fbpx
flash sale toko buku deepublish

7 Daftar Buku Mahasiswa Kedokteran Wajib Kamu Baca

buku mahasiswa kedokteran
toko buku kuliah

7 Daftar Buku Mahasiswa Kedokteran – Buku mahasiswa kedokteran terlengkap dan ramah kantong ya hanya di toko buku online Deepublish. Memang tidak semuanya ramah kantong, setidaknya banyak penawaran harga yang bisa kamu pilih, sesuai dengan harganya.

Dari segi variasi judul buku mahasiswa kedokteran Deepublish pun juga banyak pilihan. Tentu saja koleksi buku-bukunya tidak bisa diperoleh disembarang tempat. Hanya bisa kamu dapatkan secara online. Penasaran bukan bukunya apa saja? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini berikut beberapa saran buku yang mungkin pas dan cocok untuk kamu baca. penasaran, berikut ulasannya.

Daftar Buku Mahasiswa Kedokteran Wajib

1. Buku Genetika Belajar Genetika Dengan Mudah dan Komprehensif

Buku Genetika Belajar

Buku mahasiswa kedokteran yang disarankan adalah karya DR. Elya Nusantari yang berjudul Genetika, belajar genetika dengan mudah dan komprehensif. Buku yang dikemas setebal 258 halaman tentu saja ada banyak poin pembahasan yang akan di perkenalkan. Siapa bilang jika ilmu genetika adalah cabang ilmu yang mudah dipahami? Meskipun cabang ilmu satu ini tidaklah, penulis mengemasnya sesederhana mungkin, agar pembaca lebih mudah mempelajarinya.

Salah satu sebab terjadinya kesulitan memahamim konsep genetika memang ada banyak alasan. salah satunya pendekatan dan hubungan di antara konsep kurang diperhatikan, sehingga informasi yang disampaikan melompat-lompat. Padahal cabang ilmu ini sangatlalh penting. Apalagi di era teknologi canggih seperti sekarang. Dimana perkembangan sains modern harusnya menyiapkan generasi yang melek dalam bidang bioengineering ataupun bioteknologi.

2. Buku Instrumen Bedah Jantung Pediatri Untuk Mahasiswa Kedokteran

Buku Instrumen Bedah
Instrumen Bedah Jantung Pediatrik

Buku mahasiswa kedokteran mungkin cocok seperti yang kamu cari, yaitu buku instrumen bedah jantung pediatrik, karya Yudha Krisnadia. Tentu saja di bab ini kamu akan mempelajari tentang jantung. Karena buku ini bisa dikatakan adalah buku khusus jurusan kedokteran dan pkeperawatan jantung, maka wajar jika di bab ini kamu akan mengorek lebih lengkap.

Penulis sengaja menuliskan buku ini untuk calon perawat bedah jantung pediatrik. Karena bagaimanapun juga, seorang perawat wajib mengetahui ilmunya, agar perawatannya pun tepat sasaran. Untuk memudahkan hal itu, maka penulis sengaja mengemas buku ini disetiap awal bab, akan dipaparkan tentang instrumen bedah jantung, dimana sering pula digunakan pada operasi kasus pediatrik.

Tentu saja di bab awal-awal, kamu akan diperkenalkan tentang instrumen bedah secara umum. Fungsinya jelas, agar tidak terjadi kesalahan atau semacamnya. Barulah kamu baru akan diajak masuk dan diperkenalkan dengan instrumen bedah jantung pediatrik itu sendiri dan instrumen khusus.

Nah, di bab inilah kamu akan diarahkan bahwa ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan operasi. Misalnya mulai dari insisi sampai dengan menutup jaringan kulit. Dibagian akhir bab, barulah akan dipaparkan tentang pemeliharaan instrumen itu sendiri bagaimana dan seperti apa.

3. Buku Etika Kedokteran

Buku Bioetika Kedokteran

Buku mahasiswa kedokteran dari segi harga murah meriah, bisa kamu dapatkan hanya dengan 75.500 rupiah saja. BUku tersebut berjudul etika kedokteran, karya Yandri Naldi. Buku yang dikemas 62 halaman tentu saja menjelaskan dan memaparkan etika kedokteran. Bagi yang sudah masuk ke jurusan kedokteran, pastinya sudah tahu etikanya apa saja.

Buku ajar terbitan Deepublish ini menekankan pentingnya calon dokter menguasai etika. Fungsinya jelas, agar tidak terjadi kesalahan dan tahu betul apa yang harus dilakukan oleh seorang dokter. Setidaknya dengan hadirnya etika kedokteran, seorang dokter harus bertingkah laku selayaknya dokter yang profesional.

Tahukah kamu jika etika kedokteran ternyata tidak sekedar memahami peraturan seorang dokter saja loh. Tetapi kamu juga akan mempelajari jenisjenis etika, alasan dan pentingnya etika kedokteran. Sampai akan diperkenalkan dengan bioetika dan prinsip dasar biotika. Apabila ada seorang dokter yang melanggar etika seorang dokter, sudah pasti akan mendapatkan tindakan dan sangsi dari Majelis Kehormatan Etika Kedokteran (MKEK) IDI (Ikatan Dokter Indonesia) untuk dimintai pertanggungjawabannya.

Tidak tanggung-tanggung, persidangan MKEK ini sebenarnya sebagai upaya dan langkah untuk mempertahankan akuntabilitas, keluruhuran profesi dan profesionalisme seorang dokter loh. Dari sedikit ulasan di atas, Buku mahasiswa kedokteran tentang etika kedokteran sangat penting dan wajib kamu pahami dan hayati keberadaannya.

4. Buku Epidemiologi Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kedokteran

Buku Epidemiologi Kesehatan
EPIDEMIOLOGI KESEHATAN REPRODUKSI

Buku mahasiswa kedokteran yang menyangkut tentang reproduksi yang direkomendasikan adalah karya Jeini Ester Nelwan. Buku setebal 134 halaman yang berjudul epidemiologi kesehatan reproduksi ini di dedikasikan untuk masyarakat umum dan mahasiswa yang ingin mempelajari lebih mendetail tentang kesehatan reproduksi.

Jangan salah, edukasi kesehatan reproduksi sangat penting. Apalagi jika melihat kemajuan dan gaya hidup saat ini yang semakin memprihatinkan. Karena dampak pola makan dan gaya hidup tidak sehat, bisa menimbulkan banyak hal. Nah, semua permasalahan tersebut akan kamu pelajari di buku ini. Ada beberapa poin yang akan kamu pelajari. Diantarannya kamu akan belajar konsep kesehatan reproduksi dan epidemiologi kesehatan reproduksi, dan membahas tentang proses kehamilan sampai menyusuai.

Menyinggung masalah kesehatan yang seringkali menimpa orang-orang disekitar kita. Maka di buku ini pun juga akan membahas epidemiologi masalah kesehatan reproduksi juga loh. Nah, karena buku ini bisa dikatakan adalah buku yang teoritis, tidak heran jika buku ini pun disampaikan menggunakan bahasa ilmiah, dan bahasa baku.

Sehingga lebih bekerja keras untuk mempelajari istilah-istilah asing dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Tampak sekali buku ini sangat ilmiah, ketika kita masuk di bab empat, kita akan mempelajari pendekatan analisis epidemiologis masalah kesehatan reproduksi. DI sana sangat kental jiwa akademiknya. Jadi, dibandingkan untuk umum, buku ini lebih tepat untuk mahasiswa di bidang kesehatan, keperawatan atau di bidang kedokteran.

Bagi mahasiswa, penggunaan bahasa asing mungkin sudah tidak asing dan tidak biasa. Jadi saat mahasiswa membaca di bab lima, yang membahas konsep epidemiologi dalam menganalisis masalah kesehatan reproduksi, di jamin sudah tidak pusing lagi dengan istilah-istilah kedokteran dan semacamnya.

Adapun bab yang akan kamu pelajari di sana, diantarannya akan membahas penilaian risiko kesehatan reproduksi, membahas masalah gangguan selama kehamilan, mempelajari aspek epidemiologi dan membahas infant mortality rate hingga perinata mortality rate. Pastinya masih banyak lagi deh, tidak muat dipaparkan di artikel ini.

5. Bunyi Fisiologi Aplikasi Mekanika Dalam Dunia Kedokteran

Buku Bunyi Fisiologis

Buku mahasiswa kedokteran yang cakupannya lebih dalam lagi adalah buku karya Nurida Finahari. Buku berjudul Bunyi Fisiologis Aplikasi Mekanika Dalam DUnia Kedokteran akan memperkenalkan teori dasar mekanika bunyi. BUnyi mekanika ternyata dapat digunakan sebagai pengingat arti dan definisi, masih penasaran bukan? kamu bisa baca langsung seperti apa dan bagaimana maksudnya di dalam buku terbitan Deepublish.

Di buku setebal 257 halaman juga akan mengajak kamu berkenalan dengan teori pembentukan suara dalam tubuh manusia yang dihasilkan oleh sistem pernafasan dan jantung. Barulah masuk di bab selanjutnya, suara tersebut dihasilkan dari proses rambatan bunyi. Lebih lengkap sumber dan proses rambatan bunyi, kamu bisa baca di bab 4 di buku karya Nurida.

6. Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien – Buku Mahasiswa Kedokteran

Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien

Dokter yang baik selalu memperhatikan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, dua hal itu adalah prinsip dasar yang harus dipegang teguh oleh setiap dokter dalam memberikan pelayanannya.

Keselamatan pasien adalah tantangan yang harus diperhatikan, resiko terburuk yang menimpa pasien bisa saja terjadi apabila dokter menyepelekan keselamatan pasien. Terlebih lagi pasien juga dapat menuntut dokter apabila terjadi malpraktek (kesalahan) dalam merawat atau memberikan pengobatan kepada pasien. Untuk itulah dokter harus memperhatikan keselamatan pasien dan SOPnya.

Keselamatan pasien adalah bebas dari cidera fisik dan psikologis yang menjamin keselamatan pasien, melalui penetapan system operasional, meminimalisasi terjadinya kesalahan, mengurangi rasa tidak aman pasien dalam sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan pelayanan yang optimal (Canadian Nursing Association, 2004).

Dalam buku ini akan dibahas secara detail dan tuntas terkait keselamatan pasien dan mutu pelayanan, sehingga dapat dijadikan sebagi pedoman dan panduan dalam memberikan pelayanan yang optimal. Disitulah pentingnya mahasiswa kedokteran untuk memiliki buku yang satu ini.

7. Buku Kebijakan Penunjang Medis Rumah Sakit (SNARS)

Buku Kebijakan Penunjang
Kebijakan Penunjang Medis

Buku mahasiswa kedokteran selanjutnya adalah buku kebijakan penunjang medis rumah sakit (SNARS), Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang kebijakan penunjang medis, bab dua membahas tentang radiologi, bab tiga membahas tentang farmasi, bab empat membahas tentang laboratorium, dan bab lima membahas tentang contoh-contoh SOP (Standar Operasional Prosedur)  pelayanan radiologi dan laboratorium.

Nah bagi kamu yang ingin belajar tentang manajemen rumah sakit, maka buku ini sangat cocok untuk kalian pelajari. Langsung dapatkan di toko kami.

Kurang lebih itu adalah 7 Daftar Buku Kedokteran yang Wajib Mahasiswa Kedokteran miliki. Kamu juga bisa lihat buku-buku yang lain dalam kategori : Buku Kedokteran.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang