fbpx
flash sale toko buku deepublish

10 Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

daftar beasiswa mahasiswa baru
toko buku kuliah

10 Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru – Menjadi seorang mahasiswa itu tidaklah mudah. Apalagi jika berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Tentu saja kuliah akan terasa berat jika melihat biaya kuliah pun tidaklah murah. Tetapi tenang, semua masalah ada solusinya. Karena kali ini kami akan berbagi informasi terkait itu.

Beasiswa untuk mahasiswa baru sebenarnya bukanlah berita baru. Sudah sejak lama ada, hanya saja, tidak sembarang orang yang mendapatkan beasiswa ini.

Tidak semua mahasiswa pula yang tahu info tentang beasiswa. Jumlah pemberi beasiswa pun tidak sebanyak jumlah mahasiswa di seluruh Indonesia, itu sebabnya banyak yang berebut demi mendapatkan beasiswa.

Nah, buat kamu nih yang sedang mencari-cari informasi tentang beasiswa, saya ada beberapa daftar penyedia beasiswa yang bisa kamu spoiler lebih lanjut secara mandiri.

10 Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

1. Beasiswa D3 Politeknik Industri Furniture dan Pengolahan Kayu (Polifurneka)

Daftar beasiswa untuk mahasiswa baru yang pertama adalah beasiswa D3 di Politeknik Industri Furniture dan Pengolahan Kayu di salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Jadi bentuk beasiswa itu ada banyak macamnya, ada beasiswa yang disediakan oleh perguruan tinggi itu sendiri, dan ada juga beasiswa yang berasal dari organisasi ataupun perusahaan. 

Beasiswa D3 Poli Furnika ini salah satunya. Biasiswa ini disediakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Tentu saja beasiswa ini memilih berdasarkan mereka yang lolos hasil seleksi. Keunikan beasiswa Polifurneka adalah mahasiswa juga akan berkesempatan magang di perusahaan yang bermitra dengan Polfurneka. 

2. Beasiswa Bank Indonesia

Jika sebelumnya beasiswa untuk mahasiswa baru diberikan oleh pihak perguruan tinggi dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Nah, kali ini pihak Bank Indonesia juga ada program beasiswa.

Biasanya, program ini diperuntukan untuk mahasiswa jenjang S1 yang ingin kuliah. Lokasi kuliah bisa di beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk. 

Daya tarik beasiswa dari BI, setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan pelatihan, tentu saja pelatihan yang meningkatkan kompetensi kamu agar menjadi pribadi yang unggul dan bersaing. Biasannya juga ada komunitasnya yang disebut GenBI. 

3. Djarum Beasiswa Plus 

pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan perusahaan rokok Djarum bukan? Salah satu program Djarum adalah memberikan beasiswa yang disebut dengan beasiswa plus.

Beasiswa ini memberikan biaya per bulan 1.000.000 untuk mahasiswa berprestasi. ups, tunggu dulu, kategori berprestasi dalam hal ini bisa prestasi akademik dan non akademik. 

Pihak Djarum Foundation bagi mahasiswa ini juga akan memberikan kegiatan pembekalan soft skill juga loh, agar memiliki pribadi yang unggul.

Daftar perguruan tinggi yang bisa di pilih, ada sekitar 80 perguruan Tinggi. Tentu saja Perguruan Tinggi tersebut sudah bermitra dengan program beasiswa Djarum.

Baca juga : 6 Tips Memilih Buku Skripsi Yang Tepat Untuk Mahasiswa

4. Universitas Pertamina Jurusan Ekonomi 

Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah S1 jurusan Ekonomi, kamu bisa mengambil beasiswa ekonomi universitas Pertamina.

Jadi ini bukan beasiswa yang diberikan oleh perusahaan pertamina, tetapi nama universitas yang bernama pertamina. Barangkali kamu baru dengar jika ada Universitas Pertamina.

Beasiswa ini diberikan selama delapan semester. Syarat dan ketentuan, tentu saja wajib menyertakan dokumen dan berkas melalui email. Buat kamu yang tertarik bisa langsung spoiler di sini 

5. KIP Kuliah 

Ada juga beasiswa untuk mahasiswa baru yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Namannya program kuliah KIP Kuliah. Beasiswa ini diprioritaskan bagi mereka yang memiliki keterbatasan biaya untuk melanjutkan pendidikan.

Bentuk beasiswa ini tidak hanya berupa biaya kuliah, tetapi juga akan diberi tunjangan bulanan bagi para pesertanya loh. Sayangnya, beasiswa ini berhalu untuk mahasiswa 2020 dan 2021 saja. Nah untuk informasi syarat dan ketentuan, kamu pun bisa kep di sini.

6. Beasiswa YBM BRI 

Beasiswa untuk mahasiswa baru yang bisa kamu jajal adalah beasiswa Yayasan Baitul Maal BRI (YBM) BRI. Sesuai namanya, beasiswa ini bentuk dari Amil Zakat dari BRI untuk regenerasi Indonesia.

Sebenarnya program beasiswa YBM BRI ini serangkaian program, karena ada program lain seperti kesehatan dan ekonomi.

Beasiswa perbulan yang akan diberikan ke mahasiswa sebanyak Rp 500.000 per bulan selama satu tahun. Beasiswa ini juga berlaku bagi Perguruan Tinggi yang sudah bermitra dengan BRI. 

7. Beasiswa Mizan

Hayo siapa disini yang suka membaca? Jika suka membaca, pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan Mizan Publisher bukan? Mizan memberikan beasiswa untuk mahasiswa akhir semester, teruntuk mereka yang membutuhkan pendanaan untuk skripsi, tesis dan semacamnya.

Meskipun beasiswa untuk mahasiswa baru tidak sesuai dengan beasiswa Mizan, setidaknya informasi ini bisa menjadi catatan kamu, ketika kelak sedang mengerjakan skripsi. 

Baca juga : 5 Tips Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

8. Beasiswa Kreatif Di SAE Institut Jakarta

Nah, buat kamu nih yang tinggal di Jakarta. Beasiswa untuk mahasiswa baru yang bisa kamu bidik adalah beasiswa SEA Institute Jakarta. Dapat dikatakan beasiswa ini menyasar kamu yang ngaku kreatif.

Tidak banyak tahu jika SEA Institut Jakarta ini telah diakui oleh Middlesex University of London.

Sayangnya, ditempat ini hanya mendukung kamu yang ingin mengambil jurusan perfilman, bisnis, audio, animasi, dan entertain. Mahasiswa yang terpilih, akan mendapatkan beasiswa selama 8 semester loh. 

9. Beasiswa BCA Finance 

Beasiswa untuk mahasiswa baru yang bisa juga kamu coba adalah dari BCA Finance. Beasiswa ini pasti banyak dicari, karena setiap semesternya kamu akan mendapatkan Rp 3.000.000 per semester.

Beasiswa BCA Finance ini tidak hanya berlaku untuk jenjang S1 saja, tetapi juga D3 dari berbagai PTN dan PTS yang ada di Indonesia.

Kabar baiknya, beasiswa ini selalu ada tiap tahunnya, hanya saja pengumumannya tidak tentu, jadi kamu yang harus update mantengin berita tersebut. 

10. Beasiswa CIMB Asean

Kamu pasti tidak asing lagi dengan beasiswa CIMB Asean bukan? Beasiswa ini berasal dari CIMB Group yang bergerak di bidang keuangan.

Beasiswa untuk mahasiswa baru ini sangat juga direkomendasikan. Karena kamu tidak hanya mendapatkan uang SPP saja, tetapi juga biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya buku  dan biaya penerbangan visa untuk program pengembangan soft skill ke luar negeri. 

Selain menyediakan beasiswa untuk mahasiswa baru, juga menyediakan program mentoring, magang di CIMB Group dan masih banyak lagi yang bisa kamu spoiler di sini

Baca juga : 10 Cara Belajar Efektif di Kampus Agar Kuliahmu Berfaedah

Itulah beberapa daftar beasiswa untuk mahasiswa baru yang bisa kamu pelajari dan kamu lamar. Sebenarnya masih banyak sekali beasiswa yang bisa kamu cari dan kamu dalami.

Disamping beasiswa dari pihak perusahaan dan organisasi, sebenarnya setiap perguruan tinggi juga memiliki program beasiswa juga loh. 

Hanya saja setiap perguruan tinggi memiliki aturan main berbeda-beda setiap beasiswanya. 

Terlepas dari semua itu, semoga ulasan ini memberikan gambaran, sekaligus memberikan sedikit jalan buat kamu.

Semoga bisa tetap lanjut kuliah dan belajar setinggi mungkin untuk meraih mimpi kamu. Tidak ada yang tidak mungkin, jika mau bergerak.

Yuk ! Belajar Lebih Giat Biar Dapat Beasiswa

Agar Anda bisa mendapatkan beasiswa tentu Anda harus belajar yang lebih giat dan berprestasi. Toko Buku Deepublish menyediakan buku-buku pegangan kuliah berkualitas. Mari budayakan membaca.

Kontributor: (Irukawa Elisa)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang