Cara Mereview Buku Yang Baik dan Berkualitas + Contohnya

cara mereview buku
toko buku kuliah

Cara mereview buku menjadi banyak dicari. Apalagi jika review buku ini dalam konteks tugas sekolah. Mungkin di Indonesia mereview sesuatu hal yang kurang begitu popular. Bisa dibilang minat dan kesadaran masyarakat untuk mereview masih kecil. Meskipun demikian, sudah ada perkembangan sekarang ini.

Tahukah kamu jika ternyata di luar negeri mereview buku justru menjadi trend loh. Meskipun di luar negeri kesadaran mereview buku sudah mendarah daging dan sudah hal yang biasa. Nampaknya di Indonesia pun juga tidak jauh berbeda. Dulu surat kabar dan media cetak menjadi tujuan bagi para pereview buku. Karena persaingan yang ketat dan memakan waktu lama, maka geliat melakukan review pun tidak semenarik sekarang.

Semenjak media sosial berseliweran, review buku semakin mengeliat. Banyak orang yang mereview buku lebih bebas dan menarik. Setidaknya tidak perlu melakukan persaingan atau seleksi redaksi agar review buku di surat kabar atau media cetak. Karena bisa di unggah di media sosialnya masing-masing.

Tetapi sebelumnya kita tahu dulu pengertian atau definisi review buku terlebih dahulu yaa..

Pengertian Review Buku

Dari asal katanya, review berasal dari bahasa Inggris yang berarti ulasan. Sementara menurut KBBI kata ulasan berarti : tanggapan, tafsiran dan komentar.

Sehingga review dapat diartikan sebagai tanggapan, tafsiran atau komentar terhadap suatu hal seperti buku, film, gadget dan masih banyak lagi.  Biasanya dalam melakukan review ini disertai dengan penilaian dan membandingkan dengan produk lain yang serupa.

Jadi pengertian review buku adalah tanggapan, tafsiran, penilaian terhadap mutu/kualitas/isi dari sebuah buku dengan menekankan pada penilaian secara ilmiah dan argumentasinya.

Pengertian lain : review buku adalah kegiatan mengupas, mengevaluasi, mempertimbangkan, mengkritik, membedah substansi sampai memberikan komentar kepada sebuah buku.

Baca juga : Apa Itu Resensi Buku? Arti, Tujuan dan Cara Menulisnya

Cara Membuat Review Buku

Membuat review buku tidak sulit-sulit amat, kunci terpentingnya ada pada kemampuan kita untuk memahami isi bacaan yang kemudian kita ringkas dan kita tuangkan kedalam bentuk tulisan.

Lalu bagaimana jadinya jika belum pernah melakukan satu kali pun?  Tenang, karena pada kesempatan kali ini akan kita bedah caranya sampai kalian benar-benar paham dan mengerti bagaimana caranya untuk meresensi buku. Di akhir tulisan ini juga akan diberikan contoh review bukunya, sehingga bisa menjadi inspirasi kalian

1. Menuliskan Identitas Buku

Cara mereview buku yang pertama dan yang paling pokok, tentu saja mengawali dengan menuliskan identitas buku. Namannya juga review, melakukan identifikasi buku itu penting. Identitas dapat diartikan sebagai ciri-ciri atau keadaan khusus yang melekat pada sesuatu. Jadi pengertian identitas buku adalah ciri-ciri atau keadaan khusus yang melekat pada sebuah buku.

Tujuannya jelas, agar pembaca tahu buku tersebut menuliskan dan menyampaikan tentang tema apa. Memang secara garis besar, tetapi ini cara yang paling ampuh dan menjawab semua pertanyaan pembaca.

Identitas buku yang perlu ditulis pada saat mereview buku antara lain :

  • Nama Penulis
  • Tahun Terbit
  • Penerbit
  • Jumlah halaman
  • Harga Buku
  • Tahun Terbit
  • Nomor ISBN
  • Profil Penulis

Kesalahan yang sering terjadi bagi pereview sering menuliskan spoiler plot twist. Padahal hal ini justru harus dihindari. Kenapa? Karena dapat mengurangi rasa ketertarikan pembaca terhadap ulasan da nisi buku. Satu hal yang perlu digaris bawahi juga, rahasia sukses cara mereview buku yang menarik adalah membuat pembaca penasaran dengna isi buku tersebut. sehingga hindari penulisan plot twist.

Cara mereview buku yang penting lainnya, tuliskan sedikit synopsis atau memberikan sekelumit gambaran singkat tentang isi buku. Tentu saja di sini butuh keterampilan buat kamu untuk menuliskan dan menuangkan yang menarik.

2. Baca Daftar Isi & Sinopsis

Sebelum membaca secara keseluruhan, kamu bisa memulainya dengan membaca daftar isi sekaligus sinopsisnya, dengan tujuan kamu memiliki gambaran yang luas terkait dengan isi dari buku tersebut.

3. Baca Bukunya

Selanjutnya kamu harus baca bukunya secara keseluruhan, kalau kamu dituntut untuk cepat kamu bisa membacanya secara cepat dan beri tanda bagian-bagian terpenting dari buku tersebut.

4. Ungkapkan Apa Yang Kamu Sukai Dari Isi Buku

Cara mereview buku yang kelihatan sepele, tapi sebenarnya penting. Yap, betul sekali. Kamu cukup mengungkapkan apa yang kamu sukai dari isi buku yang kamu tuliskan. Jadi, dengan cara menuangkan apa yang kamu rasakan saat membaca buku tersebut, akan memberikan ruh dan rasa berbeda bagi pembaca.

Setidaknya review tersebut benar-benar ditulis berdasarkan hati. Bukan berdasarkan ilmu kira-kira. Jadi, saat mereview buku, pastikan kamu membaca secara keseluruhan isi buku. Karena banyak juga yang mereview buku hanya karena membaca bagian sinopsinya saja. Sampai di sini, barangkali kamu masih merasa kesulitan bagaimana cara mereview buku?

Tenang, karena ada beberapa trik agar kamu tidak mengalami kesulitan dalam mereview buku. Salah satunya dengan mengajukan pertanyaan. Nah, ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab guna memperlancar dalam mereview. Misalnya, Bagian mana atau bab berapa yang paling kamu senangi? Dan apa alasannya? Kamu bisa tuliskan dan ceritakan, maka kamu pun sudah membuat sebagian kecil review buku.

Adapun pertanyaan lain yang mungkin bisa membantu kamu menguasai cara mereview buku. Misalnya, berikan alasan tokoh yang paling kamu senangi, Pesan moral yang ingin disampaikan penulis dan yang kamu tangkap apa, barulah kamu bisa menentukan judul apa yang bisa kamu tuliskan untuk review buku kamu.

5. Sampaikan Teknik Penulis Dalam Menuliskan Buku (Gaya Bahasa, Alur)

Cara mereview buku secara mudah, kamu bisa menuliskan atau menyinggung teknik penulisan dalam menulis buku. Sebenarnya tidak hanya itu saja, kamu pun juga bisa menjelaskan dan mengungkapkan tentang setting yang digunakan oleh penulis. Jika yang kamu review adalah buku novel, maka tidak ada salahnya jika kamu juga menyinggung tentang karakter tokoh. Ingat prinsip review adalah buat pembaca penasaran isi bukunya.

Jika buku yang direview adalah buku motivasi atau buku bacaan, kamu pun bisa menjelaskan daya tarik yang kamu dapatkan atau ilmu baru yang kamu dapatkan dari buku tersebut. Memang sedikit berbeda antara mereview buku novel dan non novel. Prinsipnya adalah, tonjolkan hal menarik dari masing-masing buku yang direview.

Baca juga : Cara Merangkum Buku Secara Cepat dan Efektif

6. Beri Penilaian

Cara mereview buku baik buku fiksi dan buku non fiksi yang baik adalah menunjukan peruntukan segmentasi pembaca. Maksudnya adalah, buku yang kamu review diperuntukan untuk kalangan mahasiswa saja, pelajar saja, atau untuk umum. Segmentasi pembaca ini penting disebutkan, karena akan menentukan dan membantu pembaca tahu klasifikasi dan peruntukannya.

Selain itu beri juga penilaian, kamu bisa menggunakan rentang 1 – 5 atau 1 – 10 untuk memberikan penilaian.

Bagaimana jika tidak ada rekomendasi segmentasinya? Maka boleh saja tidak dituliskan. Sebenarnya di sini juga tergantung dari penangkapan kamu dalam membaca. Atau biasannya ada kategorisasi yang diperuntukan di bagian depan buku atau dibagian belakang. Jadi cara ini bisa kamu pilih jika kesulitan menentukan segmentasi pembaca.

7. Membuat Kesimpulan

Cara mereview buku yang bisa menjadi gong adalah menuangkan kesimpulan pribadi kamu. Jadi kesimpulan akhir yang kamu temukan setelah membaca buku bisa kamu tuangkan. Karena kesimpulan subjektif dari kamu akan membantu kamu menentukan akhir dari riview.

Pertanyaannya adalah, apakah review harus jujur? Atau diada-adakan?
Tentu saja review harus jujur. Apa yang kamu rasakan, itulah yang harus kamu tuliskan. JIka kamu merasa sedih, senang, tegang, antusias maka itulah yang harus kamu tuliskan. Karena kesimpulan subjektif dari kamu, akan menentukan pembaca di luar sana. Jika perlu, kamu juga bisa mengikuti gaya aplikasi jaman sekarang yang memberikan penilaian bintang. Dan penialian bintang ini sebagai gambaran pembaca di luar sana.

Contoh Review Buku

Semoga beberapa cara mereview buku di atas bermanfaat dan membukakan wawasan kamu. Selamat mencoba menulis review bukunya !

1. Contoh 1 (Review Buku Metode dalam Pengembalian Keputusan)

Halaman 1,2

cara dan contoh review buku

Halaman 2,3

cara mereview buku

Pondok Djawara Deepublish

2. Contoh Review Buku 2

review-buku pengolahan kopi2

Demikian artikel tentang cara mereview buku dan contohnya, semoga dapat bermanfaat serta menginspirasi kalian semua ya. Terimakasih.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang