flash sale toko buku deepublish

Buku Tentang Sampah

rekomendasi buku tentang sampah
toko buku kuliah

3 Buku Referensi Tentang Sampah Ini Harus Dibaca – Sampah, satu kata penuh masalah. Sudah seberapa sering kita mendengar masalah sampah ini? Tak terhitung tentunya dan sampai detik ini pun permasalahan ini belum terselesaikan. Masalah ini dihadapi oleh masyarakat secara global maupun nasional, termasuk Indonesia.

Di tengah permasalahan sampah yang tak kunjung menemui titik terang ini, upaya-upaya menjaga lingkungan tetap dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan.

Seperti mahasiswa Universitas Airlangga Banyuwangi yang menguasai gerakan Beach Clean Up. Meskipun hal tersebut tak cukup untuk membendung permasalahan sampah tapi langkah individu atau kelompok dalam menjaga lingkungan perlu terus diperjuangkan. Lebih baik lagi gerakan semacam itu kian banyak.

Nah, untuk menjaga lingkungan kita pun tidak bisa asal-asalan. Kita juga perlu belajar bagaimana menjaga dan merawat lingkungan contohnya cara mengelola sampah. Kita bisa mendapatkan pengetahuan pengelolaans sampah dari buku, jurnal, koran, internet, dan sebagainya.

Kabar baiknya, ada 7 buku referensi tentang sampah ini sangat berguna. Kamu, saya, atau siapapun bisa membaca buku untuk belajar pengelolaan sampah. Bila kamu masih mahasiswa dan sedang membahas topik sampah, maka jangan sampai nggak baca 7 buku ini. 

Kajian tentang Sampah

Salah satu jurusan yang umumnya menyelipkan mata kuliah tentang pengelolaan sampah adalah jurusan Teknik Lingkungan. Kamu, terutama yang mengambil jurusan ini, kemungkinan besar akan sering belajar tentang pengelolaan sampah.

Contohnya, Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Di fakultas ini terdapat mata kuliah Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

Sejauh ini sampah memang menjadi masalah serius dan masih terus dikaji oleh akademisi. Sampah bisa jadi ancaman besar di masa depan. Bahkan kondisinya semakin hari semakin memprihatinkan. Tau nggak? ScienceMag pernah merilis data tentang jumlah sampah dunia loh. Hasilnya dari 1950 hingga 2015, jumlah sampah di seluruh dunia meningkat. Tahun-tahun selanjutnya diprediksi jumahnya akan terus meningkat.

Apa kabar dengan Indonesia? Sayangnya, jumlah sampah di Indonesia semakin suram juga nih. Di tahun 2019, jumlah sampah di Indonesia sudah mencapai 66-67 juta ton. Naik 30 ton dari jumlah sebelumnya. Gawat `kan?

Kajian tentang terus bermunculan. Menawarkan perspektif, analisa, dan solusi terkait isu ini. Mahasiswa yang mempelajarinya pun terus bertambah.

Kamu yang kuliah mengambil mata kuliah pengelolaan sampah tidak perlu bingung mencari sumber bacaan karena buku-buku tentang sampah ini bisa didapatkan dengan mudah.

Buku-buku ini membantu mahasiswa untuk belajar tentang sampah. Dosen pun juga bisa menggunakan buku ini. Kira-kira apa saja bukunya? Intip di bawah ini, ya.

Buku Referensi Tentang Sampah

Berikut ini adalah beberapa buku referensi tentang sampah :

1. Buku Memuliakan Sampah: Konsep dan Aplikasinya di Dunia Pendidikan dan di Masyarakat

Buku Memuliakan Sampah

Buku ini ditulis oleh Arundati Shinta dan lima kawannya. Arundati adalah seorang dosen di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Arundati dan kawan-kawannya menulis hasil penelitian yang mereka lakukan selama ini.

Buku yang terbit tahun 2109 ini dibuat dengan argumen awal bahwa masyarakat Indonesia jarang sekali menunjukkan perilaku yang memuliakan sampah. Memuliakan sampah dalam konteks ini adalah memiliki kepedulian terhadap sampah. Seseorang yang memiliki kepedulian maka ia akan kesadaran bahwa sampah bisa merusak ekosistem apabila tidak dikelola dengan benar.

Adanya buku diharapkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah semakin meningkat. Dengan membaca buku ini maka pembaca mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan sampah seperti pengelolaan sampah dengan daur ulang, pengolahan sampah menjadi pupuk, dan sebagainya. Sehingga masyarakat tidak hanya membuang sampah. 

Kamu yang ingin mendalami tentang pengelolaan sampah bisa merujuk buku ini sebagai sumber bacaan, ya. Harga buku ini pun cukup ramah dikantong. Jadi tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk membeli buku ini.

2. Buku Implementasi Kebijakan Persampahan: Pengaruh Sosialisasi, Koordinasi dan Kontrol dalam Penanganan Sampah

Buku Implementasi Kebijakan Persampahan

Ingin belajar tentang masalah sampah dengan perspektif struktural? Buku ini pilihan tepat. 

Ya, jadi buku ini menawarkan sudut pandang yang berbeda dari buku sebelumnya. Bila Arundati beserta teman-temannya melihat permasalahan sampah secara horizontal yakni akibat perilaku masyarakat. Nah, Alwi Smith dalam buku ini justru melihat masalah sampah merupakan permasalahan lintas sektoral. Bukan hanya perilaku masyarakat melainkan ada pula peran pemerintah yang kurang maksimal dan efektif di sini. 

Buku karya Alwi ini bagus dibaca karena kamu akan semakin kaya perspektif. Sudut pandang dalam melihat persoalan sampah ini kian luas dan terbuka. Tidak terkungkung pandangan yang itu-itu saja.

Ketika membaca buku ini, kamu bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana pengelolaan sampah di tataran pemerintah yang berada di puncak struktur. Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 yang memuat tentang perlindungan dan penanganan, pemerintah sudah seharusnya mengeluarkan kebijakan yang efektif untuk mengatasi masalah sampah secara menyeluruh.

Masalah ini tidak bisa hanya bertumpu pada perubahan perilaku masyarakat. Perlu adanya kebijakan yang tepat. Apa yang terjadi jika tidak ditangani dengan benar? Maka persoalan sampah bisa merambat ke persoalan lain yakni masalah sosial. Nggak menutup kemungkinan loh masalah ini akan menimbulkan gesekan antar warga.

Gimana udah yakin belum untuk baca ini? Berpikir dulu sebelum beli buku itu harus tapi jangan lama-lama ya nanti kehabisan loh!

3. Buku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan dan K3

Buku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan dan K3

Dibanding dua buku sebelumnya, buku kali ini mungkin bisa dikatakan lebih tinggi harganya. Namun itu sebanding dengan isinya. Jadi, buku ini mengulas tentang kesehatan lingkungan.

Terbit pada tahun 2017. Jumlahnya halaman sekitar 428 halaman. Buku ini sejenis buku referensi yang bisa kalian gunakan sebagai sumber bacaan terkait kesehatan lingkungan, sanitasi, dan K3. Mengapa Indasah selaku penulis mengambil topik ini?

Menurutnya kesehatan lingkungan di Indonesia ini masih memprihatinkan sehingga perlu perlu diperhatikan. Apabila tidak ada penanganan serius maka bisa menimbulkan masalah seperti ledakan jumlah penduduk, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, polusi udara, hingga masalah gizi.

Buku ini berisi 17 bagian. Pada bagian pertama membahas tentang sejarah kesehatan lingkungan. Kemudian membahas konsep dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan. Mau tau buku ini membahas saja di dalamnya? Eits, beli dulu dong! Banyak bahasan menarik di dalam buku ini.

Indasah, penulis buku ini, memang dikenal sebagai akademisi yang menekuni bidang kesehatan masyarakat. Selain mengajar di Stikes Surya Mitra Husada, ia diketahui kerap menulis buku. Sebelum buku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan dan K3 ini ditulis, Indasah juga menulis buku-buku bertema serupa. Entah itu ditulis sendiri olehnya atau bersama rekan-rekannya. 

Kamu, yang membaca buku ini, akan mendapatkan pengetahuan tentang pembangunan industri dan segala dampak negatifnya terhadap masyarakat terutama dalam hal kesehatan. Pembahasan ini cukup menarik dan pemantik diskusi seru. Sebagai pembaca, kamu diajak untuk memikirkan bagaimana kegiatan industri memacu pertumbuhan tapi di satu sisi juga berpotensi besar merusak lingkungan.

Apa yang disampaikan buku ini akan membuat kamu semakin bertambah wawasannya. Sehingga kamu pun bisa memilih langkah-langkah yang tepat dalam mengelola sampah atau ketika kamu sedang mengulas masalah sampah untuk tugas kuliah maka analisismu bisa semakin tajam dan kuat.

Baca juga : 6 Rekomendasi Buku Geografi Yang Wajib Dimiliki

Nah, itu adalah referensi buku kesehatan tentang sampah. Udah kepikiran belum mau beli dan baca yang mana?

Kontributor: Ana Widiawati

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang