Ciri-Ciri Buku yang Berkualitas dan Bagus

Ciri Ciri Buku yang Berkualitas
toko buku kuliah
Bagikan

Ciri Buku Berkualitas – Ada pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia dan lentere pengetahuan. Sudah sangat banyak sekali buku-buku yang dicetak dan diterbitkan di Dunia ini. Bahkan sampai banyaknya, mungkin kamu ataupun kita hanya membaca sebagian kecil saja yang mungkin sesuai dengan kesukaan dan minat.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua buku itu bisa dikatakan berkualitas, entah dari sisi konten (isi), pembawaan, tata bahasa ataupun dari lembaga yang menerbitkannya belum melakukan review yang baik atas buku-buku yang masuk.

Oke, kali ini kita akan membahas sebenarnya apa sih ciri-ciri buku yang bagus itu?

1. Memiliki Tema atau Topik yang Berbeda

Sebuah karya yang dicetak dan diterbikan dalam bentuk buku bisa dikatakan bagus apabila memiliki tema atau topik yang berbeda dari sebelumnya. Maksudnya topik disini adalah tidak mengulang secara terus menerus akan tulisan yang pernah dibuatnya.

Dengan begitu, penulisakan selalu berusaha mendapatkan ilmu-ilmu baru serta yang membaca juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, terbarukan serta tak lekang oleh waktu. Dengana danya topik yang selalu berbeda ini, wawasan akan terus bertambah dan kita akan mengetahui apa yang sebenarnya masih tersembunyi diluar sana yang belum kita ketahui.

Baca: 10 Topik Buku yang Paling Dicari

2. Mengandung Makna dan llmu baru

Selalu ada pesan yang ingin disampaikan khusus oleh sang penulis yang tujuannya adalah memberikan makna dan ilmu-ilmu baru dari berbagai sudut pandang. Setiap ilmu pasti akan memiliki cara pandangnya sendiri-sendiri dalam menanggapi sebuah kodisi yang ada.

Selain itu, adanya ilmu baru juga dengan adanya metode baru, penemuan baru, pendapat baru ataupun pengembangan-pengembangan yang baru.

3. Tulisan dengan Kosa Kata yang Baru

Salah satu ciri buku dikatakan berkualitas atau tidak yang selanjutnya adalah bagaimana sebuah buku bisa memberikan ilmu baru dengan adanya kosa kata baru dan kalimat-kalimat yang memberikan arti yang luas dan jelas. Dalam meracik sebuah kalimat dan menyusun kata-kata, akan terlihat mana buku yang bagus dan mana buku yang kurang berkualitas.

4. Buku Direkomendasikan oleh Tokoh-Tokoh Besar

Pastilah buku diterbitkan itu bukan untuk dinikmati sendiri tetapi akan disebarkan dan dinikmati oleh orang lain supaya kebermanfaatan, cerita dan ilmunya dapat tersampaikan. Nah, inilah yang menjadi penilaian selanjutnya, yaitu buku-buku yang berkualitas biasanya akan direkomendasikan oleh tokoh-tokoh besar.

Rekomendasi ini menjadi salah satu pengakuan akan kualitas buku itu sendiri dan isinya juga akan membuat wawasan kita menjadi bertambah.

5. Memiliki Keunikan

Memiliki keuinkan yang berbeda dari tulisan-tulisan sebelumnya ataupun dengan buku-buku lain yang memiliki tema dan topik yang hampir sama. Keuinikan ini bukti bahwa sang penulis bisa mengambil sisi kecil yang diangkat dan belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Selain keunikan tema, keunikan ini juga berkaitan dengan bagaimana pembahasaan, gaya bahasa, dan juga kata-kata yang digunakan dalam menyusun kalimat. Keunikan inilah yang membuat sebuah karya seni menjadi memiliki nilai jual yang tinggi dalam sisi value of content.

6. Informasi yang Mutakhir (Up to Date)

Ciri-ciri buku yang berkualitas harus menyediakan bahan referensi yang jelas dan informasi terkini. Buku yang berkualitas harus memuat referensi dari berbagai pakar terkait, penulis, atau penelitian sebelumnya. Informasi yang mutakhir ini tidak harus berupa data-data yang kaku ya.

Mungkin bagi buku-buku ilmiah diperlukan data-data yang mutakhir dan terbaru serta telah tervalidasi sebelumnya. Disisi lain, buku-buku fiksi bisa dengan memanfaatkan kondisi-kondisi terbaru baik dari sisi sosial, budaya, kepribadian dan pola hidup dengan adanya perubahan zaman.

7. Terbebas dari Plagiarisme

Untuk buku-buku fiksi, terbebas plagiarisme ini sudah terwakili dengan keunikan tadi ya. Sedangkan untuk buku-buku yang bersifat non-fiksi yang arahnya lebih ke ilmiah, maka plagiarisme ini menjadi salah satu indikator kualitas buku itu sendiri.

Pengertian plagiarisme sendiri adalah penggunaan tulisan sendiri yang sudah digunakan di buku sebelumnya atau tulisan orang lain seolah-olah itu adalah naskah atau pendapat Anda sendiri tanpa adanya parafrase sama sekali. Di Penerbit deepublish, parafrase ini sangat penting supaya buku memiliki kualitas yang baik.

Baca lebih lengkap: Pengertian Plagiarisme dan Solusinya

8. Terkualifikasi oleh Tim Reviewer

Buku-buku yang akan diterbitkan tidak serta merta diterima secara mentahan dan langsung terbit. Penerbit Deepublish memiliki Fasilitas Tim Reviewer yang Ahli di bidangnya masing-masing untuk mereview buku-buku supaya memiliki konten yang baik dan mudah dipahami tanpa harus mengurangi esensi atau pesan yang ingin disampaikan penulis.

Dengan adanya TIM ini, buku yang diterbitkan di Deepublish khususnya buku ilmiah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan dan dalam memenuhi substansi dengan detail dan lengkap yang melibatkan beberapa penulis dari disiplin ilmu yang sama.

Nah, jadi sudah sangat jelas ya apa saja ciri-ciri buku yang berkualitas baik buku umum maupun buku ilmiah itu sendiri. Penerbit Deepublish sebagai penerbitan selalu melakukan yang terbaik dan memenuhi semua aspek supaya hasil terbitan buku memiliki kualitas yang terjamin dan terbaik.

Apabila kamu membutuhkan buku-buku bacaan untuk kuliah dan belajar di perguruan tinggi, kamu bisa kunjungi toko kami di : https://penerbitbukudeepublish.com banyak PROMO dan Pengiriman yang Cepat dan Mudah.

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang