Logo Baru April

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat

Cara Menghafal Dengan Cepat
toko buku kuliah
Bagikan

Cara menghafal dengan cepat tentu sangat dibutuhkan oleh seseorang agar dapat menghafalkan sesuatu dengan mudah dan juga cepat untuk berbagai keperluan misalnya akan menghadapi ujian, melakukan presentasi di kampus, membacakan presentasi dan proposal di dalam dunia pekerjaan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, cara menghafal dengan cepat ini bukan lah hal yang mudah. Ada berbagai cara yang harus dilakukan agar Anda dapat menghafal dengan mudah dan juga cepat. Bagaimana caranya?

Baca juga: 10 Cara Belajar Efektif yang Baik

10 Cara Menghafal dengan Cepat

Untuk mengetahui tips atau cara menghafal dengan cepat, simak beberapa tips yang akan dibahas di artikel di bawah ini secara lengkap.

1. Membaca Berulang atau Pengulangan

Cara menghafal dengan cepat yang pertama adalah membaca secara berulang kali atau melakukan pengulangan saat membaca. Cara ini seringkali dianggap klise pada zaman seperti saat ini karena dinilai membuang waktu dan tidak akan efektif. Tetapi ternyata membaca berulang kali untuk memahami dan menghafal bacaan sangat ampuh.

Ketika Anda membaca berulang kali dengan sungguh-sungguh, maka Anda juga akan menyerap informasi dengan tepat dan bahkan Anda bisa memahami apa saja informasi yang bisa didapatkan sehingga Anda lebih mudah menghafal dan juga memahami isi informasi yang disampaikan di dalam.

Selain itu, mengulang informasi atau membaca secara berulang kali dapat meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek seseorang yang dapat membantu seseorang untuk memiliki daya ingat yang lebih baik lagi.

Promo Skripsian

2. Menulis Informasi atau Catatan Penting 

Cara kedua yang bisa dilakukan agar dapat menerapkan cara menghafal dengan cepat adalah dengan menulis informasi atau catatan penting. Banyak orang yang hanya membaca berulang kali tetapi tidak menulis informasi atau catatan penting yang ia temukan. Akhirnya, ia kehilangan informasi yang seharusnya diingat.

Catatan tersebut bisa berupa kata kunci atau poin-poin penting dari bacaan atau sebuah presentasi yang dirasa penting. Catatan ini bisa ditulis di secarik kertas, aplikasi notes atau catatan pada ponsel, tablet, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu ketika Anda ingin membaca sebuah bacaan dan ingin mengingat informasi di dalamnya, Anda harus menulis ulang atau Anda juga harus menuliskan catatan kecil berisi informasi penting yang dibutuhkan atau perlu untuk Anda ingat. Catatan yang berisi informasi tersebut bisa menjadi andalan untuk hafalan.

Daftar Reseller

Misalnya ketika Anda harus mempresentasikan karya tulis di hadapan dosen atau di hadapan mahasiswa, maka Anda bisa melihat kembali catatan kecil yang berisi informasi yang bisa disampaikan dan bisa diingat kembali, lalu kembangkan dengan informasi apa yang sudah didapatkan.

Dengan demikian, maka Anda akan lebih mudah mengingat informasi dari bacaan yang sudah Anda baca dan bahkan bisa menghafalkan dengan cepat serta membantu mengasah keterampilan atau daya ingat di dalam otak Anda dan juga mengembangkan daya berpikir Anda.

Dalam berbagai penelitian, salah satunya yang telah dilakukan di Washington University, AS, mengingat sesuatu dengan menulis akan membuat seseorang memiliki daya ingat yang lebih baik.

Apalagi jika catatan tersebut dalam bentuk poin dan ditulis dengan berbagai warna yang berbeda, maka akan lebih mudah dihafalkan karena otak akan menyimpan memori tersebut dengan lebih baik.

Baca juga: 9 Rahasia Belajar Cepat Matematika

3. Tidak Mendadak

Sama halnya seperti belajar, menghafal sesuatu tidak bisa dilakukan secara mendadak. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda baru menghafalkan suatu bacaan atau bahan presentasi atau materi satu hari atau satu malam sebelumnya. Hal ini bukannya lebih mudah mengingat sesuatu, tetapi justru akan merusak pikiran kita karena tergesa-gesa.

Jika Anda memiliki waktu yang lebih panjang, gunakan sebaik mungkin dan seefektif mungkin. Hal ini karena membaca dan menghafalkan sesuatu dalam jangka waktu yang panjang akan jauh lebih efektif daripada menghafal dan membaca sesuatu dengan mendadak atau bahkan menggunakan ‘sistem kebut semalam’.

Daftar Open Reseller

Oleh sebab itu, hindari ‘sistem kebut semalam’ tersebut dan usahakan mulai menghafal dengan waktu yang lebih panjang agar hasilnya efektif, ya!

4. Lakukan di Tempat yang Sepi

Selain menggunakan tips membaca dengan baik, cara menghafal dengan cepat adalah dengan mengatur tempat dan juga suasana sekitar kita. Salah satunya adalah dengan membuat lingkungan sekitar kita sepi dan sunyi. Membaca dan menghafalkan sesuatu di tempat yang sepi dirasa lebih efektif untuk menghafal sesuatu dengan cepat.

Mengapa demikian? Ketika suasana atau tempat membaca yang kita tempati sepi, otomatis kita akan lebih berkonsentrasi. Ketika tingkat konsentrasi seseorang baik dan tinggi, apa yang ada di hadapannya akan mudah dipahami, salah satunya yaitu bacaan. Bacaan dan hafalan yang Anda lakukan juga akan lebih cepat masuk ke dalam ingatan dan pikiran.

Sehingga Anda akan lebih mudah menghafal dan memahami isi bacaan yang ingin Anda hafalkan, ketika Anda menghafal dengan membaca atau melakukan teknik hafalan lain di tempat yang sepi, jika dibandingkan dengan menghafal di tempat yang ramai atau di tengah keramaian.

5. Makan yang Berkualitas

Selain dari luar diri Anda sendiri, agar dapat menghafal dengan cepat, Anda juga membutuhkan dukungan dari dalam diri Anda. Hal yang bisa dilakukan dan diupayakan sebagai dorongan di dalam diri adalah dengan membiasakan diri makan makanan yang berkualitas.

Ketika makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang berkualitas dengan kandungan yang dibutuhkan otak, maka upaya Anda menghafalkan sesuatu akan lebih optimal karena makanan yang baik dan berkualitas juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan otak.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan otak, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi makanan yang mengandung MSG dan gula berlebih karena dapat mengganggu konsentrasi dan sistem kerja otak.

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu Anda memaksimalkan fungsi otak dan organ tubuh.

  1. Ikan salmon, mackerel, tuna, dan ikan laut lainnya kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat mempertajam memori dan daya ingat dan juga mengandung asam docosahexaenoic (DHA) yang penting untuk fungsi neuron.
  2. Sayuran berwarna hijau tua, misalnya bayam dan brokoli mengandung sumber vitamin E dan asam folat yang bermanfaat meningkatkan memori otak.
  3. Buah apel mengandung zat yang kaya quercetin dan antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko Alzheimer, apalagi pada kulitnya. Kandungan tersebut dapat meningkatkan memori otak.
  4. Kacang tanah dan selai kacang adalah makanan yang tinggi lemak sehat yang juga mengandung vitamin E yang mencegah kemungkinan hilangnya memori dan berfungsi baik untuk daya ingat yang lebih optimal.
  5. Blueberry mengandung zat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak serta dapat meningkatkan memori otak dan menghentikan perlambatan fungsi motorik dan keseimbangan, sehingga dapat mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat usia.
  6. Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak sehat yang membantu aliran darah lancar sampai ke otak dan mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin E di dalamnya juga menurunkan risiko terkena Alzheimer.

6. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Anda juga harus tidur dan istirahat yang cukup untuk memperbaiki daya ingat Anda. Ketika Anda memiliki jam tidur dan istirahat yang cukup, maka otak akan berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Tidur dan istirahat yang cukup juga membantu menangkal stres dan kelelahan.

Jam tidur tentu saja juga disesuaikan dengan usia, sebagai berikut:

  1. Anak sekolah (6-13 tahun) memiliki jam tidur yaitu 9-11 jam
  2. Remaja (14-17 tahun) memiliki jam tidur yaitu 8-10 jam
  3. Dewasa (18-64 tahun) memiliki jam tidur yaitu 7-9 jam.

7. Hindari Distraksi

Agar dapat menghafal dengan cepat, Anda juga harus menghindari berbagai distraksi. Cobalah menghafalkan sesuatu di tempat yang kondusif dan aman agar tidak mengalami gangguan atau distraksi yang bisa merusak konsentrasi.

8. Membaca dengan Bersuara

Meski cara ini dinilai sangat ketinggalan zaman, membaca dengan keras dan lantang ternyata malah efektif untuk membantu Anda meningkatkan cara menghafal dengan cepat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian pada 2017 lalu bahwa agar lebih cepat menghafal, seseorang harus membacanya dengan keras dan lantang.

Baca juga: 12 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

9. Meminta Teman untuk Menguji Kita

Agar dapat memastikan hafalan yang Anda lakukan tepat, Anda bisa meminta teman, orang tua, atau saudara untuk membuat pertanyaan mengenai bahan bacaan yang sudah Anda baca dan Anda hafalkan dan menguji Anda untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di bahan bacaan tadi.

Dengan demikian, Anda dapat menilai apakah Anda sudah berhasil menghafal bacaan tersebut dengan tepat atau asal membaca saja.

10. Buat Mind Map

Cara menghafal dengan cepat yang terakhir adalah menggunakan mind map. Metode ini memerlukan kemampuan otak kanan yang melibatkan imajinasi, kreativitas, dan juga berhubungan dengan otak bawah sadar sehingga Anda mudah mengingat sesuatu.

Cara yang perlu dilakukan adalah mudah. Anda bisa menyiapkan kertas untuk melakukan corat-coret dan buat mind mapping dengan menulis topik utama di bagian tengah dan kembangkan dengan berbagai subtopik dari turunannya. Jangan lupa gunakan kata atau frase yang mudah diingat pada setiap subtopik yang Anda buat.

Jika perlu, tambahkan ilustrasi menggunakan bolpoin atau spidol berwarna agar Anda lebih mudah memahami dan menghafalkan bacaan tersebut.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :