fbpx
Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Intip 7 Cara Menjadi Reseller Online Tanpa Gagal

cara menjadi reseller online

Cara menjadi reseller online sekarang sangat mudah. Jika kamu merasa tidak tahu caranya, cukup bermodal googling, maka akan banyak ditemukan tips dan trik yang bisa kamu coba. Bahkan tim pencari google akan dengan cepat menemukan cara dan langkah menjadi reseller online yang Handal agar tidak gagal. 

Alasan kenapa kamu wajib mempelajari cara menjadi reseller online karena semua orang bisa menjadi reseller. Sekarang cukup bermodal kemauan, smartphone dan koneksi internet, kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan. Kamu juga sudah bisa menjual produk dan mendapatkan keuntungan. 

Apalagi jika melihat saat ini banyak supplier yang mencari reseller. Meskipun demikian, kamu dituntut untuk aktif dan selektif memilih supplier. Bagaimanapun juga, tidak semua supplier amanah dan memberikan keuntungan buat kamu. Jadi, kamu tetap harus jeli,cermat dalam memilih dan menyeleksi supplier agar kamu mendapatkan hak sebagai supplier.

Intip 7 Cara Menjadi Reseller Online Tanpa Gagal

Terlepas dari itu semua, ada beberapa cara menjadi reseller online yang perlu kamu kuasai dan kamu pahami. Penasaran bukan apa saja dan seperti apa? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini. 

1. Menentukan Produk

Cara menjadi reseller online yang pertama adalah menentukan produk. Meskipun kamu sebagai reseller, juga penting loh menentukan produk. Jadi tidak hanya produsen yang menentukan produk, tetapi reseller pun juga demikian. Karena reseller sebenarnya sebagai tim marketingnya supplier, maka pastikan produk yang kamu pulih adalah produk yang kamu sukai, minimal kamu mengetahui baik tentang produk tersebut. 

Contoh sederhana, jika kamu senang dan hobi dengan tata rias, maka kamu lebih cocok menjadi reseller kosmetika. Sebaliknya, jika kamu passion dan suka dunia literasi, makna buku adalah salah satu produk yang pas dan cocok buat kamu. Apalagi sekarang banyak sekali supplier dari berbagai produk yang mencari reseller. Jadi bukan alasan kamu asal pilih produk, pastikan yang sesuai dengan pengetahuan dan kesenangan yang kamu sukai. 

Penting loh menjalani sebuah usaha yang sesuai dengan kesenangan. Ketika senang, paling tidak kamu menjalani dengan happy dan terasa menyenangkan. Sebaliknya, jika tidak sesuai hobi, akan terasa berat, tekanan masih banyak lagi tentu saja. 

2. Jeli Melihat Pesaing 

Cara menjadi reseller online yang sering terlupakan oleh reseller adalah, tidak melihat pesaing. Padahal pesiang salah satu penentu dagangan kita akan lancar jaya atau jalan ditempat, atau mungkin malah terkesan jalan mundur perlahan. Tidak dapat dipungkiri jika pesaing bisa sangat mengganggu laju dengan kita. 

Pesaing memang jangan anggap sebagai penghalang, tetapi anggap sebagai tantangan. Jika kita menganggap pesaing sebagai halangan, kita relative akan berhenti ditempat tanpa melakukan tindakan upaya apa-apa. Sebaliknya, jika menganggap pesaing sebagai tantangan, kita relative akan bergerak dan mencari solusi agar kita tetap berjalan. 

Saat membicarakan pesiang, hal yang paling penting bagi adalah mempelajari sistem atau pola pemasaran yang mereka lakukan. Setelah itu, kita bisa menganalisa dan kita pun juga perlu melakukan trik pemasaran dengan cara yang berbeda dari pesaing kita. 

Baca juga : Perbedaan Dropship Dan Reseller | Sekilas Mirip Tapi Beda

3. Jeli Memilih Supplier

Sebagai reseller online, sudah hal pasti jika ada cara menjadi reseller online cerdas. Karena semua dilakukan lewat jalur online, sebagai calon reseller harus jeli melihat peluang. Karena tidak semua supplier itu amanah dan dapat dipercaya loh. 

Maka dari itu, kamu pun harus jeli memilih supplier. Karena secara online, tentu saja akan ada banyak supplier yang memberikan berbagai macam penawaran. Nah, kamu harus pandai menghitung-hitung sekaligus pandai membandingkan. Misalnya membandingkan tentang harga yang ditawarkan, kualitas produk dan masih banyak lagi. 

4. Menentukan Harga 

Selama ini kita sudah sering menjadi seorang konsumen dan menjadi raja bagi mereka yang menjalankan usaha jual beli. Sebagai pembeli, tentu saja kita akan lebih senang dengan produk yang memiliki harga bersahabat dengan kita. Selain harga bersahabat, kualitas juga harus baik. 

Nah, jika kini kamu sudah di posisi sebagai reseller, maka kamu tidak lagi di posisi sebagai konsumen. Kamulah yang harus menentukan harga jual dari produk yang kamu jual. Tentu saja harga jual juga perlu memperhatikan untung yang akan kamu dapatkan. Jangan menjual produk dengan harga yang sama dari harga supplier. 

Harga jual bisa ditambahkan dengan keuntungan yang kamu inginkan di tambah biaya transportasi atau pengiriman dari kamu ambil produk ke supplier. Jadi ada beberapa yang diperhitungkan. Agar kamu tidak rugi. Karena itulah rahasia cara menjadi reseller online yang memberikan keuntungan bagi penjual.

Baca juga : Tips Jualan: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram

5. Lakukan Branding

Buat kamu yang masih pemula, mungkin masih asing dengan branding. Branding adalah upaya untuk membuat reputasi baik terhadap produk yang akan kamu jual. Misalnya produk tersebut awet, kualitas terbaik dan masih banyak lagi. Sisi keunggulan inilah yang perlu ditonjolkan. 

Branding tidak melulu soal kualitas produk barang/jasa saja. Tetapi secara visual juga perlu ditonjolkan. Tentu saja keterampilan memotret atau keterampilan memvideo sangat dibutuhkan. Visual yang menarik dan artistic tentu akan lebih menarik perhatian daripada yang menggunakan foto yang biasa-biasa saja. 

Baca juga : Panduan Reseller #2 : Bagaimana Memilih Nama Brand Toko Yang Baik?

6. Menentukan Teknik Pemasaran

Umumnya teknik pemasaran tidak mudah dibagikan kepada orang lain, karena sifatnya untuk kepentingan perusahaan. Itu sebabnya setiap masing-masing orang memiliki formula dan rahasia pemasaran. Tentu saja, semua itu tidak mudah diberikan ke sembarang orang. 

Lantas, bagaimana cara menentukan teknik pemasaran? Sebenarnya kamu bisa mencari tahu ilmu tentang pemasaran. Kelihatan pemasaran dan teknik ini kurang berperan penting. Realitanya ilmu ini sangat fundamental dan penting. Wajar saja jika sampai ada cabang ilmu pemasaran yang khusus mendalami cabang ilmu satu ini.

7. Membuat Promosi 

Cara menjadi reseller online juga dapat dilakukan. Strategi menjalankan promosi juga dapat dilakukan berbagai cara. Misalnya membuat promo diskon besar-besaran. Bisa juga memberikan giveaway bagi pelanggan setia, atau bagi pelanggan yang belanja dalam jumlah tertentu. 

Jadi sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Jadi promosi tidak selalu membayar iklan di televisi, radio ataupun di surat kabar. tetapi lewat program atau diskon juga salah satu promosi. Coba perhatikan, jika kamu melihat promo potongan harga untuk makanan, itu salah satu juga cara menarik perhatian calon konsumen. 

Sebenarnya ada banyak sekali cara menjadi reseller buku online yang bisa kamu coba atau kamu gali lebih dalam. Kamu juga bisa belajar tentang ilmu marketing, untuk mendukung dalam mengembangkan usaha reseller kamu dengan cara unik dan berbeda tentu saja. 

Apalagi sekarang banyak artikel yang mengulas tentang cara menjadi reseller online dengan mudah. Bahkan, tidak memiliki modal pun, tetap bisa menjalankan usaha reseller ini. Misalnya menjadi reseller buku di Deepublish. Di sana kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih menguntungkan tentu saja.

Kontributor : (Irukawa Elisa)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller