fbpx

Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Contoh Notice Di Perpustakaan Beserta Penjelasannya

contoh notice perpustakaan dan penjelasannya

Contoh Notice Di Perpustakaan Beserta Penjelasannya – Saat mengunjungi perpustakaan sering dibuat penasaran tentang contoh notice di perpustakaan? Istilah notice atau yang lebih akrab kita dengan caution text merupakan instruksi dan arahan dari pihak perpustakaan kepada pengunjung. Biasannya bisa berbentuk larangan, himbauan atau perintah. 

Notice ini memang ditujukan oleh orang umum atau pengunjung yang datang ke sana. Ada dua bentuk notice, barangkali kamu sebenarnya juga sering menemuinya atau bisa juga kamu mencari contoh notice di perpustakaan di Internet. Kedua bentuk notice tersebut ada yang berbentuk gambar, kata-kata dan kalimat. 

Nah, membicarakan notice di perpustakaan, artikel ini juga akan mengulas notice di perpustakaan dan tujuan dibuat notice. Langsung saja simak ulasan berikut. 

Tujuan Notice Di Perpustakaan 

Seperti yang sudah disinggung di paragraf sebelumnya, selain sebagai himbauan untuk pengunjung perpustakaan, ternyata memiliki banyak sekali tujuan lainnya loh. Misalnya, notice text bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Tidak dapat dipungkiri saat masuk ke perpustakaan, apalagi untuk yang pertama kali berkunjung, sering mengalami kebingungan bukan? 

Nah, tujuan dari notice text adalah memberikan informasi kepada orang-orang petunjuk arah jika ingin ke ruang baca, ruang koleksi dan lain sebagainya. Dengan kata lain, tujuan dari notice text juga bisa memberikan arahan. Membicarakan arahan, sebenarnya juga tidak selalu berbentuk petunjuk arah saja loh. Tetapi juga menginformasikan pengarahan bagi anggota atau pengunjung baru, missal harus mengisi daftar hadir, cara membuat kartu anggota dan lain sebagianya. 

Tujuan lain juga bersifat ajakan. Misalnya mengajak pengunjung perpustakaan untuk membuang sampah ditempatnya. Atau sekedar notice pengunjung dilarang membawa makanan ketika masuk di ruang perpustakaan. Sebenarnya notice text juga bersifat untuk memberikan saran. 

Memberikan saran agar tidak berisik ketika berada di ruang baca, agar tidak mengganggu pengunjung lain, atau memberikan saran segera mengembalikan buku yang dipinjam jika sudah lewat dari waktu peminjaman. 

Apakah ada tujuan lain dari notice? Tentu saja, bisa juga bertujuan untuk mengingatkan para pengunjung untuk tidak melakukan ini itu. Termasuk pula bentuk larangan untuk pengunjung yang membawa bekal dari rumah atau semacamnya. 

Oh iya, notice di perpustakaan selain berbentuk gambar dan tulis, kita juga akan sering juga mendapatkan notice berbentuk suara loh. Dimana suara tersebut akan terpancar di seluruh area perpustakaan agar semua pengunjung mendengarkan. Nah, penasehat atau yang menotice melihat segala aktivitas pengunjung perpustakaan lewat CCTV yang terpasang di setiap sudut ruang perpustakaan untuk memantau. 

Contoh Notice di Perpustakaan 

Jika di sub bab sudah dijelaskan tujuan dari notice di perpustakaan. Barangkali ada yang masih bingung bentuk notice itu seperti apa. nah, berikut ada beberapa contoh notice di perpustakaan 

Contoh notice di perpustakaan 1 

Contoh notice perpustakaan

Sumber Gambar :  www.bodypartchart.com

Notice dari gambar di atas menunjukan bahwa pengunjung dilarang berisik dan tetap menjaga ketenangan ruangan. Memang bentuk notice di perpustakaan tidak selalu berbentuk seperti gambar di atas. Karena notice gambar lagi-lagi bergantung dan berserah kreativitas dari tim atau petugas perpustakaan dalam memberikan notice kepada pengunjungnya. 

Contoh notice di perpustakaan 2 

contoh notice perpustakaan 3

Sumber Gambar : berbagaicontohgambar.blogspot.com/

Ajakan yang sering ditemukan di perpustakaan yang kedua adalah ajakan atau notice penggunaan ponsel genggam. Jadi setiap kali ke perpustakaan, pastikan ponsel kamu mati atau di mode getar agar ketika ponsel bunyi, tidak mengganggu pengunjung perpustakaan. Tidak dapat dipungkiri ada banyak karakter dan gaya belajar atau gaya konsentrasi pengunjung perpustakaan. 

Ada pengunjung yang tidak terganggu dengan suara bising, dan ada juga pengunjung yang terganggu suara bising, terutama suara hp. Kita sebagai pengunjung perpustakaan pun juga harus menghargai pengunjung lain dan mematuhi aturan yang sudah diterapkan oleh pihak perpustakaan. Salah satunya mematikan ponsel atau tidak bermain ponsel. 

Baca juga : Jenis Jenis Perpustakaan Di Indonesia

Contoh notice di perpustakaan 3 

notice perpustakaan keep this door closed

Sumber gambar: berbagaicontohgambar.blogspot.com

notice yang juga sering kita temui adalah perintah atau ajakan untuk menutup pintu. Ya, meskipun beberapa perpustakaan yang memiliki fasilitas lengkap pintu bisa otomatis buka tutup sendiri. Tetapi ada beberapa pintu yang harus ditutup secara manual. Itu sebabnya ada beberapa perpustakaan yang menempelkan notice ini. 

Membicarakan tujuan menutup pintu perpustakaan memang ada banyak alasan. Salah satunya karena ruang perpustakaan ber AC, agar tidak terjadi penguapan atau semacamnya. Tidak hanya itu, ternyata koleksi buku di perpustakaan itu juga bisa mengalami penurunan masa atau bisa rusak juga loh. Agar buku-buku tidak mudah rusak dengan cara menjaga suhu di dalam ruangan atau rak baca. Maka dari itu, penting sekali menutup pintu ketika masuk di ruang koleksi buku. 

Baca juga : 5 Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

Contoh Notice Di Perpustakaan 4

notice perpustakaan 4

Sumber gambar : www.englishiana.com

Pemberitahuan yang mungkin sering ditemui di perpustakaan adalah pemberitahuan ada nya kamera pengawas. Tujuan pemberitahuan ini agar pengunjung yang memiliki jiwa maling tidak jadi maling koleksi buku yang ada di sana. Sebenarnya tidak hanya untuk memantau pengunjung yang mengambil buku saja loh. 

Tetapi juga berfungsi untuk mengawasi pengunjung perpustakaan. Apakah ada pengunjung yang melanggar aturan seperti membawa minuman dan makanan di ruang baca atau tidak. Nah, bagi pengunjung yang didapati melanggar, mereka langsung akan mendapatkan notice dari petugas. 

Ada yang mendapatkan notice berupa teguran secara personal dari penjaga. Ada juga yang langsung mendapatkan notif pesan suara lewat speaker yang terpasang di ruangan tersebut. Jadi, kamera CCTV sebenarnya hanya sebagai pengontrol pengunjung agar disiplin dan mengikuti aturan yang sudah dibuat. Sayangnya, tidak semua perpustakaan melakukan cara ini, terutama perpustakaan desa atau perpustakaan yang memang terkendala fasilitas dan sarana prasarana. 

Contoh notice di perpustakaan 5

Jika ketika contoh notice di perpustakaan di atas berbentuk gambar. Ada juga contoh notice berbentuk teks loh. Misalnya sebagai berikut.

  • “Silence please”
  • “Please be advised that lab coats should not be worn in the library”
  • “Due to forecasted inclement weather, library hours may vary this weekend”
  • “This is a quiet study area” dan “No food or drink in the library”.

Sebenarnya masih ada banyak sekali contoh notice di perpustakaan yang akan kamu dapati. Tentu saja setiap perpustakaan memiliki penyampaian notice yang berbeda-beda. Notice juga tidak selalu berbentuk bahasa inggris loh. Banyak kok notice berbahasa Indonesia.

Bahkan saya lebih sering menemukan notice berbahasa Indonesia untuk memudahkan pengunjung datang. Mengingat pengunjung yang datang ada anak kecil yang belum tahu bahasa inggris. 

Baca juga : 7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

Nah, semoga dengan contoh dan pembahasan tentang notice di perpustakaan memberikan pengetahuan baru. Semoga tulisan ini bermanfaat. Pesan terakhir, pertahankan hobi membaca, karena membaca adalah cara mendapatkan ilmu pengetahuan yang akan menentukan akan menjadi pribadi seperti apa. Sekaligus akan membentuk karakter yang berpengetahuan.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan