VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

4 Contoh Mikrobiologi dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Manusia

contoh-mikrobiologi
toko buku kuliah

Contoh Mikrobiologi – istilah mikrobiologi sebenarnya sudah tidak asing bagi mereka yang mengambil di jurusan ini. tetapi bagi orang awam, masih belum tahu apa sih sebenarnya mikrobiologi itu sendiri?

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari organisme atau mahluk hidup yang berukuran kecil.

Lebih lanjut baca artikel : Pengertian Mikrobiologi dan Sejarahnya

Tidak hanya kecil, tetapi sangat kecil, sehingga bisa melihatnya menggunakan bantuan alat seperti mikroskop atau semacamnya. Sebenarnya pula kamu sudah pernah mempelajari di bangku SMP kok organisme tersebut apa saja? Kamu pasti ingat yang namannya algae, protozoa, jamur, bakteri, lichenes dan virus bukan? Semuanya itu termasuk ke dalam organisme mikrobiologi lo.

Sedikit orang yang tahu bahwa mikrobiologi tidak hanya sebagai organisme yang tidak bermanfaat. Siapa yang menyangka jika hewan satu ini pun memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia loh.

Nah, pada kesempatan kali ini akan diulas nih, contoh mikrobiologi yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk manusia. Apa saja sih? Langsung saja simak ulasan berikut ya.

4 Contoh Mikrobiologi dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Manusia

1. Algae dan Manfaatnya

Algae salah satu contoh mikrobiologi
Algae – Salah satu contoh Mikrobiologi yang bermanfaat untuk manusia

Jika kamu sering melihat jamur, belum tentu pernah melihat algae. Algai salah satu contoh mikrobiologi yang memiliki banyak manfaat loh. Siapa yang menyangka jika algae ini sebagai sumber utama energi dan makanan. Algae sering dimanfaatkan sebagai penghasil utama bahan bahan organik di dalam sistem perairan.

Karena algae itu sendiri tumbuh di dalam perairan, atau tumbuh di dalam air, maka tanaman ini pun tumbuh ada manfaatnya. Proses fotosintesis algae di dalam air inilah yang disebut-sebut mampu menyuplai kadar oksigen di dalam air itu sendiri. Tentu saja yang paling diuntungkan dalam di sini adalah ikan yang tumbuh di sana.

Terdapat satu fakta menarik dari algae yaitu jenis tanaman ini memiliki banyak jenisnya, setidaknya ada 100 jenis algae. Wah banyak juga ya. Manfaat Algae untuk manusia dimanfaatkan untuk makanan. Algae memiliki banyak manfaat dan kaya akan vitamin, protein, mineral dan karbohidrat.

2. Protozoa dan Manfaatnya

Contoh mikrobiologi
Protozoa – salah satu contoh mikrobilogi

Protozoa atau lebih akrab ditelinga dengan sebutan zooplankton. Porotzoa salah satu contoh mikrobiologi yang ternyata memiliki banyak keuntungan loh. Protozoa sering dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi hewan air. Hewan air yang hobi makan zooplankton satu ini aalah kepiting, udang, dan udang. Itu sebabnya banyak peternak ikan yang membudidakan protozoa hanya untuk bahan makanan ikan mereka.

Tidak sekedar untuk bahan makanan, Protozoa juga dapat menekan bakteri yang merugikan untuk manusia loh. Bakteri jahat akan dimakan oleh protozoa, sehingga lebih bersih. Contoh mikrobiologi protozoa ini bisa dibilang aset kekasaan alam loh. Kok bisa? Jadi ada istilah hasil sisa makanan protozoa dengan sebutan Foraminifera.

Dimana kerangka yang berkumpul di dasar perairan (dalam hal ini perairan laut)akan membentuk tanah globigerina. Jika terakumulasi banyak dan lama, bisa menjadi minyak bumi. dan ada juga tanah jenis radiolaria yang bisa digunakan sebagai bahan pengosok. Tuh kah, banyak sekali manfaatnya ternyata.

3. Bakteri dan Manfaatnya

Contoh mikrobiologi - bakteri
Bakteri – salah satu contoh mikrobiologi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia

bakteri seringkali diartikan sebagai mikroorganisme yang merugikan. Ternyata contoh mikrobiologi satu ini pun juga ada manfaatnya loh. Salah satunya dapat digunakan untuk mengurangi polutan. Contohnya adalah produksi karbohidrat, lipida, enzin adan vitamin.

Tidak hanya itu saja loh, ternyata bakteri ppun juga dapat digunakan sebagai pengganti insektisida sintesis yang dapat membantu dalam mengurangi pencemaran lingkungan. sekaligus dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir terjadinya keracunan serangga berguna atau yang disebut dengan non target.

Jika bakteri seringkali distigma negatif, ternyata juga bisa berfungsi sebagai bioremediasi. Bioremediasi proses memanfaatkan bakteri, tanaman hijau (enzimnya) dan jamur untuk mengembalikan lingkungan yang terkontaminasi menjadi kembali lebih alami seperti sedia kala. Meskipun terdengar asing, cara bioremediasi ini sudah diterapkan sejak berabad-abad yang lalu lo.

Dalam mengatasi isu global terkait pencemaran limbah. Bakteri sebenarnya juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi limbah minyak bumi. Tepatnya untuk pencemaran di daerah kilalng minyak. Dibidang biogas pun bakteri ini digunakan loh. Misalnya limbah rumah tangga, pertanian hingga industri menjadikan bakteri sebagai bahan utama produksi biogas.

Dimana bakteri ini akan menguraikan limbah organik yang mengandung lemak, karbohidrat dan protein menjadi biogas dengan cara fermentasi. Fermentasi inilah yang disebut dengan fermentasi anaerobik yang hanya bisa dilakukan oleh mikroorganisme untuk melakukan aseptor elektron (molekul okseigen).

4. Jamur dan Manfaatnya

Jamur mikrobiologi

Pastinya kamu tidak asing lagi dengan jamur bukan? Jamur memang memiliki banyak jenis dan macammnya. Mulai dari jamur yang dapat dimakan hingga jamur yang sifatnya bisa mematikan. Contoh mikrobiologi jamur satu ini pun ternyata juga memiliki banyak manfaatnya loh. Misalnya untuk pembuatan tape dan masih banyak lagi sebenarnya.

Contoh mikrobiologi di atas hanya beberapa yang di bahas. Semoga dengan ulasan dan pemaparan ini bermanfaat.

Mencari sumber referensi terkait mikrobiologi? Temukan berbagai koleksi buku biologi hanya di Toko Buku Online Deepublish.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang