Logo Baru April

Contoh Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan

ceramah singkat bulan ramadhan
toko buku kuliah
Bagikan

Di Bulan Ramadhan, semua muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan mulai dari beramal, sedekah, ngaji sampai mendengarkan ceramah. Nah, untuk para khatib, ada beberapa ceramah singkat tentang Bulan Ramadhan yang bisa diangkat.

Ramadhan merupakan bulan kemuliaan bagi segenap umat Muslimin, bahkan kemuliaan bagi segenap umat manusia. Bulan yang menjadikan amal mubah menjadi seperti sunah, amal sunah berpahala, seperti amalan wajib, dan amalan wajib dinilai dengan pahala berlipat-lipat.

Anjuran Menuntut Ilmu

Mengapa sih, di Bulan Ramadhan selalu banyak dilakukan kegiatan ceramah ini? Mulai dari kajian sebelum buka puasa, ceramah saat Salat Tarawih, Kultum Subuh dan bahkan ada juga di Pondok Ramadhan.

Nah, hal ini karena kita sebagai manusia diwajibkan sekali untuk menuntut ilmu sepanjang hidup kita sebab apabila kita telah tiada, maka hanya ada tiga amalan yang senantiasa terus mengalir sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang berdoa untuknya.

Salah satu jalan untuk mendapatkan ilmu tersebut adalah melalui mendengarkan ceramah-ceramah yang diikuti selama bulan Ramadhan kemudian ilmu itu disebarkan lagi supaya bermanfaat. Nah, bagi seorang penceramah, berceramah di bulan Ramadhan menjadi salah satu implementasi untuk berbagi ilmu.

Nah, di bawah ini ada sedikit contoh beberapa ceramah yang bisa diangkat di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Judul Ceramah di Bulan Ramadhan

Sebenarnya banyak sekali tema yang bisa diangkat di Bulan Ramadhan supaya bisa memberikan ilmu yang berbeda dan semakin luas ilmu yang diperolehnya. Berikut tema dan judul yang bisa penceramah angkat.

  1. Ramadhan Bulan Berkah
  2. Lailatul Qadar
  3. Salat Tarawih dan Salat Witir
  4. Amalan Mulia di Bulan Ramadhan
  5. Melakukan Ikhtikaf yang Benar
  6. Keringangan Puasa Ramadhan
  7. Maksiat di Bulan Ramadhan
  8. Hal yang Membatalkan Puasa
  9. Penyebab Hilangnya Pahala Puasa
  10. Balasan orang Puasa
  11. Zakat Fitrah
  12. Dzikir Bulan Ramadhan
  13. Puasa Sunnah
  14. Puasa Haram
  15. Puasa Nazar
  16. Hukum Berhubungan Seks dan Onani di Bulan Ramadhan
  17. Memilih Teman
  18. Berbakti kepada Orang Tua
  19. Indahnya berbagi
  20. Menghadapi Wabah
  21. Dan masih banyak lagi

Semua judul diatas untuk contoh ceramahnya sudah ada dalam sebuah buku yang sangat komplit isinya berjudul “Buku Hasanah Ramadhan Kumpulan Ceramah Singkat Di Bulan Ramadhan”. Apabila ingin mendapatkan contoh ceramahnya silakan kunjungi bukunya berikut : Kumpulan Ceramah Singkat Ramadhan

Contoh Cermah Singkat Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang maha kuasa, sebab atas semua rahmat, hidayah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam kesempatan yang bersemangat dan juga mulia ini serta selalu sehat wal alfiat tanpa suatu kurang apapun.

Dalam kesempatan ini izinkan saya menyampaikan ceramah singkat bulan Ramadhan tentang pentingnya sedekah bagi Manusia secara singkat.

Daftar Reseller

Rasulullah SAW menegaskan bahwa dalam melakukan segala sesuatu kita harus ikhlas, temasuk bersedekah dan ibadah. Keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan sangatlah banya. Misalnya kita memberi buka puasa kepada orang lain dengan ikhlas.

Menurut HR At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah, “Barang siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya.”

Bahkan sedekah di Bulan Ramadhan lebih utama dibandingkan bulan lainnya, sebab pahalanya akan dilipatgandakan menjadi 700 kali. Betapa murahnya Allah SWT kepada orang-orang yang selalu sedekah dengan ikhlas di Bulan Ramadhan ini.

Namun yang harus diingat dan hati-hati adalah dalam sedekah jangan sampai ada rasa sombong dalam beramal. Sebab, selain pahala yang dilipatkan apabila ada sombong juga akan dilipatkan juga ya. Puasa adalah untuk menjaga nafsu, jadi jangan sampai nafsu sombong menguasai kita.

Nah, marilah mulai sekarang untuk kembali ke fitrahnya dalam beribadah, beramal saleh penuh keikhlasan dalam berbagai aktivitas khususnya di bulan suci Ramadhan. Semoga bisa menyelesaikan bulan Ramadhan ini dengan kebaikan yang selalu dibawa ke bulan-bulan yang lainnya. Amiin.

Demikian ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah mengenai keikhlasan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Daftar Open Reseller

Selain contoh diatas, bisa juga membahas hal-hal yang tidak berkaitan dengan Ramadhan dan juga menjadi dasar kita dalam ber-Islam, seperti Sumber Hukum dalam Islam, Islam Iman dan Ikhasan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Amalan Singkat di Bulan Ramadhan Penuh Pahala

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :