Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

contoh-event-perpustakaan

Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan – Ingin menyemarakan perpustakaan menjadi lebih ramai dan banyak dikunjungi pemustaka? Tenang, ada banyak contoh event perpustakaan yang bisa membantu meningkatkan minat dan antusiasme pengunjung. Penasaran bukan, apa saja sih contoh event perpustakaan tersebut? Berikut ulasannya. 

7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

contoh event perpustakaan

1. Donasi Buku

Contoh event perpustakaan yang bisa Anda coba untuk menarik minat pengunjung adalah melakukan donasi buku. Jadi donasi buku ini dua bentuk. Pertama, pihak perpustakaan yang akan mendonasikan buku ke perpustakaan desa yang kekurangan koleksi buku. Kedua, pihak perpustakaan menerima donasi buku-buku dari masyarakat yang buku-bukunya sudah tidak terpakai lagi. 

Bagaimana jika perpustakaan sudah memiliki banyak koleksi, apakah masih bisa menerima donasi buku? Jawabannya bisa. Jadi bisa tetap menampung donasi buku dari luar. Kemudian buku yang masuk didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan yang masih membutuhkan koleksi buku. Tentu cara ini adalah cara yang saling melengkapi satu sama lain. Perpustakaan kecil pun juga ada pemerataan secara seimbang. 

2. Membuat Lomba Menulis

Membuat lomba menulis adalah co ntoh event perpustakaan yang sudah banyak yang melakukan. Tidak ada salahnya tetap mencoba cara ini. Karena antusiasme peserta lomba selalu banyak. Apalagi jika disertai dengan promosi yang banyak juga. 

Lomba menulis salah satu contoh event perpustakaan yang paling relevan dengan dunia literasi. Dimana lomba menulis ini pun juga upaya untuk mengasah dan menjaring regenarasi yang memiliki bakat menulis dan menciptakan calon penulis dimasa yang akan datang. 

Hanya saja saat membuat lomba menulis dibutuhkan tim dan koordinasi yang solid. Agar lomba tidak terkesan biasa-biasa saja. Tentu saja sebagai panitia akan mendatangkan juri yang ahli dibidang dunia tulis menulis juga. 

3. Mengadakan Bazar Buku 

Contoh event perpustakaan yang lain, bisa juga dengan mengadakan bazar buku. Pasti akan banyak menarik minat para pecinta buku. Apalagi jika buku-buku tersebut adalah buku-buku langkah dengan harga yang murah meriah. Dijamin langsung diserbu. Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak, memang dibutuhkan promosi yang luas. 

Jadi, ilmu marketing harus dimaksimalkan. Tidak harus membayar iklan di surat kabar atau baliho kok. Bisa dengan memanfaatkan media social dan relasi penyebaran info sudah sangat cukup dan mampu menarik perhatian banyak orang. Kuncinya hanya pandai membidik segmentasi pasar yang pas dan cocok.

4. Talkshow Gratis 

Contoh event perpustakaan agar banyak pengunjung, cukup dengan mengadakan talkshow gratis. Pastikan talkshow mengambil tema yang kira-kira banyak peminatnya. Misalnya mengundang pembicara yang ahli dibidang berwirausaha. Mengingat sekarang wirausaha muda banyak diminati oleh mahasiswa hingga pelajar SMA pun.  Jadi ambil tema-tema yang sekaranya sekarang banyak diminati dan sedang hits.

Talkshow bisa diselenggarakan di halaman perpustakaan. Tentu saja tallkshow tersebut bekerjasama dengan pihak perpustakaan. Sebagai sponsor utama, tentu saja acara talkshow inilah yang dapat dimanfaatkan untuk ajang promosi program menarik perpustakaan.

Peserta talkshow pun tidak sekedar mendapatkan ilmu dari acara tersebut, tetapi mereka juga tahu program diperpustakaan yang siapa tahu menarik perhatian mereka, yang lain kali mereka akan datang karena sudah mengenal perpustakaan.

Baca juga : Peran Perpustakaan Dalam Literasi Informasi

5. Perputakaan Keliling 

Nah, contoh event perpustakaan yang sebenarnya sangat membantu bagi masyarakat. Yaitu keberadaan perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling sebenarnya salah satu event yang paling ditunggu-tunggu bagi masyarakat yang jauh dari akses.

Misalnya di daerah atau di desa-desa. Dimana tidak semua masyarakat tahu dan bisa datang ke perpustakaan. Maka dengan kehadiran perpustakaan, sudah memudahkan mereka dan masyarakat pun bisa membaca di mobil perpustakaan keliling yang berkunjung. 

Meskipun perpustakaan keliling tidak begitu terdengar. Ternyata setiap kali perpustsakaan mangkal, selalu banyak pembaca buku-buku di perpustakaan satu ini loh. Menurut saya perpustakaan keliling inilah bentuk dari totalitas dan upaya pihak perpustakaan untuk memperkenalkan membaca. Karena ada upaya dan kerelaan hati untuk mengunjungi daerah-daerah agar mereka pun bisa tetap membaca. 

Memang contoh event perpustakaan ini tidak hanya dilakukan oleh perpustakaan besar. Banyak juga perpustakaan miliki masyarakat biasa, namun mereka juga memiliki kepedulian besar terhadap literasi, sehingga mereka pun meluangkan waktu menjalankan perpustakaan keliling. Tidak lain demi memperkenalkan dan membiasakan masyarakat untuk membaca. Ini sebuah bentuk event literasi yang perlu di apresiasi.  

6. Kunjungan Mendongeng Ke Sekolah-Sekolah

Contoh event perpustakaan bisa juga dilakukan dengan melakukan kunjungan sekolah. Dimana kunjungan sekolah tersebut kunjungan mendongeng. Kunjungan mendongeng ke sekolah-sekolah lebih cocok untuk anak-anak TK atau SD. Dimana tahapan mereka masih senang yang bersifat imajinatif lewat sebuah cerita atau dongeng. 

Tentu saja, pihak perputakaan bisa mencari orang yang berkompeten dalam mendongeng. Sehingga si pendongeng mampu menyalurkan emosi dari cerita kepada anak-anak. Dan cara ini selalu sukses dan mampu meperkenalkan literasi tidak hanya lewat bacaan saja. Tetapi bisa lewat dongeng. Ini juga cocok bagi anak-anak yang lebih senang belajar secara audio daripada secara visual. 

7. Pemilihan Duta Baca Perpustakaan 

Contoh Event Perpustakaan yang terakhir, bisa mengadakan pemilihan duta baca perpustakaan. Dimana pihak perpustakaan bisa mengadakan pengumuman untuk pemilihan duta baca perpustakaan ke berbagai sekolah-sekolah. Dimana masing-masing sekolah berhak untuk mengajukan siswa terbaik untuk pemilihan ini. 

Bagi peserta yang mengikuti pemilihan duta baca perpustakaan nantinya akan diberi bekal keterampilan, atau apapun. Pastinya pihak pustakawan lebih tahu terkait teknis dari pemilihan duta baca ini. Contoh event perpustakaan ini juga efektif untuk memperkenalkan perpustakaan di hati anak-anak, terutama bagi sekolahan yang mengikuti ajang duta baca perpustakaan. 

Setiap sekolah atau siswa yang terpilih, tentu saja dibekali pentingnya membaca dan efek membaca. Sehingga mereka secara tidak langsung berperan untuk memperkenalkan pentingnya membaca kepada teman-teman yang lain. Jika setiap sekolah memiliki banyak anak yang menjadi duta baca perpustakaan, harapannya semakin terserap minat kesadaran literasi. 

Baca juga : 6 Peran Perpustakaan Dalam Pembinaan Literasi

Dari beberapa contoh event perpustakaan di atas hanya sebagai contoh saja. Masih ada banyak contoh lain yang bisa dicoba juga. Misalnya mengundang narasumber ke perpustakaan dalam rangka seminar, atau diskusi.

Bisa juga dengan mengadakan lomba membuat poster perpustakaan untuk pelajar, ataupun untuk mahasiswa. Atau jika ingin menyasar anak-anak, bisa juga dengan mengadakan lomba mewarnai tokoh atau membuat nama perpustakaan. Tentu saja masih banyak sekali program yang bisa kembangkan.

Semoga tujuh contoh event perpustakaan di atas membantu banyak dalam meningkatkan minat baca dan meningkatkan pengunjung perpustakaan. Minimal, mereka tahu terlebih dahulu perpustakaan yang Anda kelola. Memang dari ke tujuh  contoh di atas sebenarnya salah satu bentuk promosi atau branding terkait dengan perpustakaan anda. Bahwa perpustakaan yang Anda kelola eksis dan aktif. Semoga bermanfaat, dan salam literasi. (Irukawa Elisa)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan