VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

7+ Contoh Kata Persembahan Skripsi Lucu dan Menyentuh

contoh-halaman-persembahan-skripsi
toko buku kuliah

Contoh Halaman Persembahan Skripsi – Selamat! Skripsimu akhirnya selesai. Penantian panjang menuju sarjana akan segera berakhir. Impian untuk segera lulus dari bangku perkuliahan pun nampak di depan mata.

Eh tunggu, kamu belum membuat halaman persembahan untuk skripsimu?

Masih bingung dengan kata-kata yang harus ditulis? Bingung juga kepada siapa kata-kata persembahan itu harus disampaikan?

Nah tenang aja, artikel kali ini akan kasih kalian beberapa contoh penulisan kata persembahan yang biasa ditulis pada skripsi.

Semoga bisa menjadi inspirasi untuk halaman persembahanmu, ya.

Sebelum ke sana, ada pertanyaan, nih: memangnya seberapa penting halaman persembahan itu hingga harus dicantumkan pada skripsi?

Sebenarnya, halaman persembahan bukan hal wajib yang harus dicantumkan dalam skripsi.

Beberapa mahasiswa yang merasa kesulitan untuk menyusun kata-kata kadang memilih untuk tidak mencantumkan halaman ini pada skripsinya.

Tapi, banyak juga kok, mahasiswa yang merasa halaman persembahan ini penting sebagai ungkapan rasa syukur atau terima kasih yang ditunjukkan kepada orang-orang yang telah membantu mereka dalam penulisan skripsi.

Baca juga : 55 Motto Hidup Mahasiwa Terbaik dan Menginspirasi

Halaman Persembahan Skripsi

Bukan rahasia lagi, pengerjaan skripsi adalah proses yang tidak mudah dan tidak instan.

Proses panjang yang menguras waktu, tenaga, juga mental pun sudah jadi makanan sehari-hari mahasiswa.

Melewati proses yang tidak mudah ini, pasti kalian punya beberapa sosok berjasa yang ingin kalian bagi rasa syukur dan terima kasih, bukan? 

Halaman persembahan Skripsi adalah kata-kata yang ditulis sebagai ungkapan rasa terima kasih dan syukur kepada sosok-sosok berjasa dalam kehidupan kalian, khususnya dalam perjalanan kalian saat mengerjakan tugas skripsi.

Biasanya, kata persembahan ini dicantumkan dalam skripsi melalui lembar dengan nama “halaman persembahan”.

Dalam beberapa contoh, halaman persembahan juga biasa ditulis dalam lembar bernama “ucapan terima kasih”.

Tidak ada format atau ketentuan khusus dalam penulisan kata persembahan. Kalian bebas menuliskannya mau seperti apa.

Kata persembahan bisa ditulis bersusun dengan mengurutkan siapa saja sosok-sosok atau orang berjasa yang ada di sekitar kalian.

Menulis kata persembahan dengan format ini adalah yang paling cukup umum.

Biasanya pada urutan pertama, mahasiswa memberikan persembahan skripsinya kepada Tuhan YME.

Lalu yang kedua kepada orang tua.

Ketiga dosen, dekan, rektor dan seterusnya. 

Selain membuatnya dengan format bersusun, kata persembahan bisa juga dibuat ringkas dengan satu atau tiga paragraf saja.

Kata persembahan itu bisa ditujukkan kepada banyak orang selain orangtua seperti kepada dosen pembimbing, teman, sahabat hingga pacar

Nah, langsung saja nih, biar gak usah banyak pikir lagi, ada beberapa contoh kata persembahan yang Deepublish persembahkan, untuk bisa kalian contoh sebagai inspirasi untuk ditulis di halaman persembahan kalian.

Baca juga : Contoh Motto Skripsi Penuh Makna

Contoh Halaman Persembahan Skripsi

Contoh di atas adalah yang paling umum yang akan sering kalian mudah jumpai pada skripsi mahasiswa yaitu menuliskan kata persembahan dengan susunan atau urutan nomor siapa saja sosok berjasa dalam hidup mereka dan tepat untuk menerima ungkapan rasa terima kasih itu.

1. Kata Persembahan Skripsi Singkat Untuk Orangtua

Membuat kata persembahan bisa menjadi momen buat kalian mengungkapkan rasa terima kasih kalian ke orang tua, contohnya seperti yang di bawah ini, nih:

“Skripsi ini saya persembahkan sepenuhnya kepada dua orang hebat dalam hidup saya, Ayahanda dan Ibunda. Keduanya lah yang membuat segalanya menjadi mungkin sehingga saya bisa sampai pada tahap di mana skripsi ini akhirnya selesai. Terima kasih atas segala pengorbanan, nasihat dan doa baik yang tidak pernah berhenti kalian berikan kepadaku. Aku selamanya bersyukur dengan keberadaan kalian sebagai orangtua ku.”

Dua contoh di atas menyentuh banget.

Menuliskan ungkapan rasa terima kasih mendalam seorang anak kepada orang tua yang menurutnya adalah kedua sosok paling berjasa.

Kalian boleh banget menulis kata-kata persembahan seperti ini—menulis kalimat menyentuh dan mendalam sebagai ungkapan rasa terima kasih kalian kepada orangtua.

Bagaimana pun untuk kebanyakan orang, orang tua adalah sosok paling berjasa dalam hidup mereka, yuk, manfaatkan momen ini untuk berterima kasih pada keduanya.

Baca juga : Contoh Kata Pengantar Makalah, Proposal dan Laporan

2. Kata Persembahan Skripsi Singkat Untuk Almamater

Nah, kalau contoh di bawah ini juga spesifik, nih. Kata persembahan yang ditujukkan kepada almamater program studi tempatnya belajar di bangku perkuliahan.

via : digilib.uin-suka.ac.id

3. Kata Persembahan Skripsi Singkat dan Sederhana Mencakup Semua

Kalian mau yang singkat-singkat saja? Satu paragraf tapi sudah memuat semuanya? Tenang, ada contohnya juga, nih.

“Skripsi ini penulis dedikasikan kepada kedua orang tua tercinta, Ayahanda dan Ibunda, ketulusanya dari hati atas doa yang tak pernah putus, semangat yang tak ternilai. Serta Untuk Orang-Orang Terdekatku Yang Tersayang, Dan Untuk Almamater Orange Kebanggaanku.”

Contoh di atas ini bisa jadi jalan keluar buat kalian yang nggak mau terlalu mikir kata-kata menyentuh untuk setiap orang berjasa dalam perjalanan menulis skripsi kalian.

Cukup dengan satu paragraf saja dan kalian sudah bisa mengungkapkan rasa terima kasih kalian pada mereka semua.

4. Contoh Halaman Persembahan Unik dan Lucu

Tidak mau halaman persembahan yang terlalu serius? Nggak masalah.

Kata persembahan memang menjadi cara lain buat kalian bisa mengungkapkan perasaan kalian sebebas mungkin khususnya perasaan pada saat mengerjakan skripsi.

Kata Persembahan Skripsi yang lucu dan unik mungkin dimaksudkan oleh mereka yang menulisnya sebagai “jalan keluar” dari pengerjaan skripsi yang penat dan melelahkan.

Atau bisa juga menjadi kontradiksi atau lawan dari skripsi dengan penggunaan bahasa yang santai dan lucu,

karena seperti yang kita tahu skripsi bersifat ilmiah sehingga penggunaan bahasa yang digunakan pun baku dan cenderung kaku.

Sumber: eprints.umm.ac.id

Contoh di atas ini ditulis dengan bahasa yang santai banget dengan ucapan sehari-hari sampai mengganti penulisan “aku” dengan “aq”.

Contoh ini juga menggunakan jenis huruf atau font yang nggak umum ditulis dalam skripsi.

Boleh, kok, boleh.

Kalian boleh menuliskannya dengan jenis huruf apapun, pasti kalian inginkan tampilan skripsi kalian jadi lebih cantik?

Perlu diingat aja kalau mau pakai font yang lain, pastikan orang lain dan kalian sendiri bisa membacanya, ya.

5. Contoh Halaman Persembahan Menyindir yang sering bertanya kapan wisuda

Sebagai ungkapan perasaan, kata persembahan bisa kalian manfaatkan untuk menjawab perasaan terpendam kalian yang selama ini harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan menjengkelkan orang lain tentang “kapan lulus?” “kapan wisuda?” “kapan sidang?” dan lain-lainnya.

Sumber: indozone.id

Seperti contoh di atas ini nih.

Orang yang nulis ini, kayaknya sudah jengkel banget dengan segala pertanyaan “kapan” dari orang-orang di sekitarnya sampai dia menulisnya dengan jelas, singkat, padat dan tentunya menohok banget.

Sumber: indozone.id

Yang ini juga sama nih, buat menyindir mereka yang terus bertanya “kapan wisuda?”.

Eh eh tunggu, tapi kok akhirnya begitu ya?

Persembahan skripsi kepada pendamping hidup yang bahkan belum dia punya. Wah, siapapun yang nulis kata-kata ini pasti visioner banget nih orangnya.

6. Contoh Halaman Persembahan Orang-orang Positif

Sumber: brilio.net

Orang ini nggak lupa bilang terima kasih untuk air banjir.

Positif banget dia ya sampai mensyukuri adanya bencana sebagai bagian dari proses perjuangannya.

Hal yang bagi orang lain tampaknya menyedihkan dan nggak perlu untuk dicantumkan dan diberi ucapan terima kasih,

tapi menurut orang ini adalah hal yang tak boleh luput untuk turut diberi ucapan terima kasih karena menyimpan arti yang lebih dari sekedar bencana.

7. Contoh Halaman Persembahan Orang-orang Halu

Nah, hayo ngaku! Siapa yang terpikir untuk menuliskan nama idola pada halaman persembahannya?

Nggak salah kok, nggak salah.

Kalian boleh menuliskan idola kalian dari mulai aktor pemain drama, anggota boy atau girl band kpop, penyanyi barat, dan lain sebagainya.

Untuk sebagian orang sosok idola adalah pendukung emosional di saat sedang merasa lelah dan kesulitan mengerjakan skripsi.

Bahkan ada juga lho yang menjadikan idolanya sebagai motivasi untuk segera menyelesaikan skripsi. Keren, ya!

Tapi untuk contoh yang di bawah ini kok kayanya rada halu berlebihan gitu ya. Sampai menyebut idolanya sebagai para “mantan-mantan” nya.

Wah, semuanya artis kenamaan Indonesia lagi, ckckck.

Sumber: tonceisme.tumblr.com

Penutup

Demikian beberapa kata persembahan yang bisa kamu jadikan ide awal untuk membuat lembar persembahan. Lucu dan Menarik bukan?.

Baca juga artikel terkait “Halaman Persembahan Skripsi” berikut ini :

(Ana Widiawati)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang