fbpx
flash sale toko buku deepublish

4 Rekomendasi Buku Tentang Narkotika

buku tentang narkotika
toko buku kuliah

4 Rekomendasi Buku tentang narkotika – Siapa yang tidak tahu tentang narkotika? Narkotika adalah bagian dari narkoba dan berasal dari bahasa Inggris “narcotics” yang artinya obat bius.

Secara harafiah pengeritan Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-undang No.35 tahun 2009). 

Cara kerja narkotika mempengaruhi susunan saraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. Daftar lengkap Golongan Narkotika dapat Anda temukan di Permenkes no. 41 tahun 2017. Secara garis besar yang termasuk jenis Narkotika adalah:

  1. Tanaman Papaver, opium mentah, opium masak (Candu, Jicing, jicingko), opium obat, morfin, kokain ekgonina, tanaman ganja dan damar ganja.
  2. Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina
  3. Campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut diatas.

Kini, Narkotika menjadi salah satu musuh terbesar Indonesia. Mengapa demikian? Narkotika menyerang hampir semua kalangan di Indonesia yang dampaknya dapat meresahkan banyak orang. 

4 Rekomendasi Buku Tentang Narkotika

Nah tahukah kamu jika narkotika ini juga ada ilmunya. Buku tentang narkotika ini tentunya dapat membahas segala aspek dari narkoba, mulai fisik hingga psikis. Jika kamu ingin mempelajarinya, ada beberapa rekomendasi buku tentang narkotika yang dapat kamu baca. Berikut ini rangkumannya. 

1. Buku Narkotika dan Penanggulangannya

Buku Narkotika

Buku berjudul Narkoba dan Penanggulangannya”, ditulis oleh Dr. H. Irwan Jasa Tarigan, S.H., M.H. Buku ini terdiri dari 4 (empat) BAB dan semoga dengan terbitnya buku ini dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa, praktisi hukum dan bermanfaat bagi kita semua.

Dalam Buku ini penulis mengkaji dan membahas bagaimana Penanggulangan Narkotika dan dampak yang ditimbulkannya. Pengaturan hukum tindak pidana narkotika dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Berdasarkan Undang-Undang Narkotika terdapat beberapa tindak pidana Narkotika yang harus dilakukan penanggulangannya, diantaranya memproduksi atau mengedarkan secara gelap, menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I, tindak pidana Jual beli narkotika golongan 1, tindak pidana memproduksi, mengimpor dan menyalurkan narkotika golongan 1.

Dengan diterbitkannya buku ini diharapkan akan berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya dikalangan remaja. Hampir semua orang didunia ini tahu akan narkoba, dan sangat berbahaya. Sudah banyak sekali kegiatan kegiatan untuk memberantas narkoba, dan dihukum dengan berat.

Namun, sampai saat ini masih banyak juga yang menggunakan narkoba dan lebih banyak tiap waktunya. Padahal semua juga sudah tahu bahaya narkoba bagi tubuh kita dan berbagai dampak lainnya.

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang.

2. Buku Seputar Perkembangan Sistem Peradilan Pidana Anak & Tindak Pidana Narkotika di Indonesia

Buku Seputar Perkembangan

Jika pada judul sebelumnya lebih membahas mengenai jenis dan zat nya. Maka rekomendasi buku berikutnya seputar perkembangan peradilan pidana anak di Indonesia. Sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa narkotika tidak hanya menyerang generasi tua saja, kini narkotika sudah dikenal dikalangan anak muda hingga anak-anak. Tidak sedikit korban narkotika dari kalangan anak-anak. 

Buku ini mengulas seputar perkembangan sistem peradilan pidana anak di Indonesia dan perihal perkembangan kebijakan hukum pidana dalam penanggulangan tindak pidana narkotika. Ditulis dalam enam bab.Bab yang pertama diversi dalam sistem peradilan pidana anak di Indonesia.

Bab kedua berisimediasi penal dalam sistem peradilan pidana anak. Bab ke-3 perlindungan hak anak melalui diversi dalam sistem peradilan pidana anak. Bab selanjutnya tentang tindak pidana narkotika. Bab kelima penyalahguna narkotika perspektif viktimologi. Buku ini ditutup pada bab keenam penyalahguna narkotika dalam kebijakan hukum pidana di Indonesia.

3. Buku Problematika Keadilan dalam Penerapan Pidana terhadap Penyalahgunan Narkotika

Buku Problematika Keadilan

Pada buku ini, kamu diajak untuk lebih melihat dari perspektif hukum dan keadilan. Buku ini sebagai sarana ekspresi diri dalam berkomunikasi serta untuk terus maju menuju pencerdasan dan pencerahan.

Ini menjadi sebuah motivasi dan dorongan bagi kami di Penerbit Deepublish untuk ikut berikhtiar dalam mencerdaskan dan memuliakan umat manusia, serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan industri processing berbasis sumber daya alam (SDA) Indonesia.

Berdasarkan pandangan, sikap dasar, tujuan itu, maka buku yang berjudul Problematika Keadilan dalam Penerapan Pidana terhadap Penyalahgunaan Narkoba ini diterbitkan.

Buku ini ditulis oleh Dahlan adalah seorang Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe Sumatera Utara yang telah menempuh beberapa pelatihan, diantaranya: Pedoman Perilaku Hakim, Teknis Peradilan, Kepemimpinan, Tindak Pidana Perbankan, Penyelesaian Sengketa Konsumen, dan Penyelesaian Persaingan Usaha.

Buku yang berjudul Problematika Keadilan dalam Penerapan Pidana terhadap Penyalahgunaan Narkoba, berisi/membahas tindak pidana narkotika, kebijakan hukum, penegakan hukum, indepedensi kekuasaan kehakiman, hingga keadilan dalam penegakan hukum yang responsif dan progresif.

4. Buku Peran Badan Narkotika Nasional dengan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dalam Penanganan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

Buku Peran Badan Narkotika Nasional

Jika sebelumnya kita hanya membahas dari sisi korban, pada buku ini kita diajak melihat sisi peran Badan Narkotika Nasional dalam pemberantasan narkoba di Indonesia. Buku ini mengulas dan membahas tentang Peranan BNN yang dapat bekerjasama dengan Organisasi Sosial dan memberantas penyalahgunaan narkoba dan diharapkan akan berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya dikalangan remaja.

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya merupakan bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang.

Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Penyalahguna narkotika tidak mengenal usia, penyalahguna narkotika banyak yang berusia muda serta produktif (ABG) dan masih duduk di bangku sekolah, tetapi di kalangan dewasa sampai orang tua pun ada.

Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba ada dua faktor, yaitu Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian, kecemasan, dan depresi serta kurangnya religiusitas.

Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja, sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik, psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan untuk menyalahgunakan obat-obat terlarang ini.

Anak atau remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai resiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti keberadaan zat, kondisi keluarga, lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang