fbpx
flash sale toko buku deepublish

9 Rekomendasi Buku Ekonomi Best Seller

rekomendasi buku ekonomi best seller
toko buku kuliah

9 Rekomendasi Buku Ekonomi Best Seller – Sedang dihadapkan pada tugas yang seabrek dan harus selesai? Buat para mahasiswa yang mengambil jurusan ekonomi, maka rekomendasi buku ekonomi yang akan dibahas berikut cocok buat kamu. Karena kamu disini akan mempelajari beberapa rekomendasi seperti eknomi makro, mikro, ekonomi pembangunan dan masih banyak lagi. 

Mengingat cabang ilmu sebagai cabang ilmu yang memiliki turunan ilmu lainnya. Maka beberapa rekomendasi buku ekonomi dibawah ini adalah buku yang perlu dan patut kamu tahu. 

9 Rekomendasi Buku Ekonomi Best Seller

1. Buku Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro Analisi

Rekomendasi buku ekonomi yang pertama yang tidak kalah penting kamu baca adalah buku ekonomi mikro. Caban ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang konsumen dan perusahaan yang ruang lingkup lebih kecil. Sifat cakupannya dalam skala nasional. 

Contoh pembahasan buku ekonomi mikro adalah pertumbuhan ekonomi secara nasional, pendapatan nasioanal dan termasuk masalah inflasi yang terjadi di Indonesia. Secara praktek, pembahasan yang akan kamu pelajari di dalam buku ini mempelajari beberapa teori.

Mulai dari teori permintaan dan penawaran, dimana keduanya saling mempengaruhi permintaan dan penawaran itu sendiri. Selain itu kamu juga akan mempelajari teori produksi dan teori distribusi. Beberapa teori inilah yang nantinya akan mempelajari beberapa teori tersebut dijalankan yang baik dan proporsional, agar tidak terjadi permasalahan ekonomi mikro. 

2. Buku Ekonomi Makro

Buku Ajar Makro Ekonomi

Rekomendasi buku ekonomi yang kedua yang wajib kamu baca adalah buku ekonomi makro. Cabang ilmu satu ini lawan dari ekonomi mikro. Eknomi makro sebagai cabang ilmu yang memiliki jangkauan fokus yang lebih luas. konteksnya tidak sekedar nasional, tetapi sekelas internasional.

Karena konteksnya kelas internasional, adalah mempelajari tentang impor dan ekspor. Ketika kamu membaca buku eknomi makro, tipis-tipis kamu akan mempelajari sedikit ilmu politik ekonomi. Karena selain mempelajari kebijakan impor dan ekspor, kamu pun juga akan fokus pada kebijakan-kebijakan internasional. Termasuk juga membicarakan tentang pendapatan sebuah negarara. 

3. Pengantar ilmu ekonomi

Buku Pengantar Ilmu

Buat mahasiswa yang baru masuk, kamu wajib memiliki buku pengantar ilmu ekonomi. Sesuai dengan judulnya, berisi pengantar ilmu ekonomi yang perlu kamu pelajari apa saja. Karena banyak sekali banyak buku pengantar ekonomi dari beberapa penulis. Maka kamu bisa memilih buku sesuai dengan kebutuhan. 

Jika malas mencari buku pengantar ilmu ekonomi, maka rekomendasi buku ekonomi yang disarankan ada buku karya Jimmy Hasoloan terbitan Deepublish yang berjudul Buku Pengantar Ekonomi. secara garis besar, buku ini akan memperkenlkan tentang kebutuhan manusia. Dimana manusia memiliki tiga kebutuhan, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Tidak hanya mempelajari dunia konsumsi pangan, tetpai juga kan mengulas tentang kekuasaan dan kekayaan juga loh. 

Rekomendasi buku ekonomi best seller tentang pengantar ekonomi yang dapat kamu baca adalah karya Muhammad Iskandar. Di buku tersebut mencakup beberapa materi seperti mempelajari hubungan produksi, distribusi, konsumsi barang-jasa dan mempelajari tentang pertukaran. Sebenarnya banyak rekomendasi buku ekonomi yang bisa kamu dapatkan secara gratis lewat marketplace maupun lewat masing-masing website dari masing-masing penerbit buku. 

4. Pengantar Ekonomi Pembangunan

Buku Pengantar Ekonomi

Barangkali kamu sedang mendapat tugas tentang ekonomi pembangunan? Maka rekomendasi buku ekonomi yang bisa kamu gunakan adalah karya Aris Triyono, buku yang berjudul pengantar ekonomi pembangunan ini akan membahas tentang hakikat pembangunan dalam sudut pandang perekonomian.

Termasuk pula akan mempelajari indikator pembangunan dalam ekonomi itu apa saja. Sebagai buku ajar, tentu saja di dalam buku tersebut juga akan membahas tentang teori pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. 

Termasuk pula dalam distribusi pendapatan dan kemiskinan. Sebagai cabang ilmu yang fokus pada pembangunan ekonomi, maka di bab lima pun juga akan dipaparkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan itu sendiri, termasuk pembangunan ekonomi daerah, pembangunan pertanian hingga pembangunan kependudukan dan tenaga kerja.

5. Pengantar ekonomi politik

Buku Pengantar Ekonomi
Pengantar Ekonomi Politik

Karena cabang ilmu ekonomi memang memiliki banyak cabang ilmu. Nah, buat kamu yang mencari buku pengantar ekonomi politik, ada satu rekomendasi buku ekonomi yang pas buat kamu. buku setebal 199 halaman karya Cahyo Sasmito dan Dyanasari inilah salah satunya. Di sini kamu akan belajar tentang ilmu ekonomi dari segi politik. 

Isi buku yang akan dibahas akan mengulas tentan gprinsip ekonomi pooliti, pembangian ilmu ekonomi, dan mempelajari sejarah kapitalisme di Indonesia. Sebagai buku ajar, tentu saja nantinya kamu akan berkenalan dengan teori dari para tokoh berpengaruh.

Seperti teori Adam Smith dalam menyikapi ekonomi politik dan masih banyak lagi. Selain itu, juga akan mempelajari tentang kapitalisme, liberalisme dan implementasi ekonomi itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

6. Buku Ajar Pengantar Bisnis

Buku Pengantar Bisnis

Barangkali kamu sedang fokus mengerjakan tugas pengantar bisnis? Buku terbitan Deepublish pengantar bisnis karya H. Agus Thoha adalah jawaban yang pas. Dibuku ini kamu tidak hanya mempelajari tentang ekonomi bisnis saja, tetapi juga akan mempelajari perusahaan lingkungan perusahaan, bentuk badan usaha, kewiraswastaan dan perubahaan kecil. 

Pada dasarnya, ilmu pengantar bisnis memiliki cababng ilmu yang lain. DIantarannya fokus pada akuntansi atau laporan keuangan, termasuk dalam teknik analisis meramalkan kas perusahaan. Baik untuk tingkat nasional maupun tingkat internasional.

7. Pengantar Hukum Bisnis

Buku Pengantar Hukum

Rekomendasi buku ekonomi yang tidak kalah kerena adalah buku pengantar hukum bisnis karya Wiyanto. Buku setebal 181 halaman ini mengemas materi tentang hukum bisnis dengan bahasa ringan, mudah dipahami dan tentu saja lebih praktis. 

Lantas, hukum binisni itu ilmu apa sih? Buku hukum bisnis adalah hubum yang akan mengatur tentang aturan kegiatan bisnis. Meliputi menjelaskan tentang penjelasan hak dan kewajiban dalam kegiatan bisnis. Sebenarya buku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat yang menjalankan bisnis. Baik itu bisnis besar ataupun bisnis kecil.

8. Pengantar Manajemen

Buku Pengantar Manajemen

Ketika mempelajari ilmu ekonomi, pasti akan bersinggungan ilmu pengantar manajemen. Sebagai buku manajemen, tentu saja akan fokus pada manajemen. Baik itu manajemen dibidang ekonomi, keuangan dan masih banyak lagi tentu saja. 

Nah, salah satu rekomendasi buku ekonomi yang lebih terspesifikasi adalah buku terbidan Deepublish yang berujudul Pengantar manajemen karya M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika salah satu rekomendasi buku ekonomi yang wajib kamu miliki. 

Di sini kamu akan mempelajari tentang manajemen ilmu seni dan belajar tentang planning. Tentu saja planning dalam banyak hal, mulai dari planning menjalankan dagang. Termasuk pula manajemen dalam organisasi. Cocok buat mahasiswa yang memiliki sampingan menjalankan bisnis EO. 

Tidak hanya berhenti disitu saja, kamu juga akan berkenalan dengan ilmu staffing, directing dan kontrol di dalam dunia kerja. Buku setebal 363 halaman didedikasikan oleh mahasiswa, karena memang buku ini sebagai buku ajar.

Adapun rekomendasi buku ekonomi best seller dari penulis yang berbeda, salah satunya karya Sarinah dan mardalena yang dikemas dalam buku setebal 199 halaman, dijamin pas dan cocok untuk kamu jadikan buku pegangan.

9. Pengantar Akuntansi

praktikum pengantar akuntansi
Prktikum Pengantar Akutansi

Rekomendasi buku ekonomi best seller yang satu ini termasuk ilmu akuntansi. Bagi mahasiswa baru yang mengambil jurusan akuntansi,  wajib mempelajari pengantar akuntansi terlebih dahulu. Salah satunya buku pengantar akuntansi karya H. Setiawan dan Dewi Agustya Ningrum.

Di sini kamu akan mempelajari dasar akuntansi dan kasus perusahaan jasa disertai dengan aplikasinya. Selain mempelajari kasus perusahaan jasa, kamu pun juga belajar kasus perusahaan dagang yang teknik pelaporan akuntansi yang pas. 

Adapun rekomendasi buku ekonomi pengantar akuntansi yang lain, salah satunya karya Hantono dan Namira Ufrida Rahmi. Sebagai pembukaan awal, tentu saja kamu akan berkenalan dasar dan pendahuluan tentang pengantar akuntansi.

Tujuannya agar tidak mengalami kebimbingungan. Barulah perlahan akan diperkenalkan untuk mempelajari struktur dasar akuntansi sebelum masuk ke pembahasan inti dasar.

Sedikit berbeda fokus yang akan dibahas di buku ini. pada buku karya Hantoro, lebih menekankan pada struktur dasar akuntansi, cara pelaporan keuangan dan akan mengulas tentang proses penyesuaian akuntansi. Dua buku ini sama-sama buku yang dikemas secara singkat dan mudah dipahami. 

Itulah 9 rekomendasi buku ekonomi best seller yang sebenarnya wajib kamu pelajari bagi mahasiswa ekonomi. memang cakupan pembahasan dari masing-masing rekomendasi di atas bisa dijabarkan lebih luas lagi dan lebih banyak lagi. Ada banyak cabang ilmu yang bisa dibahas secara terfokus lagi. 

Semoga dari 9 buku ekonomi best seller di atas sesuai banyak membantu dalam mengerjakan tugas. Atau sekedar untuk referensi buku pegangan ketika kamu mengambil jurusan ekonomi.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Pegangan Mahasiswa Ekonomi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang