VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

4 Cara Meningkatkan Minat Baca Untuk Mahasiswa

meningkatkan minat baca mahasiswa
toko buku kuliah

Cara Meningkatkan Minat Baca Untuk Mahasiswa – Minat baca di Indonesia masih dibilang rendah. Jika dibandingkan dengan Negara-negara lain, minat baca di Indonesia urutan ke dua dari bawah. Namun jika dilihata dari pertumbuhan pertahunnya, minat baca di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan masih ada harapan minat baca semakin baik lagi dari tahun ketahun.

Permasalahannya adalah, bagaimana cara meningkatkan minat baca mahasiswa, anak-anak dan masyarakat umum lebih banyak lagi? Tentu saja ini semua tidak hanya dilakukan oleh satu, dua orang peduli literasi saja. Tetapi peran aktif kita semua juga harus bersama-sama membiasakan diri pada saudara-saudara kita. Prinsipnya dimulai dari diri sendiri.

4 Cara Meningkatkan Minat Baca Untuk Mahasiswa

1. Ubah Mindset

Cara meningkatkan minat baca mahasiswa yang pertama adalah ubah mindset. Saat membaca, apa sih yang kamu pikirkan? Masih adakah yang berfikiran dan beranggapan bahwa membaca itu sesuatu yang membosankan, dank arena keterpaksaan karena tugas kampus?

Jika masih berfikiran seperti itu, maka langkah utama adalah ubah mindset tersebut. Anggap bahwa membaca itu hal yang menyenangkan. Menyenangkan karena kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, wawasan baru dan pastinya menjadikan kemapuan berfikir kita menjadi lebih kritis dan analitis.

Memang mengubah cara berfikir itu tidaklah mudah. Namun, cara ini cara yang paling ampuh loh. Dengan perubahan cara berpikir, setidaknya mampu meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca. Bisa saya bilang, membaca buku itu seperti kita menginvestasikan waktu dan pikiran. DImana apa yang kita investasikan baru bisa di rasakan setelah beberapa bulan dan beberapa tahun kemudian.

Baca juga : 10 Manfaat Membaca Buku Yang Belum Diketahui Banyak Orang

2. Ciptakan Rasa Senang Dalam Diri

Setelah cara meningkatkan minat baca mahasiswa yang pertama sukses, maka langkah selanjutnya kamu akan mudah dalam menciptakan rasa senang dalam diri. Setidaknya rasa senang dari dalam diri inilah modal utama yang paling penting. Tetapi paling tidak diperhatikan.

Diawali dari rasa senang, palint tidak akan membantu kamu lebih bisa menikmati apa yang akan kamu baca nantinya. Bahkan, buku yang kamu baca sekalipun tidak menarik, jika sudah mencoba kamu pahami dan kamu pelajari, kamu pun juga akan bisa merasakan hal menarik dan kesenangan di dalamnya .

Rasa senang adalah modal awal untuk bisa konsisten menyukai hal-hal yang sebelumnya belum kita kenal. Dengan rasa senang dan cinta, serumit apapun tugas dan buku yang kamu baca, kamu pun tetap bisa menikmatinya dan bertahan menyelesaikan, memahami isi buku sampai selesai.

3. Kurangi Bermain Media Sosial Saat Belajar

Cara meningkatkan minat baca mahasiswa yang paling sering menganggu dalam membaca adalah media sosial dan teknologi. Sudah rahasia umum dan menjadi masalah bersama bahwa kemajuan teknologi dan gaya hidup yang berpaku pada media sosial menjadi sumber malas dan mengurangi daya tarik membaca buku.

Banyak mahasiswa membaca artikel di internet atau membaca status teman-temannya dibandingkan membaca buku. Memang kesemuanya masih membaca. Tetapi dari sumber bacaannya itulah yang menjadi keprihatinan. Karena apa yang mereka baca hanya permukaannya saja, tidak membaca secara analitis dan menyeluruhnya.

Berbeda dengan membaca buku, yang di tulis benar-benar menyeluruh tidak seperti yang tersebar di internet dan media sosial. Maka dari itu, cara meningkatkan minat baca mahasiswa yang paling efektif adalah dengan mengurangi bermain media soal saat belajar.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menonaktifkan selama kamu membaca dan belajar selama satu atau dua jam. Maksimalkan waktu yang hanya 1-2 jam tersebut untuk menyelesaikan semua tugas atau membaca atau belajar. Setelah semua selesai, baru diperbolehkan menyalakan media sosial.

4. Fokus

Cara meningkatkan minat baca mahasiswa yang selanjutnya adalah fokus. Fokus sepertinya cara mudah. Namun pada realitanya bisa fokus pada satu hal itu butuh latihan berulang-ulang. Hal ini berlaku dalam hal membangkitkan minat membaca juga.

Terutama bagi yang mencoba membiasakan diri membaca dan belajar disiplin membaca. Maka kamu bisa mengawalinya dengan memilih bacaan yang sesuai dengan minat kamu. Jika minat kamu adalah berkebun, tidak ada salahnya mengawali dengan membaca-baca buku perkebunan dan semacamnya.

Jika kamu menyukai dunia fotografi, maka tidak ada salahnya juga membaca buku atau majalah fotogragrafi. Prinsipnya apa yang kamu sukai, itulah yang kamu baca. karena cara ini lebih manjur untuk betah membaca dan manjur pula mendorong hasrat kamu untuk tidak sekedar menjadi pembaca, tetapi juga mencoba untuk mengaplikasikan atau mempraktekan apa yang kamu baca.

Pada dasarnya, cara meningkatkan minat baca mahasiswa memiliki karakteristik dan caranya masing-masing. Tidak semuanya bisa menggunakan cara yang sama. Ingat, prinsipnya bacalah apa yang kamu sukai dan cintailah apa yang kamu baca. karena dengan cara tersebut, kamu baru akan bisa merasakan bagaimana nikmat dari membaca itu sendiri.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara meningkatkan minat baca mahasiswa, selanjutnya bisa baca artikel yang lain :

1. Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi
2. 10 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak
3. 6 Manfaat Membaca Buku Biografi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang