Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Bisnis Online Untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Bisnis online untuk mahasiswa kini tengah popular di kalangan anak muda. Tidak hanya berlaku untuk mahasiswa saja, tetapi juga pelajar SMA/K pun juga sudah banyak yang menekuninya loh. Apalagi sekarang juga banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan reseller, dropshipper atau semacamnya untuk memberdayakan mahasiswa..  

Jika kita melihat ke belakang, paradigm system bisnis dari offline ke online yang dijalankan oleh mahasiswa dan kawula muda ini sesuatu yang menarik untuk kita ulas. Untuk mengulas lebih lengkapnya, kita simak ulasannya sebagai berikut. 

Paradigma Digitalisasi (Serba Online)

Kaum milenial dan kaum Z sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya digitalisasi. Mungkin 10 tahun yang lalu digitalisasi hanya sekedar digunakan untuk mengirimkan data melalui email dan untuk bermain media sosial. 

Maka sekarang pun berkembang lebih dari itu, yaitu dapat digunakan sebagai menjalankan bisnis online. Tentu saja ini memberikan inisiatif bagi kawula muda untuk menjalankan bisnis.  Pada 20 tahun yang lalu, jika membicarakan wirausaha dan bisnis, hanya dijalankan oleh orang-orang yang sudah wajib kerja. 

Sekarang tidak berlaku lagi. Kini banyak mahasiswa bahkan pelajar yang sudah menjalankan bisnis online. Alasan mereka pun sederhana, karena memang bisnis online lebih mudah, cepat, praktis dan tentu saja keuntungan yang didapatkan pun cukup besar. 

Keberhasilan ini pulalah yang mendorong pelaku bisnis offline perlahan-lahan beralih ke bisnis online. Apalagi di masa-masa pandemic covid-19 seperti sekarang ini. bisnis online menjadi andalan utama yang meminimalisir terjadinya kontak langsung dengan orang, dan kebutuhan sehari-hari pun tetap terpenuhi. 

Pengertian Bisnis Online 

Apa itu bisnis online?

Pengertian bisnis online secara umum dapat diartikan sebagai upaya menawarkan barang atau jasa melalui jejaring internet. Secara sederhana, bisnis online adalah promosi yang menawarkan produk barang atau jasa yang disebarkan secara daring (internet). 

Setelah mengetahui pengertian bisnis online untuk mahasiswa secara umum, berikut ada beberapa pengertian bisnis online menurut beberapa tokoh orang. 

1. KBBI 

Menurut KBBI bisnis online merupakan aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok ataupun perorangan yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara memasarkan lewat jejaring internet. 

2. Madja 

Bisnis online menurut Madja adalah usaha yang dijalankan secara online berdasarkan pada jejaring internet. Usaha yang ditawarkan tidak hanya produk, tetapi memberikan informasi tentang produk. Menurut Madja, sistem bisnis online banyak dilirik, karena hampir semua orang milenial saat ini memang senang dengan hal-hal yang berbau praktis.

3. Dedik Kurniawan 

Sementara Dedik Kurniawan mengartikan bisnis online sebagai kegiatan promosi yang memanfaatkan jejaring internet untuk menyasar calon konsumennya. 

4. Jasmadi dan Solusindo 

Berbeda lagi dengan Jasmadi dan Solusindo, bisnis online diartikan sebagai sebuah komunitas yang dijadikan sebagai tempat untuk bertukar informasi tentang jual beli, sekaligus dapat digunakan untuk menyumbangkan. tentu saja komunitas tersebut dapat terhubung karena adanya jaringan internet. 

5. Yudhi Wicaksono 

Ada pula yang mengartikan bahwa bisnis online sebagai kegiatan jual beli yang dihubungkan oleh jejaring internet. Sehingga konsumen dapat fokus pada fitur belanja yang sudah tersedia di sana.

Belakangan ini, usaha bisnis online lebih banyak dilirik bagi pelaku bisnis yang minim modal. Alasannya sederhana, hanya bermodal smartphone dan jaringan internet, kamu sudah bisa melakukan jual beli. Kamu tidak perlu lagi menyiapkan modal seperti menyewa ruko, mengurus perizinan ruko, dan lain sebagainya. 

Bahkan dari segi penjualannya pun terbilang praktis. Karena kamu tidak perlu pergi pulang dan buka tutup ruko. Cukup duduk manis, bahkan transaksi dapat dilakukan di jam istirahat kuliah. Intinya, dari segi waktu dan tempat bisa lebih fleksibel.

Perkembangan Bisnis Online Di Indonesia 

Perkembangan bisnis online di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 1994-an, itupun masih dalam bentuk sambungan internet yang masih terbatas aksesnya. Di tahun 1996-1997 barulah media-media online baru muncul di Indonesia. Lagi-lagi masih belum begitu banyak media online yang tersaji secara online.  Bentuk dari media online masih dalam bentuk konversi dari media cetak. 

Barulah masuk di tahun 2000 media online mulai berkembang dan berkembang pesat di Indonesia. Lima tahun kemudian, media cetak pun sudah mulai berseliweran dan semakin banyak. Kemudian mulai muncul yang namanya bisnis online yang dikemas dalam bentuk aplikasi, website seperti marketplace atau toko online, e-commerce dan masih banyak lagi.  

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Mahasiswa 

Jika sebelumnya sudah mengintip tentang paradigm, pengertian dan perkembangan bisnis online di Indonesia,  ada ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu jajal dan raup keuntungan di sana.  Apa saja sih? Berikut ide bisnis yang bisa kamu tekuni dan bisa dapatkan cuan. 

1. Dropshipper 

Dropshipper adalah ide bisnis yang bisa kamu coba. Ide bisnis satu ini cocok buat mahasiswa, yang dari segi modal mengalami keterbatasan biaya. Barangkali ada yang merasa asing dengan istilah dropshiper? 

Banyak orang yang salah mengartikan antara dropship dengan reseller. Sistem dropship, Anda hanya fokus menjualkan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan atau si owner. Apabila ada produk barang atau jasa yang anda jual laku, kamu hanya mengkonfirmasi ke pihak owner atau perusahan terkait pesanan tersebut. 

Jadi kelebihan system dropshipper, kamu tidak perlu mengeluarkan modal dan kamu pun tetap mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Kelemahan dropshipper, keuntungan yang kamu dapat, sudah ditentukan oleh pihak perusahaan atau si owner. 

Sementara cara kerja bisnis dropship itu sendiri terbilang mudah. Tentu saja bekerja untuk memasarkan produk ke konsumen melalui jejaring internet, misal lewat website, marketplace dan media sosial. Kini, bisnis dropship lebih banyak ditekuni oleh pemilik usaha online, karena dari segi pemasaran nya pun bisa lebih luas lagi. Dari segi modal yang dikeluarkan anggota dropshipper tidak memberatkan.

2. Content Creator 

Ide bisnis untuk mahasiswa yang lain adalah menjadi content creator. Ide ini lebih pas dan cocok buat kamu yang suka membuat kreasi baru dan menarik. Content creator adalah seseorang yang menciptakan konten. Tahukah kamu jika content creator belakangan ini banyak dicari perusahaan, karena dialah penggeran content marketing. 

Buat kamu yang memiliki kemampuan membuat sebuah konten, bisa jadikan ide usaha ini. Prinsip kerja dari content creator adalah mempersuasi audience dan menarik perhatian mereka. Seorang content creator tidak sekedar membuat konten di media sosial saja, tetapi kemampuan membuat materi yang memiliki nilai edukasi sekaligus hiburan. 

Sementara platform yang dapat digunakan untuk mempresentasikan hasil content creator ada banyak jalan. Bisa fokus pada facebook, youtube, instagram, blog hingga website sekalipun. Disebut-sebut juga, infografik pun juga termasuk dalam pekerjaan content creator.

3. IG/Tiktok 

Ide bisnis untuk mahasiswa yang tidak perlu modal adalah jasa paid promote. Media sosial yang sering digunakan untuk paid promote adalah Instagram (IG) dan Tiktok. Jadi buat kamu yang aktif main di IG dan instagram, boleh banget nih menjajal bisnis satu ini. 

Jadi jasa paid promote sebagai ajang promosi berbayar yang diiklankan melalui instagram maupun lewat tiktok. Sayangnya, buat kamu yang ingin menjalankan bisnis ini, syaratnya harus memiliki follower yang banyak. Jika followersnya masih sedikit, kurang dilirik oleh mereka. 

Barangkali ada yang bertanya, berapa sih uang yang akan kita dapat dari jasa paid promote instagram dan jasa paid promote tiktok? Jawabannya pasti beragam, harga tergantung jumlah pengikut kamu. Ada yang ratusan ribu untuk satu post ada juga yang sampai jutaan bahkan puluhan juga. 

4. Youtube

Ide bisnis untuk mahasiswa yang lain adalah bermain youtube. Pasti kamu sudah tahu jika youtube dapat menghasilkan uang bukan? Apabila youtube kamu sudah memenuhi syarat memasang iklan, maka kamu akan mendapatkan google adsense, si penghasil uang.

Dari google adsense yang sudah kamu dapatkan inilah, kamu bisa mendapatkan pemasukan. Oh iya, selain mendapatkan uang lewat google adsense, di youtube kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan loh, misalnya kamu mendapatkan iklan di luar dari google adsense atau bisa juga kamu jadi brand ambassador produk tertentu.

Jadi kamu tidak hanya mendapatkan pemasukan dari google adsense saja. Tentu saja untuk bisa meraih itu semua, butuh proses dan waktu yang panjang. Karena saya sendiri menjalankan youtube tidaklah semudah yang kita.

5. Penulis

Buat kamu yang memiliki keterampilan menulis, ide bisnis untuk mahasiswa yang kelima adalah menjadi penulis. Eit, menjadi penulis tidak selalu di konteksnya menulis buku loh. Sekarang banyak perusahaan yang memiliki website. 

Website-website tersebut pastinya membutuhkan penulis artikel untuk mengisi web mereka bukan? Nah, kesempatan inilah bisa kamu sasaran. Karena peluangnya saat ini sangat banyak. Setidaknya dari honor penulisan dapat kamu jadikan sebagai income kamu. lumayan buat menabung, atau buat modal usaha kecil-kecilan. Kerjanya pun bisa dikerjakan di rumah, ada juga yang sistemnya kerja kantoran full. 

Pondok Djawara Deepublish

Contoh pekerjaan sebagai penulis :

  • Content Writer Freelancer
  • Copywriter
  • UX Writer
  • Penulis Buku
  • Blogger

6. Fotografer/Videographer 

Ada yang suka dengan jeprat jepret dan pegang kamera? Jika ada, kamu juga bisa menjadi seorang fotografer ataupun menjadi videographer. Buat kamu yang belum tahu jalan untuk memasuki usaha tersebut, kamu bisa memulainya dengan memasukan lamaran ke tabloid. 

Di tabloid umumnya mencari jasa fotografer untuk memotret cover majalah depan. Atau bisa juga mendirikan usaha sendiri dan membuka pengumuman atau jasa pemotretan dan videographer untuk pernikahan, perpisahan sekolah, prewedding, dan masih banyak lagi yang sebenarnya bisa kamu coba diera digitalisasi seperti ini. 

7. Desain Grafis 

Desain grafis sekarang juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis untuk mahasiswa yang potensial. Apalagi jaman sekarang yang apa-apa serba main media sosial dan serba konten. Maka jasa desain grafis menjadi peluang yang bisa kamu tekuni. 

Contoh Pekerjaan Desain grafis

  • Agensi Kreatif
  • UI Design
  • Illustrator
  • Animator
  • Freelancer
  • Social Media Designer and specialist

8. Penerjemah Online 

Buat kamu yang memiliki kemampuan di bidang bahasa, maka ide bisnis penerjemah online juga bisa kamu coba. Jangkaun media sosial yang luas, mendorong berkomunikasi dengan orang luar secara online. 

Contohnya video youtube. Sekarang banyak yang mencari jasa penerjemah untuk video youtube mereka. Tujuannya tidak lain agar viewer dari luar negeri mengerti maksud kita. 

9. Tutor/Buka Bimbel 

Ide bisnis untuk mahasiswa yang lain adalah membuka bimbingan belajar atau menjadi tutor. Usaha ini cocok buat kamu yang secara akademik ngaku pintar dan cerdas. Bagaimana buat yang tidak pinter? Tenang, jaman sekarang bimbel tidak melulu tentang akademis. 

Bisa juga bimbel melatih dan mengasah keterampilan. Misalnya membuka bimbingan belajar untuk mahir menjadi seorang penulis. atau menjadi tutor les music seperti bermain piano, biola dan masih banyak lagi keterampilan dan bakat yang kamu miliki, untuk di bisniskan. 

10. Reseller 

Terakhir adalah ide bisnis menjadi reseller. Nah, bisnis reseller ini kebalikan dari dropshipper. Jika dropshipper kamu tidak dituntut untuk mengeluarkan modal untuk membeli barang/jasa tersebut. 

Nah, pada sistem reseller, kamu wajib membeli barang tersebut. Kelebihannya, kamu bisa membuat mengambil keuntungan lebih banyak, dengan cara menjual dengan harga lebih mahal. Nah, kamu tipe yang senang dengan tipe reseller atau dropship nih? 

Itulah kesepuluh ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan. Dari kesepuluh ide di atas, saya yakin kamu sudah tidak asing dan sudah tahu semuanya. Selamat mencobanya.

Tips Bisnis Online 

Dari beberapa ide bisnis untuk mahasiswa di atas, apakah sudah ada yang kamu tentukan usaha mana yang pas sesuai kemampuan kamu? Jika sudah memilih salah satu, selanjutnya perlu yang namanya percanaan dan tips-tips. Berikut ada beberapa tips bisnis online untuk mahasiswa. 

1. Tentukan target pasar yang jelas 

Tips pertama menjalankan bisnis online untuk mahasiswa adalah menentukan target pasar secara jelas. Kenali produk yang kamu jual. Misalnya menjual buku pendidikan, maka target pasar yang kamu sasar adalah pelajar dan mahasiswa (tergantung jenis buku pendidikan yang ditawarkan). 

Setelah tahu targetnya siapa, kamu akan lebih mudah dalam membuat copywritingnya. Memudahkan pula dalam menentukan target promosinya. 

2. Punya produk yang ditawarkan 

Tips bisnis online yang kedua adalah memiliki produk. Gimana ingin menjalankan bisnis jual beli, jika tidak memiliki produk barang/jasanya. Bagaimana jika tidak memiliki produk barang/jasa tersebut? tenang, kamu bisa menjualkan produk barang/jasa milik perusahaan lain dengan sistem reseller atau dropshipper di atas tadi. 

3. Bisnis Plan

Bisnis tanpa perencanaan yang baik pastinya susah mencapai yang namanya target apalagi pengen mempunyai pendapatan pasif yang besar. Tips penting adalah dengan membuat bisnis plan yang jelas untuk beberapa bulan kedepan dan apa saja stratagei yang diperlukan.

Pelajari pengertian bisnis plan dan cara membuat yang baik dan benar pada artikel : Cara Membuat Bisnis Plan dan Contoh

4. Pasarkan di sosial media

Era kemajuan teknologi seperti sekarang, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak berbisnis. Barang dan jasa kini dapat dipromosikan secara gratis lewat media sosial. Tidak seperti dulu, membuat promosi harus mengeluarkan banyak uang agar iklan kita bisa ditampilkan di surat kabar ataupun di baliho. 

5. Buat konten yang berkualitas 

Tips bisnis online yang terakhir adalah membuat konten yang berkualitas. Menarik atau tidaknya sebuah produk tergantung dari presentasi (atau strategi marketing yang kita tawarkan). Untuk lebih lengkapnya ilmu marketing, kamu bisa baca di artikel sebelumnya tentang copywriting, strategi membuat iklan agar meraih hasil penjualan sesuai yang kamu inginkan. 

Itulah beberapa tentang bisnis online untuk mahasiswa. Semoga sedikit ulasan ini memberikan gambaran dan memberikan semangat buat kamu menjalankan usaha bisnis. Kunci keberhasilan menjalankan sebuah usaha adalah ulet, tidak pantang menyerah dan gigih. 

6. Berifikir Sebagai Pebisnis

Bukan hanya menjalankan jualan saja, untuk menjadi pebisnis juga perlu yang namanya mental dan cara berbisnis yang sesuai supaya menjadi seorang pebisnis yang keren dan sesuai. Pelajari lebih lengkap tentang Cara Berfikir Pebisnis pada artikel Berfikir Seperti Pebisnis Sukses

Semoga kamu salah satu pelaku bisnis yang sukses di masa datang, yang membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan menjadi inspirasi bagi regenerasi agar bangga menjalankan usaha daripada bergantung pada perusahaan dan menjadi karyawan.

Ada satu kalimat terakhir dari saya, setinggi-tingginya jabatan di sebuah perusahaan atau kantor, tetaplah menjadi bawahan. Sejelek-jeleknya bentuk usaha yang kamu bangun, kamu tetaplah seorang atasan.

Gabung Reseller yuk

Daripada bingung mau cari kesibukan dan menghasilkan pendapatan pasif yang mencapai jutaan per bulannya? gabung aja yuk menjadi reseller buku dengan Deepublish. Pastinya mudah, dapat pendapatan pasif, dan juga bimbingan dari mentor jika sudah bergabung didalamnya.

Daftar reseller buku deepublish, bisnis online bagi mahasiswa yang menjanjikan.

Penulis : Irukawa Elisa

Editor : Yusuf Abdhul

Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller