Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis
toko buku kuliah

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah – Baru melepaskan gelar sebagai pelajar menengah atas? Buat kamu yang mendapatkan lingkungan keluarga yang mendukung melanjutkan kuliah, tentu harus disyukuri. Karena banyak saudara-saudara kita yang tidak memiliki kesempatan yang sama. 

Buat kamu yang punya mimpi ingin tetap melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi, tetapi terkendala dengan biaya. Tenang, karena kamu bisa mencari informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah loh. 

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang beasiswa. Tidak hanya mengulas tentang pengertian, contoh dan manfaat beasiswa, tetapi juga akan mengulas tentang jenis-jenis beasiswa dan cara mendapatkan beasiswa kuliah. Langsung saja, yuks simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Beasiswa

Sebenarnya kalian tau gak sih apa yang dimaksud dengan beasiswa itu sendiri? nanti udah telanjur pengen nyari beasiswa tetapi belum mengerti pengertian beasiswa secara jelas. Yuk kenalan, sama pengertian beasiswa menurut para ahli, memiliki beberapa sudut pandang. Langsung saja kita simak pengertian mereka. 

A. Murniasih 

Murniasi (2009) mendefinisikan beasiswa adalah penghargaan yang didedikasikan untuk seseorang agar dapat melanjutkan pendidikan ke tahap yang lebih tinggi daripada sebelumnya. 

B. Fajar Wahyudi 

Berbeda dengan pendapat Fajar Wahyudi yang mendefinisikan beasiswa diberikan dari lembaga pemerintah, yayasan ataupun perusahaan. Pemberian beasiswa ada yang diberikan secara cuma-cuma, ada juga yang ada ikatan kerja setelah selesai masa pendidikanya. 

C. Lahitna

Tidak jauh berbeda dengan penat Lahitna (2009) bahwa beasiswa adalah pemberian bantuan berupa uang pendidikan kepada individu. Dimana beasiswa tersebut bertujuan untuk melanjutkan pendidikan yang sedang atau akan ditempuh. Lahitna juga menyebutkan jika beasiswa tersebut dapat diberikan dari lembaga, yayasan ataupun perusahaan.

Meski secara penyampaiannya berbeda, jika dilihat secara intinya, semuanya memiliki makna yang sama, yaitu pemberian penghargaan kepada calon penerima beasiswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademi demi meringankan beban biaya pendidikan dan agar tetap bisa fokus belajar.

Manfaat Dari Beasiswa

Jika ditinjau dari tingkat kemanfaatannya, beasiswa memiliki dua perspektif pemanfaat. Yaitu bermanfaat untuk pemberi beasiswa dan penerima beasiswa. Secara spesifik, berikut manfaat dari keduanya. 

A. Manfaat bagi pemberi beasiswa

Memang ada banyak latar belakang kenapa lembaga, pemerintah atau organisasi memberikan beasiswa. Terlepas dari latar belakang, sebenarnya ada beberapa manfaat bagi pemberi beasiswa, diantaranya sebagai berikut. 

1. Memberikan Harapan Masa Depan 

Sadar atau tidak sadar, memberikan beasiswa bagi yang kesulitan secara ekonomi tentu sangat bermanfaat. karena mampu memberi semangat bagi penerima beasiswa agar tetap melangkah mewujudkan harapan masa depan mereka tanpa takut dengan masalah biaya. 

2. Melahirkan regenerasi bertalenta 

Manfaat yang tidak kalah penting, memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan, bakat dan talenta mereka. Semakin banyak lulusan terdidik dan memiliki talenta bakat, semakin banyak harapan kita bisa menjadi Negara yang lebih baik. 

3. Sebagai Media Promosi dan Branding

Tentu saja bagi pemberi beasiswa, baik itu perusahaan, pemerintahan maupun organisasi memberikan beasiswa sebagai media terbaik untuk terus berpromosi dan branding. Contoh, beasiswa Djarum, kita sudah tidak asing lagi jika Djarum salah satu perusahaan dibidang apa? Dan berkat beasiswa tersebut, mereka pun sukses melahirkan para atlet kejuaraan. 

Itulah beberapa manfaat dari beasiswa dari si pemberi. Barangkali kamu ingin menjadi orang yang bisa memberikan beasiswa? Tenang fokus kita saat ini membangun agar memiliki banyak uang dan bisa turut andil memberikan kekuatan dan harapan bagi regenerasi.

Baca artikel ini untuk meningkatkan personal brandingmu : Pengertian dan cara mengelola personal branding

B. Manfaat bagi penerima beasiswa

Dari banyak manfaat bagi penerima beasiswa, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan. 

1. Mendapatkan keringan biaya kuliah 

Mendapatkan keringanan biaya kuliah adalah manfaat yang akan paling banyak dirasakan. Kamu hanya cukup fokus belajar, tanpa memikirkan harus bekerja paruh waktu untuk bisa membayar kuliah. Karena banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan ini, dan harus bekerja sekeras mungkin demi bisa membayar kuliah tepat waktu. 

2. Terpicu Semangat Belajar 

Setiap beasiswa memiliki aturan main sendiri-sendiri. Ada yang mengatur penerima beasiswa harus mempertahankan IPK di angka tertentu. Jika IPK mengalami penurunan, maka beasiswa akan dicabut. 

Baca: Apa itu IP, IPK, KHS, dan Cumlaude

Tidak semua pemberi beasiswa memberikan aturan seperti ini, tetapi ada yang memberikan aturan seperti itu. Maka tidak heran, banyak mahasiswa penerima yang termotivasi dan semangat belajar. demi mempertahankan IPK agar tidak dicabut beasiswa tersebut. 

3. Bangga Karena Tidak Sembarang Orang yang mendapatkan beasiswa 

Tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri. Karena tidak semua mahasiswa yang mengajukan beasiswa mendapatkan biaya pendidikan ini. dari sekian banyak yang mengajukan beasiswa, hanya beberapa orang saja yang mendapatkannya. 

4. Membangun koneksi 

Umumnya, pemberi beasiswa akan membuat komunitas penerima beasiswa. Kemudian dari perkumpulan penerima beasiswa inilah akan membuat event atau sekedar kumpul bersama. Kebersamaan inilah yang dapat dijadikan sebagai ajang untuk membangun koneksi, membangun relasi. 

5. Menambah portofolio 

Manfaat yang tidak kalah penting adalah dapat digunakan untuk mengisi portofolio. Setidaknya prestasi mendapatkan beasiswa yang tertulis di portofolio dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan, dan bisa juga dimanfaatkan untuk mengajukan beasiswa S2 pada nantinya. 

Itulah manfaat bagi penerima beasiswa. Buat kamu yang mendapatkan beasiswa, apakah ada manfaat lain yang kamu rasakan? Boleh loh dibagikan manfaat apa yang kamu rasakan di kolom komentar.

Jenis-Jenis Beasiswa

Ditinjau dari jenis-jenisnya, beasiswa memiliki beberapa macam. Jadi buat kamu yang sedang mencari cara mendapatkan beasiswa kuliah, wajib tahu apa saja jenisnya, agar saat mencari-cari tidak salah pilih. Sebagai berikut. 

A. Beasiswa Berdasarkan Cakupannya 

Berdasarkan cakupannya, jenis beasiswa ini memiliki dibagi menjadi dua, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. 

1. Beasiswa Penuh 

Dikatakan beasiswa penuh adalah beasiswa yang diberikan sampai penerima lulus. Selama menyelesaikan kuliah, penerima tidak hanya gratis dari segala administrasi pendidikan, tetapi juga akan mendapatkan biaya hidup. Sayangnya tidak semua pemberi beasiswa akan seperti ini, jadi buat kamu, tetap dicari informasinya terlebih dahulu ya. 

2. Beasiswa Parsial 

Dikatakan sebagai biasiswa parsial adalah biasiswa yang diberikan sebagian biaya pendidikannya saja. Jadi kamu masih perlu mengeluarkan sebagian biaya pendidikan. Nah, jika kesempatan biasiswa penuh sudah tidak ada lagi dan hanya tersisa beasiswa parsial, tidak ada salahnya tetap diambil. Lumayan bukan, sudah dibantu sebagian, sudah cukup meringankan beban. 

B. Beasiswa Berdasarkan Pemberi

Jenis beasiswa berdasarkan pemberiannya, ada beberapa macam lagi. Ada beasiswa yang diberikan dari pemerintah, ada juga yang diberikan oleh pihak swasta, pihak internasional dan pihak organisasi. 

Pondok Djawara Deepublish

1. Biasiswa pemerintah 

Biasiswa pemerintah adalah biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diberikan oleh pihak lembaga pemerintah. Misalnya diberikan dari pihak kopertis, dari dinas pendidikan dan masih banyak lagi lembaga pemerintah lainnya. Bahkan ada juga beasiswa yang diberikan dari pihak kampusnya. 

2. Beasiswa swasta

Sementara beasiswa swasta adalah beasiswa yang diberikan oleh pihak swasta. Bisa berupa perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki nama besar. Jadi buat kamu yang sedang mencari-cari beasiswa, boleh spoiler perusahaan mana saja yang memberikan beasiswa. 

3. Beasiswa internasional 

Sesuai dengan namanya, beasiswa internasional adalah beasiswa yang diberikan untuk calon mahasiswa yang kuliah ke luar negeri. Sekarang banyak beasiswa internasional yang bisa kamu bidik dan kamu sasar loh. 

4. Beasiswa organisasi

Dikatakan beasiswa organisasi apabila beasiswa tersebut diberikan oleh organisasi tertentu. Jika organisasi tersebut di dalam negeri, kemungkinan besar penerima beasiswa hanya untuk kuliah di dalam negeri. Sementara jika pemberi beasiswa dari organisasi luas, maka peluang bisa kuliah di luar negeri pun juga sangat terbuka. 

C. Beasiswa Berdasarkan Tujuan 

Jenis-jenis beasiswa yang ketiga adalah beasiswa berdasarkan tujuannya. Jadi penerima beasiswa memiliki alasan kenapa mereka mendapatkannya. Ada yang dikarenakan orang tersebut mendapatkan penghargaan, memiliki prestasi secara akademik maupun non akademik dan masih banyak lagi. Berikut ulasannya. 

1. Beasiswa penghargaan 

Cara mendapatkan beasiswa kuliah dapat diperoleh dengan memenangkan sebuah penghargaan. Misalnya mengikuti lomba, kejuaraan nasional dan kejuaraan-kejuaraan yang lain, yang memberikan hadiah beasiswa kuliah. 

Contoh, pemenang olimpiade internasional memenangkan kejuaraan. Karena bisa mengharumkan Indonesia di kancah Internasional, maka pihak pemerintah, organisasi dan tergerak memberikan beasiswa. 

2. Beasiswa bantuan 

Beasiswa bantuan adalah beasiswa yang diperuntukan untuk mereka yang secara ekonomi kurang mampu. Ada juga kasus kecelakaan pesawat yang memaksa sang pilot meninggal dunia, dan meninggalkan beberapa anak yang masih kecil. Maka, pihak maskapai (bisa juga pihak lain yang tergerak) memberikan beasiswa kepada anak-anak yang ditinggalkan agar secara pendidikan terjamin. 

3. Beasiswa non-akademik 

Beasiswa non akademik adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang memiliki keterampilan secara non akademik. Misalnya memiliki keterampilan di bidang olahraga. Maka biasiswa yang diberikan adalah beasiswa dibidang tersebut. misal, bulutangkis, berenang dan semacamnya. Bahkan ada juga beasiswa dibidang kesenian loh. 

4. Beasiswa penelitian 

Jenis beasiswa penelitian adalah beasiswa yang berkubang di dunia penelitian. nah, buat kamu yang memiliki jiwa penelitian, bisa mencari-cari informasi agar bisa mendapatkan jenis beasiswa ini. 

5. Biasiswa ikatan dinas 

Disebut sebagai beasiswa ikatan dinas karena beasiswa ini setelah selesai kuliah, penerima beasiswa memiliki tanggung jawab bekerja di perusahaan, dinas atau instansi yang sudah memberikan beasiswa. 

Setelah mengetahui beberapa jenis beasiswa di atas, setidaknya kamu jadi tahu tentang macam beasiswa. Lantas, beasiswa yang jenis apakah yang pas dan ingin kamu cari? Pastikan untuk selalu cari informasi dan mencari keandalan informasi yang kamu dapatkan, agar tidak salah pilih. Semoga sukses.

Contoh Beasiswa untuk Mahasiswa

Banyaknya jenis beasiswa yang sudah disebutkan di atas. Ternyata ada banyak sekali jenis-jenis beasiswa. Ada yang disebut beasiswa PPA, KIP kuliah, LPDP dan masih banyak lagi. Berikut adalah contoh beasiswa untuk mahasiswa, kita simak ulasannya sedikit yuks. 

1. KIP Kuliah

KIP Kuliah disebut juga dengan Kartu Indonesia Pintar kuliah. Jadi KIP kuliah merupakan beasiswa yang ditujukan untuk memberikan beasiswa selama pendaftaran seleksi masuk dan biaya kuliah. Mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup bulanan.

2. PPA

PPA Merupakan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademik. Beasiswa ini hanya diberikan setiap satu tahunan. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa ini secara konsisten, maka kamu harus mengajukan setiap tahunnya dan tentu saja nilai IPK juga tidak boleh turun dari tahun-tahun sebelumnya.

3. LPDP

Beasiswa LPDP kepanjangan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa ini memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang diberikan untuk beberapa program, mulai program Sarjana, Magister/doktor. Setiap mahasiswa yang ingin mengikuti beasiswa ini, harus memilih universitas yang sudah menjalin kerjasama dengan LPDP itu sendiri, bisa di dalam negeri maupun di luar negeri.

4. Beasiswa Unggulan

Sementara beasiswa unggulan adalah program pemerintah dalam upaya memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. jadi beasiswa ini tidak menutup kesempatan bagi WNA yang ingin belajar lewat program beasiswa.

5. BBM

Jika sebelumnya ada beasiswa PPA yang memiliki prestasi akademik, maka buat kamu yang memiliki kemampuan non akademik namun merasa tidak mampu secara ekonomi, kamu bisa mengajukan beasiswa BBM atau Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa.

Dari kelima contoh beasiswa untuk mahasiswa diatas hanya sebagian kecil saja. Jika kamu mencari tahu di google, ada banyak jenis dan contoh beasiswa yang bisa kamu sasar. Belum lagi beasiswa yang sifatnya swasta. Semoga sedikit contoh ini memberikan manfaat.

Cara Mendapat Beasiswa Kuliah

Dari contoh beasiswa untuk mahasiswa di atas, setidaknya kamu sudah sebagian kecil tentang beasiswa bukan. Nah, setiap masing-masing nama beasiswa, memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, yang dibuat oleh pihak penyelenggara. 

Namun, ada cara mendapat beasiswa kuliah buat kamu nih. Jadi buat kamu yang belum mendapatkan atau ingin mendapatkan beasiswa, ikuti beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah berikut ini. 

  1. Rajin mencari informasi (baik di kanal sosmed, website, ataupun di akademik).
  2. Siapkan CV yang baik.
  3. Perbanyak lomba dan portofolio diri
  4. Aktif organisasi
  5. Persiapkan wawancara 
  6. Belajar Bahasa Inggris yang baik.
  7. Prestasi Akademik (IPK)

Dari tujuh cara mendapat beasiswa di atas, adalah tips dasar yang harus kamu persiapkan. Jadi buat kamu yang sekarang masih SMA/K/MA masih ada waktu untuk mempersiapkan dan mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya. Tidak ada salahnya mengikuti banyak perlombaan dan mengikuti organisasi agar pengajuan beasiswa kamu bisa lolos. 

Kesimpulan

Dari ulasan cara mendapatkan beasiswa kuliah di atas, dapat disimpulkan bahwa Beasiswa adalah pemberian penghargaan terhadap calon mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademi dan non akademik untuk melanjutkan pendidikan. Dimana sumber beasiswa tersebut berasal dari banyak jalan, mulai dari pemerintah, organisasi, lembaga hingga perusahaan. 

Tujuan dari pemberian beasiswa adalah meringankan beban biaya pendidikan bagi generasi bangsa. Agar tetap melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Pemberian beasiswa diharapkan membuat penerima fokus belajar dan tidak perlu lagi mencemaskan masalah biaya.

Setiap pemberian beasiswa pun memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Tugas kamu hanya fokus mempelajari syarat dan ketentuan dari pemberi beasiswa. Tujuannya agar pengajuan berkas kamu lolos seleksi. Sekedar informasi, saat mengirimkan pengajuan, kita tidak boleh menganggap remeh. Karena ada banyak calon penerima mahasiswa yang juga memasukan berkas. Dengan kata lain, proses seleksi dilakukan secara selektif dan kita memiliki banyak pesaing. 

semoga ulasan tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah ini bermanfaat. Buat kamu yang belum mendapatkan beasiswa, kamu bisa mencobanya lagi. karena beasiswa tidak akan habis untuk kita cari. Buat kamu yang masih SMA/K sangat disarankan untuk aktif mengikuti organisasi, mengikuti ajang perlombaan. Karena prestasi dan aktivitas yang kamu ikuti dapat memudahkan kamu mendapatkan beasiswa lebih mudah.

Baca juga artikel terkait mahasiswa

Penulis : Irukawa Elisa | Editor : Yusuf Abdhul

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang