pojok Reseller deepublish

Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Tips dan Cara Jualan di Instagram Laris Manis | Update

Cara jualan di Instagram
Bagikan

Instagram merupakan salah satu channel marketing yang menarik dan perlu tau cara optimasinya. Ini, 7 cara jualan di instagram laris manis. Tips dan cara jualan di instagram wajib kamu kuasai supaya penjualan dan omsetmu naik.

Banyak penjual usaha bisnis lewat online yang lamban. Padahal kualitas produknya sangat memuaskan dan sangat direkomendasikan. Namun karena tidak tahu strategi jualan di instagram, maka hasilnya pun hanya jalan ditempat. Mengapa kok instagram? Silakan baca disini: 5 Alasan Kenapa Jualan di Instagram

Lalu bagaimana sih cara agar jualan di instagram laris manis? Tentu saja ada strategi. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas tips dan cara jualan di instagram yang efektif itu bagaimana. Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut.

Baca juga: Ide Jualan Mahasiswa Modal 100 ribuan

1. Optimasi Bio Jualan di Instagram

Ternyata tidak semua pemasaran dilakukan lewat marketplace. Kini justru memanfaatkan media sosial, salah satunya instagram. Instagram menjadi incaran empuk untuk perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar, pelaku usaha UMKM pun juga banyak yang melirik usaha mereka di sini. 

Salah satu tips dan cara jualan di instagram yang perlu diperhatikan adalah mengoptimasi bio jualan di instagram. Tidak dapat dipungkiri jika follower akan mengikuti kita berdasarkan kemanfaatan, tingkat hiburan dan informasi. 

Permasalahannya adalah, bio instagram kita tidak akan terjamah dan terjangkau secara luas, jika kita tidak melakukan beberapa cara sebagai berikut. 

A. Memasukan kata kunci yang selaras 

Jika kamu pernah mendengar SEO artikel, ternyata SEO instagram juga ada. Fungsinya jelas, untuk menyisipkan kata kunci yang relevan dengan hasil jualan kamu. 

Contoh 

Daftar Open Reseller

Jika kamu memiliki produk (entah itu produk reseller ataupun produk buatan sendiri. Agar lebih gambangnya, menjadi reseller buku. Maka kamu bisa membuat akun yang serupa misal @belanjabuku; @bukumurah; @bukubaru; @bukupendidikan @bukuliah dan masih banyak lagi yang bisa kamu ciptakan. 

Intinya adalah, buatlah akun yang memiliki cakupan dan ruang lingkup yang relevan dengan barang atau produk yang hendak dijual. 

B. Menggunakan Hastag 

Cara yang kedua untuk mengoptimalkan bio jualan instagram kamu dengan membuat hastag yang relevan di setiap postingan yang kamu up. fungsi hashtag untuk melebarkan jangkauan calon konsumen. Semakin luas jangkauan, semakin berpeluang produk kamu akan dilihat oleh calon konsumen. 

Mungkin ada yang belum tahu, apa sih yang dimaksud hastag? Bagi yang biasa medsos, pasti tidak asing lagi dengan istilah hastag. 

Contoh Hastag 

#jualbuku #bukumurah #bukubaru #reviewbuku #booklovers, #jualbukulawas #bukuantik #suka baca dan lain sebagainya. 

promo 8.8

C. Pasang Foto profil Sederhana 

Penting banget nih memasang foto profil yang relevan. Jika konteksnya instagram untuk jualan. Pastikan jika foto profil dibuat sesederhana mungkin, dan menonjolkan bahwa instagram tersebut adalah instagram bisnis. 

Cara ini setidaknya memberikan kepercayaan kepada calon follower, jika memang instagram produk yang kita kelola berkredibel, profesional dan memuaskan. 

Itulah beberapa hal-hal kecil yang perlu diperhatikan saat mengoptimasi bio jualan di instagram. Meski kelihatan sederhana dan sepele, tetapi sangat berpengaruh besar.

2. Optimasi Caption Jualan Di Instagram

Pentingnya menguasai optimasi caption jualan di instagram. Ternyata caption yang menarik akan mempengaruhi daya tarik calon pembeli untuk membeli produk yang kita jual. Tentu saja caption untuk jualan berbeda dengan caption ketika kita menulis postingan untuk kepentingan pribadi. Pastikan setiap caption yang kamu tulis menarik perhatian calon pembeli. 

Berikut beberapa contoh optimasi caption jualan di instagram. 

HARI INI!Flash Sale Gudang Buku Deepublish Dapatkan diskon senilai 20% langsung saja klik link on bio dan kunjungi akun shopee kami untuk mendapatkan buku-buku best seller kami. Bungkus sekarang juga, karena hanya berlaku dalam 24 jam. JANGAN SAMPAI KETINGGALAN!

3. Waktu Yang Tepat Untuk Posting Jualan di Instagram

Tips dan cara jualan di instagram yang ketiga, perhatikan waktu posting. Ternyata saat memposting hasil jualan kamu tidak sembarangan posting begitu saja. Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu terkait minat follower kamu. 

Pastikan pula saat memposting jualan di instagram tidak boleh terlalu sering. Karena alih-alih ingin mengedukasi tentang produk jualan kamu. Justru follower menganggap sebagai spam atau sampah. Jadi, pastikan untuk memperhatikan waktu, dan perhatikan konten yang diposting minimalisir trik hard selling terlalu banyak. 

4. Gunakan Kata-Kata Promosi Menarik

Jika tadi sudah diulas terkait penulisan caption. Ada satu tips dan cara jualan di instagram laris manis. Pastikan untuk memilih kata-kata yang mengandung daya tarik bagi calon pembeli. Gunakan kata yang sederhana, singkat, padat, dan lugas. Namun memiliki nilai dorongan “segera” membeli produk jualan kamu. 

Adapun beberapa contoh kata-kata jualan di Instagram yang memiliki kekuatan untuk menarik calon konsumen untuk membeli produk kita. Contohnya sebagai berikut. 

“Hari ini murah besok harga naik!”

“Miliki segera produknya, jangan sampai kehabisan”

“Cash back Rp. 200.000,- untuk pembelian senilai Rp. 1.000.000,-“

“Beli hari ini lebih hemat Rp. 100.000,-!”

“Satu-satunya di Indonesia yang berani beri garansi!”

“Hanya produk resmi yang dijual di toko ini”

5. Optimasi Foto Profil

Menjalankan media sosial untuk kepentingan pribadi, dengan kepentingan bisnis tentu saja berbeda. Tidak hanya mengulas masalah konten isi. Tetapi juga masalah foto profil instagram pun juga harus diperhatikan. 

Foto profil instagram untuk jualan, tidak mungkin menggunakan wajah selfie si ownernya. Tapi gunakan foto profil yang dapat dijadikan identitas atau logo usaha kamu. Boleh menggunakan foto orang, asalkan memang relevan dengan nama jualan kamu. 

Misalnya, foto orang yang sedang membawa buu produk kamu, atau foto orang yang menawarkan promo diskon setiap pembelian buku. Cara seperti ini lebih efektif, dan kamu bisa mencobanya sendiri. 

6. Optimasi Hastag

Sudah disinggung sebelumnya jika optimasi hastag pada tiap postingan iklan juga akan mempengaruhi engagement pengunjung. Selain melebarkan jangkauan, optimasi hastag juga dapat berfungsi untuk menjadi calon konsumen yang benar-benar mencari produk yang selaras. 

Nah, ada beberapa tips cara menggunakan hashtag instagram, diantaranya sebagai berikut. 

A. Gunakan hashtag relevan 

Bagian ini sudah di ulas di sub bab  sebelumnya. Dimana admin harus memilih hastag yang masih berkaitan dengan produk yang dijual. 

B. Menyesuaikan Jumlah Hashtag 

Penting banget nih kamu ketahui. Jika penulisan hashtag di badan caption maksimal hanya 30 jumlah hastag saja. Oh iya, jika kamu ingin menambah hastag lagi, bisa menambahkan di kolom komentar hastag yang belum sempat tertulis di bidang postingan. 

C. Menggunakan branded hashtag 

Banyak pelaku yang memanfaatkan hastag dengan cara menggunakan hastag seperti community-related hashtag, general hashtag, niche hashtag and location hashtag. Karena kontek kamu adalah menjalankan usaha, kamu bisa menggunakan branded hashtag yang memiliki jalur yang sama dengan usaha yang kamu jalankan. 

D. Letakan hashtag di instagram fi profil 

Dulu, hastag di profil belum bisa digunakan. Sekarang, penggunaan hashtag di profil sudah dapat kamu gunakan, dan pasalnya cara ini juga cukup efektif diterapkan. Setidaknya menambah tingkat kemanfaatan untuk produk kamu.

Itu hanya beberapa cara optimasi hastag. Masih ada cara lain seperti gunakan hastag dengan cara menyesuaikan trending topik, dan masih banyak lagi. 

7. Pastikan Foto Yang di Publish HD

Tips dan cara jualan di instagram yang tidak kalah penting diperhatikan juga, masalah foto yang hendak diposting. Pastikan foto yang akan dipublikasikan adalah foto HD. Dimana foto menawarkan tampilan visual yang sempurna, jelas dan tajam. 

Foto menjadi daya tarik tersendiri bagi calon viewer. Kita tahu pentingnya foto yang kita posting di instagram tidak sekedar menjual produk, tetapi juga memperkenalkan produk kita kepada viewer yang tidak mengenal sama sekali produk kita. 

Kita tahu bahwa foto salah satu strategi marketing paling efektif. Karena foto sebagai komunikasi visual yang tidak sekedar membuat orang tertarik menyelami lebih dalam. Tetapi juga bisa menikmati visualisasi foto tersebut. 

Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan visual foto. Jika perlu, kamu bisa mendesain tata letak foto agar terlihat lebih sempurna. Misalnya menggunakan aksesoris tambahan, menggunakan lampu tambahan untuk mendukung foto yang baik dan masih banyak lagi yang bisa kamu cari tahu di sana. 

8. Fast Respon

Tips dan cara jualan di instagram yang terakhir adalah cepat tanggap atau fast respons. Biasanya, ketika semua strategi sudah kamu lakukan dengan baik. Biasanya aka nada calon konsumen yang tertarik untuk bertanya-tanya tentang produk kamu. 

Nah, meskipun calon konsumen belum tentu membeli, setidaknya harus cepat dalam merespons dan menanggapinya. Calon konsumen lebih senang dibalas secara tanggap. Tentu saja di tanggi dengan bahasa yang ramah dan santun. Ingat, pelanggan adalah raja. 

Sebaliknya, ketika konsumen bertanya dan dibalas ala kadarnya dan dibalas lamban. Mereka akan pergi begitu saja. Calon konsumen lebih memilih mencari produk yang serupa ditempat lain, dan mencari pelayanan yang lebih fast respon. Tentu saja kita tidak ingin melepaskan satu pelanggan hanya karena keegoisan penjual. 

Dari beberapa tips dan cara jualan di instagram di atas, memberikan perspektif baru. Bahwa media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk flexing dan menghabiskan waktu. Ternyata dapat dijadikan sarana untuk berjualan. Tentu saja  berjualan di media sosial lebih efektif dan lebih murah.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Kuliah Sambil Kerja

Karena kita cukup membuat konten yang menarik. Jika beruntung, usaha kita pun bisa menjadi besar dan dikenal. Dari segi promosi pun juga lebih ramah kantong. Dulu untuk memperkenalkan produk harus menyewa baliho dan membayar iklan baris di televisi atau surat kabar. 

Sekarang? cukup memiliki akun di media sosial (instagram), tanpa membayar ke pihak manapun. Cukup modal kuota internet. kemudian membuat copywriting yang menarik untuk menarik perhatian konsumen. Semua jadi, cuan pun datang mengikuti effort yang kita berikan di media sosial. 

Jadi, bersyukurlah yang hidup di era digital. Karena menjalankan usaha lebih mudah dibandingkan orang jaman dulu. Semoga ulasan tentang tips dan cara jualan di instagram ini bermanfaat. Jangan lupa untuk memanfaatkan digital dengan bijak agar hidup lebih bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Share This Post

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller