VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya

cara membuat kata pengantar skripsi
toko buku kuliah

Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya – Kendala apa yang paling sukses membuat kamu pusing tujuh keliling saat menyelesaikan skripsi? Barangkali kata pengantar skripsi? Jika iya, tenang banyak kok yang mengalami serupa. Memang membuat kata pengantar skripsi itu susah-susah gampang.

Meskipun terasa susah, lembar kata pengantar skripsi ini harus diselesaikan agar skripsi pun juga bisa selesai. Jika diartikan, kata pengantar adalah halaman ucapan terimakasih yang ditulis oleh penulis atas selesainya penulisan skripsi.

Secara garis besarnya, kata pengantar skripsi juga dapat berisi ucarapan rasa syukur dan dituangkan pula tujuan dari penulisan skripsi itu apa. Penulis juga boleh loh menuliskan manfaat dari penulisan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca kepada penulis. tujuannya jelas, agar ke depannya bisa lebih baik.

Namannya juga kata pengantar, keberdaan kata pengantar itu sendiri secara teknis ditulis dengan tegas dan jelas. Penulisan kata pengantar tidak ditulis panjang dan lebar. Jadi pastikan kamu menuliskan dengan singkat, sederhana dan padat. Agar lebih jelas dan tepat sasaran sesuai dengan tema yang tengah kamu kerjakan.

Meskipun penulisan kata pengantar skripsi kelihatan sederhana dan mudah. Ternyata lumayan ribet dan cukup membingunggkan loh. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas cara menulis kata pengantar skripsi agar lebih mahir. Apa saja poin kata pengantar skripsi yang kamu pelajari? Simak ulasan berikut.

Kenali Dulu Unsur-unsur Kata Pengantar

Penulisan kata pengantar skripsi yang perlu dipahami oleh penulis adalah, pahami unsur kata pengantar itu sendiri. Seperti yang disinggung di paragraph sebelumnya. Di bagian awal, penulisan kata pengantar juga dapat ditujukan pertamakali untuk ucap syukur kepada Tuhan YME dan semacamnya.

Selain mengucapkan syukur, penulisan kata pengantar skripsi juga berisikan penjelasan tentang dibuatnya tugas penulisan skripsi, menjelaskan pelaksanaan penulisan skripsi, menjelaskan adannya bantuan, arahan dari pihak yang terlibat dan bimbingan dari dosen ataupun dengan siapa saja.

Jika kamu ingin menuliskan terimakasih kepada seseorang dan lembaga yang membantu pun juga diperkenankan loh. Memang tidak melulu mengucapkan terimakasih dan semacamnya, di kata pengantar kamu pun juga bisa menyampaikan harapan kamu terhadap skripsi yang kamu tulis. Tidak lupa dituliskan pula manfaat pembaca membaca skripsi kamu apa saja.

Baca juga : 6 Tips Skripsi Tepat Waktu Yang Harus Kalian Coba

Struktur dan Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Penulisan kata pengantar skripsi yang seringkali diabaikan adalah, penulisan struktur kata pengantar. Setidaknya ada tiga struktur yang diperhatikan.

1. Membuat Kata Pembuka

contoh kata pengantar skripsi
Sumber : Skripsi oleh Yan Januar Akbar berjudul ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA. UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Tahun 2010

Pertama, pembukaan. Tentu saja setiap kali menuliskan kata pengantar skripsi, kita perlu membuat pembukaan. Pembukaan biasanya berisi ucapan syukur terhadap karunia Allah atas selesainya pengerjaan skripsi. Dalam paragraf pertama ini bisa juga disertakan maksud atau tujuan utama mengapa kamu harus menyelesaikan skripsi ini. Perhatikan contoh berikut ini :

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Analisis Pengaruh Hujan Terhadap Munculnya Rasa Rindu di Relung Hati”, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) Jurusan Manajemen Hati.

2. Jelaskan Isi dan Ucapkan Terimakasih

Di kedua paragraph pembuka berisikan ucapan rasa syukur atas selesainya skripsi kamu. Disinilah unsur-unsur dituangkan di paragraph pembuka. Setelah paragraph pembuka selesai, barulah masuk ke struktur kata pengantar skripsi yang kedua, yaitu bagian isi.

Penulisan bagian isi kata pengantar skripsi berisikan deskripsi singkat dari tema yang kamu usung dan kamu jelaskan di bagian dalamnya. Tapi perlu diingat, di bab isi ini cukup sampaikan menggunakan bahasa yang padat dan singkat, karena penulisan daftar pustaka tidak ditulis secara gamblang. Cukup singgung yang penting-penting saja.

Boleh menuliskan sedikit pembahasan dari isi yang kamu tulis dibagian inti penelitian kamu. Tapi ingat hanya sedikit pembahasan saja. Jika kamu merasa binggung menyampaikannya, kamu pun bisa melakukan dengan membuat poin-poin penting dardi inti tulisan kamu. Kemudian dituliskan dibagian kata pengantar.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya dukungan, bantuan, bimbingan, dan nasehat dari berbagai pihak selama penyusunan skripsi ini. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada:

1. Bapak ibu di rumah yang selalu memberikan kasih sayang, doa, dukungan, nasihat dan semuanya. Penulis sangat mencintainya dan berharap menjadi anak yang bisa dibanggakan.
2. Bapak Drs. NAMA selaku Rektor
3. Bapak DRS. NAMA selaku Dekan Fakultas.
3. Ibu “NAMA” selaku dosen pembimbing yang kadang marah-marah tapi baik banget.
3. Kakak dan adik.
4. Teman-teman seperjuangan.
5. Semua pihak

3. Membuat Kalimat Penutup

contoh penutup kata pengantar skripsi
Sumber : Skripsi oleh Yan Januar Akbar berjudul ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA. UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Tahun 2010

Struktur yang terakhir adalah penutup. Penulisan kata pengantar skripsi di bagian penutup berisi permohonan maaf. Nah, dikesempatan inilah kamu bisa menuliskan permohonan maaf atas kurang dan lebihnya dalam pembuatan skripsi. Umumnya, permohonan maaf ini ditujukan untuk pembaca. tentu saja, pasti dalam penulisan skripsi, penulis sering megnalami kesalahan seperti kesalahan typo, mungkin argument kurang sempurna dan sebagainya.

Tidak lupa pula, jika dibagian penutup juga perlu dituangkan harapan yang kamu harapkan. Misalnya, semoga kedepannya dari hasil penelitian kamu, kedepan akan melahirkan koreksi dan solusi dari gagasan pembaca yang lain, untuk menyempurnakan hasil penelitian yang mungkin masih ada yang kurang dari yang telah kamu temukan.

Contoh :

Penyusun menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih banyak kekurangannya, untuk itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membantun untuk karya kedepan lebih baik. Mudah-mudahan skripsi ini bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut adalah contoh kata pengantar skripsi yang harus dan perlu kamu pahami. Semoga contoh berikut bisa membantu :

Contoh kata pengantar skripsi
Skirpsi oleh : ADI KRISTIANTO
Judul : HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS II JURUSAN TEKNIK MEKANIK
OTOMOTIF SMK SE-KABUPATEN SLEMAN
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2012

Nah itulah contoh dan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak menulis kata pengantar skripsi. Jika dari pemaparan di atas masih membuat pusing, kamu bisa melihat contoh kata pengantar skripsi di atas. setidaknya dengan contooh tersebut minimal memberikan gambaran secara praktinya bagaimana.

Semoga artikel cara membuat dan contoh kata pengantar skripsi kali ini banyak membantu dalam proses penulisan skripsi. Nah, buat kamu yang masih ragu tidak bisa menulis kata pengantar. Kamu bisa melihat contoh-contoh kata pengantar lain yang ada di perpustakaan kampus kamu. Kemudian bandingkan dan pelajari struktur penulisannya. Dijamin cara ini juga membantu.

Sedang menyusun skripsi? Dapatkan buku referensi untuk skripsimu di Deepublish. Semua buku kuliah pasti ada !. Atau kamu juga bisa temukan panduan skripsi yang lain :

1. Cara Mengatur Margin Skripsi Di Microsoft Word
2. Cara Membuat Footnote Dari Buku Disertai Contohnya
3. Contoh Motto Skripsi Penuh Makna
4. Apa Itu Metodologi Penelitian? Jenis, Contoh dan Kegunaannya

Ingat buku kuliah, ingat Deepublish !

Kontributor : Irukawa Elisa
Editor : Rahmad

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang