fbpx
flash sale toko buku deepublish

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi

cara cek akreditas kampus
toko buku kuliah

Cara Cek Akreditasi Kampus dengan Mudah – Sekarang masih dalam nuansa proses masuk perguruan tinggi. Beberapa hari silam, calon mahasiswa tengah menunggu pengumuman tes masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN. Dalam proses ini, apa sih yang menjadi pertimbangan kalian memilih perguruan tinggi?

Di antara kalian pasti ada yang menjawab ada atau tidaknya jurusan atau program studi yang diminati, jumlah passing grade, atau kualitas perguruan tinggi.

Nah, untuk melihat kualitas perguruan tinggi salah satu caranya adalah melalui akreditasinya. Apakah kalian sudah tahu cara cek akreditasi kampus idaman kalian? Ketika memilih kampus yang nantinya menjadi tempat belajar, kalian perlu mengetahui akreditasinya sebab akreditasi kampus digunakan dalam beberapa hal ini.

Kegunaan Akreditasi Kampus

Tahukah kalian? Nama lain akreditasi adalah pentauliahan. Sederhananya akreditasi berarti pengakuan pemerintahan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta. Sementara itu dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Bab I pasal 1 ayat 32, akreditasi merupakan kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria tertentu.

Lebih jelas lagi dalam pasal 30 ayat 1-4, akreditasi adalah penentuan kelayakan program dan satuan pendidikan di setiap jenjang, jenis, dan jalur pendidikan baik formal maupun non formal. Penilaian ini dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri. Tujuannya agar terjamin akuntabilitas publik yang tinggi. Di Indonesia, lembaga yang berwenang menilai dan menentukan akreditasi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BAN-PT juga menerangkan tentang definisi akreditasi. Dalam dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2019 yang diterbitkan oleh BAN-PT, akreditasi adalah bentuk evaluasi atau penilaian sekaligus mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilaksanakan oleh lembaga atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. BAN-PT sebagai lembaga penilai akreditasi diisi oleh para ahli yang memahami pengelolaan perguruan tinggi, disebut Tim atau Kelompok Asesor.

Tujuan dari akreditasi meliputi:

  1. Menjamin perlindungan kepada masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak sesuai kriteria. Jadi pemerintah mampu mengawasi bila perguruan tinggi yang terakreditasi mempunyai pelayanan tidak sesuai kriteria
  2. Mendorong perguruan tinggi untuk memperbaiki dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian alokasi dan usulan bantuan, transfer kredit, dan pengakuan dari instansi berkepentingan

Lantas apa sebenarnya kegunaan akreditasi untuk mahasiswa? Kebanyakan dokumen tidak membahas poin ini. Lebih seringnya hanya penjelasan mengenai manfaat akreditasi untuk perguruan tinggi itu sendiri dan pemerintah.

Sementara mahasiswa sebagai subjek yang belajar di perguruan tinggi jarang disinggung kaitannya dengan akreditasi ini. Bahkan calon mahasiswa atau alumni perguruan tinggi pun sebenarnya perlu mendapatkan pemahaman tentang akreditasi.

Baca juga : Perbedaan IP dan IPK, Mirip Tapi Tak Sama

Pentingnya Cek Akreditasi Kampus bagi Calon Mahasiswa

Jadi, kalian para mahasiswa, calon mahasiswa, hingga lulusan perguruan tinggi sudah sepatutnya mengetahui akreditasi dan kegunaannya terhadap kehidupan kalian. Mau tidak mau memang harus diakui bahwa beberapa aspek kehidupan kalian berkaitan dengan akreditasi. 

Pertama, saat kalian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain memastikan jurusan atau program studi yang disenangi, kalian juga harus memastikan akreditasi kampus yang kalian tuju termasuk pula akreditasi jurusan dan program studinya.

Perlu diketahui akreditasi memiliki klasifikasi yakni sangat baik (A), baik (B), dan C (cukup). Semakin baik akreditasi maka perguruan tinggi/program studi semakin baik pula kualitasnya mulai dari rasio jumlah dosen dan jumlah mahasiswa, sarana dan prasarana belajar, sistem informasi, kurikulum dan pembelajaran, hingga lulusannya. 

Untuk itu, kegunaan akreditasi kampus akan membantu kalian menentukan pilihan dan prioritas perguruan tinggi mana yang akan menjadi tempat menempuh pendidikan. Sebelum kalian daftar perguruan tinggi, kalian perlu cek akreditasinya dulu. 

Kegunaan kedua adalah akreditasi ini bisa kalian gunakan sebagai bahan evaluasi misal perguruan tinggi kalian nanti ternyata tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kriteria. Misalnya, akreditasi kampus kalian A tapi ternyata rasio jumlah dosen dan mahasiswa timpang sekali dan tidak sesuai dengan kriteria padahal seharusnya sudah sesuai. 

Ketiga, kegunaan akreditasi saat kalian sudah menamatkan kuliah. Saat kalian melamar pekerjaan, tak jarang instansi pemerintah dan perusahaan meminta sertifikat dari BAN-PT yang menunjukkan bahwa perguruan tinggi yang menjadi tempat kalian berkuliah sudah terakreditasi.

Tak jarang perusahaan memberikan syarat pelamar kerja merupakan alumni dari perguruan tinggi dengan akreditasi tertentu. Contohnya, kalian akan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS. Salah satu syarat yang harus kalian penuhi adalah ijazah perguruan tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT.

Baca juga : 10 Cara Belajar Efektif di Kampus Agar Kuliahmu Berfaedah

Cara Cek Akreditasi Kampus di Situs BAN-PT

Mengingat pentingnya akreditasi, kalian harus tahu cara cek akreditasi kampus entah itu untuk melakukan pendaftaran masuk perguruan tinggi atau nanti saat kalian telah menyelesaikan pendidikan tinggi. Terdapat lima langkah mudah cek akreditasi, apa saja? 

Keseluruhan langkah ini dilakukan secara daring. Jadi kalian harus terhubung dengan internet agar dapat mengakses akreditasi kampus. Kalian bisa menggunakan komputer, laptop, atau smartphone.

1. Kunjungi Situs BAN-PT

Cara cek akreditasi kampus yang pertama adalah kunjungi : https://www.banpt.or.id/

2. Pilih Kolom Data Akreditasi

Cara cek akreditasi kampus di ban-pt

Setelah itu pilih kolom `Data Akreditasi` yang tersedia. Terdapat beberapa pilihan setelah kalian menekan kolom tersebut yakni institusi (bila kalian ingin melihat), program studi (terkini), pencarian data akreditasi, usulan program studi baru, dan distribusi peringkat. 

Kalian bisa memilih pencarian data akreditasi (histori) untuk melihat akreditasi perguruan tinggi. Sementara itu bagian program studi (terkini) digunakan untuk  melihat akreditasi program studi.

3. Untuk memeriksa akreditasi kampus klik “INSTITUSI (TERKINI)

cek akreditasi kampus institusi terkini

4. Ketikkan “Institusi / Perguruan Tinggi” yang ingin di cek akreditasinya

Sebagai contoh saya ketikkan “Universitas Gadjah Mada”. Maka akan muncul hasil akreditasi kampusnya.

ketikkan perguruan tinggi yang ingin di cek akreditasinya

Mudah bukan cek akreditasnya?

Baca juga : Cara Cek Plagiasi Skripsi dan Mengidentifikasinya

Cara Cek Akreditasi Program Studi di ban-pt

1. Pilih “DATA AKREDITASI”

2. Pilih “PROGRAM STUDI (Terkini)

3. Ketikkan “Perguruan Tinggi” dan “Program Studi” yang ingin Anda cek.

Bila kalian ingin akreditas program studi maka masuk ke halaman program studi (terkini). Kalian akan diminta memasukkan nama perguruan tinggi dan program studi. Setelah itu muncul status akreditasinya. 

cara cek program studi kampus

Jika Anda ingin membandingkan program studi di banyak kampus, dapat mengetikkan program studinya saja.

Setelah mengisinya, kalian akan diberikan informasi berupa akreditasi perguruan tinggi, SK akreditasi, Tahun SK, wilayah, tanggal kedaluwarsa, dan status kedaluwarsa.

Bagaimana mudah bukan? Empat Langkah tersebut juga terbilang sederhana dan singkat. Kalian tidak perlu mengunjungi secara langsung BAN-PT untuk memeriksa akreditasi kampus. Anda bisa memanfaatkan jaringan internet dan mengakses situs BAN-PT.

Selain akreditasi, kalian juga bisa mengakses informasi lain seperti prosedur dan instrumen akreditasi untuk mengetahui apa saja poin-poin penilaiannya, dokumen peraturan, Undang-Undang, laporan tahunan, dan sebagainya.

Baca juga : 1 Semester Kuliah Berapa Bulan? Ketahui Istilah Tentang Masa Kuliah

Setelah mengetahui cara cek akreditasi kampus, kalian bisa mendaftar perguruan tinggi yang sesuai dan berdasarkan pertimbangan matang. Apabila kalian baru lulus kuliah, pastikan kesesuaian akreditasi di situs BAN-PT dengan sertifikat akreditasi kampus dari BAN-PT.

Selain itu pastikan juga sertifikatnya masih aman karena bisa jadi perusahaan atau lembaga pemerintah meminta berkas tersebut sebagai persyaratan lamaran kerja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang