VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

8 Cara Mudah Memperoleh IPK Tinggi dan Lulus dengan Gelar Cum Laude

cara-mendapatkan-ipk-tinggi
toko buku kuliah

Bagi para mahasiswa mungkin sebagian besar akan berusaha mencari cara mudah memperoleh IPK tinggi. IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai akhir yang didapatkan setiap mahasiswa sebagai hasil pembelajaran selama kuliah. Jadi, bisa disebut juga sebagai nilai akhir Ujian Nasional (UN) di tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Namun IPK ini ditujukan kepada mahasiswa atau jenjang pendidikan tinggi. Proses memperoleh IPK juga bukan hasil ujian yang dilakukan dalam satu hari saja, melainkan dikumulatifkan dalam empat tahun kuliah jenjang S1 dan 3 tahun jenjang D3.

IPK umumnya sudah mulai didapatkan setiap mahasiswa sejak semester pertama perkuliahan. Seiring berjalannya waktu di setiap semester nilai IPK ini berubah, dan semakin lama nilainya semakin kecil. Baru kemudian nilai final didapatkan di semester akhir dan sudah menjalani sidang skripsi dan kemudian dinyatakan lulus.

IPK kemudian menjadi acuan untuk melihat siapa saja mahasiswa yang berprestasi, disiplin, dan punya pemahaman baik terhadap materi perkuliahan di prodi yang diambil. Tidak heran jika detail cara mudah memperoleh IPK tinggi selalu dibutuhkan oleh para mahasiswa. Sebab mencapai IPK yang tinggi bisa mendapat gelar Cum Laude.

Apa Itu Gelar Cum Laude?

Sebelum mengetahui bagaimana saja upaya untuk meraih IPK tinggi di perguruan tinggi. Kenali dulu apa itu cum laude, istilah ini berasal dari bahasa latin dan memiliki definisi sebagai “pujian” yang diberikan pada saat pelaksanaan ujian di perguruan tinggi. Sehingga gelar ini didapatkan setelah hasil ujian keluar.

Dalam gelar cum laude kemudian terdapat beberapa predikat dan disesuaikan dengan total nilai IPK yang diraih. Predikat tersebut antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya bisa saja berbeda. Dimulai dari predikat kelulusan yang terdapat tiga predikat, yaitu:

  • IPK 2,00-2,75 Memuaskan
  • IPK 2,76-3,50 Sangat Memuaskan
  • IPK 3,51-4,00 Dengan Pujian (Cum Laude)

Sedangkan di sejumlah perguruan tinggi, juga menyediakan predikat khusus yang diberikan kepada mahasiswa dengan IPK di atas 3.5. Berikut detailnya:

  • IPK 3,51-3,79 Cum Laude
  • IPK 3,80-3,99 Magna Cum Laude (lulus dengan banyak pujian)
  • IPK 4,00 Summa Cum Laude (lulus dengan pujian terbanyak).

Setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk meraih gelar cum laude tersebut, selama bisa memenuhi syarat. Secara umum syarat tersebut meliputi nilai IPK yang minimal harus 3.5 dan juga harus lulus tepat waktu. Jadi, jika semester akhir lebih lama selesainya dibanding yang seharusnya maka gelar tersebut tentu akan gagal didapatkan.

Beberapa perguruan tinggi juga melaukan pertmbangan lain, misalnya riwayat mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi. Adakah mata kuliah yang diulang atau pernah gagal? Mahasiswa dengan gelar cum laude kemudian diwajibkan tidak pernah gagal di mata kuliah manapun.

Kenapa Harus Cum Laude dan Punya IPK Tinggi?

Dari penjelasan di atas, beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa untuk meraih gelar cum laude ini susahnya luar biasa. Padahal tidak selalu seperti itu, selama kamu paham bagaimana cara mudah memperoleh IPK tinggi dan berkesempatan meraih gelar cum laude tersebut. Kuncinya adalah menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab.

IPK kemudian bisa dijadikan fokus utama, karena juga menentukan apakah gelar cum laude tersebut bisa didapat atau tidak. Beberapa orang menilai bahwa IPK hanya nilai dan tidak langsung menentukan nasib seorang alumni perguruan tinggi. Benarkah demikian? Dalam beberapa kondisi IPK ini bisa diabaikan, namun sebaliknya di kondisi tertentu.

Ada banyak alasan yang membuat IPK perlu diperjuangkan agar nilainya tinggi dan memuaskan. Alasan tersebut antara lain:

1. Punya Peluang Meraih Beasiswa

Alasan pertama kenapa perlu memperjuangkan IPK tinggi dan gelar cum laude adalah untuk memudahkan kamu meraih beasiswa. Misalnya, kamu ingin menjadi dosen maka perlu melanjutkan S2. Bermodalkan IPK yang tinggi kamu akan lebih mudah lolos seleksi beasiswa S2, dan kesempatan menjadi dosen terbuka lebar.

2. Berpeluang Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Alasan kedua adalah membuka jalan lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Selain bisa memperbesar peluang lolos seleksi beasiswa, juga memberi kesempatan melanjutkan studi tanpa perlu ikut tes atau ujian masuk. Jadi, kamu tidak harus belajar saat mendaftar S2, cukup mengandalkan IPK.

3. Terbuka Kesempatan Menjadi Asisten Dosen

Supaya kuliah lebih berkesan dan juga memperoleh penghasilan tanpa perlu kerja di luar kampus, kamu bisa mengejar kesempatan menjadi Asisten Dosen. Supaya terwujud maka IPK kamu harus tinggi. Oleh sebab itu berjuang mempraktekan cara mudah memperoleh IPK tinggi bisa membantu kamu menjadi Asdos.

4. Diperhitungkan saat Masuk ke Dunia Kerja

Mengantongi IPK tinggi memberi kemudahan untuk lolos seleksi penerimaan karyawan. Sebab IPK menunjukan tingkat intelektual seseorang, sehingga banyak perusahaan yang mensyaratkan adanya nilai IPK minimal. Kemudian mengutamakan kandidat dengan IPK yang tinggi, dan biasanya di perusahaan besar terkemuka.

5. Menunjukan Diri sebagai Mahasiswa yang Baik

IPK tinggi juga menjadi tanda bahwa selama kuliah kamu sudah menjadi mahasiswa yang baik. Sebab memperoleh IPK tinggi banyak syarat harus dipenuhi. Mulai dari disiplin masuk kelas, aktif di kelas, punya pemahaman materi yang bagus, disiplin mengerjakan tugas dosen, dan lain-lain.

6. Menunjukan Kapabilitas Intelektual

IPK juga menjadi cermin bagi pemiliknya apakah selama kuliah mampu menguasai ilmu yang diterima. Sebab IPK diraih dengan menunjukan banyak prestasi, dan prestasi ini bisa diraih dengan memahami betul materi perkuliahan. Tidak hanya satu atau dua melainkan semua mata kuliah.

Cara Mudah Memperoleh IPK Tinggi agar Cum Laude

Jadi, setelah memahami penjelasan di atas dijamin kamu mulai berpikir untuk mencari cara mudah memperoleh IPK tinggi. Ada baiknya perjuangan meraih IPK tinggi ini dilakukan sejak dini, bahkan sebelum masuk ke perguruan tinggi. Sebab seperti yang dijelaskan di awal, IPK bukan nilai yang didapat dari hasil ujian dalam sehari dan hasil belajar kebut semalam.

IPK didapatkan dari perjalanan panjang menempuh pendidikan tinggi sejak semester pertama sampai semester akhir. Jadi, mulailah memperbaiki nilai IPK sejak awal masuk kuliah. Adapun cara-cara yang mudah diterapkan agar IPK yang didapatkan bisa tinggi adalah sebagai berikut:

1. Maksimalkan IPK di Semester Pertama

Cara pertama agar IPK yang diraih saat kelulusan terbilang tinggi dan secara otomatis memperoleh gelar cum laude adalah memaksimalkan IPK sejak semester pertama. Jadi, sejak awal kuliah kamu sudah harus fokus meraih IPK tinggi.

Sebab di semester awal inilah proses memperjuangkan IPK tinggi ditentukan, apakah menjadi lebih mudah atau menjadi lebih susah di semester berikutnya. Jika di semester pertama IPK sudah jeblok dijamin kamu akan ngos-ngosan untuk meraih IPK tinggi.

Sebaliknya, jika di semester ini kamu sudah berhasil meraih IPK tinggi. Maka dijamin di semester berikutnya kamu lebih mudah meraih IPK tinggi tersebut. Jadi, jika ingin lebih santai di semester tua maka berjuang maksimal di semester awal.

2. Memahami Persentase Penilaian

Cara mudah memperoleh IPK tinggi berikutnya adalah mengetahui detail persentase penilaian. Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda, ada yang menitikberatkan pada hasil sidang skripsi ada yang menitikberatkan pada masalah absensi.

Kampus tempat kamu kuliah punya fokus utama penilaian dimana? Usahakan mencari tahu, dan selanjutnya bisa fokus mengejar aspek penilaian dengan persentase terbesar. Sebab akan memberi pengaruh signifikan terhadap hasil IPK di semester akhir.

Mencari tahu masalah persentase penilaian bisa ditanyakan kepada senior bisa juga ditanyakan ke dosen yang kebetulan lumayan dekat. Sehingga bisa belajar lebih fokus dan lebih mudah.

3. Aktif Masuk Kelas

Sebagai mahasiswa calon penerima gelar cum laude dijamin akan menjunjung tinggi kedisiplinan. Sehingga mahasiswa dengan gelar tersebut umumnya selalu rajin masuk kelas, tidak pernah absen. Sekalina absen, dijamin karena ada alasan mendesak dan memaksa kamu untuk meninggalkan kelas.

Selama kamu aktif masuk kelas, meskipun hasil ujian standar maka dijamin bisa membantu meningkatkan nilai IPK. Sebab perlu diakui bahwa yang namanya absensi akan mempengaruhi nilai yang diberikan dosen. Bahkan beberapa dosen juga menilai penampilan mahasiswa.

Dosen kebanyakan lebih mudah memberi nilai bagus kepada mahasiswa yang rajin dan juga yang selalu tampil rapi dan bersih di kelas. Sehingga terlihat menghargai mereka yang sudah lelah menjelaskan materi dan mendampingi mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi.

4. Menjadi Mahasiswa yang Aktif di Kelas

Berikutnya dalam daftar cara mudah memperoleh IPK tinggi agar gelar cum laude bisa diraih adalah menjadi mahasiswa aktif. Maksudnya adalah menjadi mahasiswa yang aktif selama di kelas, seperti aktif bertanya. Mengapa? Sebab dengan aktif di kelas menunjukan keseriusan kamu mengikuti kelas.

Selai bertanya, keaktifan di kelas juga dilihat dari sering tidaknya kamu menjawab pertanyaan dosen. Jadi, kamu perlu berusaha untuk aktif menjawab pertanyaan dosen. Yakni dengan rajin belajar dan fokus selama mengikuti kelas. Hal ini akan membuat kamu mudah diingat dan diberi nilai bagus.

Baca juga : 8 Etika Menghubungi Dosen Yang Sering Diabaikan Mahasiswa

5. Rajin Belajar dan Membaca

Cara berikutnya adalah dengan rajin belajar dan juga rajin membaca yang merupakan bagian penting dari rajin belajar. Rajin belajar membantu kamu memahami materi perkuliahan dengan baik. Lewat cara inilah kamu bisa terbantu untuk aktif di kelas.

Paham materi juga membantu kamu menikmati perkuliahan, sehingga tidak ada istilah kamu takut dengan dosen atau suatu mata kuliah karena susah. Justru dengan belajar, mata kuliah susah menjadi lebih mudah dan bahkan menjadi sangat mudah untuk dikuasai.

Mata kuliah susah jika dihindari maka perlahan malah semakin terasa susah, harapan untuk punya IPK tinggi akan terganjal hal ini. Jadi, ada baiknya berusaha belajar maksimal. Manfaatkan waktu luang untuk belajar minimal dengan membaca. Perlahan kamu bisa terbias belajar dan paham materi kuliah sampai luar kepala.

6. Disiplin Mengerjakan Tugas Kuliah

Jika mencari cara mudah memperoleh IPK tinggi yang mudah dan dijamin anti gagal. Maka kamu wajib mencoba untuk disiplin dalam mengerjakan tugas. Jadi, setiap ada tugas dari dosen pastikan selalu dikerjakan di malam harinya. Sehingga tidak pernah ada kejadian tugas kuliah menumpuk dan terbengkalai.

Meminimalkan waktu untuk bersenang-senang tanpa manfaat, sesekali boleh selama jam belajar tidak terpengaruh. Sebab ketika kuliah kewajiban utama kamu tetap sama saat menjadi pelajar, yakni belajar dan belajar. Kalau kamu buru-buru ingin enak-enakan saja dijamin menyesal.

Penyesalan ini muncul saat skripsi tidak segera selesai karena terbiasa santai. Penyesalan mendalam kemudian muncul saat nilai IPK keluar, dimana nilainya mengecewakan. Oleh sebab itu usahakan untuk fokus kuliah sebaik mungkin, karena tidak semua orang bisa dengan mudah kuliah.

Selain itu, kuliah menuntut kamu untuk belajar. Jadi jangan memperbanyak waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Masa tersebut ada masanya sendiri, baik saat musim liburan tiba maupun saat kamu sudah mandiri dan bekerja sendiri (berpenghasilan sendiri).

7. Memilih Teman Kuliah yang Berdampak Positif

Cara berikutnya yang sebaiknya mulai kamu perhatikan dan terapkan adalah selektif dalam memilih teman. Lingkaran pertemanan memberi pengaruh signifikan pada bagaimana kamu menyikapi kuliah dan melewati masa-masa kuliah tersebut. Jika berteman dengan mereka yang abai terhadap IPK maka kamu akan ikut-ikutan.

Sebaliknya, jika teman-teman kamu adalah pejuang IPK tinggi dan gelar cum laude dijamin kamu juga akan ikut terpengaruh. Berhubung masa kuliah ini akan terjadi sekali dan tidak bisa diulang, maka pilih teman yang tepat. Supaya saat kuliah berakhir kamu mendapat hasil memuaskan, berupa IPK tinggi dan gelar cum laude tadi.

Cara memilih teman pun sebenarnya mudah, temukan teman yang ketika di kelas selalu aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Mereka adalah tipikal mahasiswa rajin dan paham cara mudah memperoleh IPK tinggi sejak dini. Kamu wajib bergaul dengan mereka agar memiliki semangat serupa.

Selain itu bisa mempertimbangkan teman yang memang terbukti cerdas, misalnya IPK selalu bagus dan pernah atau sedang mengikuti lomba mewakili kampus. Mereka adalah mahasiswa berprestasi yang akan memberi dampak positif terhadap pola belajar kamu.

8. Memahami Karakter Dosen

Berikutnya kamu bisa mencoba memahami atau mengenal karakter dosen di setiap mata kuliah. Maksudnya disini adalah menemukan karakter dosen dalam memberi nilai pada mahasiswanya. Sama seperti kebijakan kampus perihal persentase penilaian.

Dosen seolah memiliki hak prerogatif dalam menentukan nilai yang diberikan kepada setiap mahasiswanya. AKtualnya memang demikian, ada dosen yang bisa mengabaikan nilai ujian dan mengedepankan kedisiplinan mahasiswa masuk kelas. Ada juga yang memilih memberi nilai bagus pada mereka yang selalu rapi di kelas.

Tidak harus tampil dengan baju wah dan mahal, poinnya adalah memakai baju yang sifatnya formal. Seperti memakai kemeja dan sepatu yang memang “pantas” untuk dikenakan saat belajar di perguruan tinggi. Intinya setiap dosen punya metode sendiri dalam memberi nilai.

Kenali karakternya, dan kamu bisa fokus menjadi mahasiswa yang diarahkan dosen tersebut. Nilai bagus pun akan didapatkan dan kemudian membantu memberikan IPK yang tinggi.

Penutup

Meskipun IPK tidak selalu memberi jaminan masa depan yang gemilang pasca lulus dari perguruan tinggi. Namun yang pasti, memperoleh IPK tinggi adalah salah satu bentuk prestasi yang tidak semua mahasiswa bisa meraihnya. Sehingga bisa menjadi jalan tol untuk meraih sejumlah target pasca kamu lulus.

Misalnya saja ingin ikut program beasiswa agar bisa kuliah gratis di Oxford University. Maka dengan bermodalkan IPK tinggi kamu sudah dilabeli sebagai mahasiswa berprestasi. Sehingga kesempatan untuk lolos seleksi lebih mudah. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan besar diterima bekerja di perusahaan besar.

Jadi, jangan ragu dan jangan malas untuk mengaplikasikan berbagai cara mudah memperoleh IPK tinggi yang disampaikan di atas. Supaya kamu bisa merakit masa depan dengan kaki dan tangan sendiri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang