VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan dan Contohnya

contoh kata pengantar laporan
toko buku kuliah

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan dan Contohnya – Sebagai mahasiswa, kata pengantar laporan pasti kalian butuhkan untuk memenuhi syarat struktur makalah dalam tugas kuliah ataupun kebutuhan lainnya.  Ya, kata pengantar biasanya ada dibagian depan sebuah makalah sebelum daftar isi. 

Kata pengantar dapat ditulis oleh penulis karya itu sendiri (yang dalam Bahasa Inggris disebut preface) atau dapat pula ditulis oleh orang lain selain dari penulis (yang dalam Bahasa Inggris disebut foreword). Kata pengantar yang ditulis oleh penulis sendiri berisi tentang buku dan ini menjadi bagian yang terpisah dari isi buku 

Kemudian pertanyaannya sekarang, apa pengertian kata pengantar laporan sebenarnya, apa saja fungsi dan contohnya? Supaya kamu dapat membuat kata pengantar laporan yang bagus, maka simak artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Kata Pengantar Laporan

Kata pengantar adalah  pengantar buku atau karya sastra yang ditulis oleh penulis karya. Kata pengantar tiap penulis ini berbeda. Bahkan ada juga kata pengantar yang tidak dituliskan oleh penulisnya. Jika esai pengantar ditulis oleh orang lain disebut sebagai foreword dan mendahului kata pengantar penulis. 

Lebih jelas lagi, jenis kata pengantar dibagi menjadi dua, yaitu preface dan foreword yang sudah disebutkan di atas. Apa perbedaan diantara keduanya? 

1. Preface

Yaitu kata pengantar yang ditulis oleh penulis karya itu sendiri dan memberi tahu pembaca bagaimana buku atau karya tulis tersebut disusun dan mengapa (alasan penyusunannya). Bagian ini harus membangun kredibilitas penulis serta buku. Dalam kata pengantar, penulis memberikan ikhtisar tentang alasan penulisan buku, serta ruang lingkup topik.

Selain itu, perlu ditunjukkan bahwa buku itu layak dibaca. Preface paling sering ditempatkan setelah foreword. Kata pengantar-preface-inilah yang lebih banyak diulas dalam artikel ini.

2. Freword

Foreword merupakan kata pengantar yang tidak ditulis oleh penulis sendiri, melainkan umumnya ditulis oleh tokoh yang lebih terkenal dan dihormati. Penulis foreword pada umumnya akan memiliki latar belakang atau pengalaman yang relevan dengan topik buku ini.

Secara umum kata pengantar kisah tentang bagaimana buku itu muncul, atau bagaimana ide untuk buku itu dikembangkan; ini sering diikuti oleh ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu penulis selama penulisan ini. 

Maka dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan kata pengantar laporan merupakan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun.

Kata pengantar biasa digunakan untuk memperkenalkan karya non fiksi, seperti buku, disertasi, tesis, atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya. Kata pengantar akan memberikan informasi tentang latar belakang kamu sebagai penulis untuk membangun kredibilitas, serta mengapa kamu menulis buku.

Baca juga : Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya

Bagian dan Unsur Yang Perlu di Cantumkan

Dalam menuliskan kata pengantar, terdapat beberapa bagian dan unsur yang perlu dicantumkan. Apa saja bagian dan unsurnya?

Untuk sebuah pengantar laporan setidaknya ada tiga bagian yang perlu diperhatikan saat menulis, yaitu pembukaan, isi dan penutup. 

1. Pembukaan Kata Pengantar

Pembukaan kata pengantar biasanya berisi ucapan rasa syukur penulis atas selesainya penulisan. Diawali dengan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan kepada keluarga, sahabat, dan orang-orang yang membantu dalam proses penyusunan karya tulis.

2. Isi Kata Pengantar

Isi kata pengantar berisi gambaran umum isi dari karya tulis yang disusun. Biasanya dimulai dengan menjelaskan permasalahan atau latar belakang lalu dilanjutkan dengan solusi yang nantinya akan dibahas dalam karya tulis.

3. Penutup Kata Pengantar

Bagian penutup kata pengantar biasanya berisi permohonan maaf dan harapan penulis tentang karya tulis yang telah dibuat. Tentu setiap karya selalu ada kekurangan nya ya, maka permohonan maaf disampaikan atas kekurangan dalam menyusun karya tulis.

Dari ketiga bagian tersebut, kamu juga harus mencantumkan unsur-unsur yang sudah ditetapkan. Seperti berikut ini: 

  • Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah
  • Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Seperti kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan
  • Harapan penulis atas karangan tersebut
  • Dan manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Baca juga : Halaman Persembahan Skripsi Yang Menyentuh Tetapi Juga Gokil!

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan

Jika kamu sudah mengetahui bagian dan unsur yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu bukan hal sulit untuk menulis kata pengantar laporan bukan? 

Tapi tenang, kalau kamu ingin lebih jelas lagi, pada bagian ini kami akan membagi tips menulis kata pengantar laporan beserta contohnya. Simak baik-baik ya. 

1. Buatlah draft kata pengantar 

Dalam membuat draft kata pengantar, kamu dapat menjelaskan beberapa hal ini: 

  • Jelaskan latar belakang dirimu. 
  • Diskusikan apa yang mengilhami proyek penulisan atau penelitian kamu (jika ada)
  • Beri tahu pembaca mengapa laporan kamu penting
  • Jelaskan siapa target audiens target kamu
  • Berikan pembaca ide tentang apa yang diharapkan dari laporan
  • Tawarkan wawasan menarik tentang laporan kamu
  • Sertakan ucapan terimakasih dari kamu

2. Merevisi kata pengantar Anda

Tahapan dalam melakukan revisi dalam kata pengantar, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tinjau kata pengantar kamu untuk mencari bagian yang perlu direvisi
  • Mintalah teman atau kolega yang terpercaya untuk meninjau kata pengantar kamu
  • Merevisi kata pengantar kamu sesuai dengan umpan balik
  • Baca ulang kata pengantar yang sudah kamu tulis

3. Mulai menulis pengantar yang efektif

Langkah-langkah untuk menulis pengantar yang efektif sebagai berikut: 

  • Tulis kata pengantar kamu hanya setelah kamu menulis buku atau kertas
  • Periksa persyaratan pemformatan untuk publikasi 
  • tulisan ditujukan secara langsung untuk pembaca
  • Buatlah kata pengantar yang singkat (tidak sampai dua halaman)

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat melaksanakan kegiatan PPL 2014 di SMK N 2 Pengasih dengan baik dan lancar serta dapat menyelesaikan penyusunan laporan PPL ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Penyusunan laporan ini merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian kegiatan PPL yang dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus s.d. 11 September 2015. Laporan ini disusun berdasarkan data hasil observasi, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), yang telah dilaksanakan guna memenuhi sebagian tugas kegiatan PPL.

  1. Penulisan laporan PPL ini tentunya tidak lepas dari bantuan dan kerjasama berbagai pihak yang ikut mendukung dan mensukseskan program-program PPL yang telah direncanakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:
  2. Prof. Dr. Rochmat Wahab, selaku rektor Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Dr. Much. Bruri Triyono, selaku Dekan Fakultas Teknik UNY yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan PPL.
  4. Drs. Suparman, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing PPL Jurusan yang telah bersedia memberikan bimbingan dan motivasi selama pelaksanaan PPL di SMK N 2 Pengasih.
  5. Seluruh warga SMK N 2 Pengasih yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam kelancaran pelaksanaan PPL UNY di SMK N 2 Pengasih.
  6. Siswa-siswi SMK N 2 Pengasih yang telah bersedia belajar bersama dan bekerjasama selama kegiatan PPL di SMK N 2 Pengasih.
  7. Semua pihak yang turut membantu yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.

Penyusun menyadari bahwa pelaksanaan program kerja PPL maupun penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Yogyakarta, September 2015

Penyusun

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang