VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Bersin dan Alhamdulillah

Bersin dan Alhamdulillah
toko buku kuliah

Siapa yang tidak pernah bersin? Kucing—yang bulunya menjadi salah satu pemicu bersin—pun pernah. Bersin yaitu proses keluarnya udara secara semi-otomatis melelui hidung dan mulut. Penjelasan saintifik tentang terjadinya bersin yaitu sebuah reaksi penyesuaian karena berfungsi mengeluarkan partikel atau gangguan asing yang menutupi rongga hidung. Saat seseorang bersin lelangit lembut dan bagian belakang lidah akan menutup sebagian rute ke mulut agar aliran udara yang berasal dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Bersin seringkali dihubungkan dengan influenza. Hal ini tidak selalu benar. Namun ketika seorang yang sedang terkena influenza bersin, maka akan terjadi penularan yang lebih cepat ke orang di sekitarnya.

Terdapat kebiasaan di negara-negara berbahasa Inggris untuk mengatakan “God bless you” atau “Bless you” ketika seseorang bersin dan biasanya orang yang bersin kemudian menjawab “Terima kasih”. Orang berbahasa Spanyol mengatakan “Salud“, yang juga berarti kesehatan. Kita yang berada di Indonesia secara umumnya akan mengatakan, “Alhamdulillah” yang berasal dari Bahasa Arab. Hal ini karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam. Dalam ajaran Islam sendiri terdapat sebuah hadist riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah menerangkan bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

“Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah), dan membiarkan saudaranya atau pendampingnya berkata kepadanya, “Yarhamukallah” (Semoga Allah merahmati anda). Jika ia berkata, “Yarhamukallah“, kemudian biarkan orang yang bersin itu berkata, “Allah wa yahdiikum yuslihu baalakum” (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda).”

Mengapa bersin begitu istimewa sehingga ketika seseorang yang telah mengalaminya secara umum, otomatis akan mengucap syukur dan mendapat doa dari orang lain yang mendengarnya? Berbeda dengan batuk dan meniup hidung untuk mengeluarkan ingus yang tidak mendapat respon serupa. Tradisi ini berasal dari abad pertengahan, ketika diyakini bahwa ketika seseorang bersin jantungnya berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya, dan dapat direnggut oleh roh jahat. Kini, kata-kata itu diucapkan hanya sekadar sopan-santun. Bukan karena jantung berhenti berdetak ketika bersin. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti.

 

Bersin merupakan hal yang lumrah terjadi namun ketika terlalu sering dan jangka waktu lama mengalaminya, selain menghindari faktor pemicu bersin itu sendiri, ada beberapa hal yang bisa dicoba di rumah antara lain:

 

1. Bawang Putih

Bawang putih dapat dengan mudah melawan infeksi saluran pernapasan atas karena sifat antibiotik dan anti-virus yang secara alami terkandung di dalamnya. Bawang putih dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk mengatasi bersin berlebihan yang sering disebabkan oleh infeksi flu biasa. Ambillah empat sampai lima siung bawang putih dan kemudian remukkan lalu buat menjadi pasta halus, setelah itu hirup aromanya yang kuat. Hal ini akan membantu untuk membersihkan rongga hidung yang menyebabkan bersin dan membantu Anda untuk bernapas dengan mudah. Anda juga dapat memasukkan bawang putih ke dalam menu masakan Anda.

 

2. Teh Chamomile

Mengkonsumsi secangkir teh chamomile dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi bersin. Teh chamomile memiliki sifat antihistamin baik yang dapat memberikan bantuan instan terhadap alergi dan bersin. Rebuslah secangkir air, tambahkan satu sendok teh bunga chamomile kering dan rebus teh selama beberapa menit. Kemudian tambahkan beberapa madu ke dalam secangkir air untuk meningkatkan rasa manis. Anda dapat mengkonsumsi teh ini dua kali dalam sehari untuk menyingkirkan bersin sepenuhnya.

 

3. Minyak Peppermint

Jika Anda mengalami bersin karena hidung tersumbat, maka minyak peppermint dapat menjadi pengobatan terbaik untuk Anda. Siapkan air yang telah mendidih, kemudian tuangkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalamnya. Ambillah handuk kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk tersebut lalu cobalah menghirup uap yang keluar dari air mendidih tadi. Minyak peppermint sangat membantu karena memiliki sifat antibakteri. Ketika Anda menghirup uap, rongga hidung Anda akan segera mendapatkan bantuan dari masalah bersin secara terus-menerus. Anda juga dapat menghirup uap dari air mendidih yang telah dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih untuk mengatasi bersin yang disebabkan oleh iritasi hidung dan pilek.

 

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu pengobatan tertua dan efektif untuk masalah virus dan bersin. Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu atau dua sendok teh jahe ekstrak dua kali sehari, sampai masalah bersin Anda sembuh sepenuhnya. Selain itu, Anda juga dapat mengambil sepotong kecil jahe yang telah diiris menjadi irisan tipis untuk kemudian dimasukkan ke dalam secangkir air yang didihkan selama beberapa waktu. Tambahkan sedikit madu sebelum diminum. Anda dapat mengkonsumsinya sesaat sebelum tidur, karena hal ini dapat mencegah bersin di malam hari.

 

5. Merica

Bersin dan pilek dapat diobati dengan mengkonsumsi merica. Ambillah setengah sendok makan bubuk merica kemudian masukkan ke dalam air hangat. Konsumsi sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Pengobatan ini akan mengatasi pilek dan bersin yang Anda derita. Anda juga dapat berkumur dengan air hangat yang telah ditambahkan merica di dalamnya, karena efektif membantu untuk menyingkirkan virus dan kuman.Campurkan merica ke dalam sup dan salad Anda, ini merupakan satu obat alami yang paling sederhana untuk mengatasi bersin karena membuat sistem pernapasan berjalan lancar.

(Dyah Puspo Mukti)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang