7 Contoh Hukum Perdata Disertai Contoh Kasus di Indonesia

contoh hukum perdata dan contoh kasusnya
toko buku kuliah

7 Contoh Hukum Perdata Disertai Contoh Kasus di Indonesia – Salah satu jenis hukum di Indonesia adalah perdata, hukum ini mengatur tentang hubungan antara individu dengan individu yang lain. Sebagai contoh adalah tentang pencemaran nama baik antara satu pihak dengan pihak yang lain, hukum perkawinan dan masih banyak lagi.

Contoh hukum perdata sebenarnya banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. karena pelanggaran hukum satu ini memang sebenarnya pelanggaran yang umum sering dilakukan.

Pelanggaran kasus ini memiliki karakteristik dan memiliki beberapa hal. Penasaran bukan kasus apa saja sih? berikut beberapa contoh hukum perdata.

7 Contoh Hukum Perdata

1. Hukum Perkawinan

Hukum perdata yang pertama, yang tidak kalah penting dan seru adalah hukum perkawinan. Di dalam sebuah perkawinan terdapat hukum yang mengatur antara suami dan istri. Peraturan hukum perkawinan ini di atur dalam UU No. 1 Tahun 1974.

Secara garis besar, status hukum perkawinan memiliki hukum yang tidak kalah penting. Diantarannya mengatur tentang pernikahan dapat dilakukan berdasarkan hukum agama, perkawinan akan didasarkan atas persetujuan, aturan batas usia minimal menikah pada perempuan berusia 16 tahun dan pada laki-laki minimal 19 tahun.

2. Hukum Waris

Contoh hukum perdata yang tidak kalah hangat diperbincangkan adalah hukum waris. Di dalam hukum waris mengatur pembagian harga peninggalan seseorang kepada anak-anaknya.

Dimana aturan hukum waris ini akan mengatur tentang hal wajisat, yang berhak menerima dan menolak warisan, fidei-commis, legitieme portie, harta peninggalan yang tidak terurus, hak mewarisi menurut undag-undang, perihal pembagian waris, executeur-testamentair dan bewindvoerder.

3. Hukum Kekeluargaan

Siapa yang menyangka jika hukum kekeluargaan pun juga memiliki aturan hukumnya juga. Pastinya kamu pun juga tidak memahami dan menyadari seperti apa sih aturan-aturan tersebut? contoh hukum perdata kekeluargaan ini nantinya akan mengatur hubungan dalam kekeluargaan dan mengatur hubungan kekayaan yang telah dimiliki. Hukum yang akan di ulas biasannya akan menyangkut hukum keturunan, kekuasaan orangtua, perwalian, pendewasaan, curatele dan orang hilang.

4. Hukum Perikatan

Contoh hukum perdata juga termasuk mengulas hukum perikatan. Hukum perikatan merupakan ukum yang mengatur bidang harta kekayaan saja. Isi hukum perikatan ini diantarannya akan mengulas tentang perikatan yang bersyarat dari perjanjian yang sebenarnya, tentang perikatan ketetapan waktu, perikatan alternative, perikatan ancaman hukum perikatan yang wajar dan masih banyak lagi sebenarnya.

5. Hukum Kekayaan

Contoh hukum perdata yang menyinggung hukum kekayaan sudah pasti akan mengulas dunia kekayaan dan hukum. dimana hukum ini akan memaparkan beberapa harta yang akan dibagikan. Termasuk pula membagikan objek atau barang yang hendak akan dibagikan. Hukum perdata kekayaan juga menawarkan solusi atas permasalahan yang ditimbulkan dari pembagian kekayaan. Solusi tersebut pun ada yang di atur dalam undang-undang.

6. Hukum Perceraian

Contoh hukum perdata yang juga sering kita temukan masalah tentang perceraian. Siapa yang menyangka jika kasus perceraian yang mungkin sudah akrab kita dengar termasuk dalam contoh hukum perdata. Kita tahu bahwa perceraian itu dilarang dan tidak boleh dalamperaturan agama.

Tidak hanya di agama islam, di agama lain seperti nasrani dan katolik sekalipun juga melarang terjadinya perceraian. Meskipun demikian, perceraian yang terjadi dalam kehidupan realita tidak dapat dihindarkan. Tentu saja perceraian yang terjadi ini pun ada undang-undang yang akan mengatur di dalamnya.

7. Hukum Pencemaran Nama Baik

Dilansir dari beberapa buku hukum, contoh hukum perdata yang kini sering kita lihat dan kita dengar akibat dari kebabasna berekspresi lewat media sosial. Yaitu masalah pencemaran nama baik. Pastinya tidak saya sebutkan contoh kasusnya, kamu pun bisa paham masalah pencemaran nama baik.

Kasus pencemaran nama baik ini seringkali dialami oleh mereka public figure. Hal tampak sekali kita lihat di tayangan talevisi kasus pencemaran nama baik dan kasus-kasus serupa. Dimana kasua yang sepele dengan memberikan komentar negative dari netizen untuk seseorang bisa menjadi kasus dan permasalahan yang besar dan berakhir pada hukum perdata.

Baca juga : Perbedaan Hukum Pidana dan Perdata

Contoh Kasus Hukum Perdata Dalam Kehidupan Nyata

contoh kasus hukum perdata
Sumber : screenshot di situs kompas.com

Nah jika ada beberapa elemen dalam kasus contoh hukum perdata, maka kisah realitas di lapangan yang termasuk kasus perdata pun juga ada banyak kasus. bahkan jika disebutkan semuanya tidak cukup di tuliskan di halaman dan lembar ini. Berikut beberapa kasus contoh yang termasuk contoh hukum perdata.

1. Kasus Hukum Perdata Ruben Onsu

Ruben Onsu lagi-lagi melaporkan akun channel youtube si Z karena telah menuding restoran miliknya menggunakan pesugihan. Akun channel youtube si Z dianggap juga telah mencemarkan nama baik dan merugikan usaha yang di kelola ruben. Oleh karena itu, pihaknya mengurus dan melaporkan ke pihak berwajib. Akun channel youtube pun dikanai pasal pelanggaran UU ITE yang nantinya akan di telusur dan akan di dalami.

2. Kasus Hukum Perdata Nenek Minah

Contoh kasus perdata yang terjadi pada 19 november 2009 pernah menjadi perbincangan hangat. Nenek Minah yang berusia 55 tahun dipenjara selama 1 bulan 15 hari di PN Purwokerto hanya karena mencuri 3 buah kako di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antan (RSA) di Banyumas.

Persidangan ini ternyata berjalan dengan haru dan drama. Sampai Ketua majelis hakim, Muslih Bambang LUqmono SH menangis saat membaca vonis hukum karena kasus sepele.

3. Kasus Ruben Onsu Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik

Ruben Onsu melaporkan si X ke pihak kepolisian karena telah mengejek putra angkatnya, Betran Peto menggunakan wajah binatang ke pihak ke polisian. Ruben Onsu ingin memberikan efek jera agar tidak sembarangan melayangkan komentar atau membuat konten yang tidak sewajarnya. Pengajuan laporan Roben pun langsung di dalami oleh pihak kepolisian.

4. Contoh Kasus Kisa Mantra Desa

Contoh kasus hukum perdata yang tidak kalah menarik adalah kisah Mantra Desa, bernama Misran. Akibat menolong kehidupan oranglain tetapi dianggap salah karena Misran bukanlah seorang dokter. Misran Dipenjara selama 3 bulan oleh pelaporan PN Tenggarong pada tahun 2009 silam.

Merasa didiskriminasi, 8 mentri memohon keadilan ke MK karena merasa dikriminalisasi oleh UU kesehatan. MK pun mengabulkan permohonan Misran, dan memutuskan bahwa mantra desa diperbolehkan melayanan dan menolong hidup masyarakat layaknya dokter atau apoteker dalam kondisi terdesak dan darurat saja.

Contoh hukum perdata yang pernah terjadi pada tahun 2008 yang juga semper gempar pada waktu itu. yaitu kasus susu formula berbakteri. Dulu IPB merilis sebuah informasi di website tentang susu formula yang tercemar oleh bakteri yang bernama Enterobacter Sakazakii.

Kemudian Dovid Tobing, salah satu warga Negara Indonesia menggugat pemerintah atas sikap diam ke Mahkamah Agung. Dirinya meminta untuk mencantumkan mereka susu apa saja yang tercemar enterobacter sakazaki. Hingga sampai sekarang, menkes pun tetap bungkam.

Dari beberapa pemaparan tentang contoh hukum perdata dan contoh kasus di atas paling tidak kamu menjadi lebih tahu. Bahwa kasus hukum perdata sebenarnya kasus yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. bahkan dari contoh kasus hukum perdata tersebut memberi tahu bahwa urusan yang dianggap tidak menjadi masalah hukum, ternyata termasuk dalam hukum perdata.

Tentu saja kasus-kasus di atas mampu memberikan sinyal kepada kita untuk berhati-hati dalam bertindak, membuat keputusan atau sekedar mengetikan komentar atau hendak membuat sebuah konten, agar tidak berakhir pada hukum.

beli buku hukum

Materi Hukum Lainnya :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang