VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Cara Mudah Membuat Mind Mapping, Hanya 6 Langkah!

cara membuat mind mapping
toko buku kuliah

Cara Mudah Membuat Mind Mapping, Hanya 6 Langkah! – Masih kesulitan memahami materi kuliah? Kamu harus mencoba metode pembelajaran dengan mind mapping. Metode ini cukup sering dipakai dalam dunia pendidikan karena memudahkan seseorang dalam mempelajari sesuatu.

Nah, tidak perlu bingung lagi. Saya sudah merangkumkan ulasannya berikut ini, Kamu akan mempelajari mind mapping mulai dari pengertian dan kegunaan, cara membuat mind mapping, hingga aplikasi yang bisa dipakai untuk membuatnya.

Pengertian Mind Mapping dan Manfaatnya

Mind mapping atau peta pikiran adalah metode pembelajaran untuk mengingat dan memahami materi pelajaran. Istilah mind mapping diciptakan oleh Tony Buzan. Menurut Buzan, mind mapping merupakan cara mencatat secara kreatif dan efektif. Sementara itu mencatat secara harfiah dalam mind mapping akan membantu seseorang untuk memetakan pikiran-pikiran.

Menurut Buzan dalam penelitian Ajeng Agustina, mind mapping membantu seseorang dalam banyak hal, meliputi:

  • Merencana
  • Berkomunikasi
  • Meningkatkan kreativitas
  • Menghemat waktu
  • Menyelesaikan masalah
  • Memusatkan perhatian
  • Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran
  • Belajar lebih cepat dan efisien
  • Meningkatkan kemampuan mengingat
  • Melihat gambar keseluruhan

Peta pikiran sendiri merupakan ekspresi radiant thinking. Radiant thinking adalah fungsi alami dari pikiran manusia. Sehingga mind mapping dapat diartikan pula sebagai ekspresi potensi kekuasaan yang tidak terbatas dari otak manusia. Untuk itu metode ini digunakan untuk melatih seseorang dalam berpikir.

Untuk menambah pengetahuan, berikut ini adalah pengertian mind mapping menurut para ahli. Definisi pertama dikemukakan oleh Caroline Edward. Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data dari atau ke otak.

Edward menekankan bahwa cara kerja mind mapping sesuai dengan cara kerja otak manusia. Metode mind mapping dinilai dapat mengoptimalkan potensi dan kapasitas otak manusia.

Sementara itu Bagus Taruno Legowo menerangkan bahwa mind mapping adalah cara alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linier. Artinya, mind mapping memudahkan seseorang untuk menangkap beragam informasi dan merangkai pikiran dari berbagai macam sumber informasi. Menurut Bagus, metode ini adalah cara termudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar otak.

Pengertian mind mapping menurut Bobby De Porter adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis. Tujuannya untuk membentuk kesan otak kanan dan kiri sehingga memudahkan seseorang dalam memasukkan informasi ke dalam otak. 

Dari sekian pengertian menurut para ahli, dapat ditarik kesimpulan mind mapping adalah metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk memudahkan seseorang mengingat dan memahami sesuatu. Cara ini dianggap efektif karena cara kerjanya mirip dengan cara kerja otak. Selain itu dinilai sebagai metode yang kreatif karena mind mapping menggunakan warna-warna dan simbol dalam pembuatannya.

Metode mind mapping ini bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam mempelajari sesuatu secara menyeluruh. Metode ini tidak hanya membantu seseorang untuk mengingat tapi juga memahami. Menurut Michalko, metode ini mempunyai manfaat, yakni:

  1. Mengaktifkan seluruh otak sehingga bisa berfungsi secara optimal
  2. Membantu seseorang untuk fokus pada pokok bahasan
  3. Membantu seseorang dalam memahami hubungan antar bagian informasi yang terpisah
  4. Memberi gambaran jelas pada keseluruhan dan perincian
  5. Membantu seseorang dalam mengelomokkan konsep dan membandingkannya

Melansir glints.com, metode mind mapping sangat tepat digunakan untuk mendukung proses brainstorming, meeting, presentasi, dan pengambilan keputusan. Metode ini tidak hanya bermanfaat dalam dunia pendidikan. Bahkan dalam dunia kerja, mind mapping memberikan manfaat  karena pada dasarnya mind mapping adalah metode pembelajaran (apapun itu yang dipelajari) yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Manfaat mind mapping lainnya adalah :

  1. Meningkatkan produktivitas
  2. Meningkatkan kreativitas
  3. Meningkatkan pemahaman
  4. Meningkatkan daya ingat
  5. Memudahkan dalam proses pencatatan
  6. Memudahkan dalam menemukan gagasan pikiran
  7. Mengenali hubungan antara informasi dengan lebih cepat

Tiga poin utama dari sekumpulan manfaat tersebut adalah metode mind mapping bermanfaat dalam meningkatkan kinerja otak dalam mengingat dan memahami, meningkatkan kemampuan manajemen informasi, dan membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan.

Dengan manfaat yang begitu banyak dari mind mapping, metode ini sangat direkomendasikan untuk meringkas informasi, mengkonsolidasikan informasi dari berbagai sumber, memikirkan masalah kompleks, dan menyajikan informasi dalam format dan struktur yang jelas.

Namun setiap kelebihan yang dimiliki, metode ini mempunyai kekurangan misalnya metode ini lebih menekankan pada salah satu pihak dalam proses belajar. Hanya siswa/mahasiswa yang berperan aktif. Pengajar atau pendidik kurang berperan aktif dalam metode ini.

Elemen Pembuatan Mind Maping

Sebelum membuat mind mapping, yuk pelajari dulu elemen-elemen apa saja yang ada di mind mapping. Selain menemukan istilah mind mapping, Buzan juga menjelaskan tentang elemen-elemen mind mapping.

1. Pusat Peta Pikiran

Merupakan ide atau gagasan utama. Nah, pusat peta pikiran biasanya dalam bentuk teks atau gambar.

2. Cabang utama

Adalah cabang tingkat pertama yang langsung memancar dari pusat peta pikiran. Cabang ini berupa bab-bab materi pelajaran. Kamu bisa membuat garis-garis pada cabang utama dengan gambar dan corak yang menarik.

3. Cabang

Merupakan pancaran dari cabang utama. Biasanya dituliskan ke segala arah, meliuk, dan tidak sekadar garis lurus. Seberapa panjang cabang ini? Tergantung pada kata kunci. Disarankan warna cabang ini sesuai dengan warna cabang utama.

4. Kata

Setiap cabang berisi kata kunci dan biasanya ditulis di atas cabang.

5. Gambar

Sebenarnya tidak ada aturan penggunaan gambar dalam mind mapping. Pembuat mind mapping bisa menambahkan elemen gambar sesuai keinginan dan kesukaan. Gambar tersebut merupakan visualisasi dari kata kunci.

6. Warna

Penggunaan warna akan sangat membuat mind mapping menarik. Mind mapping yang kamu buat lebih hidup dan tidak membosankan. Belajar jadi menyenangkan `kan?

Baca juga : 10 Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Belajar

Cara Membuat Mind Maping

Setelah mengetahui elemen-elemen mind mapping, kita akan membahas tentang cara membuat mind mapping. Buzan memberikan langkah-langkah dalam membuat mind mapping. Totalnya ada 6 langkah. Apa saja? Simak dengan cermat di bawah ini.

Time Needed : 0 days 5 hours 00 minutes

Berikut ini 6 langkah membuat mind mapping yang cukup mudah untuk dilakukan :

  1. Buat Gagasan Utama dan Mulailah dari Bagian Tengah

    Siapkan terlebih dahulu alat tulis dan kertas kosong. Langkah pertama, setelah kamu menentukan topik yang akan dibuat mind mapping, maka kamu bisa memulai dari bagian tengah kertas kosong. Sisi panjangnya diletakkan mendatar.

    Di bagian tengah ini, kamu menuliskan gagasan utama. Kamu bisa melingkupi gagasan utama ni dengan lingkaran atau bentuk lain.
    langkah 1 membuat mind mapping

  2. Buatlah Cabang

    Kemudian tambahkan cabang yang ke luar dari pusat peta pikiran. Buatlah cabang dari setiap poin atau gagasan pikiran. Gunakan warna yang berbeda untuk setiap cabang.langkah 2 membuat mind mapping

  3. Gunakan Kata Kunci

    Selanjutnya tambahkan kata kunci untuk setiap garis. 
    langkah 3 membuat mind mapping

  4. Tambahkan Simbol

    Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan simbol dan ilustrasi. Simbol dan ilustrasi ini berfungsi untuk memudahkan kamu mengingat.simbol membuat mind mapping

  5. Gunakan Pewarna Kertas agar Lebih Cantik

    Setelah itu, kamu bisa bisa membuat mind map lebih hidup dengan memberikan warna. Kamu bisa menuangkan ide kreatif. Semakin menarik visual mind mapping maka semakin menarik untuk dibaca dan dipelajari.mewarnai mind mapping

  6. Buat Garis Penghubung

    Agar tidak monoton, kamu bisa membuat garis untuk menghubungkan cabang. Garis yang kamu buat pun bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa lengkungan, bisa juga seperti cabang pohon. Dengan ini, hasil mind mapping jauh lebih enak dilihat. Kamu pun bisa belajar dengan menyenangkan.cara membuat mind mapping

Tools
  • Penggaris
  • Spidol
  • Pensil
Materials
  • Kertas A4 / A3
  • Pewarna Kertas

Menurut Ajeng Agustina, dalam membuat mind mapping ada empat hal yakni kertas kosong tanpa garis, pena dan pensil warna, otak, dan terakhir adalah imajinasi.

Baca juga : Cara Menjadi Asisten Dosen, Ada Tiga Poin yang Harus Dimiliki

Contoh Mind Mapping

Berikut ini adalah contoh mind mapping:

Contoh 1

contoh mind mapping
Synver: sekolahnesia.com

Contoh 2

Sumber : biggerplate.com

Contoh 3

Contoh mind mapping bentuk pohon
Source : biggerplate.com

Aplikasi Untuk Membuat Mind Mapping

Sejalan dengan kemajuan teknologi, mind mapping dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi. Bila dulu membuat mind mapping dibuat dengan alat tulis, kini kamu bisa membuatnya di laptop atau gadget lainnya. Dengan aplikasi pembuat mind mapping, hasil visualisasi mind mapping jauh lebih menarik dan kreatif.

Apalagi mind mapping biasanya tidak hanya ditujukan untuk kebutuhan personal tapi juga kebutuhan bersama misalnya untuk tim kerja di kantor, kelompok belajar di perkuliahan, dan sebagainya. Tidak sedikit yang menggunakan mind mapping dalam meeting, kerja kelompok, atau pertemuan lainnya untuk melakukan brainstorming.

Untuk itu visualisasi mind mapping snagat penting agar mudah dipahami oleh orang lain. Nah, kehadiran aplikasi mind mapping adalah memudahkan kamu membuat mind mapping yang mudah mudah dipahami sekaligus menarik sehingga gampang diingat.

Berikut ini adalah rangkuman aplikasi yang memudahkan kamu membuat mind mapping.

1. SimpleMind

Aplikasi mind mapping ini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Cukup populer karena memiliki keunggulan yakni mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Setelah itu kamu bisa menuliskan ide dan mendesainnya.  

Aplikasi ini memiliki fitur cukup lengkap. Kamu bisa membuat gambar, video, dan voice note. Sehingga mind mapping yang kamu buat jauh lebih menarik.

2. Coggle

Platform satu ini juga cukup sering dipakai. Kamu bisa membuat dan membagikan mind mapping. Bentuk mind mapping di aplikasi ini adalah diagram alir.

Keunggulan platform ini adalah sebagai pengguna kamu bisa membuat catatn ide serta mendiskusikannya bersama orang lain secara real time. Sehingga kamu dan tim bisa memberi dan mengubah ide pada saat itu juga. Selain itu, keunggulan Coggle adalah tampilannya yang sederhana.

3. Ayoa

Aplikasi ini diat oleh pakar yang sudah berpengalaman belasan tahun yakni Chris Griffiths. Berdasarkan klaim Ayoa, aplikasi ini akan memperkenalkan masa depan mind mapping.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dalam hal pembuatan ide yang cepat, pemilihan font dan warna menarik, dan lainnya. Gimana nih? Tertarik mencoba?

4. XMind

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi profesional yang kerap dipilih. Aplikasi ini menawarkan desain chart yang menarik untuk penggunanya. Selain wadah menulis ide, kamu juga bisa melakukan analisa dan kronologi penyampaian ide.

XMind ini memiliki beberapa jenis yakni XMind 8, XMind 8 Plus, dan XMind Pro. Untuk XMind 8 dapat diakses secara gratis. Tetapi dua jenis lainnya merupakan layanan berbayar.

5. WiseMapping

Software WiseMapping ini menawarkan layanan gratis. Dapat digunakan untuk perorangan atau bisnis. Kamu bisa menjalankan WiseMapping melalui browser. Jadi kamu bisa mengakses web ini dari perangkat gadget apapun.

Membuat mind mapping jadi lebih mudah bukan?

Baca juga : 10 Cara Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Baik

Kontributor: Ana Widiawati

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang