Bungkus Buah Sejak di Pohon Salah Satu Cara Memelihara Buah di Pohon

bungkus buah di pohon
toko buku kuliah
Bagikan

Bungkus Buah Sejak di Pohon – Pernahkah  teman-teman memelihara pohon berbuah? Seperti mangga, jambu, jeruk, pepaya dan masih banyak contoh lainnya. Lalu, kenapa buah di pohonnya harus dibungkus?

Ketika kita menanam pohon berbuah tentu saja kita juga mengarapkan buahnya untuk kita bisa nikmati. Kita berharap buahnya sangat lezat atau berkualitas baik. Namun terkadang hasilnya tidak seperti apa yang diinginkan.

Hal itu dipengaruhi banyak faktor, mulai dari bibit tanaman itu sendiri, kecocokan tanah dengan jenis pohon, kesesuaian iklim dengan habitat asli tanaman tersebut maupun masalah yang sebenarnya hanya terdapat dari perawatan tanaman tersebut.

Bungkus Buah di Sejak di Pohon Salah Satu Cara Memelihara Buah di Pohon

Pada umumnya pohon yang kita rawat dengan baik akan berbuah dengan baik secara normal. Tapi pernahkah teman-teman melihat ukuran buah yang sedikit lebih besar dari ukuran buah pada umumnya. Nah, inilah salah satu teknik sederhana yang digunakan.

Melakukan bungkus buah sejak di pohon merupakan salah satu metode sederhana petani buah untuk mengatasi hama lalat buah. Cara dan peralatan yang digunakan metode ini cukup sederhana.

Baca juga : Khasiat Buah Naga

Alat yang dibutuhkan hanya sebuah plastik dengan ukuran menyesuaikan perkiraan volume buah yang akan dihasilkan, jumlah plastik bergantung kebutuhan saja. Ada yang satu plastik untuk satu buah dan bisa juga untuk menampung beberapa buah.

Langkah-langkah dalam membrongsong buah adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan masa awal bunga / bakal buah yang paling banyak muncul.
  2. Bersihkan plastik yang akan digunakan.
  3. Berikan lubang kecil di dua ujung plastik, bisa dengan kita gunting ujungnya.
  4. Ikatkan plastik dengan kondisi bunga masuk di dalam plastiknya, cukup ikat ujung-ujung dari bagian plastik terbuka saja tanpa harus menggunakan tali.
  5. Seperti itu dan usahakan tidak merusak bunganya serta jangan terlalu dekat jarak antara bagian yang dibrongsong agar nutrisi yang masuk ke bunga  /  bakal  buah tetap optimal.

Metode ini baik untuk tanaman yang tumbuh dan berbuah secara normal. Dan untuk hasil yang optimal dari metode ini yaitu dengan memberi pupuk tambahan sesuai kadar nutrisi yang dibutuhkan. Tanaman buah yang sering menggunakan metode ini seperti mangga, jambu air, dan nangka (dapat juga menggunakan karung goni karena ukurannya yang besar).

Sudah punya tanaman berbuah di lingkungan sekitar anda. Selamat mencoba.

Dapatkan buku pertanian hanya di Toko Buku Online Deepublish.

Oleh : Rico Praditya,

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang