VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

7 Rekomendasi Buku Tentang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

rekomendasi buku k3
toko buku kuliah

Rekomendasi Buku tentang K3 – Buku tentang K3 tentu dibutuhkan oleh kalian yang sedang menjalani kuliah di bidang teknik manapun. Apa sih sebenarnya K3 itu? 

Secara filosofi, keselamatan dan kesehatan kerja diartikan sebagai sebuah pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan: tenaga kerja dan manusia pada umumnya (baik jasmani maupun rohani), hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Sedangkan ditinjau dari keilmuan, keselamatan dan kesehatan kerja diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam upaya mencegah kecelakaan, kebakaran, peledakan, pencemaran, penyakit, dan sebagainya.

Pengertian Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja diartikan sebagai upaya-upaya yang ditujukan untuk melindungi pekerja; menjaga keselamatan orang lain; melindungi peralatan, tempat kerja dan bahan produksi; menjaga kelestarian lingkungan hidup dan melancarkan proses produksi. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam keselamatan (safety).

  1. Mengendalikan kerugian dari kecelakaan (control of accident loss)
  2. Kemampuan untuk mengidentifikasikan dan menghilangkan resiko yang tidak bisa diterima (the ability to identify and eliminate unacceptable risks)

Pengertian Kesehatan (health)

Kesehatan diartikan sebagai derajat/tingkat keadaan fisik dan psikologi individu (the degree of physiological and psychological well being of the individual).

Secara umum, pengertian dari kesehatan adalah upaya-upaya yang ditujukan untuk memperoleh kesehatan yang setinggi-tingginya dengan cara mencegah dan memberantas penyakit yang diidap oleh pekerja, mencegah kelelahan kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. 

Rekomendasi Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Berikut adalah rangkuman rekomendasi buku tentang K3 dari Penerbit Buku Deepublish. 

1. Buku Dasar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Rekomendasi buku tentang K3 yang pertama berjudul Buku Dasar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) yang disusun oleh Heni Fariatul Aeni. Buku setebal 167 halaman ini menjelaskan tentang dasar-dasar keselamatan dan kesehatan kerja. Ya, buku ini cocok dibaca bagi kamu mahasiswa yang baru saja masuk jurusan teknik lingkungan ataupun K3. 

Dalam buku ini diketengahkan mengenai konsep dasar K3, kesehatan kerja, penyakit akibat kerja, pelayanan kesehatan kerja, kesehatan lingkungan kerja, bahaya di tempat kerja, keselamatan kerja dan kecelakaan, serta alat pelindung diri.

2. Buku K3 Pertambangan, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan

Buku K3 Pertambangan

Rekomendasi buku tentang K3 selanjutnya yakni berjudul Buku K3 Pertambangan, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan. Sesuai dengan judulnya buku ini dikhususkan pada pembahasan di sektor pertambangan. 

Penjelasan pada buku yang memiliki 12 bab ini lebih komprehensif dan banyak menggunakan buku, website resmi organisasi terkait tambang, dan jurnal review sebagai bahan rujukan. Aspek keselamatan dan kesehatan kerja masih jarang dibahas pada dunia pertambangan, padahal pertambangan memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian di sejumlah negara yang sudah tentu harus diatur sedemikian rupa agar keberlangsungannya dapat terjaga dengan turut memperhatikan segala aspek pendukungnya.

Seperti pada perbaikan kualitas sumber daya manusia agar terhindar dari penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja, dan berbagai risiko kesehatan kerja. Hal ini dikarenakan, jika pekerja mengalami sakit otomatis turut akan berdampak pada produktivitas perusahaan.

3. Buku K3 Penerbangan: Sebuah Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Karyawan Air Traffic Controller (ATC)

Buku K3 Penerbangan

Rekomendasi buku tentang K3 juga perlu dibaca mahasiswa penerbangan. Buku yang ditulis oleh Lalu Muhammad Saleh ditulis untuk memberikan wawasan tentang fenomena di dunia penerbangan terutama dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja di sektor penerbangan.

Kajian pada buku ini menitikberatkan pada kajian tentang keselamatan dan kesehatan kerja pada salah satu petugas yang berperan untuk menjaga keselamatan penerbangan tetap terjamin dan terjaga dengan baik yaitu Air traffic controller (ATC) yang ditulis berdasarkan data-data disertasi penulis mengenai safety performance pada ATC di Indonesia.

Buku ini terdiri dari 10 bab diantaranya pendahuluan, mengenal profesi air traffic, keselamatan dan kesehatan kerja penerbangan, performance kerja berdasarkan kajian safety, faktor performance berdasarkan konsep psikologi dan safety, faktor yang berpengaruh pada absenteeism ATC, faktor yang berpengaruh pada tingkat vigilance ATC, hasil kajian kasus ATC di Indonesia, dan yang terakhir adalah model safety performance pada ATC di Indonesia.

4. Buku Profil Dan Implementasi K3 Pada Industri Kreatif Batik Tulis Madura

Buku Profil dan Implimentasi K3

Rekomendasi buku tentang K3 ini juga bisa digunakan pada bidang kreatif. Contohnya buku referensi karya Fitri Agustina yang mengangkat tentang Buku Profil Dan Implementasi K3 Pada Industri Kreatif Batik Tulis Madura. 

Buku ini merupakan hasil Penelitian Hibah Bersaing (Tahun Pertama dan Tahun Kedua) yang bertujuan untuk mendesain model intervensi ergonomi untuk meningkatkan kinerja K3 pada pekerja batik tulis yang dirancang berdasarkan intervensi ergonomi berbasis partisipatori.

Hasil model intervensi K3 berbentuk intervensi pertama yaitu dengan variabel pengetahuan atau pengalaman dan penanganan limbah, intervensi kedua berupa variabel pengawasan dan alat pelindung diri, intervensi ketiga berupa kondisi lingkungan kerja.

Model yang dihasilkan berupa best practice berupa faktor, deskripsi hubungan faktor, indikator keunggulan serta intervensi ergonomi pada tiap-tiap proses sebagai bentuk model implementasi K3 berdasarkan pendekatan Behavior Based Safety (BBS). Selain itu juga dihasilkan model indikator best practice hasil konfirmasi penerapan BBS berupa indikator kinerja serta analog implementasi ergonominya.

5. Buku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan Dan K3

Buku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan dan K3

Rekomendasi buku tentang K3 selanjutnya yakni buku yang ditulis oleh Indasah dan berjudulBuku Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan Dan K3 berfokus pada kesehatan lingkungan khususnya bidang sanitasi. 

Buku ini merupakan buku referensi terkait kesehatan lingkungan sanitasi dan K3, dimana keadaan kesehatan lingkungan di Indonesia masih merupakan hal yang perlu mendapat perhatian, karena menyebabkan status kesehatan masyarakat berubah seperti: ledakan penduduk, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, pembuangan air limbah penggunaan pestisida, masalah gizi, masalah pemukiman, pelayanan kesehatan, ketersediaan obat, populasi udara, abrasi pantai, penggundulan hutan dan banyak lagi permasalahan yang dapat menimbulkan satu model penyakit.

6. Buku Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Buku referensi yang ditulis oleh Sri Larasati menjelaskan secara rinci dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja. 

Buku yang setebal 262 halaman ini ditulis karena penulis terdorong untuk membantu masyarakat umum maupun masyarakat pekerja dalam memahami pengertian K3, dan apa manfaatnya bagi kehidupan, jalinan Kerjasama antar lembaga K3 secara nasional maupun internasional sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mengikuti perkembangan global buku. 

7. Buku Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Buku Talking Safety
Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Rekomendasi buku tentang K3 selanjutnya berjudul Buku Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). Buku yang ditulis oleh Syamsul Arifin ini merupakan kategori buku referensi.

Di dalam buku diulas anggapan-anggapan profesi K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) sering dipandang sebelah mata, bahkan tidak jarang jabatan K3 dipandang sebagai posisi buangan bagi pekerja tua tidak produktif yang karirnya sudah mandek di perusahaan. 

Pandangan tersebut jelas keliru. Di buku ini diulas untuk dapat menjalankan tugasnya dengan benar, seorang profesional K3 memerlukan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang disokong dari beragam rumpun ilmu, diantaranya fisika, kimia, biologi, fisiologi, statistika, matematika, komputer, teknik mekanika, proses industri, bisnis, komunikasi, dan psikologi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang