VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Cara Kerja Jantung

Cara Kerja Jantung
toko buku kuliah

Orang mengira dan mengatakan bahwa Ia mendapat “serangan jantung” jikalau Ia dengan mendadak merasakan sesuatu yang tidak enak di sekitar jantungnya. Perasaan semacam itu sesungguhnya dapat disebabkan oleh banyak macam sebab, misalnya masuk angin, terkejut, radang paru-paru, kebanyakan merokok, minum kopi yang keras, dan banyak sebab-sebab lainnya. Salah satu dari sekian sebab itu adalah adanya kelainan pada pembuluh darah yang mengantarkan darah ke jaringan yang mendiding rongga-rongga jantung, yang diberi nama arteria koronaria.

Seperti yang kita ketahui, jantung adalah suatu organ tubuh yang berfungsi sebagai pompa untuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Organ ini terdiri dari serambi jantung atau atrium kanan dan kiri serta bilik jantung atau ventrikel kanan dan kiri pula. Empat rongga jantung itu masing-masing didindingi oleh dinding yang terutama terdiri dari jaringan otot yang dinamakan miokard. Di sebelah dalamnya, miokard dilapisi selaput halus yang dinamakan endokard dan disebelah luar jantung terbungkus dalam selaput yang dinamakan epikard yang merupakan bagian dari perikard.

Jaringan yang mendiding rongga jantung ini dan terutama lapisan miokardnya, senantiasa memerlukan oksigen dan zat-zat makanan supaya dapat hidup dan bekerja terus. Zat-zat ini terdapat dalam darah yang mengalir dalam melalui arteria koronaria atau pembuluh koroner, serta cabang-cabangnya yang terjalin dalam dinding rongga jantung tersebut. A. Koronaria kanan dan kiri adalah sepasang cabang pertama dari batang nadi atau Aorta.

Sumber: Kertohoesodo, Soehardo. 1998. Pencegahan Serangan Jantung. Jakarta Pradnya Paramita.

 

(Herlambang Rahmadhani)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang