Cara Menyusun Proposal Skripsi yang Baik dan Benar

cara-menyusun-proposal-skripsi
toko buku kuliah

Cara Menyusun Proposal Skripsi – Siapa nih mahasiswa akhir? Wah, pastinya kamu sedang disibukkan dengan pembuatan skripsi, ya. Saat mengerjakan skripsi, kamu akan melewati beberapa tahapan seperti menyusun judul, menulis setiap bab skripsi, menyusun proposal skripsi, sampai menyusun keseluruhan hasil penelitian skripsi. Nah, kalau kamu sudah mencapai di tahapan mana sekarang?

Menyusun proposal skripsi merupakan tahapan harus kamu lalui nanti, Proposal skripsi dibutuhkan saat kamu akan seminar proposal (sempo). proposal skripsi ini berisi bab 1, bab 2, dan bab 3 loh.

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

Apabila kamu lulu seminar proposal, maka kamu bisa melanjutkan penelitian skripsi sampai bab terakhir. Tahapan penyusunan proposal skripsi ini terkadang tidak mudah. Apakah kamu juga termasuk mahasiswa yang masih bingung?

Agar kamu semakin paham dan mudah menyusun proposal skripsi, inilah 7 cara yang perlu dilakukan. Apa saja caranya? Simak saja di bawah ini, ya.

Sebelum membahas cara menyusun proposal skripsi, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu pengertian dan struktur penulisan proposal skripsi. Sehingga kamu punya gambaran yang jelas mengenai apa itu proposal skripsi. Selain itu, harapannya penjelasan ini memudahkanmu untuk menulis proposal skripsi nanti.

cara-menyusun-proposal-skripsi-agar-diterima-dosen

Pengertian Proposal Skripsi

Jadi, proposal skripsi adalah terdiri dari dua kata yakni proposal dan skripsi. Proposal menurut bahasa Inggris adalah mengajukan atau dapat pula diartikan permohonan.

Sementara itu skripsi adalah tugas akhir yang harus diselesaikan agar mahasiswa mendapatkan gelar sarjana.

Maka proposal skripsi adalah draft yang berisi bab 1 sampai 3 skripsi, disusun secara terstruktur dan dijadikan permohonan untuk melanjutkan penelitian skripsi sampai akhir.

Dinukil dari fst.unair.ac.id, proposal skripsi adalah cetak biru perencanaan skripsi yang mengungkapkan pokok dan metodologi, serta alur pikiran yang digunakan untuk menyusun skripsi.

Proposal skripsi ini diartikan sebagai tahap awal penyelesain skripsi.

Tujuan penulisan proposal skripsi:

melatih kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan permasalahan dan pokok pikiran yang dipakai untuk melakukan penelitian ilmiah (skripsi). sehingga mahasiswa mampu merumuskan pemecahan masalah yang ditelitinya.

Saat menulis proposal skripsi, kamu harus menggunakan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Argumen yang disusun pun harus runtut dan masuk akal. Sehingga kamu bisa menyakinkan dosen penguji bahwa rancangan penelitian skripsi buatanmu memang penting.

Secara tidak langsung, dapat dikatakan proposal skripsi menyajikan masalah yang akan diteliti. Kamu harus membuktikan bahwa objek penelitian memang dibutuhkan. Selain itu kamu harus memberikan alasan logis dan metodologi yang jelas. Semua itu dilakukan agar kamu bisa mempersuasi dosen penguji kalau penelitianmu memang punya urgensi.

Nah, sama seperti karya tulis ilmiah lainnya, proposal skripsi memiliki struktur dan ketentuan penulisannya tersendiri. Ketika menulis proposal skripsi, kamu harus mengikuti ketentuan tersebut, Jadi kamu tidak boleh menulis secara sembarangan. Apalagi kamu sampai mengabaikan ketentuan yang ada. Bisa-bisa kamu malah tidak lulus seminar proposal loh.

Baca juga : Perbedaan Makalah dan Proposal: Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Struktur Proposal Skripsi

Umumnya proposal skripsi memiliki struktur penulisan meliputi:

  1. Nama atau judul proposal
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Bab 1: latar belakang, tujuan, rumusan masalah, manfaat penelitian, atau biasanya ada juga batasan masalah
  5. Bab 2: kajian/landasan teori, penelitian terdahulu, kerangka pemikiran, hipotesis
  6. Bab 3: metode penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data, teknik penentuan sampel dan populasi, teknik analisis data, dan sebagainya
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka

Cara Menyusun Proposal Skripsi Berdasarkan Strukturnya

Lantas bagaimana cara menyusun proposal skripsi? Kamu bisa nih ikuti langkah-langkah berikut ini. Ketika menyusun proposal skripsi, jangan melupakan struktur yang harus ada di dalamnya.

1. Halaman Judul

Halaman pertama yang ada di dalam proposal skripsi: judul. Langkah pertama menyusun proposal skripis adalah membuat halaman judul. Halaman ini paling pertama yang dibaca oleh pembaca.

Sehingga kamu harus buat judul semenarik mungkin tanpa mengabaikan substansinya, ya. Biasanya halaman judul memuat judul, nama penulis, nama fakultas, nama perguruan tinggi, logo perguruan tinggi, dan tahun penulisan.

2. Halaman Pendahuluan: Kata Pengantar, Daftar Isi, dan lainnya

Selanjutnya kamu menulis halaman pendahuluan yang isinya kata pengantar, daftar isi, atau daftar tabel. Selengkapnya telah kami bahas di artikel : Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya

Selain kata pengantar dan daftar isi, ada pula tambahan lain seperti halaman persembahan, halaman motto, dan sebagainya. Tapi ini sifatnya tidak wajib ada.

Baca juga : 38 Contoh Motto Skripsi Penuh Makna Cocok Untuk Mahasiswa

3. Bab 1: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian

Kemudian kamu akan memasuki Bab 1. Di bab ini, bagian pertama yang harus kamu tulis latar belakang. kamu menyampaikan alasan pemilihan topik penelitian. Untuk menyakinkan dosen penguji, kamu harus memaparkan informasi dan data yang menggambarkan urgensi penelitian tersebut. Bisa dibilang, bagian ini sangatlah krusial. Kaau kamu tidak bisa menyusun latak belakang yang menyakinkan, kemungkinan penelitianmu akan ditolak.

Bab 1 tidak hanya berisi latar belakang, ada rumusan masalah juga. Kamu menulis rumusan masalah yang hendak kamu pecahkan melalui penelitian skripsi. Di sini kamu harus mampu membuat proposal skripsi dengan pertimbangan tahap rumusan masalah. Pasalnya setiap variabel dalam skripsi saling berhubungan.

Nah, bagian lain dari Bab 1 adalah tujuan penelitian. Seperti yang kamu tahu, setiap penelitian pasti punya tujuan masing-masing. Sekarang pertanyaannya, apa tujuan penelitian skripsimu?

Untuk membuat tujuan penelitian, kamu harus memikirkannya secara rasional dan persuasif. Selain itu tidak melenceng dari rumusan masalah. Pada dasarnya tujuan penelitian untuk menjawab rumusan masalah.

Bab 1 berisi pula manfaat penelitian. Di sini kamu menjelaskan manfaat apa saja yang didapatkan oleh pembaca, pemerintah, perguruan tinggi, atau pihak lain. Jadi kamu harus bisa memperkirakan manfaat apa yang diperoleh dari penelitian ini.

4. Bab 2: Landasan Teori, Penelitian Terdahulu, Kerangka Berpikir, Hipotesis

Kemudian beralih ke Bab 2, ada landasan atau kajian teori. Pada bab ini, kamu akan menulis tentang teori yang dipakai sebagai alat analisis. Kamu harus menjelaskan teori yang dipakai. tanpa teori, kamu tidak bisa mempertanggungjawabkan penelitian yang dilakukan karena tidak ada landasan ilmiahnya.

Baca juga : Instrumen Penelitian : Pengertian, Jenis dan Cara Menyusun

Selain landasan teori, bagian lainnya dari Bab 2 adala penelitian terdahulu. Bagian ini lumrahnya ditemukan dalam penelitian kualitatif. Jadi kamu mengumpulkan penelitian terdahulu yang serupa dengan penelitian skripsimu. Sebagai bahan perbandingan, sehingga kamu tahu apa perbedaan penelitian dengan penelitian sebelumnya. Hal unik apa yang pembeda.

Selanjutnya ada kerangka pemikiran dan hipotesis (dugaan awal). Kerangka pemikiran berisi bagaimana runtutan cara berpikir yang digunakan dalam penelitian ini. Sementara itu hipotesis merupakan dugaan awal yang kamu rumuskan dari penelitian.

5. Bab 3: Metode Penelitian, Teknik Penentuan Sampel dan Populasi, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data

Bab 3 fokus membahas tentang metodologi. Kamu harus menulis metode penelitian secara jelas dan rinci. Semakin jelas kamu menerangkan metode yang digunakan, semakin mudah orang lain untuk menggambarkan rancangan penelitian.

Pada bagian ini, kamu diminta untuk menjelaskan bagaimana kamu menentukan sampel dan populasi. Selain itu, bagaimana caranya kamu mengumpulkan data serta mengolahnya. Semua itu harus dijelaskan dengan detail. Untuk menyusun bab ini, kamu harus belajar soal metode penelitian. Soalnya metode penelitian beragam jenisnya.

Pondok Djawara Deepublish

6. Kesimpulan

Usai menyusun Bab 1-3, bagian penutup adalah kesimpulan. Dari semua yang kamu tulisan dari Bab 1-3, sebenarnya apa yang bisa disimpulkan dari rancangan penelitian tersebut? Kamu bisa menyisipkan kalimat persuasif di bagian ini kalau penelitian skripsimu memang patut diselesaikan.

7. Daftar Pustaka

Bagian terakhir yang harus ada: Daftar Pustaka. bagian ini memuat semua sumber informasi dan data yang kamu jadikan referensi. Apabila tidak ada Daftar Pustaka, kamu dianggap menulis penelitian tanpa dasar kuat. Artinya, tidak didukung data ilmiah dan bersifat asumtif belaka. Untuk itu pentingnya menulis Daftar Pustaka secara lengkap.

Itu dia cara menyusun proposal skripsi, selamat mencoba, dan tak lupa, setelah proposal kamu diterima, maka langkah selanjutnya adalah ujian atau biasa kita kenal dengan seminar proposal. Deepublish juga telah menyiapkan tipsnya nih, silahkan baca 7 Tips Menghadapi Seminar Proposal. Semoga sukses yaaa, semangatt. (Ana W, Ridwan K)

Contoh Proposal Skripsi

Untuk masalah contoh proposal skripsi sendiri karena beda kampus dan beda jurusan pun sudah berbeda terkait dengan aturan dan isi yang harus ada, lebih baik bisa ditanyakan langsung kepada jurusan/departemen atau mungkin kepada kakak tinggkat yang sudah melaksanakan seminar proposal.

Oh iya, pastikan kamu mencari proposal skripsi yang sesuai dengan tema penelitian yang ingin kamu jadikan skripsi ya. Hal ini membuat penyusunan proposal lebih terarah dan juga lebih matang lagi (minim kesalahan). Sekalian juga lihat skripsi yang mirip dengan judulmu supaya bisa membandingkan perbedaan proposal skripsi dan skripsi asli.

Baca juga :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang