5 Ciri-ciri Pengusaha Yang Sukses

ciri ciri pengusaha sukses
toko buku kuliah
Bagikan

5 Ciri-ciri pengusaha yang sukses – Siapa sih yang tidak ingin menjadi seseorang yang kaya raya, banyak duit, kerja cuma duduk-duduk cantik. Tapi duit sudah ngucur masuk di rekening begitu saja. Semua orang mah mau seperti itu. pertanyaannya, untuk menjadi seperti itu pun butuh tenaga dan effort yang lebih besar terlebih dulu.

Salah satunya harus memiliki kreativitas tinggi, memiliki modal untuk membuat perusahaan dan masih banyak cara untuk mencari seorang pengusaha. Nah, ternyata menjadi seorang pengusaha pun tidak selalu besar dan tidak harus memiliki gedung bertingkat loh. Jadi ada ciri-ciri pengusaha yang sukses.

Buat kamu nih yang ngaku ingin menjadi seorang penguasa handal dan sukses. Wajib mengetahui ciri-ciri pengusaha yang sukses itu seperti apa. Jangan-jangan kamu hanya merasa saja, tetapi realitanya tidak ada satupun ciri tersebut.

Langsung saja kita simak cici-ciri pengusaha yang sukses. Apakah kamu termasuk di salah satunya. Cekidot.

5 Ciri-ciri Pengusaha Yang Sukses

1. Memiliki Mental Kaya

Ciri ciri pengusaha yang sukses pertama adalah memiliki jiwa kaya. Bagaimana sih jiwa kaya itu? Jiwa kaya adalah jiwa yang tidak gratisan. Contoh kecil dari jiwa kaya adalah memiliki jiwa memberi daripada meminta.

Nah, dari ciri-ciri pengusaha yang sukses pertama, apakah kamu masuk? Atau jangan-jangan masih memiliki mental jiwa gratisan? Mentalitas yang suka dengan hal-hal yang gratis inilah yang disebut dengan mental miskin. Tidak mau bukan memiliki mental miskin seperti ini, mulai sekarang kita bisa mengubah sikap menjadi mental kaya.

Adapun ciri orang yang memiliki mental yang kaya. Yaitu tidak mudah mengeluh dan tidak senang menyalahkan orang lain. Sekalipun itu bukan kesalahannya sendiri, melainkan orang lain. Orang yang memiliki mental kaya akan belajar dari kesalahan orang lain dan tidak menjadi oranglain sebagai tumbal kesalahan.

Baca juga : Ciri-Ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

Sedangkan orang yang memiliki mental miskin kebalikannya, yaitu suka sekali menyalahkan dan melemparkan kesalahan kepada oranglain, yang penting dirinya aman. Nah sampai sini pun kita bisa melihat pada diri sendiri, dan mengubah jika tidak sesuai kenyataan.

2. Kerja Keras

Belajar dari Bob Sadino, di dalam dirinya beliau memiliki ciri-ciri pengusaha yang sukses, dan memang beliau sukses cetar membahana. Siapa sih yang tidak tahu Bob Sadino? Pasti tahu. Jadi dulu sebelum merintis usahanya, Bob Sadino memang bekerja keras mati-matian. Segala lakon pekerjaan pernah dia coba.

Mulai berjualan gerobak keliling, jadi kuli bangunan sampai beternak ayam, dan menawarkan telur ayam lehor. DImana kala itu ayam lehor belum ada di Indonesia. Saat ditanya, Bob pun tidak pernah berfikir dia akan menjadi pengusaha yang kaya raya.

Jadi Bob saat pertamakali memperkenalkan telur ayam, ia mengetuk rumah satu ke rumah satu lainnya. Tidak ada yang membeli karena telurnya berbeda dari telur lokal. Hingga pada akhirnya ada satu rumah yang membeli dan singkat cerita, banyak yang mulai membeli telur tersebut.

Sampai saat ini, kita sudah tidak lagi kesulitan mendapatkan telur ayam lehor. Itu semua berkat jasa Bob yang memperkenalkan ayam petolor lehor.

Ada satu hal yang menarik dari cara berfikir Bob dibalik kerja kerasnya. Jadi dia tipe orang yang tidak terlalu banyak rencana. DIa hanya mengawali usaha besar berawal dari melihat satu hal, kemudian fokus dan dikembangkan. Hingga sekarang jadi sepertilah sekarang. Bahkan, jasa beliau sampai sekarang banyak dirasakan.

3. Mencari Risiko

Masih belajar dari sosok Bob Sadino, yang memiliki ciri-ciri pengusaha yang sukses. Pemikiran Bob bisa dibilang aneh dan out of the box. Karena di bangku kuliah selalu diajarkan untuk mengurangi risko. Bagi Bob justru harus mengambil dan memburu risiko yang besar. Karena dari risiko itulah kita bisa belajar, dan sebaik-baik pembelajaran adalah belajar dari kegagalan.

Karena selama ini pun, Bob Sadino menjadi orang sukses diantarkan langsung oleh kegagalan dan terus belajar. Karena pembelajaran inilah yang tidak bisa ditemukan dan disampaikan di buku-buku kuliah. Nah, dari sini sukahkah kamu memiliki ciri-ciri pengusaha yang sukses? Jika belum, mulai nih cari-cari risiko yang besar.

Baca juga : Ciri-ciri Entrepreneur Yang Sukses & Berhasil

4. Kemauan Dan Tekat Yang Kuat

Ciri-ciri pengusaha yang sukses bagi Bob tidak hanya memiliki beberapa poin di atas. Tetapi juga wajib memiliki kemauan. Kemuan saja tidak cukup, harus ditambah dengan tekat yang kuat. Setelah itu berani mengambil peluang sebagai modal untuk nyebur ke dalam usaha yang hendak ditekkuni.

5. Kebebasan

Ciri-ciri pengusaha yang sukses adalah memiliki kebebasan. Menurut Bob Sadino, kebebasan adalah aset yang paling tinggi nilaianya. Padahal, kini banyak sekali orang yang justru bangga menjadi karyawan dan rela berpenat-penar dan pusing karena pekerjaan kantor. Padahal ada pilihan menjadi orang bebas dan merdeka dengan cara sendiri dan kreativitas sendiri. Tanpa intervensi dari orang lain.

Bagaimana lagi, kenyatannya masyarakat kita masih banyak yang termindset untuk terkungkung dalam ikatan pekerjaan demi zona nyaman dapat gaji tiap bulan. Padahal, waktu dan kesulitan itu adalah investasi untuk menuju zona nyaman di masa depan.

Terimakasih sudah membaca artikel ciri-ciri pengusaha sukses, kamu juga dapat membaca artikel yang lain seperti :

1. Kata Kata Ibu Adalah Segalanya, Ucapan Spesial Hari Ibu
2. 6 Penulis Terkenal Di Indonesia yang Inspiratif
3. 7 Rekomendasi Buku Novel Best Seller 2019

 

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang