fbpx
flash sale toko buku online deepublish

Cara Cek Plagiasi Skripsi dan Mengidentifikasinya

cara cek plagiasi skripsi
toko buku kuliah

Cek plagiasi skripsi. Salah satu syarat sahnya sebuah skripsi adalah tidak ada plagiasi di dalamnya, alias karya tulis bukan hasil copy paste karya orang lain. Maka bagi kamu yang sedang mengerjakan skripsi wajib mengecek tulisanmu. Karena seperti yang sudah diketahui, umumnya setiap kampus memiliki batas plagiat. 

Jika kamu melebihi batas plagiat tersebut, biasanya mahasiswa akan dinyatakan tidak lulus. Tentunya hal tersebut tidak ingin kamu rasakan kan?

Untuk itu, sebagai mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, kamu wajib cek plagiasi skripsi sebelum mengumpulkan naskahmu pada dosen penguji.  Sebagai pengetahuan umum mengapa penting untuk cek plagiasi skripsi, berikut ini kami jelaskan terlebih dahulu tentang pengertian plagiasi skripsi. 

Pentingnya Cek Plagiasi Skripsi

Pengertian plagiat menurut Pasal 1 angka 1 Permendiknas 17/2010 adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai. 

Macam-macam bentuk plagiat dalam penulisan karya ilmiah juga dijelaskan secara detail pada Pasal 2 ayat [1] Permendiknas 17/2010):

1. Mengacu dan/atau mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;

2. Mengacu dan/atau mengutip secara acak istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;

3. Menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;

4. Merumuskan dengan kata-kata dan/atau kalimat sendiri dari sumber kata-kata dan/atau kalimat, gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;

5. Menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan/atau telah dipublikasikan oleh pihak lain sebagai karya ilmiahnya tanpa menyatakan sumber secara memadai.

Baca juga : Apa itu Skripsi? Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Unsurnya

Faktor Untuk Mengidentifikasi Plagiasi Skrispi

Dilansir dari laman Mamikos, terdapat beberapa faktor yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi suatu plagiasi. Menurut Novanta (2009), sebagai berikut: 

1. Penggunaan kosakata

Menganalisis kosakata yang digunakan dalam suatu tugas terhadap penggunaan kosakata sebelumnya dapat membantu menentukan apakah mahasiswa benar-benar telah menulis teks tersebut. 

2. Perubahan kosa kata

Apabila penggunaan kosa kata berubah secara signifikan dalam suatu teks, hal ini dapat mengindikasikan plagiarisme dengan cara copy and paste.

3. Teks yang membingungkan

Apabila alur dari suatu teks tidak halus dan tidak konsisten, hal ini mengindikasikan penulis tidak menulis menggunakan pemikirannya sendiri atau beberapa bagian dari tulisannya bukanlah hasil karyanya.

4. Penggunaan tanda baca

Tidak wajar apabila dua orang penulis menggunakan tanda baca yang persis sama dalam membuat suatu karya tulis.

5. Jumlah kemiripan teks

Pasti ada beberapa kemiripan antara beberapa teks yang menulis dengan topik yang sama seperti nama-nama, istilah-istilah dan sebagainya.

6. Kesalahan ejaan yang sama

Suatu kewajaran seorang penulis salah ejaan. Namun menjadi tidak wajar bila beberapa teks yang berbeda memiliki kesalahan-kesalahan yang sama dalam pengejaan atau jumlah ejaan salah yang sama.

7. Distribusi kata-kata

Tidak wajar apabila distribusi penggunaan kata dalam teks yang berbeda memiliki kesamaan. Sebagai contoh, suatu teks memiliki parameter yang sama untuk suatu distribusi statistik yang digunakan untuk menjelaskan penggunaan istilah.

8. Struktur sintaksis teks

Hal ini menunjukkan plagiarisme mungkin saja telah terjadi jika dua teks secara jelas memiliki kesamaan struktur sintaksis. Hal yang wajar bila penggunaan struktur sintaksis yang digunakan oleh beberapa penulis akan berbeda.

9. Rangkaian-rangkaian panjang kata yang sama

Tidak wajar apabila suatu teks yang berbeda (bahkan yang menggunakan judul yang sama) memiliki rangkaian/urutan karakter yang sama..

10. Frekuensi kata

Tidak wajar apabila kata-kata dari dua teks yang berbeda digunakan dengan frekuensi yang sama. 

11. Keputusan untuk menggunakan kalimat panjang atau kalimat pendek.

Tanpa sepengetahuan kita, para penulis tentu memiliki keputusan penggunaan panjang kalimat yang tidak biasa dikombinasikan dengan fitur-fitur lain.

12. Referensi yang tidak jelas

Apabila referensi yang muncul dalam suatu teks tetapi tidak terdapat pada daftar pustaka, hal ini dapat mengindikasikan plagiarisme cut and paste, dimana penulis tidak menyalin referensinya secara lengkap.

Baca juga : Kalimat Pembuka Sidang Skripsi dan Tips Agar Sidang Lancar

Cara Cek Plagiasi Skripsi Dengan Aplikasi

Supaya skripsimu terhindar dari plagiasi, kamu dapat menggunakan aplikasi cek plagiasi skripsi untuk mencegah adanya plagiasi. 

1. Unicheck.com

Cek plagiasi skripsi

Aplikasi cek plagiasi salah satunya dengan aplikasi Unicheck. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para siswa, pendidik, penulis, maupun editor. Aplikasi ini tidak ribet harus ke device kamu. Ya, Anda cukup online saja.

Unicheck memungkinkan kamu untuk secara bersamaan memindai teks-teks dari format yang berbeda yang Anda butuhkan dalam waktu 4 detik per teks-pemindaian, tanpa penurunan kecepatan. Aplikasi ini bisa mengecek bagian terkecil hasil tiruan. Bisa mengecek sampai 16 miliar halaman dan dokumen di Google dan Bing.

Setiap kali selesai mengecek, Unicheck bakal memberikan laporan plagiat. Di dalam laporan itu disuguhkan persentase kesamaan dan keaslian file yang dipindai, sekaligus semua elemen yang disorot dengan hyperlink ke sumber-sumber aslinya.

Untuk menggunakan Unicheck, kamu perlu berlangganan. Tapi sebelum berlangganan, kamu dapat menguji pengecekan ini dengan percobaan gratis sebanyak 275 kata. Kamu bisa berlangganan selama satu bulan, tiga bulan, atau satu tahun. Semakin lama berlangganan, Anda bisa membayar lebih murah yaitu sekitar $4,99 per bulan. 

2. Writecheck

Contoh parafrase kalimat. Aplikasi ini memungkinkan kamu sebagai penulis untuk mengecek tugas, supaya yakin bahwa semua sumber yang digunakan ada di dalam tugas mereka. Writecheck juga bisa mengecek kesalahan tata bahasa dan ejaan. Untuk memindai teks, kamu dapat mengupload dokumen dalam format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. 

Selesai melakukan pemindaian, kamu akan mendapat laporan plagiarisme yang ditandai sorotan link langsung ke sumber plagiasi. Nah, untuk aplikasi ini kamu juga perlu registrasi dan berlangganan. Sayangnya, tidak ada percobaan gratis. Selama penggunaan aplikasi ini, kamu hanya bisa memasukkan 5.000 kata. Kalau lebih dari 5.000 kata, kamu akan dikenakan biaya tambahan.

3. Copyscape

cek plagiasi skripsi dengan copyscape

Aplikasi ini menawarkan dua akun, gratis dan premium alias berbayar. Copyscape menawarkan perlindungan situs (berlaku untuk blogger) dari penjiplakan secara harian maupun mingguan. Kapan pun ditemukan ada situs yang isinya mirip dengan kontenmu, kamu akan mendapatkan email peringatan.

Dengan Copyscape, kamu dapat membuat database personal dan mengecek fail baru yang diupload terhadap orang-orang di akun milikmu. Selain itu, kamu dapat menggunakan banner anti plagiarisme dari Copyscape untuk memberikan peringatan ‘dilarang menjiplak’.

Sayangnya aplikasi ini memiliki kelemahan yakni percobaan gratisnya hanya berlaku memeriksa konten dengan bantuan mengecek URL saja. Lalu, jika kamu mengupload file berisi 2.000 kata atau lebih, aplikasi ini dapat gagal memindai.

Demikian cara cek plagiasi skripsi yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mengerjakan skripsi!

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

Butuh buku referensi skripsi? Dapatkan bukunya di Toko Buku Deepublish. Pilihan lengkap dari berbagai kategori dan bidang ilmu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang