Logo Baru April

Rahasia Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Kuliah

mendapatkan beasiswa kuliah.jpg
toko buku kuliah
Bagikan

Cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah bagi mahasiswa di era serba digital ini sangat mudah dan banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan. Tidak seperti 20 tahun yang lalu, yang sangat sulit bisa melanjutkan pendidikan, karena minimnya beasiswa. Nah, berikut beberapa cara mendapatkan beasiswa yang sebenarnya bisa dimanfaatkan siapa saja.

Kuncinya adalah tidak malas dan mau mencoba.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Terbaru

Bagaimana sih biar kita bisa dapat beasiswa itu? Apa nunggu aja ditawarin oleh kampus? Nah, sebagai mahasiswa ya harus pro-aktif dalam mendapatkan tujuannya, salah satunya adalah beasiswa kuliah ini. Berikut ini tahapan atau prosedur yang harus kamu lalui.

1. Mencari Informasi

Sekarang sudah eranya digitalisasi. Cara mendapatkan beasiswa bisa kamu dapatkan dengan mudah, yaitu dengan mencari informasi. Kamu bisa mencari informasi lewat dua cara, yaitu cara mencari di penelusuran (website) atau bisa lewat di media sosial (sosmed). 

A. Website

Sekarang banyak lembaga pemerintah, swasta maupun organisasi yang memberikan beasiswa kepada orang yang membutuhkan. Salah satu penyebaran informasi beasiswa ini dengan cara disebarkan lewat website resmi mereka. 

Mereka sengaja membuat website atau sengaja menyebarkan informasi beasiswa untuk memudahkan calon pendaftar untuk mencari tahu syarat, dan ketentuan yang ditawarkan. Alasan lain penyebaran menggunakan website adalah menjaga kredibilitas pemberi beasiswa. 

Misal, website dari kementerian pendidikan, maka beasiswa tersebut diberikan dari pihak kementerian pendidikan. Atau lewat perusahaan swasta misalnya beasiswa Djarum, maka yang membiayai adalah pihak Djarum. 

B. Sosmed

Jika kamu merasa gaptek di dunia website. Maka, cara mendapatkan beasiswa dapat dicari lewat media sosial (sosmed). Ada banyak sekali media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya ada instagram, linkedin, ataupun facebook.

Nah, di sini kamu memang harus jeli dan aktif mencari akun-akun yang aktif memberikan informasi tentang beasiswa. Karena jika tidak aktif mencari informasi dengan baik, kamu pun tidak akan mendapatkan informasi tersebut. 

Jadi, baik tidaknya, dan bermanfaat tidaknya media sosial tergantung cara kamu memanfaatkannya. Jika media sosial hanya untuk pamer dan flexing, ya  hanya pandangan orang yang akan kamu dapat. Sebaliknya, jika sosial media digunakan untuk mencari informasi bermanfaat, maka bisa mengubah dan bisa menentukan nasib kamu 10 tahun yang akan datang. 

Daftar Reseller

Setelah spoiler mencari cara mendapatkan beasiswa di atas. Pastinya kamu menemukan beasiswa yang cocok dengan kualifikasi kemampuan kamu. Lalu apa yang harus dipersiapkan? 

2. Membuat Portofolio/Prestasi

Cara mendapatkan beasiswa yang kedua adalah, kamu harus mempersiapkan portofolio atau prestasi yang kamu dapatkan. Buat kamu yang merasa tidak memiliki prestasi secara akademik, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu tetap bisa mendapatkan beasiswa lewat jalur non akademik. 

Buat portofolio sesuai dengan kemampuan, bakat dan kelebihan kamu. jika bakat di non akademik, buatlah portofolio non akademik yang menarik. jika kamu pandai secara akademik, maka kamu pun hanya cukup menuliskan prestasi yang pernah kamu raih di bidang akademik kamu.

3. Aktif Kegiatan Kampus

Jika konteksnya kamu masih SMA/K yang ingin mencari beasiswa S1, maka selama di SMA/K kamu harus aktif mengikuti kegiatan sekolah. Atau buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa dari S1 ke S2, maka kamu pun juga harus aktif mengikuti kegiatan selama di kampus. 

Aktif mengikuti kegiatan positif di sekolah/kampus sangat membantu dan menentukan kamu akan lolos mengajukan beasiswa loh. Ini sudah terbukti, dan saya pun salah satu yang beruntung mendapatkan beasiswa saat kuliah karena aktif mengikuti kegiatan yang positif dan menghasilkan prestasi. 

4. Belajar Bahasa Inggris (Asing)

Cara mendapatkan beasiswa untuk konteks beasiswa ke luar negeri. Maka, kamu harus belajar bahasa asing, minimal bahasa inggris. Ini berlaku buat kamu yang memiliki keinginan dan dorongan kuliah diluar negeri. 

Oh iya, sekarang banyak sekali beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu ambil kesempatan ini. Jika lolos, kamu tidak hanya mendapatkan gratis biaya kuliah di sana. Tetapi kamu juga akan dibiayai selama tinggal di sana dan ada biaya uang makan. 

Daftar Open Reseller

Sayangnya, untuk mendapatkan kesempatan beasiswa yang mendapatkan dana seperti yang disebutkan, persaingan dan syaratnya utamanya harus bisa bahasa asing. Jadi, buat kamu yang punya impian ke arah sana, mulai dari sekarang bisa dipersiapkan. 

5. Public Speaking untuk Wawancara

Cara mendapatkan beasiswa agar bisa lolos, kamu juga perlu mempersiapkan kemampuan public speaking. Nah, jika syarat administrasi lolos, biasanya kamu akan mengikuti seleksi tahapan lebih lanjut. Yaitu seleksi wawancara. 

Nah, saat dilakukan wawancara, baik sadar ataupun tidak sadar, cara kamu menjawab dan kemampuan kamu menyampaikan jawaban akan dinilai oleh tim penyeleksi. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan dan belajar cara public speaking yang baik dan benar, agar tidak bisa lolos seleksi. 

6. IPK  (Nilai)

Buat yang ingin mendapatkan beasiswa keluar negeri, perhatikan IPK. Setiap penyedia beasiswa memiliki batas atau syarat minimal IPK. Jadi, mulai sekarang IPK S1 kamu harus dimaksimalkan. Pastikan mulai dari sekarang belajar sebaik mungkin agar mendapatkan nilai yang sempurna. 

Ketika kamu bisa mendapatkan IPK terbaik, maka harapan saat mengirimkan beasiswa pun berpeluang. Jadi, butuh persiapan yang matang dan panjang, serta perjuangan yang besar agar bisa masuk seleksi dan lolos mendapatkan beasiswa. 

7. Bertanya Ke Kampus 

Adapun tips cara mendapatkan beasiswa yang perlu kamu lakukan. Yaitu bertanya ke pihak kampus kamu. Apakah pihak kampus bersedia membuat surat atau keterangan rekomendasi atau tidak. Surat rekomendasi ini sangat membantu dan menjadi bahan pertimbangan bagi penyedia beasiswa. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

Apalagi jika surat rekomendasi dari pihak kampus adalah dari dosen yang punya kredibilitas di kampus tersebut, dan banyak dikenal di beberapa kampus lain. Apalagi jika isi rekomendasi tersebut bertuliskan bahwa kamu benar-benar mahasiswa yang potensial dan yang menilai baik-baik tentang kamu. 

Jadi buat kamu yang ingin peluang diterima pengajuan beasiswanya, bisa lakukan cara mendapatkan beasiswa ini, yaitu membuat surat rekomendasi dari pihak kampus.

Contoh Beasiswa Kuliah yang Dibuka

1. KIP Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa ada dua istilah yang akan kamu temukan selama memenuhi syarat mendapatkan beasiswa. Yaitu KIP dan istilah beasiswa unggul. Beasiswa unggul adalah beasiswa yang diperuntukan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik. 

Sementara KIP adalah Kartu Indonesia Pintar, yang diberikan sebagai upaya pemerintah memberikan jaminan keberlangsungan studi mahasiswa. KIP ini adalah perluasan dari program Bidikmisi yang sudah diselenggarakan sudah jauh-jauh hari lalu.

Nah, berikut adalah contoh bentuk KIP kuliah ada di gambar di atas. Buat kamu yang ingin mendaftarkan atau mendapatkan KIP, bisa langsung daftarkan di sini. https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/ baru di sana kamu cukup mmasukan data diri sesuai yang ditanyakan. 

Setelah melihat cara mendapatkan beasiswa di atas, sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi sekarang pemerintah sangat mendukung akan program beasiswa ini. Karena banyaknya program beasiswa, kamu bisa memilih beasiswa dari pemerintah hingga swasta.

2. Beasiswa PPA

Untuk informasi mengenai beasiswa ini, pahami dalam artikel pengertian beasiswa PPA dan BBP.

3. Beasiswa Lainnya

Beasiswa lainnya, cek daftarnya pada artikel 10 Beasiswa untuk Mahasiswa Baru.

Tidak tanggung-tanggung, buat yang ingin kuliah ke luar negeri pun, sekarang juga mudah diperoleh. Siapapun bisa lolos pengajuan beasiswa. Asal, memenuhi syarat dan proses seleksi ketat. Nah, mungkin kamu salah satunya. Jadi, pastikan belajar bersungguh-sungguh agar bisa memenuhi target tersebut. semoga ulasan yang singkat ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :