VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

5 Cara Melek Finansial Agar Uangmu Lebih Bermanfaat

cara melek finansial
toko buku kuliah

Cara Melek Finansial – Bagaimana cara “melek finansial”? Bagaimana memilah dan mengelola suatu aset dan liabilitas? Uang adalah satu bentuk kekuasaan, kekuatan, tetapi apa yang lebih kuat adalah pendidikan finansial. Uang datang dan pergi, namun jika kita mempunyai pendidikan tentang bagaimana uang bekerja, maka kekuasaan atasnya akan didapatkan.

Ada sebuah kesalah-pahaman tentang pendidikan konvensional “Alasan utama orang bersusah payah secara finansial adalah karena mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah tapi tidak belajar apa pun mengenai uang. Hasilnya adalah, orang belajar bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi tidak pernah belajar agar uang bekerja untuk mereka.” Kata Robert T. Kiyosaki.

Pembelajaran finansial dalam buku ini disajikan dalam bentuk kisah-kisah Robert T. Kiyosaki dari ia kecil hingga dewasa, yang didapat dari kedua ayahnya, yaitu ayah kandung Robert dan ayah dari sahabat Robert

Ayah kandung Robert adalah seorang yang mengajarkan pendidikan dan berorientasi pada prestasi akademik, sedangkan ayah yang satu lagi mengajarkan melek secara finansial.

Tiap bab dalam buku ini mengajarkan tentang ilmu menguasai uang dalam cerita keseharian yang cukup menarik, dan pada bagian akhir dari buku ini, Robert T. Kiyosaki membahas tentang pentingnya “BERTINDAK”, sebuah hal yang menjadi penentu akan semua pelajaran-pelajaran yang telah dipaparkan sebelumnya.

5 Cara Melek Finansial Agar Uangmu Lebih Bermanfaat

Uang merupakan sebuah aset yang bisa kita habiskan dalam sekejap, namun uang juga bisa kita gunakan untuk berinvestasi dan menghasilkan lebih banyak lagi.

Kali ini akan kita bahas tentang 5 cara melek finansial yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Selengkapnya..

1. Komitmen Kuat

Anda harus punya komitmen untuk mengatur finansial atau keuangan yang Anda miliki, mulai dari pemasukan sampai pengeluaran. Pelajari juga tentang bagaimana mengelola keuangan seperti investasi, pinjaman hingga asuransi.

2. Baca Buku/Website/Berita Tentang Finansial

Untuk melek dan mengerti tentang finansial kamu harus paham bagaimana mengelola keuangan itu, luangkan waktu satu hari untuk membaca buku/berita atau website tentang finansial. Jika kamu jenuh membaca, kamu bisa menonton video di YouTube.

3. Buar Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang

Kamu juga harus mulai menyusun rencana jangka pendek dan jangka pendek, misal dalam 1 tahun kedepan Anda akan menabung untuk membeli mobil. Atau tahun depan ingin memiliki saham di PT ini. Persiapkan betul-betul rencana finansial Anda.

4. Buat catatan keuangan

Terkadang kita tidak sadar uang bulanan habis begitu saja, itu rata-rata disebabkan karena pembelian tidak terduga yang tidak direncanakan. Maka dari itu bisa dimulai dengan membuat catatan kebutuhan kita selama satu bulan, setelah itu buat juga catatan setiap pemasukan dan pengeluaran.

5. Lupakan pembelian yang tidak perlu

Selain berhemat, membeli barang-barang yang kita butuhkan saja akan membuat kita menjadi lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang.

Dengan melakukan 5 tips melek financial di atas, Anda akan lebih mengerti tentang finansial. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.

Referensi : Kiyosaki, Robert T. Rich Dad, Poor Dad.

(Alvindo Victo Saputra)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang