fbpx

10 Cara Belajar Efektif di Kampus Agar Kuliahmu Berfaedah

cara belajar efektif di kampus
toko buku kuliah

Cara belajar efektif di kampus bisa kamu lakukan dengan berbagai hal, tujuannya adalah agar kuliahmu berfaedah dan tidak sia-sia. Apalagi kita kuliah juga butuh biaya kan? Maka dari itu kita harus memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas-fasilitas di kampus untuk belajar.

Harapannya ketika lulus nanti, kita bisa menjadi mantan mahasiswa yang sukses dan punya sejarah positif di kampus kita.

Namun sebelum masuk ke materi inti, ada satu pertanyaan yang akan saya ajukan. Apakah kamu nyaman belajar di kampus? atau kamu ke kampus karena tuntutan dari orangtua dan terpaksa? Apapun itu, saya harap kamu bisa tetap belajar sampai akhir.

Bagaimanapun juga, ilmu pengetahuan sebagai asset dan sumber kekayaan kita. Dengan ilmu pengetahuan, kita bisa mengenggam dunia. Sedangkan harta tanpa ilmu pengetahuan akan sirna.

Dari pesan saya di atas, kamu lebih memilih ilmu pengetahuan atau harta? Tentu saja memilih ilmu bukan! Nah, salah satu mendapatkan ilmu pengetahuan adalah belajar di kampus. berikut cara belajar efektif di kampus.

10 Cara Belajar Efektif di Kampus

1. Membaca Kurikulum dan Silabus

Bagi mahasiswa terdengar aneh memang membaca tentang silabus dan kurikulum pembelajaran. Karena umumnya yang mengakses dua hal tersebut adalah tenaga pendidik seperti guru ataupun dosen. Meskipun demikian, tidak ada salahnya kamu juga membaca.

Alasan kenapa kamu perlu membaca dua hal tersebut karena di sana akan di paparkan ruang lingkup dan jangkauan apa saja yang akan kamu pelajari. Setidaknya kamu tahu kisi-kisi pembelajaran selam satu semester atau bahkan selama kamu menyelesaikan pendidikan kuliah.

2. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Belajar efektif di mahasiswa bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus. Kita tahu bahwa sebenarnya kampus sudah menyediakan banyak fasilitas untuk mendukung proses belajar mahasiswa, beberapa fasilitas tersebut antara lain perpustakaan, wifi dan masih banyak lagi.

Jika kamu pintar memanfaatkan fasiltas-fasilitas tersebut untuk belajar, tentu akan membantu kamu lebih maju dan lebih efektif dalam belajar.

3. Memanfaatkan waktu Luang

Sudah rahasia umum jika kuliah itu tidak selamannya full dan dosen mengajar. Adakala dosen tidak masuk alias jam tersebut di kosongkan. Nah, momen-momen seperti inilah yang seharusnya dimanfaatkan dengan produktif. Bukannya malah digunakan untuk henghout, ke mall atau ke kafe.

Kamu bisa memanfaatkan waktu luang jam kosong dengan belajar atau sekedar belajar di perpustakaan. Kamu juga bisa mengisi waktu kosong dengan menekuni hobi kesenangan kamu. Misal kamu hobi membuat anime, kamu bisa membuat anime kemudian di kirimkan ke media agar di publikasikan. Kan lumayan, jika di muat kamu bisa dapat honor.

Coba jika honor mengambar mencapai 500.000 itu berarti selama waktu luang atau jam kosong di kampus selama 1 jam, kamub isa menghasilkan 500.000. coba siapa yang tidak mau keuntungan memanfaatkan waktu luang seperti ini.

4. Mencari Mentor dan Relasi Yang Tepat

Kamu pasti tahu jika kita berteman dengan ahli pandai besi, maka kita akan menciup asap pandai besi. Ketika kita berteman dengan penjual parfum, meski badan kita tidak enak, kita tercium wangi. Begitupun saat kita di kampus. kita juga butuh relasi dan mentor yang baik.

Jika teman kita adalah mentor dan orang yang cerdas, meskipun kita tidak genius, paling tidak kita akan bersemangat untuk belajar agar bisa mendapatkan nilai terbaik.

Bagaimanapun juga, teman akan mempengaruhi sikap, semangat, cara berfikir dan sudut pandang kita. Bahkan bisa mempengaruhi cara belajar efektif di kampus, setidaknya tidak menjadi hedon akibat pergaulan yang salah.

5. Belajar Cerdas

Cara belajar efektif di kampus juga bisa kamu lakukan dengan belajar cerdas. Prinsip belajar cerdas adalah belajar menggunakan waktu yang singkat, namun materi yang masuk dalam memory kita lebih banyak. Belajar terlalu lama justru menurunkan daya konsentrasi loh. Kategorisasi belajar lama di atas satu jam.

Jadi, belajar cerdas yang bisa kamu coba cukup gunakan waktu sejam di awal sebaik mungkin. Setelah itu, kamu bisa melakukan hal lain. Setelah itu belajar lagi. Meskipun demikian juga perlu di catat. Setiap orang memiliki karakteristik dan gaya belajarnya masing-masing. Ada juga yang semakin lama belajar, semakin cespleng.

Baca juga : 7 Tips Tugas Mahasiswa Agar Cepat Kelar

6. Ajak Mahasiswa Lain

Belajar sendiri kadang malas dan tidak semangat, tapi jika itu dilakukan sama-sama biasanya akan lebih greget dan tergerak untuk terus belajar. Terlebih lagi, dengan belajar bersama mahasiswa lain kamu memiliki teman untuk berdiskusi, ketika kamu tidak tahu kamu bisa bertanya begitupun juga sebaliknya.

Maka cara belajar efektif di kampus yang keenam adalah dengan mengajak mahasiswa lain untuk belajar bersama, kamu bisa mengajak mahasiswa yang rajin dan pintar. Semoga saja kamu bisa ikut tertular menjadi rajin dan pintar kan? Ha hi hi..

7. Belajar di Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat terbaik untuk belajar efetif di kampus, mengapa? Pertama, suasana tenang dan mendukung. Kedua, banyak buku yang bisa dijadikan sebagai referensi. Ketiga, biasanya terdapat fasilitas wifi, sehingga kita bisa menjelajah internet di perpustakaan.

Kamu bisa datang ke perpustakaan ketika sudah selesai kelas, atau bisa juga untuk menunggu kelas. Biasanya kan antara satu mata kuliah dengan mata kuliah yang lain kan punya jeda, na bisa kamu gunakan untuk berkunjung ke perpustakaan.

8. Jadi Asisten Dosen

Siapa yang berminat menjadi asisten dosen? Ternyata menjadi asisten dosen adalah salah satu cara untuk belajar efektif di kampus. Kamu bisa belajar langsung dengan dosenmu, kamu akan dibimbing pada saat kamu menjadi asisten dosen.

Bahkan jika kamu dapat dosen yang baik hati, bukan tidak mungkin kamu mendapat uang saku. Apalagi itu bisa menjadi nilai tambah dan bisa kamu masukkan kedalam CV mu saat kamu cari kerja nanti.

9. Ikut Organisasi

Mengikuti organisasi memiliki manfaat yang sangat banyak bagi mahasiswa, salah satunya adalah untuk belajar efektif di kampus. Organisasi biasanya tidak hanya terdiri dari mahasiswa satu jurusan saja, tetapi dari lintar jurusan.

Disitulah peluang yang bisa kamu manfaatkan, jika kamu mahasiswa manajemen yang tidak tahu tentang akuntansi maka bisa tanya ke mahasiswa akuntansi yang satu organisasi dengan kamu, simple bukan?

Selain itu, kamu juga bisa belajar soft skills seperti interpersonal, leadership dan kerja sama melalui organisasi tersebut.

10. Lakukan Evaluasi

Siapa bilang review itu hanya untuk review film dan buku saja? Kenyatannya kamu juga penting sekali mereview hasil pelajaran seharian tadi loh. Ada banyak keuntungan kamu melakukan review. Pertama, kamu akan lebih mudah mengingat, sehingga materi yang disampaikan dosen di kelas tidak mudah menguap begitu saja.

Keuntungan kedua melakukan review, kamu menjadi lebih tik tok dalam mepelajari bab tersebut tanpa ada kesulitan yang berarti. Terakhir adalah, saat ujian sekolah, kamu tinggal memanggil memory materi-materi yang pernah kamu review. Jadi, kamu tidak perlu belajar dengan Sistem Kejar Semalam (SKS) lagi. Karena belajar dengan sistem kejar semalam itu menguras energy dan memory yang kita rekam pun lebih cepat hilangnya.

Baca juga : 10 Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Belajar

Itulah cara belajar efektif yang bisa kamu coba dan kamu praktekan di rumah dan di kampus. Jika dari kelima cara belajar di atas kurang sesuai, kamu pun bisa menciptakan caranya sendiri-sendiri loh.

Saya percaya bahwa setiap masing-masing orang sebenarnya sudah memiliki gaya dan carannya sendiri dalam mengyikapi jalan hidup ini. 10 cara belajar efektif di kampus d atas sebenarnya saya tulis untuk memancing pembaca agar bisa menemukan cara belajar efektif yang lain.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah