, sehingga lingkungan berubah menjadi lebih baik. 

6. Mempercepat Membangun Masyarakat Dinamis

Tidak dapat dipungkiri jika rahasia Negara maju karena masyarakat dinamis. Indonesia pun sudah dinamis terhadap teknologi, sayangnya belum diimbangi dengan kesadaran membaca dan belum diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni. 

Nah, setidaknya lewat program KKN diharapkan mampu membenahi pola ini. Sehingga Negara kita kita pun menjadi lebih mudah mengikuti perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan.

Itulah beberapa tujuan proker KKN. Masih ada tujuan lain, misalnya mempercepat pembangunan masyarakat, mempercepat pembinaan institusi dan profesi masyarakat terhadap modernisasi. 

Contoh Proker KKN

Umumnya, tugas yang paling menyulitkan bagi mahasiswa yang sedang KKN justru bukan poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Tetapi saat membuat membuat proker KKN. Nah, berikut ada contoh proker KKN yang bisa kamu jadikan inspirasi kegiatan. 

Contoh Proker KKN Individu

Sebenarnya ada banyak ide program kerja (proker) KKN individu yang masih bisa kamu lakukan. Diantaranya sebagai berikut. 

  1. Berpartisipasi dalam acara keagamaan, Misal membuat program isra miraj, membuat program pengajian tiap malam rabu dan masih banyak lagi. 
  2. Mengadakan bimbingan belajar
  3. Memberikan program sosialisasi terhadap pentingnya internet, marketplace atau apapun itu yang sekiranya sesuai dengan kondisi masyarakat sosial. 
  4. Memberikan keterampilan bagi anak-anak sekolah. Misalnya memberi keterampilan menulis, memberikan keterampilan menari, melukis atau keterampilan dalam bentuk lain. 
  5. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya makan hidup sehat 
  6. Menjadi guru bagi masyarakat desa yang buta huruf

Contoh Proker KKN Kelompok

  1. Memberi sosialisasi pemanfaatan sampah, disertai bagaimana cara memanfaatkan sampah menjadi keterampilan untuk nilai lebih pada barang. 
  2. Mengajak masyarakat untuk menanam bakau untuk mengurangi abrasi laut
  3. Mengadakan kegiatan bazar atau pasar desa yang melibatkan masyarakat sekitar
  4. memberikan keterampilan kepada masyarakat cara membuat kue atau roti, agar bisa dijual dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Program kerja KKN Pertanian

  1. Memberikan sosialisasi tentang budidaya tanaman obat di halaman rumah masing-masing warga. Agar warga bisa mengkonsumsi obat dari hasil tanam sendiri 
  2. Memberikan pelatihan hidroponik. Termasuk memberikan ilmu bagaimana cara membuat instalasi, bagaimana cara melakukan perawatan, bagaimana cara membuat pembibitan, panen dan cara menjual produk ke pasar. Sehingga masyarakat pun lebih produktif dan bisa mendapatkan uang tambahan dari program ini. 
  3. Penanaman pohon massal yang melibatkan warga sekitar. Cara ini lebih cocok digunakan terapkan untuk daerah yang memiliki lahan gundul. 
  4. Memberikan sosialisasi tentang pengelolaan hasil pertanian kepada kelompok PKK atau perkumpulan warga yang masih aktif di sana 
  5. Memberikan keterampilan memanfaatkan hasil panen di ladang, menjadi makanan yang siap dijual ke pasar.

Proker KKN Pendidikan

  1. Memberikan program bimbingan belajar secara gratis kepada anak-anak sekolah di desa tersebut. Tentu saja dilakukan di luar jam sekolah. 
  2. Membuat program perlombaan cerdas cermat, agar memotivasi anak-anak sekolah di desa tersebut semangat belajar 
  3. Memberikan keterampilan membaca dan menulis al-qur’an. Jika punya keterampilan qori’ah, warga bisa diajarkan keterampilan ini juga loh. Proker kkn online

Proker KKN Kesehatan

  1. Memberikan program pemeriksaan gratis kepada warga sekitar, agar kesehatan warga terkontrol dan warga tetap sehat. 
  2. Mengadakan lomba kebersihan lingkungan rumah. Cara ini masih tetap relevan diadakan, terutama untuk daerah perkampungan yang masih punya budaya kotor.
  3. Membuat kegiatan bebas dari jentik-jentik. Misal mengajak warga untuk selalu kontrol bak kamar mandi, atau kubangan disekitar rumah. Tunjuk salah satu warga secara bergilir, untuk melakukan pengecekan. 
  4. Memberikan sosialisasi tentang materi kesehatan untuk warga masyarakat, agar lebih sadar akan pentingnya kesehatan. 
  5. Membuat program atau ikut dalam program pengadaan posyandu balita dan lansia. Misalnya memberikan hiburan di sana, atau memberikan goodie bag yang sifatnya meningkatkan kesehatan peserta. 
  6. Mengadakan senam sehat untuk masyarakat. Terutama buat ibu-ibu lansia.

Itulah beberapa contoh proker KKN yang sebenarnya bisa dikembangkan lagi. selain daftar contoh di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi program yang menarik lainnya. Alangkah lebih baik jika kamu bisa menciptakan sebuah program yang belum pernah ada sebelumnya. 

Semoga ulasan tentang Proker KKN yang singkat ini memberikan ide, gagasan, dan motivasi. Semoga bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Peluang Bisnis Mahasiswa

Nah, untuk kalian yang mahasiswa dan sedang mempersiapkan pendapatan secara mandiri silakan untuk baca 10 ide binis untuk mahasiswa ini. Sebab, kebutuhan mahasiswa sekarang juga banyak banget apalagi mau KKN juga.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :