Logo Baru April

Apa itu Keamanan Sistem Informasi: Review Buku

Buku Keamanan Sistem Informasi
toko buku kuliah
Bagikan

Keamanan sistem informasi sekarang sedang populer dibicarakan. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini dunia digitalisasi sudah menjadi kebutuhan hidup. Semua orang mengakses internet untuk kepentingan dan kebutuhan yang penting sampai yang tidak penting sama sekali. 

Besarnya pengguna internet, tentu saja mendorong para pelaku kriminal melakukan aksi kejahatan mereka. Maka tidak heran jika setiap Negara memiliki keamanan terhadap sistem informasi sendiri-sendiri. Salah satunya buku karya Yurindra dalam buku berjudul keamanan sistem informasi akan mengajak kamu mempelajari seluk beluk di dunia sistem informasi. 

Bisa dibilang buku tentang sistem informasi akan mempelajari dunia keamanan di bidang sistem informasi yang hanya diketahui oleh seorang praktisi keamanan sistem. Ada beberapa karakteristik perusahaan yang perlu dilindungi aset dan fasilitas sistem informasi. Tentu saja system manajemen pengamanannya tidakla abal-abal. 

Kejahatan di dunia digital

Kembali ke tindak kejahatan komputer dan internet. Era sekarang sudah tidak jaman merampok menggunakan senjata tajam dan menodong di depan korban. Sekarang perampok bekerja lebih halus, yaitu dengan melakukan hacker sistem informasi untuk menggali sebanyak-banyak uang yang dimiliki si korban. 

Banyak contoh kasus kejahatan komputer dan internet, misalnya pembobolan bank dan pencurian kartu kredit. Rata-rata kejahatan yang paling sering memang kejahatan yang menyasar pada dunia perbankan. Karena bank memang dalam segala transaksi dan segala halnya masih bergantung pada internet dan komputer. 

Sehingga potensi untuk dilakukan hacker atau peretasan lebih mudah. Ada satu hal yang menarik lagi nih, kejahatan internet pada perbankan korban paling banyak adalah nasaba. Kenapa demikian? Karena keamanan paling lemah adalah nasabah, bukan perusahaan atau lembaga perbankan. 

Istilah-Istilah Kejahatan Komputer

Buku terbitan Deepublish ini juga akan mengajak kamu berkenalan pada beberapa istilah dunia kejahatan komputer. Misalnya ada istilah kejahatan computer abuse, yaitu tindakan sengaja dengan melibatkan satu pelaku kejahatan atau lebih sehingga dapat diperoleh keuntungan bagi pelaku. 

Ada juga istilah computer crime yang merupakan tindakan melanggar hukum yang membutuhkan pengetahuan tentang komputer dengan baik. Terakhir adalah istilah computer related crime adalah kejahatan yang masih ada hubungannya dengan komputer yang tidak terbatas pada kejahatan bisnis kerah putih atau ekonomi saja. 

Teknologi tidak selamanya memberikan keuntungan bagi penggunannya. Tetapi juga menawarkan sisi kekurangan. Akhir-akhir ini banyak kejahatan. Salah satu alasan pesatnya pertumbuhan hacker dunia (termasuk di Indonesia) karena banyak hal. Diantaranya adanya buku panduan dan fasilitas dari Internet itu sendiri. 

Hal yang menarik yang akan kamu dapatkan setelah membaca buku ini adalah, kamu menjadi tau cara hacker menjalankan operasi mereka. Tentu saja ini sangat membantu buat kamu yang punya mimpi menjadi tim keamanan sistem. Ternyata menjadi tim keamanan sistem digital saat ini dianggap keren dan seksi. Tentu saja juga dibutuhkan Negara untuk menjaga keamanan data-data penting Negara. 

Setidaknya setelah membaca buku ini, kamu akan mempelajari tentang istilah-istilah asing dalam dunia digital dan internet. Bagi orang awam, ternyata ada banyak sistem operasi yang tidak menjamin keamanan. Alasannya sederhana, karena semakin banyak dan tinggi permintaan. Sehingga pengembang tidak sempat melakukan uji coba. Hasilnya, sistem operasi keamanannya masih dipertanyakan.

Daftar Reseller

Maka tidak heran jika banyak orang yang menanyakan apakah sistem operasi mereka aman atau tidak. Kamu pun juga bisa mengetahui aman tidaknya sistem operasi yang kita jalankan setelah membaca buku setebal 218 halaman ini. 

Buku Keamanan Sistem Informasi

Buku karya Yurindra yang berjudul “Keamanan sistem informasi” ini dibagi menjadi beberapa bab. Diantaranya manajemen keamanan dalam sebuah sistem informasi, kerawanan sistem, domain utama dunia sistem informasi, manajemen risiko, penilaian kebijakan keamanan sistem informasi berdasarkan ISO 27001, pengenalan tools dalam teknik keamanan sistem, cybersex, digital evidence dan komputer forensic dan masih banyak lagi. 

Buku ini sangat cocok dibaca calon kepolisian yang ingin fokus di forensic. Cocok juga buat masyarakat umum yang memang memiliki minat di dunia keamanan dalam bidang sistem informasi. Buat kamu yang tertarik mendapatkan buku ini, bisa langsung pesan Buku Keamanan Sistem Informasi.  Atau bisa juga didapatkan lewat marketplace kesayangan kamu. (Irukawa Elisa)

Deskripsi Buku

Judul Buku  Keamanan sistem informasi
PenerbitDeepublish 
PengarangYurindra, S.Kom., M.T.
ISBN 978-602-280-432-1
UkuranA5
Halamanx, 218 hlm
HargaRp. 81.000
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :