fbpx

Ciri-Ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

ciri seorang manajer yang baik

Ciri-Ciri Manajer Yang Baik dan Profesional – Apakah kamu ingin menjadi manajer di sebuah perusahaan? Tentu saja menjadi manajer yang baik sekaligus profesional itu tidaklah mudah didapatkan. Bisa menjadi seorang manager itu membutuhkan butuh bakat alami yang disebut dengan bakat kepemimpinan.

Lantas, jika tidak memiliki bakat tersebut berarti tidak memiliki peluang menjadi seorang pemimpin? Sebenarnya ya tidak begitu juga. Sekalipun kamu tidak memiliki bakat kepemimpinan, selama kamu memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai dititik itu, kamu tetap bisa kok menjadi manajer yang baik dan profesinal.

Caranya bagaimana? Jelas, carannya membentuk diri agar memiliki jiwa-jiwa kemimpinan. Jiwa kepemimpinan inilah yang nantinya akan membiasakan kamu untuk mengkoordinasi dan menyelesaikan masalah secara tepat. Sehingga, ketika kamu duduk di kursi manajer tidak akan mengalami gagap. Nah, untuk lebih lengkapnya, ada satu rekomendasi buku untuk manajer yang bisa kamu baca, dan membantu mewujudkan impian kamu menjadi seorang manajer yang baik.

Membicarakan jabatan seorang manajer, sebenarnya erat kaitannya dengan membahas ilmu kepemimpinan. Maka dari itu, artikel kali ini selain akan mengulas tentang buku untuk manajer juga akan mengulas tentang kepmimpinan. Seperti apa dan bagaimana ulasannya, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Ciri-ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

Saat kamu membaca buku yang diperutukkan untuk manager sebenarnya apa sih yang ingin kamu dapatkan? Apakah itu cara menjadi manajer profesional atau sekedar mengetahui ciri jiwa seorang manajer? Tentu saja jawabannya relatif dari satu orang ke orang yang lain. Membicarakan seorang manajer, ada beberapa kasus, ada tipe orang yang gila jabatan.

Demi sebuah jabatan dan posisi, mereka menghalalkan segala cara. Padahal dari segi jiwanya tidak memiliki skill kepemimpinan sama sekali. Nah, oleh sebab itu, ini poin penting yang seharusnya dipahami oleh tim manajemen sebelum memilih dan memutuskan calon manajer yang baik dan akan menduduki kursi kepemimpinan.

Setidaknya jika ingin menunjuk seseorang menjadi seorang manager yang profesional, setidaknya orang tersebut memiliki beberapa ciri. Atau buat kamu yang memang ingin menjadi seorang manajer atau pemimpin juga harus menguasai ciri-ciri sebagai berikut.

1. Memiliki integritas dan kejujuran.

Banyak loh pemimpin yang baik di depannya saja, dibelakangnya horor. Terutama ketika pemimpin di depan sang owner. Jika ada yang pemimpin seperti ini, berarti kepemimpinannya dipertanyakan.

Dikatakan pemimpin yang berintegritas adalah pemimpin yang memiliki prinsip dalam berfikir ataupun dalam bersikap. Integritas juga dapat dimaknai sebagai kondisi yang utuh yang mampu memancarkan kewibawaan, mutu dan sifat ngayomi. Sehingga orang pun akan segan dengan sikap dan karakter kita.

2. Bertanggung-jawab

Menjadi seorang manajer itu juga bukanlah hal yang mudah. Membaca buku untuk manajer pun tidak menjamin langsung bisa menjadi seorang pemimpin. Berbicara jiwa kepemimpinan itu bukan dengan membaca saja, tetapi juga dilatih dan dipraktekan.

Pertanyaannya adalah, bentuk tanggungjawab seorang manager itu seperti apa? Diantarannya adalah menetapkan standar kerja yang tinggi, nah di sini seorang manajer juga dituntut untuk bisa menyampaikan ke staff dengan tepat agar tidak terjadi gesekan pemahaman.

Adapun bentuk tanggung jawab yang lain, yaitu memonitor performa kinerja para stafnya, melakukan coaching dan memberikan umpan balik kepada staff, mampu memecahkan masalah yang rumit menjadi sederhana dan mampu membangun kedisiplinan di dunia kerja.

Tanggung jawab terakhir, seorang manajer tetap memiliki jiwa besar karena tetap harus bisa menghargai dan menegakkan hak pekerjanya.

3. Disiplin

Menjadi syarat yang wajib dimiliki. Pemimpin yang tidak memiliki kedisplinan, biasannya pemimpin karbitan yang haus akan jabatan saja tanapa di imbangi dengan kualitas diri. Ini tipe pemimpin yang suka membanggakan diri dan suka memerintah seenakan. Tipe pemimpin yang paling banyak digunjing karyawannya di belakang.

4. Memiliki Interpersonal Baik

Jadi maksud memiliki interpersonal yang baik adalah memiliki kecakapan bergaul. Meskipun menjadi seorang pemimpin, tetapi memiliki sikap mudah bergaul dengan bawahannya.

5. Pandai Membangun Motivasi

Ciri seorang manajer atau pemimpin dalam sebuah manajemen adalah mereka yang memiliki jiwa membangun. Misalnya membangun karyawan yang biasa saja menjadi lebih berkembang dan selalu mendorong karyawan untuk terus maju.

Pemimpin yang memiliki jiwa motivator, apapun perusahaan yang dijalankan akan berkembang pesat dan maju. Karena di sana akan tercipta atmosfir yang positif. Lingkungan positif membantu dan mendorong tim di dalamnya bergerak dan bekerja lebih bersemangat dan produktif.

6. Memiliki Kemampuan berkomunikasi dan Analisis

Seorang pemimpin memiliki kemampuan dalam banyak hal, mulai kemampuan untuk menyampaikan ide, kemampuan untuk berpendapat hingga memiliki kemampuan untuk membuat analisis masalah yang terjadi di dalam perusahaan.

Dari paparan di atas, apakah kamu semakin yakin bahwa sebenarnya kamu adalah jiwa manajer? Kemudian terdorong ingin menjadi seorang manager yang baik dan profesinal? Itu boleh-boleh saja, karena di dunia ini semua mungkin. Selama Tuhan masih ada, apapun yang kamu inginkan masih memiliki peluang besar untuk bisa kamu takhlukan.

Setiap Orang Adalah Seorang Pemimpin

Memang manusia itu memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada juga loh seseorang yang memiliki potensi dan bakat menjadi seorang pemimpin, tetapi mereka tidak menyadari akan potensi dan bakatnya.

Justru yang bakatnya tidak tampak secara menonjol, tetapi karena kemauannya yang besar, akirnya mereka bisa mencapai titik menjadi seorang manajer.

Ada pula kasus lain, sekarang banyak orang yang menduduki sebagai manajer, tetapi kedudukan itu didapatkan karena alasan ‘tidak ada pilihan lain’ yang menjadikan mereka untuk menjadi manager.

Dengan kata lain, menjadi manajer bukan karena ambisi, tetapi karena tugas dan tanggung jawab yang dilimpahkan dari atasan atau dari karyawan. Sehingga, mahu tidak mahu harus bertanggung jawab memanajeri semua pekerjaan yang terjadi.

Menggali Jiwa Kepemimpinan yang tersembunyi

Apakah kita menjadi salah satu orang yang menyadari jati diri kita, atau tidak kita sadari sama sekali.  Sebelumnya kita harus tahu bahwa dari kita ada yang jiwanya menjadi seorang pekerja.

Ada juga yang tipe orang menjadi seorang pemimpin. Jadi memang harus ada dialog diri untuk menemukan “aku cenderung kemana” jika ternyata tidak punya, maka tugas kita adalah menentukan pilihan.

Ingin menjadi orang yang berkarakter menjadi pelaksana, independen yang bekerja sendiri secara kreatif atau menjadi seorang manajer? Semua dikembalikan kemasing-masing individu tentu saja.

Rekomendasi Buku Untuk Calon Manajer Yang Baik

Buku untuk manager yang direkomendasikan berjudul Exceptional Leaders – managers: Striving For Excellence. Jadi buku karya Sunjoyo ini merupakan buku yang mengulas kepemimpinan.

Ulasan kepemimpinan manajerial ini tidak hanya jabatan manajer di kantor, tetapi juga jabatan di organisasi prolaba dan nirlaba.

Jadi buat kamu yang memiliki ambisiusitas terhadap jabatan, buku ini cocok kamu baca, agar tahu bagaimana persiapan sikap dan mental yang tepat.

Ada satu hal yang menarik dari ulasan buku berjudul Exceptional Leaders-Managers: Striving For Excellence, yaitu buku untuk manajer ini menyampaikan bahwa sejak kita dilahirkan, pada dasarnya kita sebagai seorang pemimpin potensial.

Potensial yang sudah kita bawa, jika tidak pernah diwujudkan, diupayakan, tidak dikembangkan secara serius dan tekun maka hasilnya tidak bisa dilihat. Berlaku sebaliknya, apabila potential leaders diasah dikembangkan maka akan menghasilkan transformational leaders, transactional, leader – maneger dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang menyadari memiliki jiwa menjadi seorang menager yang baik dan profesinal, tetapi binggung ingin mengasahnya dari mana, kamu bisa membaca buku ini. Karena di dalamnya juga akan mengulas tentang kepemimpinan sebagai modal dasar menjadi seorang manager.

Kamu bisa langsung membeli di toko buku online Deepublish. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Baca juga artikel yang lain :

1. Pentingnya Inovasi dalam Sebuah Perusahaan

2. Studi Etnografi Untuk Bisnis dan Perusahaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :