VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Buku Anak Elektro : Dasar Listrik dan Elektronika

buku dasar listrik dan elektro
toko buku kuliah

Buku Anak Elektro : Dasar Listrik dan Elektronika – Dasar listrik dan elektronika menjadi cabang ilmu yang banyak dibutuhkan tenaganya. jangan selalu dibayangkan pekerjaan dibidang kelistrikan dan elektronika wajib bekerja di PLN loh ya. Keterampilan dan menguasai ilmu ini bisa menjadikan kamu memiliki profesi yang lebih mandiri.

Profesi yang yang berkaitan dengan ilmu dasar listrik dan elektronika salah satunya bengkel elektronik. Misalnya mengotak atik TV, radio hingga mengoatak atik komputer juga. Dimana kamu bisa membuka usaha sendiri, bekerja secara mandiri dan tidak bergantung pada perusahaan tertentu. nah, buat kamu yang tertarik dan passion dibidang kelistrikan dan elektronika, bisa dicoba mendalami ilmu ini.

Salah satunya adalah buku karya ratih listiyarini, S.T. buku tersebut berjudul dasar listrik dan elektronika. Buku ini didedikasikan untuk pelajar SMK, mahasiswa teknik dan semua orang yang memiliki passion di bidang elektro.

Di sini kamu tidak hanya belajar dasar listrik dan elektronika saja, tetapi juga mempelajari konsep dasar rangkaian elektronika, teknik yang digunakan untuk menggunakan komputer dan mempelajari keselamatan kerja.

Nah, biar tidak terlalu panjang, langsung saja kita intip isi buku ini akan mengulas apa saja sih? Simak ulasan singkatnya ini.

Dasar Kelistrikan

Buat kamu yang sebelumnya tidak tahu tentang dasar listrik dan elektronika, akan di jelaskan di bab awal. Setidaknya dalam mempelajari dasar kelistrikan, kamu akan diperkenalkan besaran dan satuan listrik itu apa saja. Disamping itu kamu juga akan belajar teori atom dan elektron. Setidaknya di sini kamu bisa tahu bagaian terkecil dari suatu benda. Baik itu benda padat, cair hingga gas. Atau yang disebut dengan istilah molekul.

Selain mempelajari molekul, kamu juga akan mempelajari tentang unsur dan senyawa juga loh. Tentu saja ulasan detailnya bisa kamu simak langsung di sini. Tidak kalah penting buat kamu yang ingin belajar, kamu akan mempelajari tentang muatan listrik dan hukum coulomb. Apa itu?
Jadi di inilah yang disebut dengan interaksi elektrostati atau interaksi muatan listri diam.

Dimana terjadi peristiwa tarik menarik dan tolak menolak antara benda-benda yang memiliki muatan. Khusus buat kamu nih yang penasaran dengan arus listrik, di sana juga akan dipaparkan secara gamblang dan lengkap juga loh.

Komponen Elektronika

Buku dasar listrik dan elektronika bisa dibilang buku terlengkap untuk jenis buku teknik. Karena kamu tidak hanya belajar secara teorinya saja. Tetapi juga mempelajari rumus-rumus cara perhitungan dan pengaplikasiannya. Maka dari itu, di bab ini kamu akan mempelajari komponen elektronika.

Tahukah kamu jika ada dua kelompok komponen elektronika. Pertama, komponen elektronika pasif yang terdiri dari resistor, kapasitor dan inductor. Kedua, komponan ellektronika aktif yang termasuk di dalamnya adalah diode semikonduktor, integrated circuit (IC) dan transistor.

Membicarakan tentang resistor pada dasar listrik dan elektronika dapat disebut sebagai tahanan atau hambatan, yang merupakan komponen pasif elektronika. Fungsinya untuk membatasi arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik. Jadi di dalam elektronika selain sebagai pembatas arus resistor, ternyata juga berperan sebagai pembagi tegangan juga loh. Ada beberapa macam bentuk resistor, diantaannya adalah fixed resistor, potensiometer, trimmer potentiometer, NTC-PTC dan fotoresistor.

Nah, di bab elektronika inilah kamu juga akan diajak bagaimana membaca nilai resistor, tipe kapsitor dan dicantumkan pula rumus-rumus penting yang akan membantu kamu dalam proses belajar tentu saja.

Konsep Dasar Rangkaian Elektronika

Jadi ilmu dasar listrik dan elektronika di bab lain akan mengulas konsep dasar rangkaian elektronika itu seperti apa dan bagaimana. Disinilah kamu akan belajar pemprosesan PCB. Apa itu PCB? PCB kepanjangan dari printed circuit board yang merupakan rangkaian tercetak. Atau bisa juga disebut sebagai papan penyusunan letak komponen elektronika jalur kondukter dan tata letak komponen itu sendiri merupakan bagian dari sistem yang disebut dengan PCB.

PCB memiliki beberapa macam bentuk. Yaitu PCB Matrix strip board dan PCB Cooper clad. Dimana keduannya memiliki model lapis tembaga lebih popular dan banyak digunakan. Nah, dari kedua macam tersebut, ulasan lebih lengkap hanya bisa kamu baca di bukunya.

Agar tidak terkesan terlalu teori. Di sini kamu juga akan belajar cetak langsung ke PCB yang tepat itu bagaimana. Ini pasti banyak ditanyakan bagi mereka yang masih mengaku pemula. Jadi pemasangan atau cetak langsung ke PCB membutuhkan teknik khusus untuk menyalit layoutnya. Yaitu menggunakan printer khusus yang telah dimodifikasi tentunya.

Pastinya, terkait dengan proses menggambar rangkaian elektronika menggunakan komputer dengan bantuan software gambar elektronika menjadi keterampilan dasar yang mutlak dikuasai untuk mereka yang akan merealisasikan rangkaian elektronika.

Menggambar teknik elektronika menggunakan Komputer

Masih menyambung paragraph di atas. Bagaimana sih menggambar teknik elektronika menggunakan komputer. Dalam ilmu dasr listrik dan elektronika menggambar pendokumentasian akan lebih mudah dan rapid an dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun beberapa manfaat membuat gambar teknik. Pertama, menyampaiakan pesan informasi, sebagai bahan dokumentasi dan menuangkan gagasan untuk pengembangan. Jadi di dalam bab ini kamu tidak sekedar mempelajari dasar listrik dan elektronika saja. Tetapi juga mempelajari standarisasi gambar teknik yang pas itu bagaimana dan seperti apa. Karena semuanya saling terkait satu sama lain.

Itulah ulasan buku setebal 171 dari penerbit Deepublish. Buat kamu yang ingin mendapatkan buku dasar listrik dan elektro, bisa langsung berkunjung di websiteya. Semoga dengan buku inipula, bisa mengantarkan kamu mengapai harapan, yang bisa menjadi seorang ahli kelistrikan dan elektronika.

Detail Buku : 

Buku Dasar Listrik dan Elektronika

Pengarang Ratih Listiyarini
Kategori Buku Ajar
Bidang Ilmu Sains dan Teknologi
ISBN 978- 602-475-322-1
Ukuran 17.5×25 cm
Halaman xii, 171 hlm
 Terbit 2018

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang