fbpx
flash sale toko buku deepublish

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Paling Mudah

cara mengecilkan ukuran file pdf
toko buku kuliah

5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Paling Mudah – Saat mengerjakan tugas skripsi dan makalah, pastinya kamu akan mencari sumber referensi. Pastinya saat mencari referensi, akan lebih sering menemukan file dalam bentuk pdf dibandingkan dalam bentuk word.

Saat laporan karya kita selesai, kita pun juga dituntut untuk mengubah laporan tulisan kamu di pindah dalam bentuk pdf. Setelah dipindah dalam bentuk PDF, tidak jarang file PDF kamu memiliki resolusi ukuran yang terlalu besar. Padahal file PDF tersebut harus di kirim lewat email atau website, yang memiliki ketentuan ukuran.

Sudah sampai tahap ini, ternyata banyak loh yang tidak tahu bagaimana sih cara mengecilkan file pdf? Nah, buat kamu yang sedang binggung tidak tahu bagaimana carannya.

5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Paling Mudah

Ulasan berikut semoga memberikan jawaban buat kamu. Langsung saja ke materi isi cara mengecilkan file pdf di bawah berikut.

1. Cara Kompress File PDF Secara Online

small pdf - cara mengecilkan ukuran pdf

Tidak dapat dipungkiri, mengecilkan file pdf sangat membantu. Terutama untuk keperluan pengiriman file di email, untuk di upload di website, atau sekedar untuk mempengaruhi proses loading kecepatan. Tentu saja semakin besar file pdf, semakin lemot juga. Itu sebabnya perlu dikecilkan.

Nah cara mengecilkan file pdf secara online yang pertama dengan cara online. Tentu saja cara ini sangat membutuhkan koneksi internet. Sebenarnya ada banyak sekali situs yang menawarkan konversi file pdf secara online. salah satunya menggunakan smallpdf.

Compress PDF dengan SMALLPDF

Kamu cukup kunjungi halaman http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf terlebih dahulu. Di sana kamu akan disuguhkan berbagai macam pilihan konversi. Ada yang dari word di pindah ke pdf, pdf-word, dsb. Sampai ada juga yang mengecilkan file pdf itu sendiri.

Pastikan kamu klik salah satu pilihan yang kamu inginkan. Barulah kamu memasukan file yang ingin kamu ubah. Cara memasukan file ada beberapa cara, ada dengan cara drag & drop, bisa juga dengan menekan tombol di sana dan mencari file yang kamu inginkan.

Setelah itu tunggu beberapa saat, sampai file terupload sampai selesai. Setelah proses upload 100% kamu hanya tinggal tekan “unduh file sekarang” maka file pdf kamu pun bisa kamu gunakan. Karena ini dilakukan secara online, kuncinya jelas, pastikan koneksi stabil dan lancar. Maka semuanya cepat teratasi.

Mengecilkan PDF dengan Ilovepdf.com

cara mengecilkan pdf dengan i love pdf

a. Kunjungi laman : https://www.ilovepdf.com/compress_pdf

b. Select PDF file (pilih pdf yang akan di kompres), kemudian klik open.

c. Klik Compress

d. Tunggu sampai proses selesai.

e. Download dengan klik download compressed pdf.

Daftar Situs Online untuk Mengecilkan File PDF

a. www.pdf2go.com
b. www.sodapdf.com
c. www.pdfcandy.com
d. shrinkpdf.com
e. freepdfconvert.com
f. cleverpdf.com

2. Cara Mengecilkan Ukuran File Pdf Dengan Adobe Acrobat XI Pro

adobe acrobat pdf untuk mengompress pdf

Buat kamu yang terbiasa menggunakan adobe acrobat, ternyata juga bisa loh mengecilkan file pdf. carannya pun mudah, pastinya bisa menggunakan adobe acrobat XI pro.

  1. Masuk dan jalankan adobe acrobat XI Pro
  2. Klik dan pilih menu file
  3. Pilih save as other  kemudian pilih reduced size pdf
  4. Kamu pun akan masuk ke make compatible with : retain Existing
  5. Setelah itu kamu tekan “oke”
  6. Langkah terakhir, pastikan untuk menyimpan ulang dengan nama yang baru.

Jika kamu tidak menguasai adobe acrobat, kamu pun bisa menggunakan cara lain kok. Karena untuk mengecilkan file pdf ada banyak cara. Salah satunya bisa menggunakan orpalis pdf reducer free.

Baca juga : Cara Mereview Buku Yang Baik dan Berkualitas

3. Cara Mengkompres File PDF Menggunakan Orpalis PDF Reducer Free

mengecilkan ukuran file pdf denagn orpalis

Pernah tidak kamu mendengar orpalis pdf reducer free? Memang tidak banyak yang tahu ini. sebenarnya orpalis pdf reducer free ini adalah software. Tenang, karena software ini gratis, dan bisa kamu gunakan tanpa harus membeli kok. Caranya pun tentu saja berbeda dari smallpdf. Penasaran bukan?

  1. Pastikan kamu masuk ke www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ dan kamu bisa download terlebih dahulu.
  2. Setelah terpasang, kamu bisa masuk ke software tersebut, dan masuk ke options
  3. Kemudian pilih tab general di input mode
  4. Barulah tekan file selection
  5. Klik apply, nah di sinilah kita dituntut untuk mencari file PDF yang ingin di ubah ukuran filenya. Setelah ketemua file yang dicari
  6. Tekan “start batch”

Masih belum paham menggunakan software orpalis? Bagiamana jika menggunakan software free pdf compressor? Pernah mendengarnya?

4. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Compressor

free pdf compresser

Cara mengompres file pdf bisa kamu coba adalah menggunakan compressor. Bisa dikatakan, aplikasi ini memiliki variasi yang lebih beragam. Karena aplikasi ini memiliki 5 rasio kompres secara berbeda. Kelima perbedaan tersebut akan mempengaruhi kualitas file yang akan dihasilkan loh.

File PDF compressor memiliki lima rasio yang terdiri dari screen, ebook, printer, prepress dan default. Nah buat kamu yang ingin mengecilkan file pdf lebih kecil, bisa menggunakan screen. Sayangnya, cara mengecilkan file pdf menggunakan free pdf compressor kamu harus memasang aplikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa mendowload di freepdfcompressor.com.

  1. Setelah terpasang, kamu bisa langsun pilih “browse” untuk mencari file yang ingin dikecilkan.
  2. Setelah file ketemu, tekan “compress” dan biarkan aplikasi memproses sampai selesai.
  3. Saat prosesnya selesai, komprespun berhasil dan tinggal menikmati saja.

Memang cara ini juga simpel dan cepat. Jadi tidak seribet ketika kita menggunakan adobe. Tapi ya kembali lagi. Semua pasti ada baik buruknya. Sekali lagi, semua sebenarnya bergantung pada selera masing-masing. Jadi tidak ada ketentuan yang lebih spesifik harus pakai ini atau itu.

Bonus :  Tips Agar Ukuran File PDF Kecil dari Ms Word

Buat kamu yang tidak mau bergantung pada kuota dan internet. Kamu juga bisa kok mengecilkan menggunakan microsof word. Sayangnya jika kamu ingin menggunakan microsof word, tidak semuanya tersedia, karena tergantung windows yang kamu miliki. Atau bisa juga dengan mengintal terlebih dahulu.

Nah, cara mengecilkan ukuran file pdf menggunakan microsof word kamu bisa lakukan langkah berikut. Oh iya, sebelumnya, pastikan file sudah fix, tidak ada editing atau baru setengah jadi. Karena jika sudah berbentuk pdf, tidak bisa di edit lagi.

  1. File word yang siap di kecilkan resolusi Pdf, di simpan, dengan menekan “save as”
  2. Beri judul file, kemudian dibagian “file name” terdapat “save as type”
  3. Di bagian “save as type” kamu pilih format Pdf.
  4. Dibagian bawah aka nada pilihan “optimize for” nah kamu pilih yang “minimum size (publishing online)”
  5. Baru di tekan save

Dari dari cara tersebut, maka file pdf kamu pun secara otomatis akan memiliki ukuran file yang lebih kecil. Kamu pun tidak perlu lagi khawatir file kamu kebesaran. Cara yang super mudah bukan.

Dari beberapa cara mengecilkan file pdf di atas. cara mana nih yang paling kamu sukai? Kamu bisa komentar di bawah. atau barangkali kamu sudah pernah menggunakan semuanya, kamu juga bisa komen di bawah untuk share testimony atau pengalaman kamu. Siapa tahu dari komentar kamu, bisa menjadi pertimbangan teman-teman kita yang sedang kepo dan menjawab kebimbangan mereka.

Semoga dengan artikel cara mengecilkan ukuran file pdf membantu banyak permasalahan dan kebimbangan kamu dalam mengerjakan tugas.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang