Logo Baru April

Cara Sukses di Usia Muda 2022 [Panduan]

sukses di usia muda
toko buku kuliah
Bagikan

Setiap orang pasti ingin sukses sejak muda, pertanyaanya adalah apakah bisa sukses di usia mudah sehingga ingin tahu bagaimana cara sukses di usia muda. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti ini, dituntut memiliki kesuksesan agar semua goals yang diinginkan dapat tercapai. Tak heran jika banyak yang ingin sukses di usia muda, atau sebelum usia 40 tahun.

Cara sukses di usia muda tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian seseorang tetapi membuat seseorang lebih tenang, nyaman, dan damai dalam hidup dan menatap masa depannya. Kesuksesan tersebut juga tidak hanya berdampak bagi dirinya sendiri tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Sayangnya, tak banyak yang tahu bagaimana cara sukses di usia muda. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa tips dan langkah yang bisa dilakukan agar seseorang bisa sukses di usia muda dan berhasil melakukan cara sukses di usia muda.

10 Cara Sukses di Usia Muda Sesuai Perkembangan Saat Ini

Disini akan ada 10 langkah-langkah yang harus sistematis dalam menjalankannya. Jangan sampai salah satu dari 10 langkah dan cara ini kurang ataupun tidak diturun.

1. Memiliki Tujuan Hidup

Hal pertama yang harus dilakukan atau dimiliki seseorang untuk mendukung cara sukses di usia muda adalah memiliki tujuan hidup. Bagi seseorang, tentu tidak mudah menetapkan tujuan hidupnya. Akan tetapi hal ini penting dilakukan jika Anda ingin sukses di usia muda.

Memiliki tujuan hidup menjadi langkah awal untuk membangun kesadaran dan menyiapkan masa depan agar lebih baik lagi. Dengan demikian, maka seseorang harus memiliki tujuan hidup yang berorientasi pada masa depan yang mana akan mempengaruhi berbagai tindakan yang dilakukan agar lebih bernilai dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Alih-alih memiliki tujuan hidup, banyak anak muda yang justru memilih menghabiskan masa mudanya hanya untuk bermain dan bersenang-senang saja, sehingga mereka mengabaikan apa yang akan dihadapi dan dilakukannya di masa mendatang. Kebiasaan terlalu menikmati hidup dengan bersenang-senang di masa muda itu sebenarnya lumrah terjadi.

Akan tetapi jika terlalu menikmati, maka tujuan hidupnya justru akan terabaikan. Apalagi anak muda cenderung memiliki pemikiran secara mental yang belum matang sehingga sering menghindari berbagai risiko dan konsekuensi dan memilih jalur aman. Hal tersebut bukannya membuat seseorang tersebut mapan, akan tetapi tidak memiliki pengalaman yang lebih.

Jika Anda ingin sukses di usia muda, maka Anda harus melakukan perubahan mengenai tujuan hidup dan mulai memiliki tujuan hidup yang terarah. Tujuan hidup yang terarah akan memberikan Anda jalan mencapai kesuksesan, meski jalannya tak selalu lurus dan kerap kali berliku-liku.

Daftar Open Reseller

Hal ini karena kesuksesan tak selalu diperoleh dengan instan. Bisa jadi kesuksesan Anda akan hadir 10 atau belasan tahun mendatang, akan tetapi hal tersebut tentu akan membuat Anda lega dengan usaha dan pengorbanan Anda selama ini.

2. Membuat Strategi dan Rencana

Jika Anda ingin sukses di usia muda, maka Anda harus memiliki strategi dan rencana yang baik. Jangan hanya fokus pada hasil kesuksesan saja, Anda harus memiliki strategi yang tepat dan rencana yang matang dalam menjalankan sebuah bisnis. Jangan takut untuk memiliki mimpi atau rencana.

Lakukanlah dan jalankanlah bisnis Anda sesuai strategi dan rencana yang telah Anda buat dan jangan pernah takut gagal. Ketika dirasa strategi Anda kurang tepat, Anda harus melakukan evaluasi dan terus membuat perencanaan yang terbaik. Jangan lupa siapkan plan cadangan agar apa yang Anda lakukan tetap di dalam jalur yang tepat.

3. Memiliki Target

Agar berhasil mencapai kesuksesan di usia muda, Anda juga harus memiliki target. Dalam hal ini, target penting agar usaha atau bisnis yang Anda kembangkan akan terus berkembang dan tidak hanya berjalan stagnan tetapi meniti tangga perlahan menuju kesuksesan.

Akan tetapi dalam menentukan target, Anda juga harus menyesuaikan dengan tujuan bisnis atau usaha yang sudah sejak awal Anda rencanakan. Target tersebut harus sesuai dengan tujuan dan bahkan harus sesuai dengan kemampuan Anda. Meski tidak ada salahnya memberi challenge pada diri sendiri, akan tetapi Anda harus memberi batas.

Hal ini karena agar Anda tidak melakukan hal yang di luar tujuan sehingga mengganggu dan merusak tujuan awal Anda mengembangkan usaha atau bisnis. Anda juga harus menetapkan acuan waktu, kapan target tersebut harus dicapai. Dengan demikian maka bisnis Anda akan berkembang, diiringi dengan usaha yang Anda lakukan.

promo merdeka belanja

4. Jaga Kesehatan

Agar dapat sukses di usia muda, Anda juga harus memperhatikan dan menjaga kesehatan fisik maupun mental. Hal ini karena tidak ada artinya Anda bekerja keras dan mencapai kesuksesan tetapi Anda jatuh sakit atau stres. Tentu Anda tak akan menikmati kesuksesan tersebut.

Oleh sebab itu, usahakan bekerja sesuai dengan waktu, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan juga menyempatkan untuk me time atau quality time sebagai ajang refreshing. Upaya tersebut akan membuat Anda tetap sehat dan bugar meski disibukkan dengan pekerjaan dan usaha Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin olahraga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental karena dengan aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, maka kesehatan Anda akan selalu terjaga, dan kesehatan mental Anda juga akan stabil.

5. Memulai Berbisnis

Agar berhasil mencapai kesuksesan, Anda juga harus mengetahui masalah bisnis. Mulai dari pengetahuan bisnis, bagaimana memulai bisnis, mempertahankan bisnis, dan lain sebagainya. Pertama, Anda harus mengetahui pengetahuan bisnis yaitu cara berkomunikasi yang baik dalam berbisnis agar dapat menerapkan bisnis Anda dengan baik.

Setelah itu, pelajari pengetahuan mendasar mengenai bisnis dan cara mengembangkan bisnis. Anda bisa membaca buku, mengikuti seminar, menjaring relasi, dan lain sebagainya yang tentu saja akan bermanfaat dan berguna untuk bekal berbisnis Anda di masa depan.

Dengan berbagai pengalaman yang diketahui dan dipelajari selama belajar berbisnis, Anda akan menemui kegagalan dan kesalahan yang bisa dijadikan pelajaran dan bekal untuk masa depan bagi bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya saja jika Anda ingin merintis bisnis di bidang fashion. Tak ada salahnya Anda belajar mengenal trend fashion atau bahkan belajar secara langsung mengenai fashion yang saat ini sedang trending. Anda juga harus mengenal dan juga mampu memahami dengan baik bagaimana perkembangan fashion dan lain sebagainya.

Hal ini nanti membuat Anda akan semakin mahir dan juga menguasai bisnis yang Anda geluti, sehingga Anda tak hanya bisa memperkirakan dan berspekulasi saja, tetapi juga dapat menentukan ide dan tindakan yang tepat sesuai dengan apa yang telah Anda pelajari selama ini.

6. Investasi

Selain memberanikan diri belajar berbisnis, agar Anda mencapai kesuksesan di usia muda, Anda bisa mulai melakukan investasi sejak dini. Saat ini sangat banyak sarana investasi yang bisa Anda lakukan dan Anda pelajari. Investasi ini berguna untuk menyelamatkan penghasilan Anda saat ini dan mempersiapkan masa tua.

Sangat banyak dan berkembang berbagai program investasi online yang bisa Anda ikuti atau bahkan berbagai metode lain yang bisa Anda lakukan agar Anda mampu mengelola keuangan yang baik dan benar sebagai bekal Anda untuk memulai usaha dan bisnis.

Secara tidak langsung, melakukan investasi ini membuat Anda akan memiliki penghasilan pasif yang mana dapat membantu meningkatkan penghasilan dari gaji bulanan yang Anda dapatkan atau pendapatan rutin Anda. Apalagi, saat ini banyak pilihan investasi yang bisa diikuti menyesuaikan dengan kemampuan seseorang.

Anda bisa membagi penghasilan Anda untuk menyiapkan dana investasi setiap bulannya. Misalnya investasi reksadana, logam mulia, investasi properti, dan lain sebagainya.

7. Bisa Berbahasa Asing

Sebagai bekal untuk sukses di masa muda, Anda juga harus memiliki kemampuan atau keahlian akademis yaitu mampu berbahasa asing. Mengapa memiliki kemampuan bahasa asing menjadi penting? Di era yang serba digital seperti saat ini, Anda dituntut harus menguasai internet yang mayoritas menggunakan bahasa asing yaitu bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, Anda dituntut memiliki skill berbahasa Inggris yang baik sehingga Anda bisa bersaing dengan rekan bisnis Anda yang mana tak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri. Hal ini karena tak bisa dipungkiri, berbisnis pada era seperti saat ini bisa saja memiliki saingan atau rekan bisnis di luar negeri atau tingkat global.

Maka dari itu, tak ada salahnya Anda belajar bahasa Inggris yang baik dan mumpuni. Tak ada salahnya juga Anda belajar bahasa asing lainnya untuk menunjang kemampuan dan skill Anda sebagai modal awal Anda untuk dapat bersaing di dunia bisnis di kancah global.

8. Manajemen Waktu

Waktu merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan dan juga prioritaskan. Artinya, jangan buang-buang waktu Anda untuk melakukan hal yang sia-sia di masa muda. Gunakan waktu Anda untuk belajar sebaik mungkin dan dengan bermanfaat. Anda juga dapat menggunakan waktu luang Anda untuk berbagi dan mencari ilmu dari rekan bisnis.

Meski di masa muda sangat banyak tawaran untuk bersenang-senang, usahakan Anda tak terlalu tergiur di dalamnya. Sesekali, sempatkan waktu bermain dan refreshing untuk menyegarkan pikiran Anda. Akan tetapi, tetapkan dan bagi waktu dengan sebaik-baiknya, kapan Anda harus bermain, kapan Anda harus fokus bekerja.

Dengan menentukan prioritas waktu, maka Anda dapat mengatur waktu atau memanajemen waktu dengan baik sehingga Anda dapat menentukan hal yang penting dan kurang penting agar tak mengganggu fokus Anda dalam berusaha mencapai kesuksesan.

9. Berbagi Kebaikan

Kata siapa kesuksesan diraih hanya karena usaha yang dilakukan dari diri sendiri? Kesuksesan juga didapatkan ketika seseorang mengingat dan dekat dengan Sang Pencipta dan juga berbagi kebahagiaan dan kebaikan kepada orang-orang sekitarnya. Dalam mencapai kesuksesan, poin ini kerap diabaikan oleh setiap orang.

Padahal, berbagi untuk kebaikan sangat baik dan disarankan demi kesuksesan kita juga, lho. Tak hanya dalam ajaran Islam yang dikenal sebagai sedekah, di berbagai ajaran agama lain pun pasti akan mengingatkan umatnya untuk senantiasa berbagi kebaikan. Hal ini bertujuan agar Anda tak hanya mampu berbagi ilmu tetapi juga berbagi rezeki.

Semakin banyak seseorang berbagi dan menebar kebaikan, tentu saja kebaikan yang ia dapat atau diterima akan semakin berlipat ganda. Oleh sebab itu, selalu rutin untuk menyempatkan dan menyisihkan rezeki untuk berbagi ke orang-orang di sekitar Anda, tanpa memandang bulu.

10. Memiliki Mentor

Terakhir, untuk mencapai kesuksesan dengan cara tepat, Anda perlu atau membutuhkan seorang mentor. Tak hanya menjaring relasi yang luas dengan sesama pengusaha, Anda juga harus memiliki mentor yang tepat. Mentor ini sangat bermanfaat untuk Anda terus belajar dan berkembang meningkatkan kesuksesan Anda.

Apalagi di usia muda tentu Anda membutuhkan banyak arahan atau instruksi, maka mentor ini menjadi jalan bantuan yang paling tepat. Mentor yang Anda pilih harus lebih senior dan juga memiliki pengalaman yang lebih banyak. Karena dengan demikian, Anda akan mendapat pelajaran dan pengalaman yang berharga.

Ringkasan Cara Jadi Sukses

Apabila ingin menjadi benar-benar sukses dan tidak hanya sukses dilihat orang, maka perlu melakukan 10 hal diatas tadi mulai dari memiliki tujuan, membuat perencanaan dan strategi, memiliki target yang jelas dan terukur bahkan sampai memiliki mentor yang baik, suportif dan banyak tau.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pemuda yang ingin mengejar kesuksesan di usia muda ya. Semua kesuksesan khususnya bisnis bisa dimulai dari banyak jalan, mulai dari jualan, bisnis kecil-kecilan, dan sampai bisa mengelola banyak karyawan.

Apabila ingin memulai bisnis kecil hanya modal 100 ribuan saja, bisa gabung di Open Reseller Buku. Untung banyak asalkan mau rajin dan terus belajar. Bahkan di Deepublish ada komunitas khusus yang mengajari dan membimbing supaya jadi reseller yang tangguh dan bisa dapat omset ratusan juta perbulan sebab buku Deepublish sangat banyak sampai 10.000 Judul.
Yuk, gabung sekarang pada program Open Reseller Buku Deepublish.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :