fbpx

Buku Petani Ikan: Kupas Tuntas Hama dan Penyakit Ikan

review buku hama dan penyakit ikan

Buku Petani Ikan: Kupas Tuntas Hama dan Penyakit Ikan – Hama dan penyakit ikan dianggap pekerjaan yang sulit dipahami. Barangkali kamu merasakan perasaan yang sama saat mempelajari ilmu perikanan, terutama saat berhadapan dengan ilmu hama dan penyakit. Mungkin kamu perlu membaca buku karya Sri Rahmaningsih, karena buku berjudul hama dan penyakit ikan ini dikupas lebih tersistematis. Jadi, buat kamu yang mengaku kesulitan memahami, dengan buku ini pasti akan memahami.

Salah satu penyebab kebingungan memahami ilmu sebenarnya karena bukan kita tidak paham. Tetapi cara pembelajaran dan ilmu yang dipelajari tidak runtut dari awal. Buku ini membahas apa saja sih? Jadi buku terbitan Deepublish ini mengawali pembahasan dengan cara mengidentifikasi macam penyakit yang sesring menyerang ikan. Di ulas juga faktor dan penyebab kenapa ikan bisa terserang penyakit. Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya, langsung saja berikut sedikit review buku, semoga cocok dengan informasi yang kamu cari.

Penyebab Ikan Stress – Hama dan Penyakit Ikan

hama dan penyakit ikan

Memang penyakit ikan itu bermacam-macam dan tergantung dari hama yang menyerangnya. Ada juga yang disebabkan karena ikan tersebut mengalami stress. Wah, ternyata yang bisa stress tidak hanya manusia, tetapi ikan juga bisa stress ternyata.

Sekedar informasi nih, ikan yang memiliki tekanan stressor tinggi dapat menimbulkan perubahan biokimiawi, morfologis dan fisiologis. Hal inilah yang bisa dijadikan sebagai indikator utama yang paling tampak. Perubahan fisiologis, morfologis dan biokimiawi ini juga akan memicu perubahan hormonal yang disebut dengan sindrom adaptif umum.

Timbulnya penyakit yang disebabkan oleh stress yang dialami ikan timbul tidak begitu saja. Bisa karena ada pengaruhnya. Nah pengaruhnya apa? Bisa dibaca langsung di dalam bukunya ya. Selain pengaruh penyebab stress, ikan pun juga akan mengalami respon yang berbeda. Ada tiga bentuk respons yang akan ditunjukan, yaitu respon primer, respons ekunder dan respon tersier. Ketiga respons tersebut juga dijelas lebih detail di dalam bukunya.

Sistem Imunitas Pada Ikan

Penyakit ikan yang menyerang dengan mudah ternyata juga dipengaruhi oleh sistem imun ikan itu sendiri. Jadi, sistem imun itu tidak hanya dimiliki oleh manusia. Hewan pun juga. Kinerja sistem imun pada ikan dapat diartikan sebagai mekanisme yang digunakan badan ikan untuk mempertahankan keutuhan tubuh sebagai perlindungan terhadap bahasa yang dapat ditimbulkan berbagai bahaya dalam lingkungan hidupnya.

Sistem imunitas pada ikan terdiri msistem imun alamiah dan sistem imun non-spesifik. Memang ada perbedaan reaksi tubuh antara manusia dan hewan. Salah satunya adalah ikan.

Pertahanan fisik ikan secara mekanik terdiri dari kulit, selaput lender dan mencegah masuknya berbagai patogen ke dalam tubuh ikan. Jadi, ketika kulit ikan rusak atau tidak menghasilkan endir, maka hewan tersebut pun mudah terkena penyakit seperti infeksi atau virus. Buku setebal 356 ini juga mengulas pertahanan humoral. Pertahanan humoral itu apa sih? Nah, simak ulasan lengkapnya dibukunya.

Mekanisme Proteksi Diri Ikan Terhadap Bakteri

Bagi kamu yang mengambil jurusan perikanan, pastinya juga akan membahas tentang mekanisme proteksi diri ikan terhadap bakteri. Mengingat hama dan penyakit ikan itu bermacam-macam bentuknya. Di bab ini kamu akan berkenalan banyak macam jenis bakteri, yang sebelumnya mungkin kamu belum tahu. Ada yang namannya bakteri vibrio anguillarum, bakteri Yersinia ruckeri, bakteri edwardsiella ictaluri, photobacterium damsela, dan Aeromonas Salmonicida. Ada banyak lagi bakteri lain.

Khusus di bab ini mempelajari karakteristik dan jenis bakteri. Karena bakteri inilah yang paling sering menyebabkan penyakit ikan, dan banyak yang berakhir pada kematian.

Pemeriksaan Hama dan Penyakit Ikan

memeriksa-penyakit ikan

Penyakit ikan yang terkena hama, jika dibiarkan akan semakin banyak korban kematian. Oleh sebab itu, kita juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap penyakit pada hewan. Pemeriksaan terhadap ikan yang terserang penyakit mutlak harus dilakukan sebelum melakukan tindakan pengobatan. Ikan yang terkena penyakit kadang dapat dilihat dari perubahan tingkah laku. Seringkali pembudidaya ikan terlambat mengatasi serangan penyakit hanya karena tidak mampu mendeteksi serangan hama.

Ciri ikan yang kurang sehat biasannya menunjukan perilaku yang menyimpang seperti menyenderi dari kelompoknya, ikan sering menggosokan tubuhnya ke benda yang ada di sekelilingnya. Frekuensi pernafasan meningkat dan lebih sering tinggal di sumber air masuk. Dari gerak motorik, seperti berenang lebih lamban, nafsu makan turun dan sering ke permukaan air.

Nah, jika ikan sudah menunjukan gejala tersebut, wajib untuk segera memeriksakan agar diberi tindakan atau pencegahan penyebaran hama dan penyakit ikan ke yang lain. Nah, di buku ini juga mengulas bagaimana pemberian tindakan. Misalnya dengan memberikan pemeriksaan dengan cara sampling. Di sini ada berbagai macam pengambilan sampel yang bisa kamu pelajari lebih lanjut.

Kenali Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Budidaya

Buat kamu para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di tempat budidaya ikan. Kenali hama dan penyakit ikan yang sering menyerang. Nah, di bab ini kamu akan dikenalkan banyak bakteri yang sering menyerang dan pencegahan yang harus kamu lakukan. Misalnya kamu harus mengetahui gejalanya ikan bagaimana, cara pengobatannya bagaimana dan diulas juga cara mendiagnosis apakah budidaya ikan kamu terserang bakteri/virus, dan hama atau tidak.

Itulah beberapa hama dan penyakit ikan paling penting dipahami. Buku perikanan ini memang mengulas lebih banyak dan mendetail tentang dunia perikanan, namun tidak mungkin ditliskan di sini. Semoga review buku ini semakin membuatmu lebih mantab membeli dan mempelajari buku ini. Semoga bermanfaat.

Detail Buku Hama dan Penyakit Ikan

Buku Hama dan Penyakit

Beli bukunya sekarang >> Buku Hama dan Penyakit Ikan

Pengarang Sri Rahamaningsih
Bidang Ilmu Perikanan dan Kelautan
ISBN 978-602-401-269-4
Ukuran A5
Halaman 363
Harga Rp.103.000

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Baca Juga :