Logo Baru April

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang
toko buku kuliah
Bagikan

Cara jualan online tanpa modal, hari gini apakah bisa? Ternyata bisa banget, lho. Ada banyak cara untuk melakukannya. Jadi buat kamu yang sedang mencari uang tambahan, kamu bisa intip cara jualan online tanpa modal. Namun sebelum kita ulas, intip dulu alasan kenapa memilih jualan online dibandingkan jualan offline. 

Mengapa Memilih Jualan Online?

Era digitalisasi seperti sekarang sepertinya tidak mudah mendapatkan uang. Punya usaha sendiri dan menjualnya secara offline ternyata tidak seindah yang dibayangkan.  Apalagi jika dilakukan oleh mahasiswa maupun pelajar yang sudah pasti tidak punya modal. 

Gimana punya modal? Uang jajan saja kurang. Di era digitalisasi seperti sekarang memang dituntut melek teknologi. Jika dibandingkan, era digital memiliki peluang dan banyak yang bisa menghasilkan uang lebih mudah, dibandingkan zaman orang tua atau nenek-kakek kita. 

Sekarang, sekalipun kamu tidak punya modal, kamu bisa tetap berjualan. Ketika tidak punya produk barang/jasa, kamu tetap bisa menjual produk/jasa milik orang. Kemudian kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil jualan. 

Atau buat kamu yang gaul dan anak sosmed, dimana memiliki banyak follower. Maka kamu bisa mendapatkan uang lewat endorse, ataupun menjadi influencer. Ada banyak cara agar mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal banyak. 

Apalagi era sekarang segala sesuatunya harus online. Mulai dari makan, belanja, beli peralatan dan beli pulsa hingga bayar listrik pun sekarang semua bisa dilakukan secara online. Itu sebabnya, jualan online lebih menarik dan lebih dilirik daripada offline. 

Itu pula alasan mengapa memilih jualan online dibandingkan jualan online. Secara permintaan, dan kebiasaan masyarakat era digital mulai berubah. Banyak yang beralih secara online. Apalagi sekarang banyak platform marketplace yang bermunculan yang semakin memudahkan kamu tetap berjualan dan mendapatkan cuan. 

Cara Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Cara jualan online tanpa modal dapat dilakukan berbagai cara. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Sekalipun kamu tidak memiliki stok barang sekalipun, kamu tetap bisa menjadi penjual dan mendapatkan keuntungan.

Nah, sudah tidak sabar gimana sih cara jualan online tanpa modal? Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Memilih Produk Yang Dijual

Cara jualan online tanpa modal yang paling penting dan utama adalah menentukan produk yang akan dijual. Meskipun kamu bukan yang memproduksi barang, kamu tetap boleh memilih produk. Pilih produk yang sesuai dengan gaya dan selera kamu. 

Daftar Reseller

Jika kamu tertarik di dunia tanaman, maka kamu bisa memilih hal tersebut. Sebaliknya, jika kamu tertarik dengan dunia literasi dan dunia pendidikan, maka kamu bisa menjadi reseller buku. Nah, mungkin ada diantara kamu yang bertanya nih, gimana cara mendapatkan produk? Sementara kamu tidak bisa menghasilkan apa-apa, hanya bisa memarketingkan atau menjual kembali. 

Ada banyak cara, salah satunya adalah kepo dan spoiler tentang produk-produk yang kamu senangi. Caranya bisa cari informasi tentang produk tertentu. kemudian cek media sosialnya, dan hubungi mereka. Tanyakan apakah mereka membuka reseller atau dropship. 

Atau bisa juga dilakukan dengan mengunjungi website resmi mereka. Di sini saya akan mencontohkan website www.penerbitdeepublish.com yang membuka reseller ataupun dropship bagi mereka yang tertarik dan ingin mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan mereka. 

2. Membuat Kanal Digital

Jika cara jualan online tanpa modal sudah kamu lakukan. Maka langkah selanjutnya kamu perlu mempersiapkan kanal digitalnya terlebih dahulu. Sesuai judulnya, kamu akan berjualan secara online. Maka sudah pasti harus punya kanal-kanal digital. 

Tidak harus semua kanal lakukan. Kamu bisa memanfaatkan kanal digital yang kamu kuasai saja. akan lebih bagus lagi jika kamu ada dorongan mau belajar tentang jualan di kanal digital. Oh iya, barangkali ada yang belum tahu jenis kanal digital? 

Pada dasarnya kanal digital memiliki banyak jenisnya. Karena terlalu banyak, maka dibuat sub besar untuk mewakili dari berbagai macam jenis. Nah, ada tiga kanal digital besar yaitu media sosial, website dan google my business. Untuk lebih lengkapnya, intip ulasan di bawah. 

a. Media Sosial

Kanal yang paling umum digunakan dan saya yakin hampir semua kaum millennial dan generasi Z tahu media sosial. Bahkan lebih mahir dari saya yang lahiran millennial ini. media sosial memiliki banyak sekali jenis-jenisnya, diantaranya sebagai berikut. 

Daftar Open Reseller
  • Facebook 
  • Instagram 
  • Twitter
  • Tiktok 
  • WhatsApp
  • Telegram 

Media sosial di atas sebenarnya dapat dijadikan sebagai sarana untuk jualan online tanpa modal. Selama ini media sosial hanya digunakan untuk bermain, pamer foto, pajang foto, upload video dan mencurahkan pikiran, perasaan dan lain sebagainya. 

Bagi seorang yang memiliki jiwa entrepreneur, media sosial tidak dimanfaatkan untuk bermain-main seperti yang disebutkan. Tetapi dijadikan sebagai sarana untuk promosi, iklan dan personal branding. Tentu saja ini jauh lebih bermanfaat dan dapat dijadikan sumber pendapatan yang cukup besar. 

Contohnya seorang pengusaha yang tahu ada seseorang yang memiliki follower banyak. Mereka berani membayar orang tersebut untuk memasarkan produk mereka. Nah, cara ini pun sekarang juga sudah mulai diterapkan oleh reseller ataupun dropship untuk menjual barang dagangan mereka. 

b. Website (Opsional)

Kanal digital yang lebih tinggi dari media sosial adalah memanfaatkan website sebagai berjualan online. Tentu saja mengelola website dengan mengelola media sosial jauh berbeda. tingkat keribetan dan kesulitannya pun juga berbeda.

Namun dari segi fungsi dan keuntungan sama-sama memberikan keuntungan bagi para pengguna. Tentu saja bagi yang bisa mengelolanya. 

Membuat website memang butuh modal cuan yang bagi mahasiswa lumayan. Tapi buat kamu yang ingin punya website gratisan, tetap bisa loh. Ada banyak penyedia yang memberikan website gratis seperti blogger dan wordpress. Karena gratis, tentu saja tidak boleh banyak maunya. Namun jika itu untuk pemula, menurut saya yang gratis-gratis sudah lebih dari cukup. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

Kecuali buat kamu yang memang memiliki pengetahuan lebih tentang website dan memiliki produk penjualan yang jangkauannya menengah ke atas. Maka bisa membeli website yang lebih besar agar performa website juga semakin ngacir icik iwir. Agar keuntungan pun juga semakin miwir. 

c. Google My Business

Kamu pernah mendengar google my business? Mungkin ada yang jawab familiar dan ada pula yang menjawab asing. Ternyata google my business termasuk kanal digital yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara online loh.

Ada banyak manfaat yang ditawarkan dari google my business, diantaranya sebagai berikut. 

  • Dapat dimanfaatkan untuk mendesain kata kunci pencarian untuk produk atau penjualan yang kamu tawarkan. 
  • Sering juga dimanfaatkan untuk membuat online store yang memudahkan konsumen memilih produk dan langsung bisa membeli dalam satu sentuhan “klik”
  • Sebagai katalog digital, dimana calon konsumen dapat melihat secara lengkap, detail semua katalog yang dijualbelikan. 
  • Jika kamu sering berbelanja online, kamu pasti menemukan ulasan pelanggan bukan? Nah, salah satu manfaat dari google my business adalah membantu melihat review dari para pembeli. 
  • Terdapat fitur chat atau pesan secara online. Sehingga pembeli dan penjual dalam berinteraksi langsung terkait dengan produk yang ingin dicari dan pelanggan butuh informasi lebih terkait produk tersebut. 
  • Buat yang tahu dengan marketing online, google my business juga memberikan local SEO  guna menjangkau target pasar.

Dari semua manfaat google my business di atas, sebenarnya kamu sudah sering menemukan contoh konkrit. Karena dalam kehidupan sehari-hari pun sudah sering kita temukan. Hanya saja kita tidak tahu jika itu termasuk dalam google my business. 

3. Memilih Sistem Dropship

Cara jualan online tanpa modal yang ketiga kamu bisa memilih sistem dropship. Barangkali ada diantara kalian yang bingung membedakan antara dropship dengan reseller? Nah, untuk memudahkan memahaminya, kamu bisa lihat perbedaannya di tabel berikut. 

DropshipReseller
Anggota tidak perlu mengeluarkan uang atau modal sama sekali. Jadi anggota sebagai perantara/makelar atau orang ketiga yang hanya menyebarkan iklan ke konsumen. Anggota wajib mengeluarkan modal atau uang terlebih dahulu. Jadi anggota membeli produk ke perusahaan dengan harga reseller (lebih murah). Barulah anggota menjualnya dengan harga pasaran atau bisa menjual lebih mahal, tergantung kesepakatan.  
Anggota akan mendapatkan keuntungan berdasarkan kesepakatan dan perjanjian dengan pihak perusahaan. Anggota akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari hasil produk yang sudah dijual belikan. Jadi keuntungan yang diperoleh sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Anggota bebas menentukan berapa keuntungan yang diinginkan. 
Produk yang dipesan oleh konsumen bisa diatas namakan lewat anggota, atau bisa juga di atas namakan pihak perusahaan (tergantung kesepakatan dan peraturan dari pihak perusahaan) Barang/jasa yang dipesan konsumen diproses dan di packing sendiri oleh anggota. 
Anggota tidak perlu ribet dan susah payah melakukan packing produk barang/jasa. Karena akan diurus oleh pihak perusahaanDari segi tenaga, reseller lebih ribet karena harus mengurus pengiriman barang, dan melakukan packing sendiri.

Jika dilihat perbedaan di atas, maka cara jualan online tanpa modal disebut dengan dropship. Sayangnya tidak semua perusahaan membuka jasa dropship. Salah satu perusahaan yang menyediakan dropship adalah jualan buku terbitan Deepublish dan kamu bisa daftarkan diri di Daftar Open Reseller Dropship.

4. Unggah Produk

Cara jualan online tanpa modal yang selanjutnya adalah dengan mengunggah produk di kanal digital yang sudah kamu buat. Tips agar unggahan kamu mendapatkan impresi, jangkauan dan daya tarik adalah mengunggah produk secara berkala dan konsisten. 

Saat mengunggah produk, kamu juga penting harus mempelajari tentang copywriting, cara membuat iklan dan memperhatikan konten gambar atau video yang akan di upload. Jangan pasang foto yang sifatnya asal-asalan. Sebisa mungkin buat menarik perhatian. 

5. Promo & Campaign Yang Menarik

Cara jualan online tanpa modal memang tidak selalu sukses dilakukan. Jika hanya pasang foto saja, orang belum tentu tertarik. Maka dari itu butuh trik dan strategi. Misalnya strategi menarik konsumen dengan memberikan promo ataupun melakukan campaign yang menarik. 

Memang cara ini tidak mudah, namun bisa kamu pelajari sendiri Apalagi sekarang semakin banyak ilmu-ilmu tentang marketing online di google. Kamu bisa search, pelajari dan praktekkan. Jika masih pemula, jangan khawatir salah. Coba saja, karena dengan mencoba kamu akan tahu apa yang salah dan apa yang benar. 

6. Jual di Komunitasmu

Bisa juga dilakukan dengan cara lain. Misalnya jual produk barang/jasa ke komunitas. Berbicara tentang komunitas, penting banget untuk memperhatikan jenis komunitasnya. Misalnya, produk yang kamu jual adalah buku. Maka jangan jual produk ke komunitas tanaman. Tetapi juallah di komunitas buku. 

Barangkali ada yang bertanya, gimana jika tidak memiliki komunitas? Sedikit berbagi ke teman-teman semua. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk bergabung ke komunitas. Ada banyak sekali komunitas di media sosial. Komunitas A sampai Z ada di sana. 

Kamu bisa gabung dan berbagi jualan kamu di sana. Nah, pastikan saat berbagi di komunitas, tidak boleh terlalu sering. Kenapa demikian? Karena ada beberapa komunitas di media sosial yang sudah didesain seperti robot. DIa bisa membaca isi yang kamu bagikan. 

Ada beberapa komunitas yang akan menghapus isi jualan dan yang melampirkan link eksternal dari media sosial. Jadi, kamu bisa spoiler dan cari tahu terlebih dahulu terkait dengan aturan komunitas yang kamu ikuti. Hindari pula posting jualan terlalu sering, karena akan dianggap sebagai spam. 

7. Beri Konten Tips & Edukasi

Cara jualan online tanpa modal yang terakhir, kamu perlu berbagi informasi dan tips berjualan itu gimana dan seperti apa. Postingan yang berisi jualan secara terus menerus justru terkesan membosankan dan tidak menarik. 

Maka dari itu, kamu juga perlu memposting tentang konten edukasi. Tentu saja edukasi yang dibagikan tidak jauh-jauh berbeda dengan dagangan yang kamu jual. Misal kamu menjual buku. Maka konten edukasi yang dapat kamu bagikan tentang pentingnya membaca, manfaat membaca, fakta menarik membaca, tips membaca yang menyenangkan dan masih banyak tips-tips lain. 

Meskipun berisi konten edukasi, ternyata masuk ke dalam soft selling juga loh. Jadi secara tidak langsung pembaca diarahkan untuk bersinggungan dan mengenal produk yang kita tawarkan. Nah, bagi pemula cara ini memang sedikit sulit, namun lama kelamaan akan mahir dan terbiasa. 

Itulah beberapa cara jualan online tanpa modal dan alasan berjualan online daripada offline. Cara jualan ini selain dapat kamu jadikan untuk mendapatkan uang tambahan, dapat pula dimanfaatkan untuk melatih jiwa entrepreneur. 

Siapa tahu kamu salah satu regenerasi entrepreneur muda yang mampu mengguncangkan dunia. Siapa tahu kamu salah satu penerus estafet perekonomian yang memiliki perusahaan besar, kemudian mempekerjakan banyak orang Dengan begitu, kamu juga membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran yang tinggi. 

Ingat, menjadi orang besar tidak selalu karena privilege orang tua yang kaya dan berduit. Bisa juga karena kamu memiliki pengalaman dan pekerja keras lewat jalur susah. Ingat, hidup susah bagi orang kaya juga termasuk privilege. Ingat, nasib baik dan buruk ditentukan oleh kemauan diri masing-masing. 

Salah satu cara untuk mengubah kemauan adalah dengan membangun perspektif yang out of the box, tidak malu dan berani menerima kegagalan. Karena kegagalan dan kesalahan adalah guru terbaik. Semoga sedikit ulasan ini memberikan gambaran, arahan, semangat buat kamu mendapatkan cuan.

Pesan terakhir, uang penting tapi jangan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Karena uang tidak dapat membeli kebahagiaan dan kedamaian di dalam hati dan pikiran kita. (Irukawa Elisa).

Open Reseller Buku Tanpa Stok

Mau bisnis jualan tapi bingung caranya dan ga tau cara manajemen stoknya? Aman! Semuanya akan diurus oleh TIM kami dengan sistem dropship. Yuk, daftar Open Reselle Buku Depublish Sekarang juga ya disini Daftar Open Reseller.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :