Logo Baru April

Ciri Ciri Jurnal Internasional untuk Skripsi dan Penelitian

Ciri Jurnal Internasional
toko buku kuliah
Bagikan

Mencari jurnal internasional masih banyak yang salah sangka, lho. Perhatikan ciri jurnal internasional ini untuk skripsi dan penelitian untuk dijadikan karya tulis ilmiah seperti jurnal atau makalah seminar nasional dan internasional.

Terus bagaimana supaya kita bisa meminimalisir salah sangkat tersebut mengenai apakah ini jurnal nasional ataukah jurnal internasional? Yuk perhatikan beberapa poin di bawah ini.

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Banyak sekali faktor yang membuat sebuah jurnal dikategorikan sebagai jurnal internasional dan pastinya sebagai referensi yang baik kita juga harus sadar mengenai kualitas jurnal yang baik itu sendiri seperti apa dan bagaimana ya. Jangan sampai, walaupun internasional selalu bagus.

1. Memiliki Kaidah Penulisan Ilmiah

Tidak mungkin kan sekelas jurnal internasional ditulis dengan bahasa yang umum dan pasaran digunakan kalayak umum? Yaps. Pastinya juga menggunakan kaidah penulisan ilmiah yang baku dan menggunakan bahasa yang baku juga.

Nah, disinilah hal pertama yang perlu diperhatikan. Banyak sekali diluar sana PDF yang sepertinya seperti jurnal tetapi ditulis dengan bahasa yang tidak ilmiah. Ini bisa jadi karya tersebut hanya sebuah majalah umum saja yang tidak bisa dijadikan rujukan untuk karya ilmiah.

2. Ditulis dengan Bahasa Internasional

Ciri jurnal internasional yang baik dan benar ditulis dengan menggunakan bahasa internasional yang sudah disetujui oleh banyak negara. Untuk menjadikan suatu bahasa menjadi bahasa internasional ini prosesnya sangat panjang dan juga harus juga dipelajari di banyak negara tidak hanya di satu negara saja.

Contoh bahasa internasional ini, seperti Inggris, Rusia, Tiongkok, Arab, Spanyol dan Perancis yang sudah disetujui oleh PBB. Biasanya bahasa internasional ini digunakan untuk urusan luar negeri, surat menyurat, diplomasi dan perdagangan ya.

3. Terdaftar International Standard Serial Number (ISSN)

Apa itu ISSN dalam jurnal? Secara umu, definisi ISSN merupakan sebuah nomor unik yang digunakan publisher jurnal untuk membedakan satu jurnal dengan jurnal yang lain. Jurnal yang resmi secara internasional pasti memiliki ISSN ini.

Bahkan Nomor ISSN ini berbeda untuk versi digital dan versi cetak. Misalnya satu judul jurnal memiliki versi cetak dan digital, maka ISSN ada dua ya.

Daftar Open Reseller

4. Terbit Secara Online

Perkembangan zaman sudah sangat pesat di dunia teknologi dan internet, pastinya hal ini yang membuat orang mudah mencari semua hal terutama masalah referensi ilmiah ini. Mengapa harus terbit online? Sebab, dengan terbit secara online atau daring membuat persebaran jurnal bisa meluas ke semua negara serta untuk memudahkan dalam mengetahui perkembangan penelitian disetiap negara.

Selain itu, peneliti juga sudah mulai bisa meminimalisir kesamaan penelitian satu dengan yang lainnya setelah adanya jurnal versi online ini. Pastinya, tidak semua website penyedia jurnal itu kredibel. Hanya website tertentu saja yang bisa menampilkan daftar jurnal secara internasional supaya lebih terjamin keasliannya.

5. Dewan Redaksi Lintas Negara

Dewan redaksi pengurus sebuah jurnal haruslah dari lintas negara, yaitu minimal 4 negara yang bergabung serta memiliki keahlian khusus bagi dewan redaksi sesuai dengan keahlian yang sedang ditekuni sesuai dengan topik jurnal yang akan diterbitkan.

6. Penulis Jurnal Dari Banyak Negara

Sebuah jurnal dikatakan sebagai jurnal internasional apabila penulis dalam jurnal tersebut berasal dari minimal 2 negara yang berbeda. Misalnya, penulis pertama dari Indonesia dan penulis kedua dari Jepang. Maka, ini sudah masuk ke dalam ciri-ciri jurnal internasional ya.

7. Terindeks Internasional

Siapa sih yang tidak kenal dengan Scopus? Nah, itu salah satu indeks bagi jurnal-jurnal resmi dan diakui di Internasional. Kalau di Indonesia biasanya dikenal dengan nama indeksnya seperti SINTA (Science and Technology Index) dan indeks lainnya.

Biasanya kalau di Indonesia, indeks internasional yang sering digunakan dan juga sering dikenal adalah Scopus itu tadi ya. Padahal juga banyak indeks yang lainnya kok.

promo 8.8

8. Artikel Baru dan Asli (Bukan Review)

Banyak sekali diluar sana seperti sudah kayak jurnal internasional ternyata isinya hanya sebuah review dari beberapa jurnal saja. Padahal bisa dikatakan jurnal itu apabila memang benar-benar artikel yang ditulis merupakan sebuah hasil yang baru dan penelitian yang baru. Kedua, kalau misalnya sudah orisinal maka data yang digunakan juga harus dipastikan teruji kevalidannya dan keabsahannya ya.

9. Terbit Secara Teratur

Jurnal yang baik adalah yang konsisten menerbitkan secara teratur baik tahunan ataupun 2 tahunan misalnya. Namun, jangan mencari jurnal yang bisa menerbitkan jurnal 3 bulan sekali sebab hal ini indikator bahwa jurnal yang diterbitkan kurang baik sebab bisa menerbitkan secara cepat.

10. Diindeks oleh Banyak Indeks

Pastikan juga tidak hanya diideks oleh hanya satu pengindeks saja. Jurnal internasional harus memiliki banyak pengindeks banyak negara sebagai salah satu ciri bahwa jurnal tersebut juga berdampak besar di seluruh dunia.

Nah, itu ada 10 ciri-ciri jurnal internasional yang sebaiknya kamu perhatikan supaya hasil dan kredibilitas skripsi ataupun karya ilmiahmu (jurnal) bisa menjadi karya yang valid dan bisa dirujuk banyak orang untuk mengembangkan penelitian yang lebih baik dan berdampak lagi. (Yusuf Abdhul Azis)

Baca Juga Artikel Terkait

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022