fbpx
promo toko buku online

Cakupan Hukum Pidana Yang Wajib Kamu Tahu

cakupan hukum pidana
toko buku kuliah

Cakupan Hukum Pidana Yang Wajib Kamu Tahu – Kata hukum pidana adalah hukum yang berlaku atau hukum pidana positif, yang juga didengar dengan us poenale. Hukum pidana positif ini pula ada beberapa poin. Mulai dari perintah dan larangan atas pelanggaran terhadap badan-badan Negara yang berwenang oleh undang-undang dengan ketetapan dalam bentuk saksi terlebih dahulu yang harus ditaati oleh setiap orang.

Jadi, ketentuan dan penetapan yang dikeluarkan dapat did ayakan sebagai reaksi terhadap pelanggaran norma itu sendiri. Yaitu hukum penintesier dan hukum tentang saksi. Nah, buku karya Rahmanuddin Tomalili, S.H., M.H. akan mengupas tuntas hukum pidana loh.

Buku hukum ini cocok buat kamu mahasiswa yang ingin mengambil jurusan hukum pidana. Biar kamu tidak pusing isi yang akan di bahas. Berikut beberapa poin pembahasan yang akan kamu pelajari.

Ketahui Cakupan Hukum Pidana Dalam Buku Ini

Unsur tindakan PIdana

Sebagai buku ajar, pastinya sebelum mempelajari unsur tindak pidana, kamu akan belajar pengertan tindak pidana terlebih dahulu. Tujuannya agar tahu dasar materinya terlebih dahulu, sebelum akhirnya masuk ke poin intinya.

Ada banyak unsur tindak pidana yang belum diketahui masyarakat umum loh. Menurut beberapa ahli, unsur-unsur berbeda-beda. Seperti menurut Simons, Ia menyebutkan ada unsur subjektif dan unsur objektif. Unsur objektif adalah unsur perbuatan orang, akibat yang kelihatan dari perbuatannya dan kondisi tertentu yang menyertai perbuatan itu seperti dalam pasal 281 KUHP sifat openbear atau dimuka umum.

Sedangkan yang terdiri dari unsur subjektif meliputi tiga hal. Yaitu orang yang mampu bertanggungjawab, adannya kesalahan dank arena perbuatan harus dilakukan dengan kesalahan. Beda lagi menurut Moeljatno, unsur tindak pidana digolongkan karena kelakuakn dan akibat, termasuk pula hal ikhwal yang menyertai perbuatan. Nah, lebih lengkapnya, kamu bisa langsung baca dan ulasannya di dalam bukunya langsung ya.

Baca juga : Pengertian Hukum Pidana Materiil Dan Formil

Teori Hukum Pidana

Kelebihan membaca buku yang diterbitkan oleh penerbit deepublish ini, kamu akan mengetahui teori hukum pidana itu apa saja dan bagaimana. Di sini semua akan di ulas tuntas. memang dari segi disampaikan secara teoritis, karena konteks buku ini sebagai buku pegangan mahasiswa.

Adapun di bab ini akan menjabarkan beberapa teori. Mulai dari teori pemidanaan dan teori tujuan pemidanaan. Semua akan di kupas tuntas. mulai dari teori menurut para tokoh maupun teori yang lainnya. Kamu pun juga mempelajari jenis-jenis pemindanaan itu seperti apa.

Sedikit spoiler nih, jenis pidana ada pidana pokok dan pidana tambahan. Nah, yang termasuk pidana pokok adalah pidana mati, pidana pendjara, pidana kurungan pidana denda dan pidana tutupan. Sedangkan pidana tambahan terdiri dari pidana pencabutan hak tertentu, pidana perampasan barang dan pidana pengumuman putusan hakim.

Delik Dalam Hukum Pidana

Pernah dengar istilah delik? Bagi yang tidak mengambil jurusan hukum, pasti asing dengan istilah ini. delik bukan istilah di jawa, yang merupakan mainan tradisional petak umpet. Tetapi delik dalam hukum pidana adalah tindakan tindakan melanggar hukum yang telah dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja oleh seseorang yang dapat dipertanggungjawabkan dan oleh undang-undang telah dinyatakan sebagai perbuatan yang melanggar hukum.

Delik hukum pidana itu sendiri memiliki beberapa unsur. Unsur yang akan dulas di dalam buku terbitan deepublish ini adalah unsur tindakan, unur akibat dan unsur keadaan. Di bab ini, ternya juga ada unsur subjektif dan objektif juga loh. Jadi memang ada banyak poin lagi yang akan dikupas tuntas di sini. Tidak lupa, di sini juga akan di paparkan macam-macam delik, dan ini akan membantu kamu ke depannya nanti.

Berlakunya Hukum Pidana

Tidak dapat dipungkiri, saat mempelajari masalah hukum, tidak terlepas dari aturan Negara dan undang-undang yang telah ada. Selain itu, kamu pun juga akan dituntut untuk mempelajari dan memahami berlakunya hukum pidana itu seperti apa dan bagaimana. Karena hukum pidana dibuat berdasarkan hukum pidana menurut waktu, menurut tempatnya dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang, buku setebal 203 halaman ini mengulas secara menyeluruh dan lengkap. Selain bab di atas, kamu juga akan mempelajari poin materi lain, seperti teori sebab dan akibat. Nah di sana kamu pun juga akan mempelajari dua ajaran, yaitu ajaran kausalitas dan kausalitas dalam undang-undang.

Tidak hanya itu, akan disinggung dan dipaparkan pula tentang peniadaan pidana. Tentu saja peniadaan pidana ini berdasarkan alasan dan ketentuan undang-undang tertentu. Adapun penyertaan, apa sih penyertaan atau deelneming itu? Kamu bisa baca di bukunya saja.

Detail Buku : 

Buku Hukum Pidana
HUKUM PIDANA PAJAK INDONESIA (Materiil dan Formil)
PengarangRahmanuddin Tomalili, S.H., M.H.
Bidang IlmuHukum
ISBN978-602-280-748-3
Halaman203 hlm
HargaRp. 78.500
Beli Buku Hukum Pidana

Itulah sekelumit ulasan tentang cakupan hukum pidana. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan bukunya, bisa langsung kunjungi ke www.penerbitbukudeepublish.com semoga spoiler ini bermanfaat.

Kontributor : Irukawa Elisa

beli buku hukum
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah