Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Contoh Buku Peminjaman Perpustakaan + Download

contoh buku peminjaman perpustakaan

Contoh Buku Peminjaman Perpustakaan – Jika Anda seorang pengelola perpustakaan, membuat buku peminjaman adalah hal yang wajib. Tentu saja tujuannya adalah untuk mendata buku apa saja yang dipinjam oleh siswa atau mahasiswa.

Sehingga dapat memudahkan dalam peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Buku peminjaman bahan pustaka ini bervariasi, dan Anda bisa menambah atau mengurangi informasi sesuai kebutuhan.

Walaupun peminjaman dengan model buku mulai ditinggalkan, dan beralih ke mode digital. Namun sistem ini masih dirasa efektif untuk perpustakaan skala kecil seperti perpustakaan SD, SMP dan SMA. Sementara untuk perpustakaan di perguruan tinggi, biasanya sudah menggunakan sistem. Berikut ini adalah contoh buku peminjaman perpustakaan :

Contoh buku Pinjaman Perpustakaan

Barangkali kamu masih binggung dan tidak tahu contoh buku pinjaman perpustakaan, berikut adalah contohnya. Setidaknya di kolom tersebut akan terdapat kolom yang akan diisikan. Adapula sedikit biodata kamu, sebagai peminjam buku. Agar tidak terlalu bebelit lama, berikut contohnya :

contoh buku peminjaman perpustakaan

Kedua contoh buku peminjaman perpustakaan itu hanya sekedar gambaran saja. Dari dua contoh di atas menunjukan bahwa setiap buku pinjaman memiliki bentuk struktur yang berbeda-beda. Jadi tergantung dari masing-masing perpustakaan. Karena setiap perpustakaan memiliki standar dana turannya sendiri.

Jadi, jika kamu ke perpustakaan berbeda, tidak perlu heran formatnya akan berbeda. Pada inti tujuanya sama. yaitu sama-sama digunakan dan dimanfaatkan untuk memudahkan petugas perpustakaan dalam menginventarisasikan koleksi buku yang dipinjam dan yang dikembalikan. Jadi sekedar untuk menjaga asset koleksi buku-buku yang ada.

Butuh Pengadaan Bahan Pustaka? Kami toko buku deepublish menawarkan pengadaan buku perpustakaan yang lebih mudah dan praktis. Selengkapnya di sini : Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan

Dasar Isian Kolom Pada Contoh buku peminjaman perpustakaan

Setelah melihat contoh di atas, dari dua contoh tersebut setidaknya ada isian kolom yang sama antara contoh 1 dan contoh 2. Tentu saja itu sudah poin dasarnya yang harus ada di dalamnya. Nah, berikut sedikit ulasannya.

1. Kolom Isi Buku PInjaman

Dari contoh buku pinjaman perpustakaan di atas dapat dilihat bahwa format berbeda. namun ada isi yang sama. Sebagai Berikut.

2. Terdapat Nomor

contoh buku pinjaman perpustakaan di atas terdapat nomor. nomor inilah yang dimanfaatkan untuk mengetahui banyak peminjam buku. Jadi kamu peminjam buku dengan judul “AZ” ke berapa, di sana akan ketahuan.

3. Terdapat Nama

Nah, ada pula pula peminjam. Penulisan nama peminjam di kolom ini juga sebaga catatan hitam di atas putih, yang berfungsi memudahkan pustakawan dalam melakukan pencatatan administrasi dan pelacakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Judul Buku

Contoh buku pinjaman perpustakaan juga tercantum judul buku. Tentu saja di kolom ini di isi judul buku yang kamu pinjam. Tidak semua tahu jika penulisan judul buku pada lembar kartu peminjam ini juga fungsinya untuk kata kunci panggil. Jadi ketika petugas mencari buku untuk peminjam lain di layar pencarian, ternyata buku sedang kosong karena masih dipinjam, maka langsung muncul keterangan.

5. No Inventaris

No inventaris ini pasti dicantumkan di dalam buku piminjaman. kamu pun bisa melihat disetiap contOh buku pinjaman perpustakaan. Buku inventaris ini no atau kode buku juga dibuat oleh petugas untuk mendata bahan pustaka.

6. Tanggal PInjam

Tanggal pinjam ini juga berperan untuk melihat batas lama meminjam buku. Jadi setiap peminjaman buku diberi waktu beberapa hari untuk di bawa pulang. Buku harus dikembalikan di tanggal yang sudah ditulis di tanggal harus kembali.

7. Tanggal Kembali

Nah, tanggal kembali ini agar terjadi kedisiplinan dalam meminjam buku. Mengingat perpustakaan ini dinikmati banyak orang. Jadi wajar di batasi peminjaman, agar bisa dipinjam oleh pembaca yang lain. Jika kamu belum selesai membaca, kamu pun bisa memperpancajangnya kok.

8. Keterangan

Nah pada contoh buku piminjaman perpustakaan ini cukup di isi dengan tanda tangan saja. Sebagai tanda buktti dan keabsahan saja.

Dari contoh buku peminjaman perpustakaan di atas pastinya kamu sudah tahu seperti apa bukan? Kamu tidak perlu lagi pusing dan binggung-binggung lagi. Jadi mulai sekarang, sekalipun kamu harus berkunjung ke perpustakaan, kamu tidak lagi kaget dan binggung saat meminjam buku di sana.

DOWNLOAD Contoh Buku Peminjaman Bahan Pustaka

Download

Seperti yang diulas di pesan di atas, setiap perpustakaan memiliki bentuk contoh buku peminjaman perpustakaan yang berbeda-beda. Jadi jangan kaget jika perpustakaan ditempat kamu berbeda dari kedua contoh di atas ya. Jika perlu dan ingin mendapatkan pengalaman baru, tidak ada salahnya kok kamu mendatangi perpustakaan kota di kota kamu. Pastinya lebih canggih dan lebih lengkap.

program pengadaan bahan pustaka

Baca juga : Jenis-jenis Perpustakaan di Indonesia

Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan