Bidang-Bidang Manajemen: Operasional, SDM, Keuangan, Pemasaran

bidang bidang manajemen
toko buku kuliah

Kuasai Bidang Bidang Manajemen, Mahasiswa Juga Bisa Jago Berbisnis – Anak muda, seringkali mendapatkan stigma negatif dari lingkungan sekitarnya. Oh ya? Beneran loh ini. Masyarakat kerap menganggap anak muda tidak cukup berpengalaman dalam menjalani hidup sehingga dinilai tidak bisa apa-apa.

Nggak usah jauh-jauh, di lingkungan terdekat seperti keluarga pun tak jarang melanggengkan stereotip ini. Pernah dengar cerita seorang anak yang tertekan karena orang tuanya tidak pernah menganggap serius pendapatnya? Atau cerita yang ini.

Seorang anak tak leluasa mengeksplorasi ide-idenya karena orang-orang dewasa di sekitarnya lebih sering meragukan kemampuan si anak. Semua cerita tersebut nyata dan nggak sedikit yang mengalaminya.

Padahal nih, anak muda pun bisa berkarya dan berprestasi. Tak ada kriteria usia untuk menentukan keberhasilan atau kesuksesan seseorang. Mahasiswa termasuk ke dalam kalangan anak muda ini tak luput juga dari stigma semacam itu. 

Kisah Mahasiswa Berbisnis

Yang masih menyepelekan anak muda, kayaknya perlu baca kisah inspiratif dari mahasiwa satu ini. Perempuan ini kerap disapa Agnes, seorang mahasiswa Universitas Lampung. Dengan kecerdikan dan kepekaannya melihat kondisi sekitar, ia berhasil melihat peluang usaha di sekitar jalan menuju Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim Kota Bandar Lampung. 

Di hari Minggu jalan tersebut ramai dilewati pengunjung PKOR. Melihat kondisi ini, Agnes terpikirkan untuk menjual botol minuman dan kaus kaki. Sebenarnya sudah sudah banyak penjual di sekitar jalan menuju PKOR. Namun Agnes berani mengusung konsep yang berbeda. 

Ia menawarkan konsep yang jauh lebih ramah ketimbang penjual lain. Pembeli cenderung segan membeli barang ke penjual yang menggunakan mobil sebagai tempat jualan. Nah, Agnes justru menggunakan terpal dan rak kecil untuk berjualan. Pembeli yang datang bisa duduk-duduk di atas gelaran terpal.

Di bayanganmu bagaimana rasanya? Lebih menciptakan kesan `dekat` dengan pembeli `kan?

Ketika menjalankan usaha ini, Agnes telah menerapkan ilmu manajemen, entah itu disadari atau tidak. Ia melakukan pengelolaan keuangan, memastikan ketersediaan barang-barang, dan memikirkan cara membangun relasi dengan teman-teman yang ikut serta dalam mengembangkan usaha tersebut. Apa yang dilakukan Agnes disebut manajemen.

Mau tau kisah mahasiswa lain yang menjalankan sebuah usaha? Ada banyak kok. Terkadang tak melihat yang jauh, coba perhatikan teman-teman mahasiswa di sekitarmu. Apakah diantara mereka ada yang menjalankan usaha? Pasti ada. 

Kisah para mahasiswa ini tentunya mematahkan anggapan kalau anak muda tidak bisa apa-apa ya. Sebagai anak muda, mahasiswa juga bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Mereka yang menjalankan usaha ini tidak merepotkan orang tua. Mereka belajar untuk hidup mandiri.

Saat memulai menjalankan usaha atau bisnis, kamu perlu memahami dan menguasai tentang manajemen dan bidang-bidangnya. Dengan menguasainya, kamu akan tahu bagaimana mengelola sebuah usaha/bisnis.

Baca juga : 22 Daftar Buku Kuliah Manajemen Terpopuler

Mengapa Ilmu Manajemen itu Penting?

Mengapa ilmu manajemen itu penting dikuasai oleh seseorang yang akan memulai bisnis atau usaha? Karena, ilmu manajemen ini berfungsi dalam pengaturan bisnis. Kalau kamu menguasai ilmu ini dan memiliki kemampuan manajemen bagus, dijamin usaha/bisnis yang akan dijalankan lancar.

Sederhananya manajemen diartikan dengan pengaturan. Manajemen adalah mengatur. Pengertian ini tak salah sebab secara etimologis, manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian tersebut berdasarkan Bahasa Perancis. Dalam Bahasa Latin, manajemen sama dengan manus yang artinya tangan. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, manage (manajemen) adalah mengatur.

Seorang ahli bernama G.R. Terry menjelaskan manajemen adalah proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. 

Jadi, manajemen adalah pengaturan untuk mewujudkan sesuatu yang ingin dicapai. Manajemen bisa diterapkan baik di organisasi, komunitas, perusahaan, atau di lembaga pemerintah.

Jika mempelajari ilmu manajemen, kamu akan mendapatkan kemampuan dalam lima hal ini akan bertambah. Apa saja?

  1. Merencanakan dan menentukan strategi untuk mencapai tujuan. Perencanaan ini merupakan  kunci. Meskipun fungsi manajemen yang lain juga penting, fungsi perencanaan dalam manajemen ini sangatlah berpengaruh besar terhadap terlaksananya fungsi yang lain
  2. Kedua, ketika menerapkan manajemen maka kamu tengah mengaplikasikan fungsi pengorganisasian. Kamu menentukan tugas-tugas tertentu kepada sumber daya manusia agar tujuan tercapai. Terdapat pembagian tugas yang jelas.
  3. Selanjutnya adalah pengarahan atau directing. Melakukan manajemen maka artinya kamu mengarahkan sumber daya untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan. Kamu memastikan setiap Langkah sudah sesuai dengan rencana.
  4. Kemudian pengendalian. Kamu mempunyai kendali atas apa yang terjadi dalam usaha/bisnis yang dijalankan termasuk melakukan perbaikan, mengukur pencapaian, dan sebagainya.
  5. Terakhir adalah evaluasi. Dalam manajemen, kamu juga perlu melakukan evaluasi untuk meninjau apakah kegiatan sudah berlangsung sesuai dengan rencana untuk meraih tujuan. Hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan pencapaian.

Bidang-bidang Manajemen

Nah, dalam melakukan manajemen setidaknya lima hal di atas yang kamu lakukan. Selain itu, lima bidang di bawah ini adalah bidang-bidang manajemen yang harus dikuasai agar usaha/bisnis dijalankan dengan baik. Dengan menguasai bidang-bidang ini, siapa pun bisa meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha/bisnis, termasuk kamu yang masih mahasiswa.

Kuliah sambil berbisnis, why not? Kini saatnya kamu pun bisa unjuk gigi. 

Baca juga : 5 Tujuan Manajemen SDM Dalam Perusahaan yang Wajib Kamu Tahu

1. Bidang Manajemen Operasional

Ngomongin bidang-bidang manajemen tidak jauh-jauh dari urusan operasional. Bidang operasional adalah kegiatan yang berkaitan dengan proses produksi, ketersediaan bahan baku, waktu produksi, metode produksi, dan ketersediaan mesin atau alat untuk produksi.

Kamu yang memulai usaha/bisnis harus memikirkan dengan matang bagaimana proses produksi akan dilakukan, produk/jasa apa yang diciptakan, hingga prosedur dalam pembuatan produk/jasa.

2. Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Sesuai dengan namanya, bidang ini berhubungan dengan pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia. Dalam menjalankan sebuah usaha/bisnis, kamu harus memikirkan cara yang tepat agar karyawan atau pegawai dapat bekerja sesuai dengan rencana.

Bidang Sumber Daya Manusia mencakup kegiatan perekrutan karyawan, pemberian gaji, pemenuhan hak-hak karyawan, pengembangan mutu karyawan, dan lain-lain.

Baca juga : Rekomendasi Buku Manajemen SDM

3. Bidang Manajemen Keuangan

Satu hal yang tak kalah penting dalam bidang bidang manajemen adalah pengelolaan keuangan.

Sebuah usaha/bisnis tidak akan berhasil bila pengelolaan keuangannya buruk. Untuk dibutuhkan pengaturan dan pengelolaan keuangan dengan baik agar usaha/bisnis kamu tetap berjalan.

Dibutuhkan hitungan yang tepat untuk mengatur aliran uang yang masuk dan keluar. Bidang ini membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran dan peningkatan pendapatan.

Hasil laporan keuangan berguna sebagai bahan untuk menentukan kebijakan yang strategis agar tujuan tercapai.

4. Bidang Manajemen Pemasaran

Kemudian ada bidang pemasaran. Bidang ini dapat didefinisikan sebagai aktivitas untuk mengenalkan produk/jasa yang dihasilkan kepada konsumen.

Selain itu juga berhubungan dengan penerapan strategi tertentu untuk menarik minat konsumen agar membeli produk/jasa yang ditawarkan. Apabila dijalankan dengan baik, bidang ini akan mendatangkan arus uang masuk yang tinggi. Sehingga pendapatan yang kamu dapatkan pun bertambah.

Sekarang pertanyaannya, kamu sudah menguasai bidang manajemen yang mana saja? Udah semua atau belum?

Butuh referensi kuliah seputar Ilmu Manajemen? Temukan banyak pilihan dalam kategori BUKU MANAJEMEN di Gudang Buku Deepublish.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang